Wednesday, March 27, 2013

Simalungun-Toba selalukah ketidaksepahaman...???

Oberlin Malau
Simalungun-Melayu, Simalungun-Aceh, Simalungun-Karo,Simalungun-Toba ke empat perpaduan ini adalah yg sering kita temukan,ibarat bedah buku,kenapa kalo bedah Simalungun-Toba selalu yg mengemuka adalah ketidaksepahaman. Bagaimana menurut tulang,bapa,sanina,lawei?......salam
  • Angin Semilir Khatulistiwa on ma parsaninaon na lang mambotoh gabei ni . . . ! ada suatu keyakinan bhw toba mencaplok hak kesulungan diantara bangsa batak/nagur . mereka / toba membuat propaganda sastra dari tarombo seolah mereka dhtempatkam sbg tersulung . dugaan yg ada adalah : disaat huruf latin dan mesin ketik dibawa oleh belanda ke wilayah kita/batak/ex nagur, mereka dianggap telag teledor dan tidak demokratis dlm menyusun tarombo . semangat yg muncul adalah uforia akibat huruf dan mesin tik dan mengorbankan perasaan simalungun sebagai pusat kekuasaan masa lalu .
  • Oberlin Malau Bapak ASK,.....maaf sy tdk tau partuturon dgn bapak........sy salah seorang yg sdh baca buku tarombo org toba,...ada hal yg memang tdk relevan,....sy tdk mau terpengaruh dgn buku itu.....maaf sy mengurai sdkt silsilah marga saya Silauraja.....Silauraja adalah putra bungsu dari Guru Tateabulan,anaknya ada 4 : Malau,Manik,Ambarita,Gurning......sy teguh disini.
    Sy tdk pernah mencampur adukkan tarombo sy dgn yg lain.
    Kita ketahui yg sering menjadi perdebatan adalah Parna,Lontung,Purba,Silauraja....karena marga ini yg banyak berafiliasi dgn marga simalungun.....
    Contoh.....Damanik di simalungun adalah marga otonom,....benar !,...tapi ada Damanik di simalungun cikalbakalnya dari Silauraja.....masalah hak kesulungan,semua keturunan Silauraja mengaku Malau adalah anak sulung........kami tdk pernah mengklaim ada marga baru dari keturunan Silauraja.
    Kembali ke topik.....generasi sekarang adalah generasi rasional,sy percaya banyak yg sama seperti saya yg terbuka dengan silsilah orang lain........
  • Angin Semilir Khatulistiwa persepsi saya ttg histori marga2 tentu tak sama dgn yg lain . yg mungkin sama hanyalah gaya bicaranya . dlm persepsi saya selama ini dan tak berubah adalah : marga tertua di dunia ini bagi orang batak adalah marga purba . menyusul damanik . menyusul saragih . menyusul sinaga . yg kemudian membentuk cabang cabang yg sebahagian otonom dan sebahagian masih mengikat diri dgn induk serta varian yg lain nya yg mencakup semua marga batak.
  • Jhon Kariando Purba Lalap do ketidak pahaman na roh anggo ibahas hita ma masalah asal muasal ni marga....pasti do lang ra jorei parsahapan sisongon on..apa lg ibasa hita buku ni pasal habatakon tambah pusing..au pribadi buku ni makkela sortaman saragih do hassa acuan ku..ase ulang tambah bingung au...
  • Oberlin Malau Bapak ASK dan lawei JKP,.....seperti ini yg saya maksud,kita masih bertiga jelas punya referensi masing2 bukan?....sy tdk menyanggah statemen bapak ASK....tapi sy juga tdk hrs mengiyakannya bukan?.....seharusnya yg tdk sepaham hendaknya jgn paksakan agar sepaham......contoh :ada pendapat mengatakan bahwa sumbayak bukan Parna,....kita harus hargai karena yg mengatakan pendapat itu tentu punya referensi tentang hal itu....dengan demikian celah pertentangan akan kecil,.........
    Perlu kita pahami org humbang dan silindung tdk pernah berdebat dgn simalungun,mereka adalah bagian dari toba.....lantas kenapa kita selalu pa-Toba tobahon?
  • Angin Semilir Khatulistiwa lawei ob@ naha do na pa toba2 hon lawei ?
