Tuesday, November 20, 2012

Pendapat dan Pola Pikir untuk Pembangunan Simalungun

Sarmen Saragih
Dengan semangat yang tinggi.... Banyak /Kita bicara soal Pembangunan di Kabupaten Simalungun. Hal ini kelihatan dengan timbulnya beberapa Persatuan,Perkumpulan..,maupun Lembaga Masyarakat ,juga dengan perbuatannya di Simalungun belakangan ini.

Melihat banyaknya buah pikiran/pendapat yang masuk di "Dunia Maya" ini... (Termasuk di laman lainnya..)tentang Pembangunan di Simalungun dan juga melihat beberapa kegiatan/aktivitas yang terlaksana dan masih dilaksanakan, timbul beberapa pemikiran dan pertanyaan besar dalam pemikiran saya.
"Memang,adalah sangat baik dan bagus sekali,bila hal ini bisa di laksanakan oleh Persatuan,Perkumpulan maupun Lembaga yang ada dengan tenaga sendiri.... .. !!"

Tetapi.....,:
" Apakah tidak cukup,bila Persatuan,Perkumpulan maupun Lembaga yang ada ,mencoba bekerjasama....,juga dengan Pemerintah Daerah,saling meminta....,memberikan masukan,pandangan,pendapat maupun pola pikir untuk pembangunan????" ( Bersifat Monitoring.(?).

" Apakah Kita/ Perkumpulan/persatuan maupun Lembaga ini ,perlu atau harus bergerak sendiri sendiri, dan mengambil alih, tugas /pekerjaan/tanggungjawab dari Pemerintah Daerah kita?? "

Sekali lagi.: Sudah kah kita memahami : Apa "Hak dan tanggungjawab" saya/kita sebagai anggota Masyarakat yang Merdeka terhadap Negara..... Demikian juga "Hak dan Tanggungjawab Pejabat/Pemerintah terhadap Negara dan Masyarakatnya???

