Tuesday, January 28, 2014

Purba tidak mengenal sub atau cabang marga

Masrul Purba Dasuha
Selamat pagi ma hubani nassiam sanina pakon botouhu haganupan. Sekilas dari saya terkait sejarah marga Purba, dari hasil penelusuran dan pendalaman yg telah saya lakukan bahwa pada awalnya marga Purba tidak mengenal sub atau cabang marga seperti yg kita kenal saat ini. Besar dugaan cabang-cabang yg ada sekarang merupakan proses afiliasi dari para pendatang yg membaurkan diri dengan kelompok marga Purba asli. Artinya sebelum ada Tambak, Silangit, Sigumondrong, Sidasuha, Sidadolog, Sidagambir, Tanjung, Tambun Saribu, Tondang, Tua, Girsang, Pakpak, dan Siboro; kelompok masyarakat bermarga Purba itu telah ada. Jadi munculnya cabang tidak seiring dengan lahirnya induk marga, karena jauh sebelum adanya cabang, induk marga itu telah eksis di bumi Habonaron Do Bona. Diatei tupa
  • Neldy Sigumonrong horas, selamat pagi homa!
  • Andy PoeRba TamBak Jadi anggo nai purba aha ma na asli halak simalungun????
  • Boston Girsang Berarti Purba = Org timur/ Parna = persatuan Raja Naiambaton/ @saragih = Satu warna sonai ma ra maksud ni ham bang tene....
  • Ahmad Kamil Purba >anggo sonai....horas ma haganupan bani marga purba, bapatua/tongah,bapaanggi/kian,abang,sanina,botou,adek.
  • Purba Damerita betul boto..tapi ini bukan dipurba saja .kelihatanya semua marga begitu...asalnya memang satu ..karena orangnya sdah banyakdan ada yg keluar daerah kemudian datang kembali..seolah 2 dia memisahkan diri tdak sama denga yg aslinya lagi ,mis pb girsang,karena lmuali dr oppungnnya digirsang ..diblg lag p grsg,,padhl opnya purba asli.
  • Rudin Herbert Purba mari kita telusuri Peradaban Simalungun,Inti Sari Seminar Kebudayaan Simalungun se-Indonesia Pertama( I) Tahun 1964...,pemrasaran( bapak J.Wismar Saragih, Wakil Ephorus Pensiun)mengusulkan menambah cabang marga2 di Simalungun dari masing2 cabang Marga-marga di Simalungun yang terdiri dari Purba, Saragih, Damanik dan Sinaga...
  • Masrul Purba Dasuha Diatei tupa ma bani perhatian pakon respon nassiam sanina pakon botouhu haganupan. Saya pernah mendengar pada salah satu catatan di pustaha bahwa leluhur pertama marga Purba asalnya dari Siam yg berlayar ke Pulau Sumatera tepatnya ke Sumatera Timur melalui India bersama dengan Saragih dan Sinaga. Ada yang mengatakan mereka masuk ke Simalungun melalui pesisir Bandar Khalifah, lalu terus ke pedalaman dan berasimilasi dengan pribumi Simalungun. Nenek moyang Purba yg pertama ini lalu mengidentifikasi dirinya dengan sebutan orang yg berasal dari timur, dengan menggunakan bahasa Sanskerta "Purba", ia adalah penganut Buddha. Ia diterima dengan baik oleh penduduk setempat dan diberikan keleluasaan untuk hidup bergaul bersama mereka. Si Purba kemudian menikahi salah seorang puteri dari kaum pribumi dan mendapat hadiah tanah untuk tempat tinggal. Di tempat itu, ia kemudian mendirikan kampung pertama bernama Bangun Purba. Sebuah sungai yg mengalir tidak jauh dari tempat ia bermukim, ia beri nama Bah Potani, nama ini diambil dari salah satu nama tempat di Thailanda Selatan yg bernama Patthani.
