Monday, August 27, 2012

purba na i simalungun

  • Riduan Parulian Purba
    Horas.....jadi perbincangan hangat do bannami iperantauan masalah haganup marga PURBA naadong i simalungun, naihaton marga purba nahan Dolog sanggul (Purba Sigulang Batu, Purba Tappupobol, Purba Parhorbo dll) bahwa purba na i simalungun anakni sidea. tapi hanami langmangakui ai.
    minta masukan dan pendapat dari kawan2 orang simalungun melalui media simalungun ini. au marga PURBA TAMBAK, Diatei tupama

      • Saragih Asenk Marga2 d simalungun tdk ada hubunganny dgn marga d toba..dan biasany marga d toba mrupakan asal dr daerahny spt marga samosir, ambarita, nainggolan, simarmata, d samosir. Sedangkan marga2 simalungun tdk ada nama daerah d toba. Marga2 d simalungun itu brasal dr kerajaan yg dpimpin oleh klan marga, spt purba di panei dan silou, damanik d siantar, sinaga d tanoh jawa, Saragih d raya. Di toba tdk ada kerajaan bs dlihat bahwa sisingamangaraja I - XII saja tdk sama marganya. So marga2 yg ada di toba tdk ada hubunganny dgn marga2 simalungun. Mrk hanyalah melihat marga2 itu dr buku tarombo. Cnthny : d simalungun tdk ada istilah PARNA namun sjak adny imperialisme batak k simalungun mreka mengtakan bahwa mrka jg SARAGIH, bs d catat bahwa yg tergolong SARAGIH asli simalungun adlh SUMBAYAK, GARINGGING, MUNTHE selainny adl palsu. Krn d TOBA tdk ada daerah yg namany sumbayak, garingging or munthe. Bgitu jg purba, sinaga dan damanik.


      • Asan Damanik Singkat kalimat: merka yg dari Toba itu adalah saudara kita yg dulunya pergi ke Pusuk Buhit lalu beranak cucu di sana setelah mereka berkembang lalu datang lagi ke saudara tuanya Simalungun. JANGAN DIPUTARBALIKKAN...begitu bukan Lawei Saragih Asenk?


      • Sarmen Saragih Waow.... saudara Saragih Asenk.... Coba lah bericara secara dewasa.. dan dengan kepala dingin... Kalau mau berbicara mengenai Sejarah......,berarti Yang di nagur itu juga bukan lah Simalingun ,menurut teori saudara Asenk...Mereka itu adalah kemungkinan Orang Pakistan atau India.. Kok disebut orang Simalungun??? Berarti mereka itu juga palsu bukan??? (menurut theori Asenk). Jangan lah mengatakan Saragih lainnya itu "Palsu!! " kalu anda mengatakan Sragih lainnya adalah Saragih Pendatang ..yang menjadi dan dihitung Marga Simalungun... mungkin lenih enak didengar kuping . Sorry!!!


      • Asan Damanik Bapanggi Sarmen Saragih, sama seperti Damanik yg hanya satu di Simalungun, tetapi di Samosir ada kelompok besarnya NAIMARATA. Demikian juga Saragih di Simalungun (ada tiga jenis: Garingging, Sumbayak, Munthe) dan di Toba ada kelompok besarnya PARNA. Demikian Purba di Simalungun ada bermacam-macam (mirip di Toba), Sinaga juga sering dibedakan mereka lagi walau dia Simalungun, dll itu. Daerah/teritorialnya saja berbatasan/berdekatan sehingga bisa saling kunjung-mengunjungi. Menurut saya tidak ada KEMUTLAKAN dalam hal marga itu. Yang saya yakini saudara kita Tapanuli/Toba itu lebih dulu menuliskan sejarahnya serta diterima masyarakat Batak Toba sejarah yg ditulis itu (Sejarah si Raja Batak), sementara Simalungun tdk ada yg menuliskannya sejak dahulu kala hanya cerita turun-temurun sehingga gampang dimanipulasi jika ada yg memiliki tujuan/kepentingan tertentu. Saya tetap yakin si Raja Batak itu (kalau benar hanya dia satu-satunya yg ada duluan di Pusuk Buhit) adalah yg pergi dari daerah lain sebelumnya (Tapsel, atau Barus, Simalungun, Padang, Bengkulu) yg kemudian berkembanag jadi banyak marga yg ada PADANANNYA dengan marga di TAPSEL, SIMALUNGUN, DLL. Saya pernah ketemu dengan orang TAPSEL yg juga ahli TAROMBO, dia malah mengatakan SEMUA ORANG BATAK ITU DARI TAPSEL dan dia bisa beri penjelasan yg logis menurut saya. Kata beliau, marga yg paling tua dan sebagai asal usul orang Batak adalah marga PURBA. Mungkin dgn dasar itu pula waktu Prof. Amin Rais (masih Ketua MPR waktu itu dan dimargakan di Tapsel) diberi marga PURBA oleh orang/pemuka adat Tapsel. Jadi aapa yg diperdebatkan saudara kita di Grup ini menurut saya cenderung SUBJEKTIF bukan OBJEKTIF. Memang ilmu sosial lebih ke arah subjektif (bergantung tokoh, otoritas, versi, dsb) dan rawan manipulasi.


      • Sarmen Saragih Asan Damanik : Kira kira demikian lah adanya... dan memang bisa diterima akal /ada dasar logikanya.l!! Maaf kata , AD.... Penglihatan saya... ,banyak orang yang ikut membicarakan Persejarahan....tetapi masih kurang memahami Index dari Sejarah itu! Sebab,dengan singkat saya boleh katakan.. : Sejarah adalah gambaran "Pergeseran" di segala hal!! Sejarah itu tidak hanya Passiv ....tetapi Aktiv adanya... = Pergeseran(Rotasi ?).... Banyak yag mengakui ,bahwa asalmula dari Simalungun adalah dari Hindia Belakang... Kalau memang demikia halnya... Kenapa orang Simalungun tidak meng identifikasikan dirinya ,kembali jadi orang Pakistan atau Orang India?? ya..halini sudah mustahl akan terjadi...karena orang Simalungun telah lama menentukan Identifikasinya ..dan menyebutkan Golongan/Kelompoknya menjadi Orang Simalungun. Tentu demikian jugalah orang pendatang ke Simalungun..yang juga menentukan,meng identifikasikan dirinya menjadi orang Simalungu...termasuk mereka ang mengaku dan mengatakan mempunyai "Ahap Simalungun!!" Terserah darimanapun asalnya!!!. Ya...dengan pengharapan...... ,agar semakin terbukalahlensa kita akan pergeseran Kelompok Manusia diatas bumi ini!Sehingga dapat menerima Fakta dan Realita! Saya yakin dan percaya...,bila kita sadar akan permasalahan ini... pasti percekcokan dan saling salah paham dalam pertanyaan .."Siapa yang pantas disebut orang Simalungun akan berkurang........


      • Saragih Asenk Itu bukan teori saya sanina sarmen saragih, itu yg saya bc dr karngan Arlin Dietrich Jansen. spt yg dktakan lae Asan Damanik bahwa marga paling tua adalah Purba so knp suku Toba mnganggap bahwa purba itu berasal dr dolok sanggul???bukankah ini menyatakn bahwa mrk lah superior dr smua yg anggp BATAK d indonesia ini?? Mrk mnganggap bahwa Tobasa adalah asal dr smua orng batak, pdhal simalungun itu sudh ada jauh sebelumny dan bermukim d barus. Bagaimana orng simalungun bs membuktikan bahwa mrk mrukan clan tersendri jika semua bukti sejrah itu habis d bakar oleh "oknum" pd saat revolusi sosial 1946....

        Pd saat ini semua saragih yg msuk pd clan/ marga saragih asli justru menganggp mrklah yg pling tua. Sehingga SUMBAYAK, GARINGGING,MUNTHE d kelompok PARNA posisiny bukan paling tua. Setelah Revolusi sosial 1946 membuat marga2 dluar simalungun mengklaim bahwa mrklah asal dr smua suku batak.


      • Karles Hasiholan Sinaga Sepertinya seru kalau bicara tarombo.
        Tapi harus hati-hati jangan sampai melukai saudara yang lain.
        contoh :
        1. Purba ada yang mengaku dari Toba ada yang tidak, bisakah diselesaikan di level Purba.
        2. Saragih Garinginging dan sumbayak ada yang mengatakan mereka dari marga Munthe Dikaro, sementara Munthe di Simalungun dan Karo ada yang mengaku Parna.
        3. Sinaga (Pastinya Tanah Jawa) juga ada beberapa sumber yang berbeda.
        4. Damanik (sepertinya memang marga ini tidak ada pecah suaranya)
        jadi setelah perjalanan Panjang Group ini, kita berbenturan asal usil. Dan pastinya tidak ada kesepakatan sampai hari ini.
        Jadi bisakan di didiskusikan di internal Marga-marga dahulu, jangan kita secara tidak sengaja menyerang saudara2 kita sendiri. Tabe ma. Horas.


      • Menrinson Tondang Sihalpe Sadtabi bani nasiam ahli sejarah @.
        Jd menurut pandapothu au pribadi berasal dari toba yaitu bakara sktr halani bapa nahinan patugahkon huau mungkin op kupe cerita sonaima hubapakku dan seterusnya tp anggo au huniombahku langbe sonai hupatugah parsimalungun do hita nikku. Jd huahap mau siapapun yg tertua siapa yg termuda langpala sipigkiran beai yg penting kt tdk dirugikan.


      • Sipayung Ferdinand ‎@Menurut sejarah menyatakan bahwa perkembang manusia selalu melalui pantai/pesisir ! Yang menyatakan awal nya ada dari Pusuk Buhit itu hanya merupakan lagende saja !


      • Karles Hasiholan Sinaga Sanina semua sudah sepakat itu Mitos penciptaan versi toba ada juga versi Simalungun dan tiap daerah punya versi masing-masing, kalau namanya mitos apa harus kita perdebatkan?
        Nah kalau mau cari paling tua silahkan bandingkan Pantai barat dan Pantai Timur mana yang lebih besar di masa lalu.
        https://www.facebook.com/groups/Media.Simalungun/doc/10150420234799651/



        • Media Simalungun sebagai wadah berbagi informasi, berkenalan, berdiskusi & mempe...
        See More

         
      • Saragih Asenk Tondang memang bukan simalungun asli, mrk berasal dr tobasa dan hijrah ke pinggiran danau toba sekitr hinalang...bgitu jg dgn girsang yg berasal dr tobasa dan hijrah ke simalungn dan menjadi simalungun.


      • Karles Hasiholan Sinaga sepertinya Lawei Saragih Asenk memahami dengan baik, apakah hanya sub marga Purba itu saja yang "mengaku" berasal dari Toba?
        kalau saya memang kurang tahu. tabe ma.