  • Berlian Saragih Dos do ai dahkam songon hita dompak halak Jawa. Jawa di ihatahon hita haganup age sasintongni dong do na Sunda, Madura, Banten atap Betawi . Halani Toba do na parlobei itandai hita, gabe Toba ma age par-Samosir, Humbang ampa Silindung.
  • Jhon Kariando Purba All@inti ni ai ganup dalam yesus kita bersaudara sngon dodng ai...ai pe ise na pot do da...
  • Berlian Saragih Songon untei, dong untei puraga, bali, hajor, jungga pnl. na palegan2 goran, dai ampa biakni. Seng porlu loja hita mamingkiri ija do lobeinan dong jeruk bali ampa untei jungga.
  • Brayan Munthe Lae OM@ artinya telah terjadi prasangka negatif thd Toba . . . hal ini perlu dituntaskan melalui komunikasi intensif, dmn sebenarnya budaya simalungun paling dekat/bersinggtungan dengan Toba (samosir), di banding yang lainnya, contoh: orang simalungun menjalin kekerabatan keluar paling banyak adalah ke Toba sejak dahulu.
  • Sarmen Saragih Buat saya, ... Menjawab Kontext Pertanyaan lae O. Malau. Adalah Karena , cara/ Methode berpikir kebanyakan yang membicarakan HAL tersebut , masih terikat dengan cara berpikir generasi sebelum.
    Kebanyakan mengenal dan mengerti Arti dari kata "globalisasi".... Tetapi kebanyakan masih kaku untuk mempraktekkannya. ::-))
  • Brayan Munthe haha masih terikat dengan . . . apa sanina
  • Sarmen Saragih Terikat yang saya maksud adalah : pengalaman yang negativ di antara suku2 di Masa lalu Masih terbawa/ melekat di pikiran generasi sekarang.
    Bahkan Sering melupakan / terlupakanbahwa.... Kita bernaung dalam satu Negara RI.
    RI suda Merdeka sejak 1945...., tetapi rasa Nasionalis Kita masih Tipis.
    Kita masih Ter belenggu dengan System "Peng- Kotak2 an ". .
  • Oberlin Malau @lawei BM,.....benar,sy sangat setujun dan mudah2an jangan sampai terprovokasi......agar harmonisasi Simalungun-toba terjaga dgn baik
  • Brayan Munthe Lawei OM@ salah satu cara intensif untuk mengatasi prasangka negatif itu adalah komunikasi rutin.
  • Oberlin Malau @Tulang SS,....itulah tulang,....merobah" pola pikir"lah sebenarnya akar masalahnya.....dan justru hal inilah yg sangat sulit dilakukan.......namun sy percaya generasi muda simalungun adalah generasi yg cerdas....pasti bisa membedakan mana area general dan mana area personal....
  • Alie Saragih Simpel saja solusinya.
    Org2 toba klo ketemu org simalungun, jgn merasa adat dan sukunya paling tinggi,hebat,suka klaim, jugul, menganggap suku lain lbh rendah,saling menghargai.
    Sebab ini lah sebenarnya akar permasalahan nya.
    Dan sikap sprti yg sy blg itu lah yg terjadi sejak org toba pintar hingga skrg.
    1 lg terapkan pepatah dimana bumi dipijak disitu langit di junjung.
  • Oberlin Malau @Lawei Alie,.....inilah area personal tadi,.....,sementara sikap jugul,suka klaim,merasa hebat dll lawei generalisasi,namun begitu sy dpt memahami anda.....
    Sy sdh tinggal di 3 kota. Bandung,jakarta, Bengkulu dan mertua sy di Kutoarjo silaturahmi simalungun-toba tdk se-negatif itu,.....
    Sy ingat adik laki2 sy di bengkulu(nggak ada hubungan darah hanya krn satu marga) menikah dgn boru purba,nuansa simalungun lebih kental drpd toba,krn pihak purba minta adat simalungun....
    Masalah dimana langit di junjung disitu bumi dipijak,sy rasa karena begitulah falsafah org toba makanya jauh dari zaman sebelum kemerdekaan orang toba bisa di terima tinggal di segenap penjuru indonesia bahkan dunia.....maaf jika ada yg tdk berkenan....salam
  • Brayan Munthe Lawei OM, saya sangat terkejut kondisi intelektual orang muda di daerah kita saat ini, tampak sekali kemundurannya di banding 1970an lalu, tampaknya telah terjadi brain run to . . . jadi yang tinggal hanya orang muda yang pesimis dan sinis di kampung, atau saya yang salah, karena saya telah keluar sumut sejak 1976.