  • Rahendy Purba Memang adongdo sittongni pendapotni ham ai,tp anggo itelusuri hita homa mulani ata sejarah sub marga purba,agak bertentangan otik. Contoh purba pak2.mungkin lang pala hupatorang domma ibotoh ham sejarahni ai atw dasuha pnl.
  • Jon Gusmer Saragih Sejarah halak simbalog bhwa nenekmoyang simalungun berasal dari samosir. Naha menurut nasiam sejarah on ?
  • Darma P Tambak Na asli ni Purba na hinan aima : "POERBA TAOMBAK" i tanoh Habonaron Do Bona. Ongga itangar nasiam POERBA TAOMBAK GAJAH PUTIH sanina, botou pakon lawei nami?
  • Sahbudin Purba Tambak Huparhatongon,doai,sanina...ase toruskonham,md,penelusuranmuaii,asejuppah,hasitonganni,,,
  • Kinoy Christian hampir sarupa do parlahir ni purba pakon raja batak yg cikal bakal membentuk marga2 batak katanya, yaitu sekitar tahun 1200. Jd apakah mungkin purba simalungun itu berasal dari toba?
    Damanik itu jg ditaksir sudah ada antara tahun 500-1100.
    Knp mereka mengklaim damanik jg berasal dari raja batak org itu?
    akurat do data ni on sanina? on do kira2 sukkun2 na sering hupikkiri.
    diatetuppa.
  • John Kolli W Purba Maksud ni nassiam Purba na hun Simalungun sarupa do pakon Purba hun Dolog Sanggul???. Anggo ahu berprinsip Purba asal ni han Thailand tapi sempat dokah i Aceh. Ada keyakinan...tapi susah membuktikan..Adong hasoman, tubuh i Siantar sonari domma 36 tahun i Aceh..adong pengalaman ni tapi sulit membuktikan bhw Purba hun Aceh sebelum das hu Simalungun. Bahkan nini nasalak hai, dongdo piga hata simalungun doskon bahasa Aceh halus.
  • Purba Damerita botoM arsal hurasa hurang tepat do hpoma penjelasan ni han ai. iatahon ham jolma naroh ai melalui bandar kalifah terus kepedalaman..bani zaman on lape dong marga .ON kira2 zaman deutro melayu do on.jolma naroh hu indonesia on gelombang keduua dari india,anggo isumatra dasma sadea ibatubara.humbatu bara ma das hu daerah ta on pakon satorusni.hasusuran nu raja one marga damanik do.maksud ni ham purba.sedo marga purba ,,tapi manusia purba do(kuno)
  • John Kolli W Purba Selain bahasa, dong dope syarat-syarat pajongjong rumah,mambaen potongan kain putih pakon kain merah hu tiap-tiap tiang,anjaha peusejuk ni pe mirip songon na ongga i hida nasahalak hai gan i Raya.
  • Angin Semilir Khatulistiwa Memang , waktu, tempat ,peninggalan/situs/artefak/benda bersejarah hurang tergali dan terekspose do nasain dokah . Ai , kerugian sekaligus keuntungan do batta . Lape bahat da igattih,
  • Angin Semilir Khatulistiwa Tapi....., sebelum hu patani ; perguruan taman siswa pertama di sumut ada di bangun purba do . Mungkin pengenalan dan kebanggaan ber bahasa indonesia dimulai secara institusional i huta /partuanon/kontelir bangun purba . Jadi bisa saja petani hunjai do.
  • Angin Semilir Khatulistiwa Kembali ke purba/ timur . Au meyakini , purba merupakan gelar internasional di jaman purba terhadap pemuka masyarakat purba yg di berikan oleh bangsa2 dari daerah asia dan eropa .
  • Angin Semilir Khatulistiwa Krn secara khusus / tata letak geografis , purba seharusnya ada di papua . Tetapi krn pemberi gelar belum berminat ke papua, mereka cukup memberi gelar itu ke pada pemuka masyarakat di timur negerinya . Dan itulah nagur purba .