      • Menrinson Tondang Sihalpe Anggo pandapothu homa beda . Tondang adalah simalungun asli halani lang adong tondang itoba tapi anggo idokkon purba lang asli simalungun bisa jadi halani bahat purba i dlk sanggul. samosir dll tapi anggo tambak tambun saribu , dasuha, sigumonrong garingging sipayung damanik dll asli simalungun halani lang adong itoba dstnya.


      • Stev Bron's Poerba panjang utk diceritakan bahkan harus dengan bukti sejarah, lain waktu akan dituliskan.


      • Stev Bron's Poerba Saragih Asenk, jangan membuat komen klu kita belum paham betul, anda tau dimana hinalang....? tdk ada dipinggiran danau toba yg bernama hinalang.


      • Karles Hasiholan Sinaga Di harap kita tetap ada dijalur diskusi. terimakasih.


      • Berlian Saragih Saragih Asenk, aha do maksudmu bani hata: Simalungun asli?


      • Parulian Sumbayak Maaf ma hubanta ganupan !! Tgl 19 malam kemarin (lebaran pertama) kami sekeluarga mandi airpanas di Ciater Subang. Di pemandian saya ketemu dengan marga Simbolon dari Kp.Karo-Pem.Siantar (katanya dia kontraktor dan tinggal di Bekasi). Waktu ku sebut margaku Sumbayak, langsung dia berkata ; "Bapa Tuamu aku". Kutanya umurnya 50 thn, cuma beda 10 thn dgn saya. Lantas kutanya darimana jalannya saya panggil Bapa Tua, orang nggak ada hubungan keluarga dekat, dan tidak ada urutan marga di Simalungun ? Jawabnya Simbolon lah paling tua katanya diantara PARNA. Saya bilang Sumbayak bukan PARNA. Sumbayak yang mau mengaku PARNA itu terserah. Cuma Oppungku bilang dia dan keturunannya tidak mau mengaku PARNA. Mendengar itu dia kaget ! Lantas dia tanya saya, bisa bahasa batak ? Batak mana saya tanya lagi? Bahasa Tobalah? Saya katakan tidak bisa walaupun saya mahir. Singkatnya perbincangan pun jadi tak hangat. Inti cerita ini : orang simalungun kalau tidak punya integritas, pastilah dianggap kecil dibanding suku lain ( walaupun cerita saya ini, simbolon tadi bukan mewakili sukunya ). Satu hal, kita harus tunjukkan bahwa marga di Simalungun tidak seluruhnya dari luar Simalungun, tapi ada banyak marga yang asli dari tanah Simalungun yang cinta dan tetap menjunjung tinggi budayanya, dan berharap suku lain yang tinggal di simalungun mengerti dan memahaminya. Horas


      • Stev Bron's Poerba diatettupa lawei Parulian Sumbayak, tunjukkan bahwa kita simalungun, jangan mau direndahkan dan jangan pula kita meninggi, jadilah simalungun sejati.


      • Sultan Saragih II Grand design Tobanisasi melalui punguan - tarombo dll sebuah kesalahan serta penyimpangan sejarah yang dilakukan oleh oknum untuk memperbesar bangsa nya.....padahal bangsa yang besar terlihat dari filosofi dan karya budaya..


      • Sultan Saragih II aku simalungun bukan PARNA, tapi bersedia bekerja untuk PARNA dalam rangka menyemarakkan kegiatan budaya (membuat manusia semakin bersifat manusia)....:)


      • Saragih Asenk Kalau lae ngga tau itu dmana lhat d peta saja lae steve, itu ajah ko repot..


      • Karles Hasiholan Sinaga Semuanya akan kembali pada kepentingan. Alangkah baiknya kalau kepentingan Simalungun di dahulukan.


      • Stev Bron's Poerba hahaha....justru saya tau dimana hinalang lae...apakah hinalang yg anda sebut adalah hinalang yg saya maksud..? karena setahu saya dipinggiran danau toba tdk ada hinalang....


      • Karles Hasiholan Sinaga Lawei Stev Bron's Poerba : dari Hinalang ada jalan turun ke Nagori baru Nagorilah yang di tepi danau Toba, nah apa kampung Bapakku ini yang maksud?


      • Stev Bron's Poerba Lawei KHS@hinalang adalah dari seribudolok menuju siantar, simpang hinalang, purba hinalang, simpang haranggaol, tidak ada jalan yg langsung dari hinalang ke nagori klu tidk melewati simpang haranggaol lawei.


      • Menrinson Tondang Sihalpe Sodap do pangahap marbual songonon sambil mengisi wkt luang husugkun malobei ham lae sumbayak nasiam biasani idilo srgh sumbayak hanami purba Tondang jd anggo asal nasiam hanjado langsung adong i simalungun ? Ijama huta napinukka ni op ta sumbayak atap tuguni on holan ke ingin tahuan dassa lae. Jd au Purba Tondang tapi indentitashu holan Tondang do hubaen i Garejape terdaftar Menrinson Tondang sada panorang adongma namagkatahon sedo purba ambia i Tondang doi nini jd huprotes mase malonan ham dari pada op ku pkn bapakku balosni mase holan Tondang ibaenho nini jd hubalosi ase podas itanda nasiam au halani anggo hubaen purba bht purba itobape adong jd hubaen Tondang ase iboto halak au simalungun nigku jadi i tuppuan purba simalungun i bandung onggado huanjurhon ase unang ibaenbe ujungni cth sidagambir dasuha ase urah manorih horongna pori adong horja horja nigku tapi buenan lang setuju dgn alasan menbeda bedakan jd manurut nasiam diado taganan ibaen marga simalungun saragih sumbayak atau sumbayak Purba dasuha atau dasuha dstya . Trims.

         
      • Stev Bron's Poerba Purba Pak pak keturunan na sipukka huta oppung nami silima bapa han hinalang aima,Purba hinalang, Huta raja,Purba, Sihalpe, Nagori, jadi anggo tondang lang adong han hinalang, alana purba pak pak do sipukka huta i hinalang.


      • Kornelis Dehotman Damanik lanjutkan....kupas tuntas...tapi porlu do homa adong notulen...ase adong hasil diskusi ase ulang manguap ganupan diskusi on....


      • David Ezsar Purba di Simalungunonline ada kisah marga Purba Sanina.


      • Stev Bron's Poerba diatetupa sinina.


      • Menrinson Tondang Sihalpe Sanina stev @
        anggo sihalpe aima asli huta napinukka ni op nami TONDANG lang napinukka ni purba pak pak sihalpe unang homa asal ihatahon ham nian agak tersinggung au halani au tau persis do turi turian mengenai sihalpe tarimakasih on holan penambah pengetahuanta ganup.


      • Stev Bron's Poerba benar do ai sanina MTS@ lang purba pak pak sipukka huta i sihalpe, tapi na lao do purba pak pak hu sihalpe marhuta, nai do sanina,


      • Menrinson Tondang Sihalpe Anggo ai pas jana purba pak pak ma napar lobe jadi pangulu isi halpe jmn bolanda aima helanama jadi mata mata marga manihuruk satu satunya penerima Veteran dari sihalpe goranni magkela ondi Buttesen manihuruk.


      • Parulian Sumbayak Lae MTS, Sumbayak lape ibahen ra tuguni songon na masa bani marga na legan (mudah2 hurang informasi au na dob dong tuguni). Oppungku marcerita hinan, i raya (raya bayu) ma asalni sumbayak (mudah2an homa lang salah). Mase huhatahon mudah2an, halani lang dong tading2an ni sejarah siidahon pakon hurangni turi2an ni oppung/orangtua pasal hasusuran na hinan. On ma kekurangan bani halak asli simalungun na deba. Terlepas bani hasusuran ai, na jelas Sumbayak lang i klaim Suku Toba na marasal hun Toba. Anggo dong na ra massahapkon sisonai, na hurang sehat ma angkulani ai tene. On ma tantangan Sumbayak sonari, ase ulang ra terkontaminasi atappe ra terpengaruh humbani pemahaman ni hasoman. Na marmargo SUMBAYAK harus sada pemahaman, yaitu berasal dari tanah Simalungun (asli). Anggo ra ia dihut Tumpuan Parna, baik ma ikaji ulang atappe isungkun orangtua atappe na sibotohsi. Lang memaksa on, hansa ase lambin taridah Integritasni Sumbayak bukan Parna secara khusus dan suku asli Simalungun secara umum. Horas


      • Stev Bron's Poerba jadi tondong pamupus oppung nami na i Purba hinalang adong marga manihuruk tong....lang binoto atik adong hubungan ni on pakkon na i sihalpe....naima.


      • Rado Purba Sidagambir lang dong hubungan purba toba pakon simalungun..
        ulang ihataon samah ai, lang dong samah ai..
        purba i simalungun jelas marahap simalungun, na itoba ai do hinan roh hu simalungun aima manorsa, masuk ma jadi purba manorsa..
        dong do turi2an ni sidea mengenai on, ketrunan manorsa aima purba na i dolog sanggul na jadi purba toba masuk toga simamora..
        anggo isimalungun lang adong sonai..
        purba simalungun naparlobei aima purba ketrunan raja-raja silou..
        jadi ulang nassiam mangkatahon samah ai purba ganup..
        tersinggung ahu anggo ihataon hanami purba simalungun han toba...


      • Ardo Damanik Saya jadi teringat ketika kecil ketemu marga keluarga marga sitorus dan marga manurung didaerah rajamaligas,ternyata mereka ga mau disebut orang batak,mereka lebih menyebut diri orang simalungun,hal ini terlihat dari bahasa yg dipergunakan kedua keluarga tersebut adalah bahasa simalngun. Bagi saya simalungun adalah spirit yang menjiwai saya untuk berperilaku dalam setiap kehidupan baik secara sosial dan budaya,dan yang terpenting saya bangga dengan itu,tanpa memikirkan darimana saya berasal.sama seperti kedua keluarga yang saya sebut diatas


      • Laiden Purba Hanami PURBA DASUHA, Anggo asal-usul PURBA DASUHA sungkun nasiam ma PURBA DASUHA, anggo lang ibotoh, sunggkun PURBA DASUHA namambotoh, anggo lang dong namambotoh, TERLALU!.. Boima uhur2ni halak/marga nalegan manontuhon.


      • Rado Purba Sidagambir eak bapanggi..
        terlalu ma anggo hita purba apalagi purba keturunan raja panei lang mambotoh sejarah..
        dasuha, sidadolog, sidagambir aima keturunan raja purba harajaon panei...