  • Oberlin Malau Bapak BM,gmn kalo aku panggil tulang aja ya bapak,soalnya saya pinupusni saragih do.....
    Begini tulang,....sebenarnya generasi simalungun yg optimis dan kreatif masih banyak,......
    Ada kemungkinan generasi muda simalungun di simalungun sekitarnya mau cari jati diri,itu kita dukung! Namun harusnya dalam koridor dan ber- etika.....jgn tabrak norma kepatutan.
    Sy percaya tulang pasti senyum2 jika membaca komentar sebagian org muda simalungun di MS ini jika mengomentari masalah marga......
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Sepertinya memang demikian jg yg saya amati Tulaeg Brayan.. Sbg misal dapat kita nilai sebagian posting2an dlm MS ini.. Ttg ini ada dari kita yg mengatakan bhw 'dlm keadaan tdk mengetahui topik yg dibahas tetapi bisa memberi solusi..' Luar biasa..
    Bgt tentang pendapat spt 'jugul-ngotot-mau menangnya sendiri..'.. Apakah itu sudah sesuatu yg general thd orang Toba?
    Oklah thd beberapa orang Toba.. Tapi khusus thd yg ber-asal usul dari Samosir saya beranikan mengatakan bhw sikap spt itu kecil.. Bhw diterimanya orang2 Samosir pd KAWASAN HORISAN adh BUKTI bhw orang2 Samosir TIDAK JUGUL.. Dgn adanya sikap seperti itulah marga2 spt Malau di Dolok Pardamean-Turnip/Sitio/Sinaga di Tiga Ras-Sipayung/Sitanggang/Nainggolan di Liang Nangka..bisa hidup turun temurun tanpa masalah sampai kini..termasuk jg ttg pelaksanaan adat: Adat Simalungun atau Toba..gak ada masalah. Saya sendiri jg waktu kawin full maradat simalungun yg dilakukan malam hari. Walau mertua saya Sitanggang..tp ahap jelas sudah Simalungun
    Bnyk contoh2 lain di kawasan Horisan yg membuktikan itu..
    Mknya saya setuju dgn pendapat Tulang Brayan thd mutu pendidikan kpd generasi muda ini.. Ada kesan kuat mengarahkan kepada cara berpikir SEMPIT & DANGKAL..yg tentunya tidak baik dlm mengkaji ttg hal hidup & kehidupan..
    Contoh dlm akun MS ini dapatlah kita lihat bersama Tulang..
    Oh ya saya ini sejak 60an sudah bersentuhan dgn Simalungun dikarenakan letak geografis kampung..
  • Brayan Munthe Ok Trims lawei malau& Amangboru TPYS, prasangka terhadap Toba ini harus kita sikapi dengan arif, tiada yang untung, tanpa disadari yang merugi adalah Simalungun dan Toba sendiri.
  • Brayan Munthe Tampaknya perlu dikembangkan intelektual&rohani yang merantau, saya pribadi uratnya di si7huta, besar dlm budaya Karo, namun mulai dari pangururan terus melingkar ke tomok saya merasa adalah hutaku sendiri, apalagi di simalungun, spt tigaras, terus ke raya, dibenakku adalah saudara2ku.
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Koq kita bersikap sama ya Tulang Brayan? Saya juga lebih familiar dgn tempat2 mulai Binangara-Silalahi-Paropo-Tongging-Sibolangit-Nagori-Haranggaol-Sirungkungan-Tiga Ras sampai Parapat..Yg terakhir ini adh asal-usul Simanjorang..
    Ada pun Urat Samosir b
    aru belakangan ini sy bbr kali kunjungi..mengingat itu asal Sinaga..induk Marga Simanjorang.. Mgkn kalau ibu saya bukan Sitanggang saya mgkn tidak akan pernah ke Samosir..sebab pd masa dulu org kampung kami lbh sreg melakukan aktivitas ekonomi ke Silalahi-Haranggaol atau Tiga Ras..

Konsep AHAP dan PERILAKU sebagai parameter Simalungun atau Bukan...???