  • Angin Semilir Khatulistiwa Dan uniknya , hampir semua bahasa dari kebudayaan besar belum ada yg bermarga purba , tapi tidak ada mengklaim salah pada gelar ke margaan purba hingga kini . Mereka menyebut nya ; purwo, pra , pre, dst ...
  • Neo Simalungun Jaya setuju sanina MPD. Kata "Purba" itu kemungkinan merujuk kepada "keluarga besar", "Suku -ketika itu". jd menurut saya tdk seperti pemahamanta sonari. songan na ipadas sanina MPD bahwa Purba Tambak, Pakpak, Tua, Girsang, Tanjung dll... belum tentu se ayah dan seibu... struktur masyarakat dahulu jauh berbeda dgn yg sekarang. sekarang saja marga2 Purba mulai mensistematiskan silsilahnya. padahal zaman dahulu jika ada raja, bangswan, kaum brahmana dll, kalau bermigrasi (hal ini biasa terjadi) biasanya membawa keluarga besarnya, rakyatnya. dan bisa saja beberapa keluarga raja, bangsawan, brahmana yg memiliki nama "keluarga" lenyap, punah dan melemah. hita sulit menentukan ke akuaratan silsilah karena struktur masyarakat dan cara mrk hidup berbeda.
  • Neo Simalungun Jaya asumsi sementara. nama "siraja batak" itu tidak riil, entah bagaimana WM hutagalung mendapatkannya. ini asumsi. mohon maaf bani nassiam. Namun menurut hemat saya, "Tokoh peletak dasar kekerabatan" itu ada. tokoh itu memang ada. cuman namanya beda. menurut versi (mohon maaf lagi) yg sy yakini, Tokoh itu berkuasa pasca Nagur. (mungkin masa Dolog Silou). dan Ia tidak bermarga. betul saat itu ada "Proyek Besar" si Tokoh Besar (Pemimpin Dolog Silou) itu, bersama bangsawan Nagur, Rakyat si Tokoh Besar, rakyat yg disebut Karo sekarang, yg disebut Toba skrg, dan Papkpak serta penduduk pesisir. ada proyek besar hendak menciptakan sistem yg SOLID dan HARMONIS namun Gagal. akibat kegagalan itu kita rasakan dampaknya sekarang. ada intrik saling cemburu, curiga dan dendam di alam bawah sadar kita. jd sy luar biasa heran bagaimana WM Hutagalung merumuskan Taraombo itu. salah satu bukti proyek itu diteruskan adalah Suku Simalungun sekarang. awalnya tergabung dalam 4 federasi "Marga". namun leluhur Simalungun berasal dari banyak wilayah. aido ase sulit hita menetapkon generasi ke berapa kita.
  • Neo Simalungun Jaya ada cara membuktikan bahwa Suku Simalungun (totality) bukan keturunan si Raja Batak. coba cek perjalanan Marga Sinaga, Damanik dan Purba Simalungun... sy sedang membuktikannya dan hasilnya luar biasa. hasilnya masuk akal. namun sy belum menemukan cara yg bisa dijelaskan secara ilmiah. satu lagi cara membuktikannya. mari kita cari tahu fungsi2 dolog/gunung yg mengitari Danau Tawar! maka akan kita dapati ada cerita besar di wilayah peradaban "Sumut". salam.