      • Joni H Sumbayak kita boleh mengklaim beda marga di Simalungun dengan di Toba,,,tapi ada yang perlu diperhatikan ; 1. jika berbeda, maka, boleh lah menikah, purba toba dengan purba simalungun, saragih toba dengan saragih simalungun, dst. 2. saya kira kejanggalan kita dengan mereka toba adalah adanya kasta kasta marga dari mereka, sehingga marga dari simalungun selalu masuk kasta terendah. 3. jika memang kita merasa sederajat atau lebih tua dari mereka, maka sebenarnya kita harus menunjukkan dari pola hidup, dan kesejahteraan bahwa kita lebih baik dari mereka, sehingga suara kita itu di dengar. 4. jika kita anggap toba mengarang, maka sebenarnya mereka piawai dengan mengarang, karena disana banyak ditemukan orang orang berhasil yang mau berkorban untuk budaya mereka, seperti GM. Panggabean, TB, Silalahi, dll, sementara kita.......??????


      • Menrinson Tondang Sihalpe Hanya bisa Protes


      • Berlian Saragih Au pe ongga do terpengaruh majalo Tarombo Siraja Batak ni Htgalung ai. Sonai do age sondahanon buei ope halak Simalungun, porsaya bani hasintongan ni tarombo ai. Halani ai do ase buei ope halak Simalungun (Garingging, Sumbayak, Sidauruk, Purba Pak Pak, Dasuha, Sigumonrong, Sinaga pnl) na ra masuk Tumpuan ni Purba Simamora, Parna, Silahi Sabungan. Hal on pitah masalah waktu mando.

      • Dori Alam Girsang Sada sukkun2 ku bani nasiam Tondang pakon Tambunsaribu..ai tongon do nasiam Abang Adek maap bahasa ringan saja,songon Girsang pakon Purba Pak2 memang Abang Adek do...tpi lape botoh ija si abangan,tapi asal ma purba pak2,abang do nikku..


      • Dori Alam Girsang Saragih Asenk : kami Girsang dri pak2 ada tugu kami disana,jangan bilang kami dri toba yah Lawei...dan kami terutama aku sendiri gak akan mencari sebelum ke pak2 drimana..tidak akan ku cari sebelum aku dpt yg pasti,krn selama ini tentu akan di katakan dri toba...cukup dri pak2 saja,dri pak2 lehu,ke naga mariah,hingga akhirnya jadi raja di nagasaribu itulah pamatang silimakuta...


      • Dori Alam Girsang Mase putus?


      • Joni H Sumbayak magou do ra ai sinyal ni...hehehe


      • Asan Damanik Toruskon ansiam diskusi on..tapi ulang lupa hita membandinghon homa bani versi nalegan soal asal usul marga on. secara konseptual asal-usul marga on memang penting, tetapi secara praktis (praksis, pragmatis) lang pala sai berguna masalah asal usul marga ai janah masalah ise do paling tua dll itu. Anggo laho hita use hu jaman pra sejarah...zaman es...pulau Jawa Sumatera Malaka Kalimantan ai sada do ai haganup...sampai hu siberia sana...yakin ahu pada saat kedatangan proto melayu dan dutro melayu ke sumatera mereka itu sdh menemukan juga ada manusia di sumatera....Jadi tong dope hita marpatokan bani Legende/Cerita-ceriota Rakyat ai? Cuma memenag Toba yakin benar mereka itu semua dari Pusuk Buhit..padahal ai Legende do ai...domma jelas Legende si Raja Batak ai paling sekitar abad ke-13 atau 14 Masehi.


      • Asan Damanik Jadi ulang homa isalahkon hita hasoman anggo meyakini si Raja batak ai sebagai asal semua manusia, halani masalah KEYAKINAN mirip IMAN do on, sama seperti manusia pertama versi Alkitab..adalah ADAM..keyakinan/iman do homa ai. Padahal..hitung-hitung homa piga dokahma humbani si Adam das sonari...paling-paling 10.000 tahun. Kita tahu adong fosil manusia Purba i Cina, i Jawa, pakon nalegan dengan usia jutaan tahun...naha homa on? Jadi on ma sejarah...boi jadi keyakinan/iman bagi yg mempercayainya.


      • Joni H Sumbayak sedo na mamparnalang Agama Bapa Asan Damanik, hassi anggo bicara ilmiah,,,payah do padomuhon ai bani agama,,,go bicara agama, mittor salosei do parbualan. hehehe


      • Sarmen Saragih Purba.... berasal darimana???? So ..nasiam hasoman...Otik pasal Purba on ra boi dohupatorang..... Aima marga Pura namenyangkut datangny daro Dolok Sanggul ataupun Dairi maupun lainnya.. Di tahu 50an...disaat Bupati Rajamin Purba bersama Partuha Maujana Simalungun(PMS) ...bersama Keluarga Besar keturunan Raja Purba di Pamatang Purba,mengadakan satu Pesta besar(Pesta Rakyat)..dalam rangka pengukuhan untuk menjadikan Pamatang Purba sebagai satu Proyekt Parawisata...Karena ternyata,pada saat itu....Hanya di Pamatang Purbalah satusatunya ada bangunan /Rumah Bolon Simalungun yang keadaannya masih bagus, komplet..dan yang dapat dikemukakan...di banding dengan Rumah Bolon Simalungun lainnya di tempat lain!! Pada saat itu,pemerintah daerah Simalungun,dibawah Bupati Rajamin Purba,memproklamirkan....Pemerintah Daerah Simalungun akan mengambil alih tanggungjawab dari Keluarga keturunan Raja Purba,akan Perawatan...,memelihara dan mengelolakan Komplek perumahan Raja Purba/Rumah Bolon...sebagai Objek Parawisata.Pada saat itu....dengan adanya pembacaan sejarah berdirinya kerajaan Purba di Pamatang Purba...sangat tertarikbuat say... Karena ..ceritanya..(menurut yang di bacakan... ) bahwa pada mulanya ,yang menjadi Raja di Purba itu,adalah pendatang..atau pemburu (PARULTOP) yang keliru ....berasal dari Pak-Pak Dairi....dan tersesat/ tidak tahu jalan untuk kembali kekampung asalnya / kedatangannya.. Sehinga kelompok pemburu tersebut,berdiam dan menjadi penghuni setempat. Satu waktu... Penghuni disekitar kampung Purba..,mengetahui adanya penghuni baru( Pendatang) dan mencoba mengusir mereka supaya meninggalakn tempat! Penghuni asli kampung Purba sekitar mengatakan..Kalian harus meninggalkan tempat...karena tanah ini adalah tanah Simalungun.Kalian tidak boleh tinggal disini.. Tetapi si Pendatang menjawab... (Konon si pendatang ada membawa sedikit tanah= sampohul .... dari kampung asalnya dan mengatakan... " Kami tidak duduk di atas tanah Purba..tetapi kamiduduk diatas tanahkamisendiri..... " Singkat cerita... ahirnya mereka /pendatang di izinkan tinggaldi tempat. Dan mereka menyesuaikan diri di tempat , bersama penghuni setempat..dan menyebut kelompoknya atau menybut namanya/Marganya dengan yang mereka tempati. yakni "POERBA". Untuk supaya bisa di bedakan dengan masyarakat Poerba setempat.... mereka menyisipkan nama kampung asal kedatangan meraka : Pak-pak!! dan menyebut kan "POERBA PAK-PAK " Jadi..menurut pendapat saya... yang di perdebatkan oleh lae/tondong Ridwan Parulian Purba dengan marga Purba lainnya ....adalah menyangkut Marga " Purba Pak-pak. "...yang memang berasal dari Pak-Pak Dairi sana... hal ini buat saya,BUKAN MITOS!! Tetapi merupakan Fakta,menurut cerita singkat yang dibacakan Protokol pada saat itu.. Catatan : Pada saat itu saya kl.berumur 8 -9 Tahun---dan memang,dari kanak2 saya sangat tertarik dengan seluk beluk Kebudayaan.... Kalau tidak salah... se ingat saya....... saksi hidup mungkin ada atau coba tanyakan hal ini pada Mr.Jariaman Damanik!! Diate tupama.


      • Joni H Sumbayak Sarmen Saragih, mase magou komentni ham ai abang


      • Joni H Sumbayak domma muncul use,,,lanjuuut


      • Sarmen Saragih Ok.... !!


      • Sarmen Saragih Tadi ada yang di koreksi sedikit...hahaha... diatetupama....


      • Dori Alam Girsang Memang itulah cerita di kami Girsang dan Purba Pak2


      • Karel Girsang Girsang sama Purba itu apakah satu Bapak dan satu Ibu?????Apa kah Mereka Hanya dua bersaudara???. Apa kah Mereka ini satu perjalanan, Dari lehu ke Nagasaribu sampai Ke Purba ,ke Huta Girsang Sipangan Bolon dan sampai Ke Siborong2????Awal nya Mereka ini sama2 PARULTOP.dan sama2 dari LEHU. dan sampai Sekarang Tidak pernah Ribut.Bagaimana yg ketanah Karo. Tarigan, Ditanah Karo Banyak Kita temui : Tarigan Girsang. di Simalungun Banyak Kita Temui ;Purba Girsang, Tapi Belum pernah Kita Temui : Purba Tarigan / Tarigan Purba????. dan Purba di Tanah Karo sudah beda dengan Purba di Simalungun.Jadi untuk Menggali ini sebenarnya memerlukan Pengetahuan ttg, Istri2 Raja Silimakuta,Contoh; Istri Pertama ,Br apa.?? dan dari Mana.??? Berapa Keturunannya.???Keturunannyai itu jadi TUAN di Desa Mana.???? Begitu juga Istri Ke II. dan seterusnya.Begitu juga di Marga Purba.???


      • Johana Luis ‎@Pak Sarmen Saragih...betul sekali apa yg bpk jelaskan, sama seperti buku yg saya baca, milik orgtua saya... Keluarga kami memang POERBA PAK PAK...PARULTOP ULTOP....hehehe


      • Sarmen Saragih ‎@ Trimakasih Lae /tondong Dori Alam Girsang ..@Tondong Johana Luis ...dan yang me "Like" Postingan saya! ... Penuturan saya ini benar2 dari hasil pendengaran kuping sendiri ,saat Cerita yang di bacakan pada saat itu( K.l. 58 tahun ang silam). Tanpa baca buku2 sejarah maupun tulisan2 yang ada! Ibu saya adalah Br.Purba Pak-pak ,boru paling tua dari puang termuda Br, Haloho,berasal dari Huta Tongah Pagar Batu...,istri termuda Tuan Purba Tongah,Tiga Runggu,Kec.Purba.