Asan Damanik
Saatnya kita mengatakan dan mengakui bahwa orang Simalungun adalah orang yang memiliki AHAP dan PERILAKU sesuai ahap dan budya/adat istiadat Simalungun, bukan berdasarkan MARGA. Konsep AHAP dan PERILAKU sebagai parameter menentukan seseorang Simalungun atau tidak Simalungun sebenarnya sudah lama diwacanakan namun sampai kini penentuan Simalungun atau tidak lebih condong ke identitas marga. Kalau kita mengetahui ada seseorang yg tdk bermarga Simalungun tetapi memiliki ahap dan jiwa/perilaku serta perhatian ke Simalungun bolehlah kita berikan penghargaan bagi dia sebagai WARGA KEHORMATAN SIMALUNGUN tanpa harus dimargakan.
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Setuju kali Pak Asan.. Pak asam sbg cendikiawan buat dong semacam TOR-nya agar ttg konsep itu dpat real tersosialisasi secara real pd akar rumput.. TOR itu bisa saja berupa buku saku..
    Kalau itu ada dan berhasil mk ttg konsep mar-ahapkon Simalungun itu akan mempercepat kesatuan sosial budaya dlm rumpun sub2 Batak..
    Horas..
  • Saragih Sahala Tuah Selamat Datang di Grup 'EHAMSI' https://www.facebook.com/groups/ehamsimalungunjaya/

    Salam "HABONARON DO BONA"..... Hasil Seminar Kebudayaan Simalungun tahun 1964 disimpulkan bahwa HALAK SIMALUNGUN aima na MAR-AHAP Simalungun, "orang Simalungun ialah siapa saja yang punya AHAP Simalungun".
  • Joe Frizer Sipayung Setuju 99 % ---Copas...{Kalau kita mengetahui ada seseorang yg tdk bermarga Simalungun tetapi memiliki ahap dan jiwa/perilaku serta perhatian ke Simalungun bolehlah kita berikan penghargaan bagi dia sebagai WARGA KEHORMATAN SIMALUNGUN tanpa harus dimargakan}.
  • Ade Farnan Saragih Masih adakah AHAP Simalungun?.....omong kosong bos.....
  • Alie Saragih Aima tongon.
  • Philipus Sipayung saya kurang sepaham dengan hal ini,,,alasannya ''ahap dohot perilaku''landasanni tartuju ma ai bani moral atau kepribadian,.seng pala i pungkiri hita,,kebanyakan hita sitogu jolma najongjong do,,jarang do sitogu jolma na gompang/doruh bani hagoluhon,.
    Contoh kasarni,.dearan do hita patuduh dalan humbani jolma na martamatan tinggi,martitel,anjanah na bayak,.
    Humbani jolma i huta, i sari sdari on bois borngin on,.anjanah sering mendapat perlakuan ketidak adilan dari urusan2 adminstrati birokrasi pemerintahan ta on,.
    aittupa atikna adong do tutur sanina,tondong,boru,dohot nalegan legan,na merasahan si songon on,.
    Jdi berbicara ahap dan perilaku,,yg terutama adalah moral.
    Hanya orang2 yg bermoral tinggi,,menjadi pemilik''mahkota kehormatan''.
  • Oberlin Malau Lawei AFS,....pesimis nian...?
  • Asan Damanik Philipus Sipayung, memang bani na memenuhi etika dan moral yg terwujud dalam perilakulah warga kehormatan itu diberikan tentu disertai ahap simalungun dengan arti banyak memberikan perhatian atau pelayanan utk kemajuan dan perjuangan simalungun.
  • Dany Saragih Berarti yang selama ini suka memargakan pejabat menjadi simalungun itu tak begitu mendalami ahap dalam hasimalungunan, akhirnya dengan mudah memberikan marga buat orang lain. Padahal biasanya yang memberikan marga itu kan orang yang ditinggikan dalam suatu institusi kemargaan, bisa disimpulkan orang2 dalam institusi kemargaan tsb pun sebenarnya tidak paham ahap simalungun yang dimaksud.
  • Sortaman Saragih Sanina Ade Farnan Saragih, kok negatif sekali? Kalau kita bilang tidak ada berarti dalam diri kita sendiripun tidak ada terasa lagi.
  • Philipus Sipayung asan damanik,sudahkah pemberian pelayanan untuk kemajuan simalungun itu terwujud,??klo sya mengatakan hampir,.
    Jdi blum saatnya kita mengakui ahap dan perilaku. Keadaan pembangunan infrastruktur daerah2/huta2 kita nggk jelas,. Gmna lagi dengan cerita perjuangan yg telah kita nikmati,.di simalungun???