  • Masrul Purba Dasuha Diatei tupa ma bani ganup responni nassiam tarkhusus hubani saninakku Neo Simalungun Jaya, Boston Girsang pakon botou Damerita Purba nai homa saninakku na legan na lang tarsobuthu sada2. Melengkapi keterangan saya di atas dan menambahi penjelasan dari sanina NSJ, pada awalnya saya juga beranggapan bahwa diantara cabang marga Purba yg kita kenal saat ini berasal dari satu keturunan yg berkembang menjadi banyak. Namun belakangan asumsi itu terpatahkan ketika ada temuan yg membuktikan bahwa di antara cabang-cabang itu tidak memiliki saling keterikatan, bila dirunut ke belakang sedikitnya ada 4 kelompok besar cabang marga Purba yg berbeda keturunan, mereka adalah: 1. Silangit, 2. Sigumondrong, Tambak, Sidasuha, Sidadolog, dan Sidagambir, 3. Tanjung, Tua, Tondang dan Tambun Saribu, 4. Siboro, Girsang, Pakpak, dan Sihala. Pembagian ini masih sebatas hipotesa sementara yg sewaktu-waktu bisa berubah oleh adanya hasil penelitian terbaru. Dari sekian cabang itu belum diketahui pasti yg mana keturunan asli dari kelompok masyarakat marga Purba awal. Cabang-cabang ini terbentuk belakangan setelah adanya migrasi dari kelompok suku di sekitarnya, di antaranya dari suku Pakpak dan Minangkabau. Seperti Purba Tambak jelas berasal dari Minangkabau, kemudian Purba Sidasuha kemungkinan berkaitan dengan Kerajaan Panai yg pernah berdiri di sekitar muara sungai Barumun, Padang Lawas hingga Labuhan Batu. Lalu Purba Siboro asalnya dari tanah Pakpak keturunan marga Cibero yg kemudian menurunkan Purba Girsang dan Purba Pakpak. Demikian juga Purba Tondang, JH Neumann, salah seorang missionaris Belanda untuk tanah Karo menduga marga ini ada hubungannya dengan marga Tendang pada suku Pakpak yg bersaudara dengan marga Gajah, Berasa, Banurea, Boang Menalu, Bancin, dan Beringin. Lalu Purba Silangit belum diketahui pasti hubungannya dengan cabang Purba yg lain, meski ada pendapat yg mengatakan bahwa dari marga inilah lahirnya Purba Tambak. Adapun Purba Sigumondrong, marga ini juga belum ditahui pasti hubungannya dengan cabang Purba yg lain, namun komunitas mereka sejak dahulu hidup berdampingan dengan keturunan Purba Tambak dan Silangit. Sementara untuk Purba Tanjung dan Tua, ada asumsi yg saling tarik menarik tentang asal usul kedua marga ini. Ada sebagian berpendapat keduanya adalah pecahan dari Purba Pakpak dan pendapat lain mengatakan berasal dari keturunan Purba Tambak. Begitu banyak asumsi dan opini yg beredar berkaitan dengan asal usul leluhur kita, kehidupan mereka di masa lalu hingga saat ini masih menjadi misteri. Maka sudah menjadi tugas kita untuk bersama-sama menelusurinya dengan harapan misteri itu secara perlahan akan terungkap.
  • Masrul Purba Dasuha Perlu diketahui bahwa terbentuknya cabang-cabang marga Purba baru terjadi pasca abad 11 masehi. Sebelumnya belum dikenal adanya sub atau cabang marga. Sebagaimana penjelasan saya di atas bahwa terbentuknya cabang-cabang tersebut terjadi setelah adanya migrasi dari suku sekitar yaitu dari Pakpak dan Minangkabau. Artinya cabang-cabang marga Purba yg ada sekarang bukanlah keturunan langsung dari marga Purba melainkan pihak luar yg membaurkan diri atau berafiliasi ke dalam marga Purba agar dapat diterima menjadi bagian dari masyarakat pribumi yaitu orang Batak Timur, dimana pada masa itu belum dikenal istilah Simalungun. Bila dirunut pada masa itu telah terjadi 2 gelombang migrasi bangsa dan suku yg masuk ke tanah Simalungun, yg pertama komunitas pembentuk marga Purba yg datang dari Siam sebelum tahun 500 Masehi, yang kedua migrasi dari suku sekitar yg kemudian membentuk cabang-cabang marga Purba. Pada sekitar tahun 1377 Masehi telah terjadi gelombang eksodus masyarakat Minangkabau ke daerah pesisir Sumatera Timur setelah Singapura dihancurkan oleh Majapahit, kemudian diikuti gelombang kedua yg terjadi pada tahun 1611 Masehi, pada masa ini perpindahan mereka sampai ke Malaysia.