      • Sultan Saragih II nanti akan kami telusuri jejak Opung Datu Parulas Parultop yang konon lokasi petilasan terakhir berada dekat keramat kubah (perdagangan) lalu moksa dalam sebuah Pohon Besar, dengan menggunakan nalar yang ada setidak nya berusaha mencari bukti jejak apakah benar demikian.....btw, mitos/legenda hadir setelah terjadi nya sebuah peristiwa/fakta....pada masa kini sulit sekali memahami hal hal yang sifat nya gaib, seiring dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi (arus Barat), padahal sangat berbeda dengan cara hidup tradisi yang sudah turun temurun leluhur dahulu yang memiliki kekuatan kebatinan yang mendalam (habonaron - arus timur) sehingga hal gaib bukan lah sesuatu yang aneh tetapi wajar sebab telah memiliki filosofi Toruh Maruhur, Borsih Parlahou ni....tugas generasi muda lah yang menjembatani kedua bentangan (Barat-Timur) tersebut menjadi sebuah keseimbngan kekuatan baru dalam menunjukkan ekspresi budaya sebuah suku bangsa (simalungun)....


      • Dori Alam Girsang iyah tolong lah Oppung ku itu.. :(


      • Pardi Purba Riduan Parulian Prb, au Purba Sidadolog padaskon bani ganupan saninahu Tambak,Sidasuha pakon Sidagambir , bahwa hit namarsanina 4 sub marga Purba lang dong hubunganni bani Purba na han Dolog Sanggul, halani hita seng turunan han Dolog Sanggul . Tapi Turunan Raja Silou yng dikenal dengan Kerajaan Dolog Silau yakni Tambak, Sidasuha dan Sidagambir tapi anggo nalegan ai terserah mereka diatei tupa


      • Menrinson Tondang Sihalpe Lama lama akan terjadi perpecahan kl terus dibahas tp tdk ada penyelesaianya. Jadi anggo isugkun use nasiam langsung lahir i dolok silau do op nasiam jd bp na hanja rohni ?


      • Sarmen Saragih Iyah... Horas lae Pardi Purba.... memang tar sonai do gatni tene.. halani hanami hubani Purba Pak-ppak--martondong do...tapi hubani Purba Tambak..Purba Sidagambir..Purba Siboro..Purba Dasuha..... marlae da hanami/au...!!! Laeku tangkas/kandungpe aima Purba Tambak dari Dolok Silau... dan juga keturunan Raja.. Berarti adong do tong hubunganni kan???


      • Sarmen Saragih Lae Menrinson Tondang Sihalpe: huahap...ai lang adong masalah bani namar sipatorangan... asalma objektif dan berjiwa membangun. Bani hasoman nahurang mangattusi permasalahan...porlu do bereon pandangan..ase marsiantusan.. Kan halani nahurang pambotoh do..jadi "hangat parbualanni lae Ridwan Parulian Purba i perantauan pakon Purba nalegan soalon...sehingga minta pencerahan dari Publik... Aima ase adong ibahen lae Ridwan Parulian Purba ai Status na on kan?? Huahap..ma otik terjawab sungkun2 ni ai melalui masukan2 on kan??? Dan..... biarlah Sejarah itu...Sejarah adanya....... Sahali nari.. ".Mase lang mangaku hita use jadi halak Pakistan atau halak India????" Jawabnya menurut ahu.... ; "Karena hal itu adalah sudah merupakan Sejarah!!".


      • Riduan Parulian Purba horas sanina pardi purba sidadolog,purba sigumondrong pe termasuk do ai saninatta(dlm arti nasaoppung) sidea.janah dongdo kesatuanni margaon isiattar namargoran TAMSIDALOGAM(tambak,sidasuha,sidadolog,sidagambir)sedang sigumondrong langradihut sidea bani kesatuanon halani dong boritni uhurni sidea bani tambak,agape sabotulni namarsanina dohita.
        Janah marga purba onma parlobeidong marga purba isimalungun.dob ai bertambah mause marga purba nalegan naadong isimalungun sampai 14 marga purba nagebee saninata.jadi purba TAMSIDALOGAM on jelas lang adong hubunganni pakon purba na hun dolog sanggul.tapi sidea purba nahun dolog sanggul mengklaim ganup purba naisimalungun turunanni sidea.langibotoh sidea sejarah isimalungun. halani bannami iperantauanon naipropinsi RIAU hangat domasalahhon iperbincangkon.dan untuk informasi bani sanina nami purba pak pak,salah satu penasehat purba pak2 mengakui bahwa purba pak2 itu anak dari purba sigulang batu


      • Stev Bron's Poerba sanina Riduan Parulian Purba kira2 tahun berapakah purba pak2 itu berada dan bisa di info sejarahnya.....? mengapa dari sigulang batu...?


      • Pardi Purba Sijengesan tiap marga atap sub marga marsitorihi /teliti asal usulni sepanjang i haporsayai sandiri, lang untuk diperdebatkan antara satu dengan yg lain. anggo sagala marga Purba Simalungun ma sepakat marsanina, upayahon hita bani niombahta patorangkon samarga lang boi marsibuatan, halani aido ase manuliskon marga unang sub margani ibahen. misalni au Purba Sidadolog, totap i tulis Purba, anggo dong manukkun baru napatugah pasal Sidadolog dst.


      • Riduan Parulian Purba horas sanina.saya tdk tahu masalah itu dan yg mengakuinya klaim itu salah satu pendri kumpulan dan penasehat dari purba pak pak yg ada di pk.baru.tapi saya pernah dengar cerita orang tua purba pak pak ada disimalungun seumur dengan pohon yg besar yg ada disekitar istana raja purba pak pak yg dipematang purba.dan katanya pohon itu sdh berumur kira kira 600 thn,itulah cerita yg pernah saya dengar.


      • Stev Bron's Poerba sanina Riduan Parulian Purba pernah gak di dengar Tuan RAEDAN (Pangultop ulltop) Raja purba I...?


      • Sarmen Saragih ‎@ Santabi lae Riduan Parulian Purba. sonai ge lae Pardi Purba.. Manurut pangidahku...ma lari nasiam humbani kontex ni Status mu on.... Sonaha... ma boi berterima nasiam bani piga2 masukan??? halani Lae Riduan manugkun.... Dong namambere pendapat..hape lang dong jawab/komentarni ... bani masukan..selain langsung diskusi berdua dengan lae Pardi Purba... sonaha do gatni lae??


      • Pardi Purba Sattabi lawei SS , lang ganupan sukkun2 sibalosion apalagi tujuanni sukkun2 laho mamojokkon . Silsilah atap sejarah pasal marga tergantung masing2 jolmani porsaya atap lang, halani lang ganupan boi dapot bukti sejarahni diatei tupa ma


      • Riduan Parulian Purba horas ma lae sarmen saragih,sattabi mabamu lae parbulannami pakon saninakku pardi doma sedikit melenceng humbani konteks.au nasongon mangomentari komenni saninakku pardi ps dassa ai lae...


      • Sarmen Saragih Pardi Purba: Santabi dahkam.. Mase ham mabere jawaban ?? Kan lang Statusmu on??? Nian mangattusima hta bani namarsahapi tene.. Adong do Suhut... Adong Tamu..dan lain seterusni.. lang nai Do lae Pardi?? Diatetupama.


      • Sarmen Saragih Diatetupa lae Riduan Parulian Purba!! Malas uhur...


      • Kornelis Dehotman Damanik dos ma hita on songon na marsermon...lang dong ahli theologia ni...hehe...lanjut torus sampai tuntas


      • Dori Alam Girsang Penting itu...menuntaskan satu2 pkok pembicaraan..mari kita pupuk trus diskusi ini di dlam hasimalungunon...


      • Dinasty Nagur ‎......" Marga asli penduduk Simalungun adalah Damanik, dan 3 marga pendatang yaitu, Saragih, Sinaga, dan Purba."......
        http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Simalungun


        id.wikipedia.org
        Suku Simalungun atau juga disebut Batak Simalungun adalah salah satu suku asli d...See More


      • Joni H Sumbayak Dinasty Nagur, coba jelaskan atas dasar apa Nagur iitu marga Damanik, kalau aslinya marga Damanik, berarti rakyatnya marga damanik dong,,,masak jeruk makan jeruk....kalau cuma aslinya marga damanik berarti tidak ada marga saat itu....


      • Sarmen Saragih Oh..... Berarti..marga Purba yang diluar Purba Pak-Pak itu..... Marga "PENDATANG" juga...menurut Dinasty Nagur....... Trimakasih ma bani Infonya..dan kita mengharapkan kebenarannya!!! Diatetupama Dinasty Nagur.


      • Dinasty Nagur ha.... ha....


      • Dinasty Nagur ‎......."TM. Muhar Omtatok menguraikan bahwa Damanik merupakan marga tertua dari suku Simalungun dan Batak. TM Muhar Omtatok juga mengungkapkan bahwa Damanik telah ada sejak kepercayaan lokal ada di Sumatera.".......
        http://id.wikipedia.org/wiki/Damanik


        id.wikipedia.org
        Damanik adalah marga atau morga dari suku Simalungun yang aslinya berasal dari d...See More


      • Dinasty Nagur maaf semua itu copas dari Wikipedia.........


      • Sarmen Saragih Santabi.. Apa kah "Manik ... sama pengertiannya dengan yang dimaksud dengan "Manik" ,dalam pengertian Ilmu Gaib??


      • Joni H Sumbayak Wikipedia..juga buatan manusia Dinasty Nagur, yang bisa benar bisa tidak, dan juga bisa terbantahkan,,,,oleh tulisan lainnya yang mendapat pengakuan dari umum


      • Berlian Saragih Huidah sai marosuh ope hita mangulas sejarah asal-usul ni Simalungun, laho mangindahi ise Simalungun asli anjaha ise na lang asli. Anggo au mangidah, tanoh Simalungun on boi do ibandinghon hita songon Amerika. Dong hinan do jolma na parlobei ijai, dob ai roh mause halak na legan hun bagei2 ni nagori. Haganup sidea ai nuan domma gabe halak Amerika. Bedani, i Simalungun sompat do adong harajaon na boi mamaksa haganup na roh gabe rayatni mamilih marga na adong i Simalungun panorang ai (tarmasuk Girsang na bani mungkahni Purba do sidea). Sonari on, dob mengalami masa surut, dob masuk mission hun Jerman pakon penjajahan ampa revsos, mulai ma use mulgap sihol ni uhur mar-Simalungun, tarlobih ma halani GKPS (na sadokah ni on gabe pertahanan ni ha-Simalungun-on) lang pas (anjaha mungkin lang homa sanggup) gabe "pengayom" ni ha-Simalungun-on (halani hakekatni na marpusat bani hal na spiritual). Bani masa Simalungun (na usih bani Amerika) sonari on, porlu ope hita mansahaphon ise na asli ampa ise na lang? Anggo ai do isahapi hita, moru ma use bilangan ni Simalungun. Ise do na boi mangklaim "asli Simalungun"? Sisahapanta namin ai ma: Sonaha do ase bangga halak gabe Simalungun. Panorang on naidah, buei do hita Simalungun mangidah na dearan do na bani halak na legan ai, gabe ai ma itiru-tiru. Sonaha ma hita .......... on?