  • Asan Damanik Perilaku misalnya sesuai falsafah Simalungun: Habonaron do Bona, dan banyak perhatian atau bahkan pengorbanan material dan non-material utk kemajuan masyarakat simalungun 9dalam segala aspek kehidupan). Saya lebih setuju kalau penghargaan sebagai WARGA KEHORMATAN SIMALUNGUN diberikan ke seseorang daripada MARGA. Pemberian warga kehormatan itu misalnya boleh lembaga pemerintah atau lembaga simalungun yang sah secara hukum dapat mewakili simalungun.
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Hm..terasa bak bumi dan langit antara pemikiran Pak Asan dgn bbr org yg memberi postingan..
    Yg saya tangkap adh Pak Asan mengajak back to basic dgn nilai2 dasar ke-Simalungunan..sementara tanggaran dari bbr gelintir sudah pd tatanan implementasi.. Bgm bisa ketemu?
    Sejatinya ide Pak Asan adh menawarkan 'bgm kita bisa memaknai nilai2 Simalungun itu dlm bertindak & bersikap'.. Kalau itu bisa kita wejawantahkan..niscaya kepentingan bersama akan lebih diutamakan..
    Sayangnya ada segelintir yg tdk memahami ide Pak Asan.. Kalau bgn bgm ke depan?
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Lanjua Pak Asan.. Dan buatlah TOR itu.. Atau bila perlu menggagas semacam seminar kebudayaan Simalungun th64 itu..
  • Asan Damanik Trims Lawei Tumpal Paulus Yosef Simanjorang, atas tambahan penjelasannya...lawei Saragih Sahala Tuah juga sdh memposting penjelasan apa dan siapa yg disebut Simalungun. Semoga pemuka-pemuka kita menyadari apa yg sdh disepakati pendahulu kita itu sdh sangat bagus dan bisa diaplikasikan dan semangat simalungun itu lebih ke semangat kebersamaan dalam keragaman utk membangun segala aspek kesimalungunan.
  • Asan Damanik Ya Lawei Tumpal Paulus Yosef Simanjorang, perlu direfleksikan kembali apa yg sdh ditetapkan secara jitu oleh pendahulu kita.
  • Yosua Salang Say Effendy .

    hmm ,......
    namun kita tidak bisa pungkiri juga
    bahwa
    PRILAKU & AHAP juga berkaitan dgn
    marga`nya juga , pak Asan Damanik .

    [maaf menyela]

    _/\_

    tabik ,....

  • Oberlin Malau Tentunya Definisi AHAP secara luas dan menyeluruh yg dimaksudkan bpanggi AD di postingan ini meliputi : budaya/adat,bahasa,peran serta(ide,kontribusi),jasa dan yg paling utama rasa cinta dan sense of belonging.......
    Kita harus jujur bahwa kab.simalungun berkembang berkat dukungan beragam etnis(namunpun perkembangannya lambat).
    Contoh:Terlepas dari systemnya, kita juga hrs jujur mengakui bahwa wajah Raya skrng sdh berobah,......itu semua berkat kerjasama warga simalungun
  • Ade Farnan Saragih Sortaman Saragih, kalau diri kita hanya kita yang tahu bagaimana AHAP itu dan Aplikasinya......belajar dari yang aku lihat sesama simalungun saling "bunuh" dan ini terjadi di segala lini. Kalau saya ditanya AHAP itu tidak bisa diteorikan harus dipraktekkan , jadi kalau sebatas FB aku akan tetap bilang : MASIH ADAKAH AHAP?
  • Pardi Purba Menyatakan simalingun berdasarkan ahap sangat abstrak, namun g paling akurat dan nyata adalah adat simalungun
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Hm..susahnya ya mereka2 itu menangkap esensinya Pak Asan ya...
  • Oberlin Malau @lawei PP,.....anggonai sonaha do hasil seminar kebudayaan simalungun thn 1964 ai?, masih relevankah? Atau memang sdh tdk berlaku lagi?
  • Oberlin Malau Lae TPYS,....."̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ anggap aja dinamika lae.....setidaknya masih ada yg bisa memahaminya bukan?.....
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Bagaimanapun inilah kegagalan pembangunan pendidikan Indonesia..diperparah pula dgn sistim sosial liberal! Kearifan lokal hnya sbg OBYEK BAHASAN bukan menjadi SUBYEK SIPEMBAHAS itu sendiri.. Wajarlah terjadi alianesi thd budayanya..pdhal budaya itulah yg membuat dirinya eksis sbg satu suku bangsa di jagad bumi..