  • Boston Girsang Silangit saudara seayah atau saudara seibu dengan Purba pakpak,Girsang,siboro sampai saat ini belum jelas kita ketahui yang jelas mereka inilah satu garis keturunan
  • Boston Girsang Dan di Girsang sendiri ada kok Girsang silangit mereka tinggal di lehu pedalaman ia adalah adeknya datu parulltop yang menyebar ketanah karo menjadi Tarigan silangit dan sebagian merantau ke Tanah simalungun....
  • Masrul Purba Dasuha Dalam uraian ini saya tidak ingin mengkaitkan dengan Si Raja Batak, karena menurut saya sama sekali tidak ada kaitan historis dengan marga Purba. Sebab zaman lahirnya marga Purba jauh lebih awal dibanding munculnya sosok Si Raja Batak yg baru mengemuka pada tahun 1305 Masehi. Kisah mitos si Raja Batak bagi saya lebih berkolerasi dengan marga Damanik, karena kemungkinan dari marga inilah lahirnya si Raja Batak.
  • Boston Girsang Si Raja batak kalau di adu aja silsilah marga damanik udah ngaur nya itu Si raja batak hanya buatan org belanda kok...
  • Neo Simalungun Jaya betul SRB memang orang Nagur, mungkin salah satu penerus. namun entah bagaimana Tokoh tsb dirobah menjadi SRB. sayang teman2 tdk menyadari efek dari tarombo ini. yakni ada semacam blokade utk meninjau masa lalu. berbahagialah Simalungun dlm konteks ini..
  • Kinoy Christian Seharusnya harus diperdalam lg silsilah SRB itu. Dan maunya adaah org yg bisa membuktikan dan memproklamirkan kalo marga disimalungun itu bukan brasal dari SRB.
    Disatu sisi org itu yg enak, Batak itu sebutan utk ke 5 subsuku simalungun, karo, toba, pak2, angkola. Dengan penamaan mrk (toba) SRB. seolah2 kita yg 5 ini hny membawa dan mengharumkan nama mrk. Dan anggapan org lain adalah bahwa batak itu adalah batak toba, krn mereka duluan mengklaim bahwa mrk lah induknya semua marga2 batak itu.
  • Masrul Purba Dasuha Sanina Neo Simalungun Jaya sebagaimana beberapa tahun yg lalu sejak 2009 dan 2010 kita sudah mencoba memperdalam masalah hubungan antara SRB terhadap lahirnya generasi awal Simalungun sama sekali tidak ditemukan korelasinya. Jadi saya pikir saat ini, bila kita berbicara soal Simalungun tidak perlulah selalu kita kaitkan dengan SRB, karena sudah sejak lama figur SRB ditolak dan ditentang secara luas oleh komponen masyarakat di luar etnis Toba, termasuk Simalungun. Dewasa ini yg paling getol menyuarakan penolakan terhadap hegemoni Toba adalah pihak etnis Karo, reaksi ini memicu lahirnya gerakan Karo Bukan Batak (KBB). Fanatisme terhadap entitas SRB sendiri dewasa ini juga kian mengendur, akibat adanya berbagai kajian mengenai asal usul orang dan budaya Batak. Sehingga tidak mengherankan bila saat ini ada sejumlah ilmuwan yg menyatakan bahwa SRB merupakan seorang imigran dari India, yg lebih unik lagi ada pendapat yg mengatakan kalau SRB adalah salah seorang pejabat dari Kerajaan Pagaruyung yg ditugaskan di Tapanuli. Demikian uraian singkat dari saya. Trims
  • Jon Gusmer Saragih Jd mase dos pakon halak batak pakon pursim ai lawei ?