      • Pardi Purba Ini baru tambah bingung Damanik artinya simada Manik saya belum jumpa dalam kamus simalungun tapi Sidamanik nama kampung yg Partuanonnyaq Damanik atau penunjuk sese orang marganya Damanik tapi terserah yg punya margalah


      • Riduan Parulian Purba dinasti nagur....mungkin yg anda katakan itu benar,sebelum ada nama simalungun dan damanik adanya disiantar.setelah keempat marga ini bergabung maka ada SIMALUNGUN yg terdiri dari empat kerajaan pada awalnya dan ada istilah disimalungun SISADAPUR.raja dolok silau juga bisa mengatakan demikian,sebelum mereka bersatu....


      • Joni H Sumbayak Bapa Berlian Saragih, Sisahapanta namin ai ma: Sonaha do ase bangga halak gabe Simalungun. Panorang on naidah, buei do hita Simalungun mangidah na dearan do na bani halak na legan ai, gabe ai ma itiru-tiru. Sonaha ma hita .......... on?, Naha do par bangga diri jadi halak Simalungun lo Bapa, sejarahni pe seng nabotoh....

      • Sarmen Saragih Memang begitulah keadaanny ,kalau tetap ada yang merasa lebih dari yang lainnya.... Ahirnya ..seperti beberapakali saya ucapkan.... : "Kita tetap berjalan di Tempat....sanina Joni H Sumbayak.


      • Berlian Saragih Joni H Sumbayak, anggo jago diri, age pe anak haram, bangga do diri anjaha ihormati halak do. Age pe anak ni raja diri, anggo seng dong na boi nabahen pasti do lang iterge halak. Salah do au ijai?


      • Berlian Saragih Sejarah ni jolma na i Simalungun songon gado2 do.


      • Joni H Sumbayak Sarmen Saragih, tapi pos ma uhur mu,,,dearan do gojok songonon, ase tubuh uhur laho makkobashon horja ni bei,,,aima marsitorih asal usul ni bei....go lang dong parbualan on,,,ahalah nabotoh,,,isukkun halak pe diri, hanja do ho,,,han paneiraya, ai tumang...salosei...aima ase ra do holi isukkun niombah mu,,,saragih hanja ma ham sanina,,,Saragih han Jerman nini....kwkwkwkwkwkwkwkwkwk


      • Joni H Sumbayak Berlian Saragih, lang salah Bapa...naima ham,,,tapi au lang boi nai,,,,marbual hossi pakon par dipar diri, pasih do sidea manturihon hanja sidea,,,tap na mangarang pe ai....hape diri...mangarang pe lang dong panorang be,,,halani na sapari ondi pe,,pala mangarang pe lang boi sidea...se dong bohal diri marbual pakon sidea...,


      • Sarmen Saragih Saya kira ..tidak hanya di Simalungun yang seperti Gado2... Hanya kita masih terlalu picik memahami Sejarah /Pergeseren satu Bangsa /Kelompok... Ma gati huhatahon.. Anggo sonaido...: "Mase ma hita lang mangaku use,mulak jadi halak Pakistan atau halak India ???? Lihat Nehara Tetangga.. dan lainnya.. jadi hita on lalap marsoal jawab songon Katak di bawah Tempurung... Hahaha Santabi da .. On hanya sebagai untuk memperluas periscope pendapat....


      • Joni H Sumbayak Israel mengklaim dirinya sebagai bangsa pilihan Tuhan, Jerman mengklaim dirinya sebagai Ras paling tinggi derajatnya...Toba mengklaim dirinya siabangan dari suku batak lainnya. Jepang mengklaim sebagai saudara tua Asia...SIMALUNGUN....SEPAKAT MA HITA ANGGO HITA SUKU SI LONGAH LONGAH...NALANG MAR IDENTITAS...SE ITUTUP PARBUALAN.

      • Berlian Saragih Anggo Simalungun do diri, seng morgani lobei sisungkunon, tapi hutani, huta hatubuhanni. Ase songon au, par-Sidamanik do identitashu na paling dalam, sedo Saragih, apa lagi ma Garingging. Sidamanik ai do na gabe latar-belakangku na alamiah anjaha mendasar. Sonaha par-Sidamanik, ai do bahatan taridah bani diringku marimbang Saragih. Ai ma HABONARON NI SIMALUNGUN. Sungkun hita ma niombah ni sanina Sarmen Saragih ai. Age pe Saragih ia, tapi halak Jerman do ia. On ma salah sada na mar- HABONARON DO BONA. I Raya dong do Sinaga, tapi Sina do ompungni. Tapi seng ongga mangaku Sina ia, Simalungun do. Ai ma HABONARON NI SIMALUNGUN. Boru ni abanghu, fasih marbahasa Jepang, Indonesia pakon Ingris, tapi seng ibotoh sahap Simalungun. Pori nasungkun ia: "Simalungun do ho?' Aha ma kira2 balosni? Sejarahni tangkas do, ai boru Saragih Garingging do ia. Pardinggan ni istilah ni hasoman: Asli Simalungun. Ase, huidah, sejarah ai sungkup ma ibotoh hita, gado2 do hita, halani ai ahap Simalungun ai ma patobal hita bei ase ulang salih hita.


      • Joni H Sumbayak BAPA Berlian Saragih, nasongon rippun ni parbualanhu pakon ham,,,naha pandapot mu,,,Saragih asalni han Pusuk Buhit,,,SATUJU DO HAM AI.


      • Asan Damanik lanjut...!! Saragih sama Saragih santorap on mansahaphon sejarahni sidea sandiri, mohon yg lain (marga lain) menyimak saja.


      • Sarmen Saragih Hahaha..sanina BS... Pas ma ai.. tapi anggo au...totap do halak Indonesia sampai mati... Simalungun homa.... Janah anggo isungkun halak niombahku... Saragih Simarmata Pardosi do nini...sipata... haha.... @ Snatabi sanina Joni H Sumbayak ..mungkin penilaiannya dimasa Hitler dulu. Sekarang...: Manurut pangidahku... selama 41 tahun ma au ijon..Jerman on lang ongga nasida merasa sada bangsa lebih tinggi ... Malah ..nasida aima sada bangsa na jujur...tegas..tolerans....dan Sosial.... Perduli akan manusia lemah... (Hak azasi) Satu contoh...: Saya sebagai warga asing yang hidup di Negara Jerman... mempunyai Hak yang sama dengan Penduduk warga Jerman Sendiri.. Didepan Hukum...maupun dalam Kesehatan..seperti yang baru terjadi dengan diri saya sendiri...


      • Berlian Saragih Joni H Sumbayak, Ha ha ha ..... hun sudut Alkitabiah pe domma lang tarjalo ai dahkam. Hun sudut logika pe lang. Ase mabolngap tu ma diri ra paihut-ihut tarombo ni ai. Ase, anggo adong na manungguli ai,hatahon ham ma gelah songon na huhatahon ai. Anggo hanami Saragih Garingging sungkup ma sibar Ajinembah ibotoh hanami, lang pala das hu India Belakang. Lobih ni ai lang parduli be hanami. Ai do ase seng ongga ra au masuk PARNA, hansi pe buei saninangku Garingging na dihut ope, demi PARSAHUTAON. Magira2 sidea ia pe seng ra be maoto.


      • Berlian Saragih Ambah ni ai, pori pe mangaku ia hun Pusuk Buhit,uhurni mahujin, asal ma totap ia marahap Simalungun.


      • Raja Asean Sumbayak Iklan umpasa lobei hum bani sumbayak:

        Payah dansa mangan dayog nuan
        Payahan do hita manorihi daboru....
        Purba, saragih, damanik, sinaga aha pe ham ai hasoman
        SIMALUNGUN asli do hita on ganup, ai ma ningku....


      • Sarmen Saragih Nai ma tongon.... Horas kon hita ma 3 hali... !!


      • Joni H Sumbayak Ham do keturunan ni Raja Raya, ham do sipaihuton nami Sumbayak on, tapi hatorangan mu ai bercabang do huidah.....go lopus do hu Alkitab,,,,mar ahap simalungun pe lang porlu be batta,,,, tapi naima pasal ai,,,,,nai ma manurut ham.... hujalo do hatorangan mu ai.....tapi sibaen nadear, jenges namin turi hon ham na hunja do hita on,,,,ase jenges hanami namaposo on bani namar Simalungun on,,,,horas....


      • Berlian Saragih Ise do na sinobut mu : hita on? Domma na patorang, ia halak Simalungun dong na hun India Belakang, dong Bonggali, dong Sina, dong Jawa, Malayu, Toba, Aceh, Padang, Ambon, Dayak, Arab. Ganupan in domma dong bei morgani. Na gabe Sumbayak pe dong do ra deba ai. Jadi, mase ilojai hita dirinta? Na pasti : on ma Simalungun. Naija ma ai? Sada ma ai Pdt.Berlian Saragih na marsanina pakon sinrumahni bei na roh hun Jepang, Toba pakon Sina. Ise na mangaku Simalungun, atap na hun ja pe roh ni , Simalungun ma ai.
        Friday at 12:12am · · 1

      • Berlian Saragih Memang domma parah tumang hita terpengaruh bani Tarombo Pusuk Buhit ai, gabe hunjai tong titik tolakta mangindahi ise do, hun ja do halak Simalungun. Lang pitah sada hasusuranta, bagei do, age pe samorga hita.


      • Sarmen Saragih Malas uhur..Anggo sonaima..ma roh dohorni hita sagala Simalungun on...sonai homa pakon na marahap Simalungun...Sat roh bahatni manamin na boi menerima perkembangan Sejarah on..ase boi hita sada ..janah pokkut..mansahapi ,sonaha ase boi hita Simalungun roh majuni... Horas...


      • Johannes Saragih Anggo Hanami (saya Sendiri) Saragih Sumbayak Rabayu...Anggo secara Official Statement pitah saragih dassa na ipake hanami, tapi anggo horja2 adat i huta Saragih Sumbayak do i pake hanami termasuk mai ai i GKPS Tanjung Pinang....hehehehehehehe


      • Raja Asean Sumbayak Sosok tumang ma ai, dahkam....... Anggo lang sonon cara berpikirta bei, ra ma simalungun lambin etek. Ulang itangar nasiam sinlegan marsahap. Ai pitah mambahen etek Simalungun dai. Diri seng ongga mangaku PARNA tapi seng halani lang parna diri jadi lang marhasoman pakon ia na parna. Ipatorang hita naha sejarahta, ase ibotoh sadea homa hunja do hita on, tapi seng pala mintor manggila anggo dong na lang sosok bani uhur anggo dong nalepak binahen hasomanta simbalog......... Toruh maruhur hita ganup, seng pala ni lawan anggo totap do tenger uhur ni.