    Wajarlah semuanya berpikiran materialistik..segala sesuatu dianggap penting manakala berwujud..
    Jelas ini berbahaya.. Soe Hok Gie pada akhir 60 mengatakan spt ini:
    - lebih baik mati muda tp terhormat
    - dari pada hidup lama tapi ber-Tuhan kpd uang..
    Masa itu adh masa semakin merosotnya nilai2 moral pd akhir kekuasaan Soekarno..sebagai tidak diindahkannya lagi nilai2 kearifan lokal..
    Apakah kondisi ini telah juga menghinggapi org2 Sidalungun, khususnya generasi mudanya?
    Adanya postingan dari Pak Asan setidaknya mengidikasikan hal tsb!
  • Philipus Sipayung hahahah....mantap dai ni kopi i kodei simarjarungjung on,.
    Sssttt,,,,,berbicara satu objek''ahap dan perilaku simalungun,,ini komunitas bukan pribadi,,baik itu lembaga pemerintahan,dll,.kita tdk bisa mengatakan segelintir orang,,ahap dan perilaku simalungun,,tujuanni untuk kemajuan/pembangunan simalungun
    Yg karakter2 perilakunya nya sudah marahap simalungun,,faktanya gimana??
    Sekarang jgn kebanyakan teori,.praktek/implementasinya yg terutama.
    Sudah bisakah kita akui,?berbicara di topik ini antara kita katakan pandangan antara langit dan bumi,,,,hahahah
    Jgn kita nnti dibilang orang pintar2 an,,yg bagusnya pintar lah,.biar terjadi pembangunan simalungun maju dan merata serta bermartabat,.
  • Asan Damanik Ternyata ada juga yg menafsirkan ahap itu terlalu abstrak (PP) ada yang menganggap ahap itu tdk penting yg penting praktek (PS) ada yg dapat menangkap esensi dan kehebatan ahap sebagai alat pemersatu dan membangkitakan motivasi serta dapat menjadi modal penting dalam pembangunan simalungun seutuhnya (OM),sedangkan AFS menafsirkan ahap lebih bersifat internal/pribadi, YSSE mengingatkan ada relasi ahap dan marga, SS, AS, dan JFS kelihatannya setuju secara grs besar dgn postingan saya, DS masih terkesan dgn marga memargakan yg sdh dibahas tuntas di MS ini. Yang jelas, saya hanya mengingatkan kita ada parameter yg dapat dijadikan untuk menilai seseorang Simalungun atau tidak-Simalungun berdasarkan nilai yg paling dalam dan hakiki yaitu ahap. Kalau prakteknya terserah kita masing-masing selama ahap itu digunakan utk motivasi berbuat dan berkarya.
  • Djaja Surapati Saragih Anggo ahap on ipataridahkon marhitei holong pakon horja/abak nasintong/namadear,tontu lang pitah Simalungun namandalankon. Ijon do ra masalah ni. Sonai do homa age perilaku. Biasani perilaku iukur marhitei namadear/namasambor, nahormat/porman/lang pnl,ase anggo hunjon do manobut sasahal Simalungun atap lang, mahol do homa. Tapi anggo isobut hita ia marsahap Simalungun, mamakei partuturan Simalungun atap mamakei budaya Simalungun bani pargoluhon ni mintor pag ma hita mangkatahon ia Simalungun. Age sonai boi tarjadi, ia mamakei budaya Simalungun ganup ari, tapi ia marga Panggabean, janah lang mangaku ia Simalungun, tontu lang sipaksaon homa. Anak hu lang ibotoh/iarusi ha Simalungun on, malah anggo isukkun ia pasal Simalungun lang tarbolosi si, tapi ia mangaku Simlungun. Tontu ia Simalungun. (Catatan: Hurang lobih maksud nipostingan mu on, domma ongga ibahas i MS on, naisi ni "ise do naigoran halak Simalungun") Pasal mambere warga kehormatan Simalungun bani sasahalak, tontu lang homa silang-lang. Misal berkunjung Dubes Inggris hu Kab.Simalungun, anggo berkenaan do ybs, apalagi sihol uhurni, tontu mase lang. Hanya saja, ise do namenobathon ? Bupati do ? Ketum PMS do? Ninuhuru haduasi. Horas.