  • Angin Semilir Khatulistiwa huruf BESAR LAH baen lo . lumat tu idahon .
  • Masrul Purba Dasuha Sanina Kinoy Christian, ulasan sanina itu sudah sering dibahas dan terlalu ringan untuk diperbincangkan lagi, karena masalah pengelompokan suku Batak dan etnis apa yg merasa PALING BATAK sudah diketahui secara luas oleh masyarakat Batak. Kita tidak usah melebar kepada masalah identitas, yg jadi pembahasan sekarang adalah mengenai sejarah asal usul marga Purba Simalungun, dari mana dan bagaimana proses perjalanan sejarahnya. Sanina Boston Girsang, betul sanina mmg saya pernah mendengar ada Girsang Silangit, di mana telah terjadi proses afiliasi antara Silangit yg berinduk kepada Girsang. Padahal sebenarnya Silangit itu sub marga tersendiri yg punya tanah ulayat khusus di Simalungun yg meliputi sebagian Silou Kahean, Dolog Silou, Gunung Mariah, dan Sinombah (Karo:Sinembah). Sebagian keturunan Purba Silangit ini banyak yg pindah ke tanah Karo melalui Gunung Mariah dan beralih jadi Tarigan Silangit atau Tarsil biasa mereka singkat. Ada juga yang pindah ke Silimakuta yg merupakan basis penyebaran Purba Girsang. Mereka inilah yg kemudian berafilisi ke dalam Purba Girsang dan menyebut marga mereka dengan Girsang Silangit. Saya sampai hari masih meyakini kalau Purba Silangit merupakan sub marga tertua di antara cabang marga Purba. Jadi sebenarnya tidak ada hubungan khusus antara Silangit dan Girsang, keduanya sub marga yg berbeda dan punya kedudukan yg berbeda pula. Bahkan ada pendapat yg mengatakan kalau Purba Sigulang Batu adalah keturunan salah seorang Purba Silangit yg hijrah ke Humbang. Dan desa Silangit yg ada di Toba Samosir juga dinyalir ada kaitannya dengan Purba Silangit. Adapun marga Girsang, dari hasil investigasi saya beberapa waktu lalu, di mana saya menginterview salah seorang pengetua adat marga Cibero dari suku Pakpak, ia menjelaskan bahwa Girsang adalah keturunan dari marga Cibero. Adapun nama leluhur pertama marga Girsang yg datang langsung dari Pakpak menurutnya adalah 2 orang bersaudara yaitu Girsang Girsang dan Sondar Girsang, mereka ini keturunan ke 11 dari Raja Ghaib, leluhur pertama marga Cibero. Ia juga mengatakan kalau Parultop, sang pendiri Kerajaan Purba dan nenek moyang pertama Purba Pakpak juga bermarga Cibero. Nama asli Parultop menurutnya adalah Gorga, ia memiliki seorang saudara yg bernama Buah atau Suksuk Langit, saudaranya inilah yg pindah ke Juhar dan menjadi Tarigan Sibero. Mereka ini merupakan generasi ke 20 dari Raja Ghaib, generasi awal marga Cibero. Kalau merujuk pada pendapat beliau, artinya lebih dahulu si Girsang merantau ke Simalungun dibanding si Parultop, ada selisih 9 generasi antara Girsang dan Parultop, leluhur Purba Pakpak.
  • Angin Semilir Khatulistiwa Perbedaan keyakinan . Anggo au urutan skematik ni purba on ma san ; tondang, girsang, ai dassa na tertua .
  • Boston Girsang SAN@mpd ....Justru gIRsang & Silangit lah sangat berhubungan erat karena mereka inilah menurut keyakinan saya dan yg saya telusuri melalui sejarah perjalanan Morga Purba yang paling Tua......