      • Dori Alam Girsang Saragih Asenk
        Tondang memang bukan simalungun asli, mrk berasal dr tobasa dan hijrah ke pinggiran danau toba sekitr hinalang...bgitu jg dgn girsang yg berasal dr tobasa dan hijrah ke simalungn dan menjadi simalungun....coba jelaskan dlu gimana hijrahnya girsang dri toba ke simalungun...baru dengar aku ceritanya ini...


      • Rado Purba Sidagambir kami keturunan raja2 silou tau sejarah...
        tambak, dasuha, sidadolog, sidagambir (keturunan asli raja2 silou dan panei)...
        JANGAN KALIAN USIK SEJARAH KAMI ...
        KAMI TAU SEJARAH KAMI SENDIRI...
        dan wilayah kami kerajaan purba yang terluas...
        dari silou panei raya huhuluan, dolog masagal, dolog huluan rajaihuta bajalinggei sampai ke perdagangan ,,,
        kami punya naskah kuno partingkian bandar hanopan di Arsip nasional RI SEKARANG...
        purba silou dan panei itu yang asli simalungun...


      • Dori Alam Girsang Jadi Girsang itu memang simalungun palsu??


      • Dori Alam Girsang Jadi Girsang itu simalungun palsu??


      • Karles Hasiholan Sinaga Simalungun itu masih nama baru, nah kalau mau bilang Silou marga Aslinya Purba, Siantar adalah Damanik itu tidak akan ada yang menyanggah.
        Nah kalau di bilang orang Simalungun asli adalah mereka yang sudah tinggal di Simalungun saat Simalungun itu resmi menjadi nama daerah.
        Saya kira lebih tepat begitu.


      • Berlian Saragih Ha ha ... lae Dori Alam Girsang, ai ma ase lang marosuh au anggo isahapi soal asli lang asli Simalungun. Sedo marga mambahen halak Simalungun, hansi sapari, maningon pilihon marga na adong i sada2 harajaon. Halani boi do mandiri Girsang membentuk harajaonni, gabe pag ma nasiam mambahen marga na baru: Girsang. Ase gati do taridah biak ni Girsang ai (santabi, on pengamatanku pribadi) bani buei marga Girsang, biak na "Raja". Simalungun adalah way of life. Simalungun ada bukan karena asal-usul, asli tidak asli. Jadi lang porlu Simalungun songon halak. Simalungun ya Simalungun ma. Mase huta do sungkunon sapari anggo mula2 pajumpah, ai ma halani: bani sada-sada huta dong do biak/hasomalon na khas i huta ai. Anggo domma nabotoh hun huta ja sada2 halak, nabotoh ma hinaotikni pasal diri ni halak ai. Anggo morgani do nabotoh, lang ope sai boi patuduhkon halakni, ai ija pe dong do halak na marmarga na dos. Jadi, bani Simalungun, sedo tutur na parlobei porlu botohon, tapi pribadini do. Marhitei na sonai ai, boi ma nabotoh sonaha, hinaotikni, pribadini, boi na arusi sikapni pakon sahapni. Anggo par TigaRunggu do, misalni, mangkatahon: ""Tete au." na arusi, ma aha do maksudni. Anggo par Raya , na ulang ma ai. Anggo par Silou Kahean mangkatahon: "Bajan ma da nasiam", na dear do ai. Tapi anggo par Raya, tongka ma mangkatahon na sonai ai. Ai ma salah sada tanda2 ni falsafah HABONARON DO BONA ai. Porlu jaga, ulang lepak mandompakhon halak. Seng ra Simalungun, halani domma martutur, gabe : Eme na masak igagat ursa ......... Bani panorang sondahanon, na domma buei tarjadi perpindahan, anjaha buei tarjadi parjumpahan pakon hasoman simbalog, gabe marga ma na parlobei sisungkunon. Tapi, age pe sonai, falsafah HABONARON DO BONA ai ulang ma lupa hita.


      • Rado Purba Sidagambir siapa yang asli simalungun dy yang punya ahap hasimalungunan..
        budaya nya jelas menjalankan budaya simalungun
        mw darimanapun dy...
        ada yg berani comentar lagi???
        ini soal tarombo purba bukan soal simalungu marga lain..
        lihat status paling atas...


      • Kornelis Dehotman Damanik igantih ma gelah kata asli/palsu...ibahen ma gabe simalungun negeri / swasta...ase lobih mantap...


      • Menrinson Tondang Sihalpe Tapi jelas berbau asli atau tdk comenya.


      • Rado Purba Sidagambir makanya njukkan kalau memang kalian simalungun asli semua..
        mana rasa kecintaan kelen selama ini sama simalungun??
        mana ada yang peduli klen sma simalungun..


      • Dori Alam Girsang Pas do ai Tulang BS,ahu selalu mengatakan asal usul ku dtgnya dri Pak2 Lehu I lehu pe baggal do tugu nami Girsang on ijai..klo di tanya sebelum ke lehu drimana tak akan aku jawab lagi,dri Pak2 pun aku hapal sampe ke sekarang udah jago itu...klo di ambil lagi dri atasnya nah disini lah sering terjadi spekulan2 tingkat tinggi...I huta nami doppak silimakuta bahat do marga Purba salih jadi Girsang ulang nasiam silap..jadi hanami pun gak mau sesumber mengatakan kami bukan Purba..bukan hanya di simalungun kami di akui ,di karo pun kami selalu di akui..minimal jabatan Girsang di salah huta I karo aima anak beru kuta atape guru mbelin..I Pak2 pe sonai do hassi pe lang menyeluruh tapi minimal Pak2 Lehu punya peran dan membuat satu marga yaitu Girsang sendiri tidak mengikutkan marga induk yg ada di pak2...dan Oppung kami Datu Raja Parulas Parultop mengajarkan kami perihal bahasa si "Jujur Bilang"...jujur bilang bagian inti dripada habonaron do bona..anggo ma jujur diri dalam marsahap pakon parlaho aimana na manjolom habonaron do bona...dri Pak2 sampai ke silimakuta lalu Oppung kami meninggal dengan cara masuk ke dalam kayu Tualang(mungkin bahasa yg kita kenal saat ini adalah Moksa) di daerah perdanganggan,dan nama Girsang sipangan Bolon pun itu masih salah satu misteri yg masih belum bisa di ungkapan,kalo pun itu bahasa serapan dri sirpangan na bolon menurut JRP dan T Gindo Sinaga ai ma hu jai,yg pasti ada Girsangnya...hehehehe...ai do turi2 an ni Datok ku hu bakku...saya sangat menjujung tinggi nilai kemanusian,sangat disayangkan kalo masih ada kita simalungun menyandang simalungun asli simalungun palsu,mau dibuat kemana org2 jawa yg sudah punya ahap simalungun,yg mana tentunya mereka pun sering bangga ketika ditanya kampungnya dimana mereka jawabnya dri t.jawa,atw dri siantar,dan mereka tidak pernah saya dengar kalo mereka katanya kampungnya dri solo atw pun dri malang atwpun daerah2 yg ada di jawa...


      • Rado Purba Sidagambir kalau di bilang kalian gak asli kelen marah, tapi perbuatan klen selama ini gak menunjukkan kalian cinta simalungun...


      • Dori Alam Girsang Hehehehe santai aja lagi Rado..tunjukan jga lah bahasa mu kalo memang keturunan Raja Goraha atw keturunan asli Simalungun...mungkin kalo bahasa raja2 yang kamu keluarkan tentu akan ada yg mencontoh bahasa mu..dan begitu jga kebalikannya...ingat manusia itu mahluk yg paling jago meniru apalagi disini ada membernya masih sma atw pun smp,yg mana di usia2 muda spt ini mereka rentan kena dampak contoh yg lebih tua dripada mereka...anggap saja dlu kita disini udah dewasa..seharunya kita memberi masukan dan tanggapan yg dewasa pula lah..agar kita bisa menjadi contoh...apalagi kamu sekarang mahasiswa di bandung dan fak sejarah tentu kamu pun udah tau bagaimana bahasa2 ketimuran...bukan koreksi yah...hanya saran saja sesama member yg ada disini..lanjut...


      • Kornelis Dehotman Damanik bahat do homa oppung2 ijon tene...hehe


      • Dori Alam Girsang Hiihihihihi


      • Stev Bron's Poerba sabar nasiam lagi iolah dope da......


      • Johana Luis ‎@Kornelis...mknya kita bs dpt ilmu pengetahuan di group ini..hehehe


      • Kornelis Dehotman Damanik betul sekali botou..transfer ilmu langsung..lang pala pake rumus /dalil phytagoras hrhehe


      • Johana Luis hahahahaha.,ai mada tongon...malas uhur.. :)


      • Kornelis Dehotman Damanik cuma lang binotoh atap adong do na mem back up data diskusi on...halani anggo hona virus bahaya..apalagi admin ni manggila...mittor ibubarhon bana group on mayup ma ganup hahshs


      • Ary Girsang MANTAP bg DAG...lanjutkan.....


      • Rado Purba Sidagambir tunjukkan nassiam ma kalau nassiam punya kecintaan kepada simalungun..
        aku asli keturunan partuanon dolog huluan, masih punya ikatan dengan purba sidadolog tuan dolog masagal dan keluarga raja2 panei...
        dari keturunan raja2 panei memang kami sidagambir yang paling kecil..
        kalau memang nassiam halak simalungun, tunjukkan nassiam malah diskusi yang tidak memancing emosi seseorang...
        aku kecewa sama orang simalungun di grup ini tidak ada kesetia kewanan dan rasa solidaritasnya sebagai sesama suku..
        tokkin nari tading marga nya kita ini smua..
        pantaslah pendatang merajai di simalungun karena halak simalungun sendiri pun gak ada kekompakan,..
        tabe ma...


      • Rajin S Saragih Pernyataan dgn ada unsur kalimat paksaan/pembenaran mnrt versi sendiri utk mengakui keberadaan,keoriginalan seseorang adalah seperti usaha menjaring angin.Paturutmalah proses mardalan ibagas na lumei janah boi ijalo ibagas panriahon na jenges.
        Selamat buat MS.


      • Sarmen Saragih BS: Ralat otik... lang par Tiga Runggu mangkatahon "Tete2 ai... partopi pasir do ai... Par H.Gaol das hu bangun Purba ..das hu SihalpeL.Deak,L.Nangka das hu Sirungkungan do ai.... pokopni partopi Pasir daerah on ma namamakei hata ai... Adong pe i T.Runggu mamakei hatai...halani sapari...marsikolah hu Tiga Runggu do ganupan sidea..sonai homa par Urung Pane Simarjarunjung Purba Dolok..pakon par Manak Raya....


      • Joni H Sumbayak mase iulaki kalimat ai lo,,,,buei ijon par raya, nagoridolok pakon rayakahean...manat manat


      • Johana Luis ‎@Joni H S...kwakwakwakwakwak....


      • Hendry Damanik menyukai komen lawei Joni H Sumbayak,


      • Sarmen Saragih Rado Purba Sidagambir: Santabi malobei... Manilai humbani parsahap /panluar mu ai...Ra.. atau mungkin ..ma bahat na dob ibahen ham i tanoh Simalungun on tene..... Dearma tongon ai dahkam.. anggo memang sonai do.. Mudah2an sai roh bahatni ma nian na ra mamparbaen songon ham ai.. Tapi,manilai humbani panluar ni ham ijon....jadi sangsi do au ...bani kenyataan ni ai ganupan... halani biasani..hasoman na dob adong mammparbaen.... lampot do parsahapni... toruh homa do marsahap... Jadi ..aha ma gatni saran ni ham sibahenon nihasoman/sibahenon ni hanami..ase termasuk hanami Simalungun na mamparbahenan???? Diatetupama.


      • Johana Luis ‎@Sarmen...betul Makela..akupun heran..istilah itu punya org Haranggaolnya ku ingat..hehehehe


      • Joni H Sumbayak kan tawa ma botou Johana Luis in lo....


      • Johana Luis ‎@Joni HS... baen ma ase malas uhurta..mariah hita ijon...


      • Beriaman Purba Par Raya do na mangkatahon hata ai nongkan da...janah i sobut par Tigarunggu.Mangkela S S patorangkon lang sonai i T Runggu....."hu duru" sonai do gatian ihatahon.Manuan pege nini nadeba...tongon partopi pasir hu Tigarunggu do bahat marsikolah naboron.....anggo i Sukkun i parrantouan parja do ham balosni Par3runggu nini ai 3runggu do naibotoh buenan halak drp Liang Deak Liang Nangka Halaotan Silumbahk Bangun Purba Salbe Urung Pane pnl. Au par 3runggu lang ongga huhatahon sonai ......


      • Joni H Sumbayak minggir ma au namaposo on anggonai,,,,lang tahan au go istilah istilah sonai,,,mabiar au,,parahan holi hanjon...kwkwkwkwkwk


      • Sarmen Saragih Ulang minggir sanina Joni H Sumbayak. Ikuti arus.... Ihatahon BS pe hata ai da...ai memang fakt do ai... Ai tar sonai do homa ase marusaha marpisah Hkbps nabaruon humbani HKBP.. Halani adong piga2 perkataan sehari2 ni nasida.. legan artini ibagas pangarusionta... Sejarah do ai...


      • Johana Luis ‎@Joni HS...jgn menyerah baya...idah lobei apa kata Makela Sarmen hehehehe...


      • Joni H Sumbayak malaslah bot...tp kalau ngomong berdua,,,mau cakap apapun...boleh,,,ngomong di tempat ramai ni,,,malulah awak,,tak boleh...cakap tu


      • Johana Luis ‎@Joni...okelah gak usah dsahapi lg kalo marobu ya...itulah mknya ada bhs pengantar Simalungun yg resmi... Tdk memakai istilah2 yg bikin org risih ato gak nyaman...jd pakai aja istikah yg umum...hehehehe...


      • Johana Luis ‎@hahaiii.. DPC HIMAPSI MEDAN.. domma roh lakan..diateitupa jempolni nasiam nai homa Makela Sarmen.. :)


      • Johana Luis ‎@Joni HS...seplah..mantaf.. :)


      • Joni H Sumbayak mase dong use DPC HIMAPSI MEDAN bu Johana Luis


      • Johana Luis ‎@Joni HS...dong mada...me Like komenku...nape mangnye pak Joni ?


      • Joni H Sumbayak ooo..mantaplah,,,boru apanya ibu ini,,,,saya belum bapak bapak lho...kwkwkwkwk

      • Johana Luis ‎@Joni HS...kwkwkwkwk...oh maaf...margaku yg lg dibahas d ataslah... :)


      • Joni H Sumbayak oooo...Purba do hape ham bu,,,,
        Abang Dokter Rajin S Saragih, Purba do hape ibu Johana Luis on...kwkwkwkwkwkwk


      • Johannes Saragih Menyimak dan mengikuti.....Sumbayak dari Republic of Maldives :)


      • Sultan Saragih II mantab bah....daya dukung sumbayak untuk simalungun...he..he..he.....


      • Joni H Sumbayak Sumbayak Partalun hatubuhan Panei Raya, Hasusuran Simbou Kehen sedang berkomunikasi...hehehehe


      • Dori Alam Girsang Great sumbayak


      • Johana Luis ‎@Dori... Purba juga.. :)




      • Joel Tondang IKLAN lobei tene .-)

        Bg RPP...
        Aha do kabar nasiam abang?
        Mase holan halak on marbuali i lapak ni ham on...?hehehhee...


      • Johannes Saragih Ada Sebuah ungkapan yg telah saya buat dan akan saya publikasikan dalam beberapa waktu kedepan dan saya harap kita dapat menyikapinya di hari yg akan datang " Jangan pernah tanyakan apa yg sudah kamu perbuat buat Simalungun, Jangan pernah tanyakan apa dan siapa saya di Simalungun Tapi bertanyalah Kapan saya Bisa mempertahankan Warisan leluhur saya"


      • Riduan Parulian Purba joel tondang....anggo kabarnami iperantauanon iranah bumi lancang kuning sehat2.aupe domma bingung laho mangomentari masukan2 humbani hasomanta simalungun on sanina.


      • Joel Tondang Bg RPP.
        Ham kan par-seputaran Raya do homani??

        Ham bingung,,apalagi ma hanami partopi tao,,linglung mando lang binoto mkkatahon aha komntar...hehehee
        Tarimakasi ma abng..Horas


      • Riduan Parulian Purba joel tondang....au memang simalungun tp lahir isiattar,orang tua,oppung pe isiattardo jd pamili do adong arah huraya torus hu.....goranni hutape langpala piga nahuboto dompak simalungun atas.


      • Pardi Purba Joel T, dan RPP aha masalah ase bingung nasiam, seharusni bani grup on terjadi pencerahan setidakni tambah pemahaman pasal Simalungun dgn segala keberadaannya, au sonari i Siantar tp 36 thn di Jkt. aha naboi ibahen hita aido sibahenon kan, dong diskusi berbeda pendapat bisa saja lang soal, nap[orlu komunikasi diantara hita boi torus marsiarusan dob ni holi pastido dong gunani diatei tupa


      • Karel Girsang Memang repot soal Simalungun, antara adat dan Bahasa sudah berbeda, tapi di sebut Daerah Simalungun.Bahasa pisisir dan seribudolok hampir sama, tapi klu uda ke Raya, 90% berbeda.jadi klu Kawan2 tidak meyadari ini sangat sulit mmbicarakannya.


      • Pardi Purba Sasittongni lang repot asal dong uhur marsihargaan, halani Simalungun bolak , bahasa Simalungun tiap kecamatan dong perbedaan, maningon iarusi hitado ai bahagian hasimalungunon. Adat Simalungun prinsip dasarni sarupa do pengaruh huta/kecamatan dong varian marbeda. diatei tupa

      • Joel Tondang PP-KG..
        Namabiar do hanami salah marsahap/komentar alani hurang mangarusi pasal asal-muasal pakon hatoranganni margatta simalungun on dahkam..

        Anggo masalah bahasa pakon adat tarsongon na boi dope hanami mengikuti.
        Sonaima, tarimakasi..


      • Karel Girsang PP. dalam perbedaan ini lah yg kita tidak sadari,satu contoh,Sisada dapur Mereka lah yg Menganggap Simalungun asli, yg lain nya itu Pendatang.Yakin lah selagi Masih ada prinsip ini ,Simalungun akan bertambah terjepit,jangan kita salahkan Orang lain klu kta terjepit.


      • Karel Girsang Joel...lang pala Mabiar ,cukup ceritrakan apa ada nya.Klu kita jejaki kesejarah,Buku2 yg tertulis tentang Simalungun,itu semua nya Hanya bersifat Tafsiran, atau sepihak.jadi tidak perlu kit terlalu jauh keBelakang ,lebih baik kita pikirkan ke depan chususnya Generasi penerus.


      • Pardi Purba Pasada hita pemahaman soal Simalungun sondahanon.nai maksud Simalungun sondahanon aima namangkagoluhkon adat budaya simalungun, jd lang kaitan marga apalagi Sisadapur dassa Simalungun kan majadi etek. soal sejarah adong raja Marpitu sebelum Indonesia Merdeka ya kenyataan kita hargai lang menjadi perpecahan


      • Karel Girsang Saya yakin , setelah ada nya Raja Marpitu, itu sudah maju satu langkah.asal kesepakatan itu di jalankan.Problem soal Bahasa???? Bahasa sering datangnya dari Kehidupan se hari2.


      • Riduan Parulian Purba PP,KG...baru2on adongdo marga lingga marpesta pakawinhon anak.marga linggaon parharanggaol dan domma mangaku simalungun. bani pesta ai sidea lengkap marpakean gotong pakon bulang nagabe cirihas simalungun,tp bani pardalanni adat otik pelangadong nasongon cirihasni simalungun.jadi onma sada pengaruh nimarga2 namangahap simalungun.adongkomentarni halak banibpesta ai,sarupa dohape adat simalungun dohot toba....


      • Manan Saragih Marsikoreksian anggo dong nalepak, naha ase mulak bani adat Simalungun na baku


      • Karel Girsang RPP. Marga lingga itu dari Pak pak,Mereka itu adatnya, Mirip ke Toba dan Tanah Karo dan adat Sipitu Huta,,sekarang mereka Masuk wilayah Simalungun.disini kan terjadi MIX.Hal2 songonon ma na porlu hita pahami.


      • Riduan Parulian Purba KG...saya tdk tahu dari mana asal lingga ini,tpmereka mengaku simalungun,dan masih banyak marga lain mengaku simalungun tapi pada saat mereka melaksanakan pesta adat yg mereka pakai adat toba.dan engaruh ini bisa membuat paradatan disimalungun tdk hanya ETEK tetapi akan HILANG.mengaku ahap simalungun tapi pelaksanaan tdk.


      • Hendry Damanik Lingga dari Naga Lingga ( Kab Karo ) arah sidikkalang, adat naipake sadea adat Sipitu Huta, memang anggo domma i saribu dolok sekitarni sadea marpakean adat simalungun tapi mandalanhon adat Sipitu Huta, Tondongku Lingga tuan Tiga Sardol , jdi sering do memang heran diri


      • Karel Girsang RPP.Problem itu sering terjadi,Contoh; Anak itu Lahir di Simalugun,dan mau Kawin dengan Orang Simalugun, Ternyata Giliran urusan adat,dia kan Pasti Panggil Sdr2 nya dari asal usul nya.ini lah membuat sering kaku ttg adat.