  • Norman P Tondang Sub marga itu hanya sebutan buat sekelompok orang pada mulanya, jadi gak ada yang tua dan lebih muda. Yang paling tua tuh nabi adam, marganya eden karena dia dari taman eden.... Hahahaha ..
  • Rado Purba Sidagambir purba artinya timur..
    menunjuk arah sebelah timur (terbitnya matahari)
    dalam pustaha partingkian bandar hanopan(naskah kuno marga purba), sudah dijelaskan bagaimana sejarah kerajaan ini terbentuk dan kemudian keturunannya memakainya sebagai identitas clan/marganya sampai sekarang ini..
    lahirnya kerajaan silou (kerajaan I marga purba) tidak bisa lepas dari MATAHARI (naibata na i nagori atas) legenda putri hijou dan Tuan Sindarlela sebagai Raja Silou I..
    dalam naskah jelas terdapat adanya percakapan antara raja asih (aceh) dengan Tuan sindarlela, saat raja asih ingin menobatkan Tuan Sindarlela menjadi raja..
    "hai purba, lihat lah di sekeliling mu?
    apa pertama kali yang kau liat?
    lalu Tuan Sindarlela menjawab raja asih : aku melihat sinar matahari (silou mata ni ari)
    lalu pada saat itu jugalah raja asih menobatkan Tuan sindarlela menjadi Raja di kerajaannya yang diberinama SILOU..
    dan raja asih memberikan hadiah gajah putih kepada raja silou,,
    kemudian gajah putih itupun diabadikan menjadi lambang kerajaan silou..
    maka jelas lah turi-turian pasal marga purba yang artinya timur (yang menyembah/ percaya kepada dewa matahari)
    dan tradisi ini bukan hanya ada di simalungun, legenda dewa matahari juga dikenal di siam (thailand), jepang (shinto) yang sangat fanatik akan kepercayaan kepada matahari, di eropa khususnya yunani ada dewa zeus yang berada di matahari, begitu juga di romawi percaya kepada dewa matahari, orang buddha cina dan suku bangsa lainnya..
  • Pangihutan Purba Sigumonrong Dong hape sada nari cabang marga purba, Purba Manorsa. Ulang hatadingan ai kan...
  • Eri E. Purba Tambak on ma 1 namambaen simalungun lalap lang maju2, dopma takkasi ibotoh hita, anggo group on groupni halak simalungun do, ai pala hita marbahasa Indosesia? Attigan use botohon ni halak an bahasata?
  • Eri E. Purba Tambak on ma 1 namambaen simalungun lalap lang maju2, dopma takkasi ibotoh hita, anggo group on groupni halak simalungun do, ai pala hita marbahasa Indosesia? Attigan use botohon ni halak an bahasata?
  • Sahbudin Purba Tambak Pasmaai,sanina.memang,sonaima,ra,karakterni simalungun,on....hehe.
  • Boston Girsang Sabar nasiam Saninia halani Semangat tu saninataon ganup na marcerita in jadi lari gan bahasa ai sonaima cirikhas .....
  • Hokcdi Sukeslan Purba ups,..sangat menambah pengetauhan untuk mencari benang merah dari sejarah....salut bani sanina Masrul Purba Dasuha yg mau menelusuri ini secara ilmiah dan sejarah ..tarima kasih dttp
  • Rabenson Purba jadi anggo namangaku purba pakpak parultop...na berafiliasi hubani sigulangbatu....berarti sidea onma na isimalungunkon gatni tene...makani sonari manorihi hasusuranni ma sidea....
  • Angin Semilir Khatulistiwa Sebenarni , ultop , ai ma alat marburu na umum do ai sapari . Marburu pinahan na etek etek . Jadi jolma na rendah do status sosial ni na manjolom ultop ......
  • Jon Purba satuju sanina..
    simalungun au nimu, bahasani pe lang ibotoh ham..[lagu]

No comments:

Post a Comment