      • Riduan Parulian Purba KG..saninasaya dikitbmengomentari SISADAPUR marga asli simalungun dan yg lain pendatang,dan ternyata pendatang ini yg membuat simalungun terjepit dan mungkin akan magou....kalau tdk diantisipasi.


      • Karel Girsang RPP,Mengantisipasi ,itu hal2 yg wajar,Tapi jangan Hanya Ngomong ,Bertindak dong!!!!.


      • Riduan Parulian Purba hahahaha......dalam hal bertindak......saya telah dikeluarkan dari kumpulan TOGA PURBA karena saya tdk mau dikatakan marga purba yg dari dolok sanggul bahwa marga purba yg ada disimalungun termasuk girsang adalah anak dari purba dolok sanggul.itulah prinsip bagi saya untuk membela suku simalungun...

      • Karel Girsang Itu lah pendapat yg sesat,Hanya menceritrakan sepihak, Yg jels Girsang itu dari LEHU, Girsang sama Purba,marsanina Karna Parpadanan,karna Merek sama PARULTOP, dan Tidak Semua Purba.Jadi Girsang itu tidak ada Kaitanya dengan Dologsanggul.


      • Riduan Parulian Purba TEPAT...tapi bertindak dong hahahaha........


      • Karel Girsang Girsang Tidak mau bertindak ,karna tidak ada yg mau dituntut,yg Jelas Kerajaan Silimakuta di wilayah Simalungun.


      • Sarmen Saragih lae Riduan Parulian Purba... Ganupan ai,proses do .Songon nasiampe holi..na i perantauan...(lang tading i huta /Simalungun).banggal2 ma holi niombah. Jatuh cinta /marhajabuan ma hoi pakon nalang mampunyai Adat atau Kebudayaan Simalungun.Sonaha...,yakin do ham ,bahwa nantinya jalannya pesta peradatan 100% mardalan ibagas peradatan Simalungun??? Tidak mungkin kan??? Halani pihak nalegan aipe...mempunyai harga diri do,untuk tidak melupakan adat Isiadat kebiasaan yang berlaku di kelompok mereka sendiri... jadi..,mau tudak mau.holi...terjadi ma adong perobahan bani kedua tradisi ai.......Aima Proses perobahan yang tidak bisa di bendung/Diklaim sendiri/sepihak!! Apalagiholi,keluarga nasiam turun menurun tading i huta panratoan nasiam sonari ai... ,Pahompu hu pahompu nasiam... holi... ra ,sada pelang be na 90% gelah na manjolom dat kebiasaan Simalungun ai..halani doma menjadi adat campuran... Tarlobih ma ai ..pahompu kawin lagi dengan /diluar keluarga yang sudah bercampur tadi. Jadi lae Riduan... Proses persgeseran /perobahan on... termasuk sada keharusan/yang harus kita terima ,supaya kerukunan kekeluargaan tetap bisa di jaga dan di pupuk...... Berusaha mempertahan kan 100%..boleh saja....tetapi akibatnya..akan terjadi perslisihan pendapat yang merugikan kedua belah pihak!!!v


      • Boy'do Frans Purba jika mendengar bisikan dari mendiang kakek buyut saya dari purba hinalang,,,"katanya",,, leluhur kami jatuh dari langit...


      • Sarmen Saragih Riduan Parulian Purba: anggoboi nian..ulang ma mencari yang tidak2 bani pendatang. Halani..yang say tahu..bahat do pendatang yang sangt banyak membangun karakter dan itegritas ni Simalungun....Bukan hanya sampai disitu... Justru mengangkat ,mengemukkakan Muka dari Simalungun... Halani biasani..Pendatang ..pada umumnya berusaha ,agar di senangi masyarakat lingkungan,dimana dia berada. Coba dingati ham....sonaha ham marusaha mencari kontak dengan tetangga /masyarakat,dimana lae merantau.... Dan ..yang saya ingat .."Pesan" orang tua kepada anaknya.. (nahubotoh). 1.) Berusahama ho..mambahen Tondokanmu sebagai wakil orangtuamu! 2). Temanmu di tanah rantau itu ...adalah Saudaramu dalam kehidupan sehari hari....karena saudaramu yang sebenarnya ada di kampung dan mungkin berada di tempat lain.! Jadi..ulang ma nian lalap hita on menilai negativ bani hasoman!!! Bermasyarakat lah dengan orang yang ada di lingkunganmu... karena ahirnya akan membawa kenyamanan dan kebahagiaan buat bersama. Pikiran yang sehat ..pasti akan berbuah sehat!! Slamat Hari Minggu ma bant ganupan! tuhan memberkati!!


      • Menrinson Tondang Sihalpe Boy,do frans Purba @
        hebatdo turi turian ham on madabu han langit nimmu op nasiam sangat luar biasa huahap dahkam jgnkan dari lantai lima aja jatuh udah jadi mayat . Hape op nasim jatuh dari langit masih hidup sangat luar biasa selain ham Boy,frans ise deba namboto cerita on .


      • Pardi Purba Hita haganupan namarsihaholongan masyarakat adat simalungun, bahen hita buku pegangan adat simalungunirumahta bei nasongon pemahaman dasar pasal adat simalungun. Adat lang bersifat absolut terutama halani pergaulan jadi bersifat dinamis sesuai perkembangan jaman, naporlu adong pegangan dasar ase nabotoh variasi halani pergaulan. I simalungun sandiri tiap huta ra marbeda otik otik pelaksanaanni adat, seng boi salahkononta pendatang halani hita manggooluh bani parsaoran onma pemahamanku .


      • Pardi Purba Boy do FP, mitos madabuh han langit leluhur menjadi yg tidak logis lagi apalgi bani hita Par Agama, parsikolah homa bani Sejarah dunia sr dulu dong ope cerita hunja rohni jolma hu Indonesia dst


      • Sarmen Saragih Belakangan on.......Malas uhur manjaha Postingan ni Pardi Purba on. Halani bersifat ke kebersatuan... Lanjut... Ise dope nara mangihuti????


      • James M Purba Tanjung Ase boi ibedahon Purba na hun simbalog pakon hita hun Simalungun, bahen, gattih atap tambahi nasiam songon goran hon : Purba adong "Tanjung" ni...atap Pakpak,Dasuha dsb....jadi tarbotoh ma Purba Tanjung par Sipinggan Sirpang Haranggaol, Kab. Simalungun ma ai da...


      • Pardi Purba Sosok songon au Purba Sidadolog, tapi ulang jadi Sidadolog tumang holi marsibuatan pakon Sigumonrong itulisma ganjang /lengkap


      • Sortaman Saragih Jenges tumang pandapotni ham bapa Sarmen Saragih. Anggo pepatah ni Cina manghatahon "Segala sesuatu yang bertahan (tidak berubah) akan tergilas roda zaman". Artinya untuk bertahan, semua harus berubah. Jadi budaya itupun kalau mau langgeng harus berkembang (berubah). Anggo asumsiku budaya Simalungunpe sada panorang bergeser (berubah) do homa. Lang pala sihabiaran ai, asal ma perubahan ai tong ibagas hasadaon. Sada contoh adat Toba na gati ianggap hita sada budaya na besar, anggo hutelusuri adat ni sidea on pe domma buei bergeser humbani aslini. Jadi lang mampu hita mampartahankon adat ai 100% songon aslini untuk selamanya. tk


      • Pardi Purba Horas SS, sintongtumangdo pandap[otmu ai mau langgeng harus berobah anggo lang tading lanjar hilang


      • Riduan Parulian Purba horas lae sarmen s....au mangomentari saninakku KG masalah marga pendatang......smalungun menjadi etek....,hape piga2hita ingin mempertahankan simalungun dan juga budaya dan adatnya.saya tdk anti dengan marga pendatang,tp apakah kita mau melihat simbol yg mereka pakai berbeda dng yg mereka laksanakan(margotong,marbulang tp adatni toba).biarpun dia orang simalungun tdk masalah kalau dia pakei adat lain,tp hendaknya jgng menunjukkan simbol kebesaran simalungunnya pd acara itu,karena akan menjadi perbincangan juga dngn suku lain.memang ada pepatah mengatakan DIMANA BUMI DIPIJAK DISITU LANGIT DIJUNJUG,dngn pepatah ini kita tdk harus menghilangkan tradisi kita dan justru mereka senang dengan perbedaan kita selagi itu tdk menyinggung kebiasaan ditempat itu.jd kalau menurut saya suatu saat adat dan budaya simalungun bisa hilang dan tdk hanya bergeser seperti yg dikatakan lae sortaman s.songon bani pesta ni silinnga ai,dayok nabinatur pnl naberhubungan hubani adat simalungun lang adong tp sidea marpakaian adat simalungn lengkap......
        LAE SORTAMAN S....horas lae,manukkun lobe au bamu.....boido pihak parboru bani horja palahouon boru ia,sidea(parboru) marpakain simalungun GOTONG,BULANG lengkap ganup pakon saninani?kedua belah pihak simalungun.halani parboru ngotot mesti mereka memakai akaian adat simalungun.....dngn alasan bahwa mereka juga orang simalungun.....msh dalam perdebatan......


      • Sarmen Saragih Tarimakasih sanina Sortaman Saragih...... Lae Riduan Parulian Purba: " DIMANA BUMI DI PIJAK;DISITU LANGIT DI JUNJUNG ". Onma sada pepatah yang kita bisa terima begitu saja.....dan bisa bahan diskusi. Karena bila di pikir, makna dari pepatah tersebut...,bisa sempit ....bisa luas pengertiannya. Arti.. Pengertian sempit... Bila kita mau menerima dan melakukan pengertian kata sebenarnya.melakukan dan berbuat seperti tradisi di Bumi dimana kita berpijak..tentu tidak ada masalah...karena kita bersedia melepaskan tradisi /adat sendiri. Tetapi..,..bisa mempunyai pengertian luas dan bahan diskusi... ,bila kita ingin agar Tradisi maupun kebiasaan kita sendiri diikut sertakan/diterima juga di tempat kita berpijak itu.Untuk ini butuh proses...Proses saling hormat dan menghargai tradisi masing2!! Sebagai bahan banding.....Mis. : Apakah kita pendatang /Perantau di Jakarta /lae berada didaerah kota tempat merantau melakukan hal itu???.... Sudah barang tentu.. lae yang cinta akan kebudayaannya ..berusaha untuk melakukan dan tidak melepaskan Tradisi Adat /kebudayaan sendiri ,begitu saja.... Ahirnya...,pengertian dari pepatah "DIMANA BUMI DI PIJAK;DISITU LANGIT DI JUNJUNG." ...tidak benar/tidak relevant lagi disaat kita mau mempertahankan kebiasaan adat /kebudayaan sendiri....

No comments:

Post a Comment