( Saya ter inspirasi akan Hal ini,setelah membaca kalimat di Postingan tondong SBP Copas : " .......sepertinya perlu adanya pancingan dari lembaga utk membuka pola pikir mereka,karena mereka sudah merasa buntu.... " )
  • Wesley Purba @masalahnya yang penting harus mau"memberi dan menerima"jangan terlalu banyak memberii masukan,perdebatan dan diskusi serta lainnya....
  • Sally Pardede harus ada figur seperti PAK JOKO WIDODO/JOKOWI.yang turun langsung mendata masalah dan membiayai dari dana masyarakat
  • Sarmen Saragih Wah... yang pertama kasih komment ternyata yang masih bangun ,dari Negara tetangga... Horas Lae Wesley Purba dan Ito Sally Pardede...@ Lae Wesley Purba: Benar juga ... seharusnya bersifat "Take and give dan kerjasama!!" Memberikan masukan,pendapat maupun berdiskusi (positiv) adalah jalan untuk cari solusi yang baik.@ Ito Sally Pardede: Konteks Status /persoalan bukan lah soal Personal pejabatnya....
  • Berlian Saragih Ra .... na maya do hansa boi nasumbangkon....
  • Sortaman Saragih Bang Sarmen Saragih, anggo ahu mangidah adong rasa "nafsu besar, tenaga kurang, tujuan tidak jelas", gabe timbul persaingan jalan sendiri dan saling berebutan. Dob ni songon hatani jolma sapari ma "ginatgat goyong-goyong bueinan sibursikkonon" artinya banyak yang dibahas tapi lebih banyak yang tidak bermanfaat. Loja sandirima, horas. Naha kabar i Jorman bang?
  • Karel Girsang Berita Waspada Hari ini:SeOrang Pejabat Daerah Sumalungun yg selama ini Buron Kejaksaan,tertangkap di salah satu Hotel di Surabaya,tersandung Kasus Korupsi.Rp. 14 M.di Dept .P.U.Nama beliau .Kardius........
  • Djaja Surapati Saragih Dunia maya adalah dunia data.Data attribut (alphabet/numerik) dan spasial (grafis/visual). Disana terjadi komunikasi dan interaksi, lalu muncul ide/gagasan, kesan/image dan nilai. Semua bersifat variabel. Tidak ada otorisasi. Karenanya kalau ada ide yang belum konkret, bukan hal yang janggal di dunia maya. Memang disanalah etalase ide. Namun mengkomunikasikan sesuatu ide sangatlah penting. Apalagi ide pembangunan. Hampir semua negara memiliki keterbatasan dalam menyelesaikan persoalan pembangunan di negaranya. Untuk itu diperlukan bantuan masyarakat (Lembaga/Perkumpulan/Fund/Organisasi,dll). Tapi masyarakat pun malah memiliki keterbatasan yang lebih parah dibanding Pemerintah, karena masyarakat tidak memiliki daya paksa untuk mengumpulkan iuran bagi Perkumpulan/Lembaga/Organisasinya. Untuk itu perlu kompromi, Pemerintah dan masyarakat. Masyarakat menyumbang ide (sekarang di Pemerintahan disebut Musrembang) dan membantu sebatas yang bisa dilakukan. dan Pemerintah mengadopt (seleksi/evaluasi/kombinasi) ide itu untuk dilakukan dan merancang/memberikan stimulus malah insentif kepada masyarakat guna percepatan pembangunan. Dan kita tidak menyepelekan peran masyarakat pemilik modal/serikat dagang dalam akselarasi pembangunan.
  • Jafendi Purba Sidadolog mudah-mudahan haganup humpulan ai dong manfaatni, i mulai bani humpulan ai sandiri, baru bani na lobih banggal. Torushon hita mambere saran namadear, holi dong do na patumpu-tumpuhon ai. Horas Simalungun, Habonaron do Bona!!!
  • Panogu Sipayung ongga do hu usulhon utk sumber dana bani group on ase ibaen iuran bani setiap anggota Rp 10.000 / bln naboi ipergunahon mambaiayai aha ide ide natimbul bani parsahapan ase boi irealisasihon, jadi lang sekedar parsahapan tumang hita i dunia maya on, tapi lang mandapot tanggapan. Memang anggo domma mengenai dana, bahatan ma sip, padahal 50 % lah humbani na terdaftar sebagai anggota i Media on ra merealisasihon on domma boi terkumpul Rp 20 jt an, anggap hita ma sebagai sumbanganta utk pemb. Simalungun Rp 10.000 sabulan paborat tu do on ?
  • Dori Alam Girsang naha anggo i bahen hita polling
  • Panogu Sipayung Anggo ibaen polling sarupa do tulang, kan tanggapan do huma ai, anggo memang setuju do ia langsunglah tanggapan ni hujon, tapi sonai pe boi do i suba.
  • Berlian Saragih PATUMPU dana na lang tangkas penanggung jaqabni pkn sasaranni na lang munhkin do ai. Sumbangan comentar pe susah do, samintolah ma materi.
  • Stev Bron's Poerba adong do lembaga EHAMSI na domma mardalan par 1.000 an, perhari dan hasil na cukup lumanyan, penanggung jawabban cukup transparasi, na penting ada kemauan dan ada kerelaan. jauhkan raa curiga, semoga bermanfaat.
  • Asan Damanik manurut ahu ide/gagasan/konsep/metode sudah merupakan sesuatu yg nyata/konkret.
  • Djaja Surapati Saragih Panogu Sipayung,@Dori Alam Girsang,@Stev Bron's Poerba.Paturut hita gelah Media Simalungun on totap bani dunia maya on. Lang pala dihut-dihut songon Ehamsi apalagi mambahen tandinganni. Naporlu ninuhur, (1) naha ase urah hita men search postingan sebelumni, apalagi na dob dokah. Manjaga ase ulang marulak-ulak. Atap maningon marulak, boi inahkon admin postingan na mirip/dos ai bani postingan naparpudi, ase komen ni pe lang marulak-ulak. Janah ulang adong homa postingan na magou.(2) Dear anggo postingan ai menyangkut institusi/lembaga/instansi, ase ipadas hubani sidea, marhitei email atap iunggah bani situs nisidea anggo memungkinhon manang hard copy ni ikirimhon. Sebagai masukan bani sidea, halani buei do postingan i MS on na mempunyai nilai. Dong 18 admin i MS on, buei orang-orang muda, pos uhur sidea memiliki kreasi manjawab tantangan ase fb MS on tampil lebih baik dan berarti.
  • Pardi Purba Media Simalungun cukupma memberikan masukan saja dan kritik yg memberi solusi, sehingga peranni bisa menginspirasi yg berwenang
  • Sarmen Saragih Trimakasih buat yang me "Like" nya... Berlian Saragih: Aha pe boi do isumbangkon.tapi porlu kerjasama..Napenting,dengan niat baik.... @ sanina Sortaman Saragih: Boi do nafsu besar ge.Hahah... Dan justru karena "tenaga kurang kuat" ai ma ge ,ase huanjurhon,adakan pendekatan bekerjasama dengan organisasi lainnya. Tapi terkordinir dan Positiv.Pengamatan saya..semuanya berkeinginan ambil bagian,untuk berbuat dan membangun. Nian... ,ibaenma kommitmen bersama ni ganupan Persatuan,Perkumpulan dan lembaga2 yang ada.. Ideen.. usulan... kritik membangun/mencoba memonitor hasil kerja Pemerintah kabupaten.Anggo sadasada organisasi do markoak... lang ipardiateihon kan?? Jadi parsuma ma bahat marbuali tene... @Sanina Djaja Surapati Saragih: Sependapat . Bahwa banyak pendapat /idee yang masuk di Dunia Maya ini ,yang sangat berharga untuk di manfaatkan. Aima ase,anggo dong halak mar komentar..misalni " NATO" nini... (No ackt ....dst! ) nini. Haha.. Padahal..ada saatnya..diperlukan pemikiran.. dan ada saat membutuhkan "Otot/kerja".... Dan biasanya pekerjaan bisa lebih effektif terlaksana,bila sebelumnya di bicarakan secara matang.
  • Sarmen Saragih @Jafendi Purba Sidadolog: sebenarnya semuanya itu bermanfaat do. Tapi untuk efisiensinya kan lebih baik bila di kerjakan bersama dengan kumpulan yang lin(yang sependapat)!! @Tondong/lae Dori Alam Girsang; Panogu Sipayung ; Berlian Saragih;tondong Stev Bron's Poerba: Aksi itu kalau sudah berjalan ya Ok ma dear ai... Tapi di lain pihak... ,mase maningun hita /Rakyat kaluar uang untuk membenahi pekerjaan ni Pemerintahan...karena pemerintahan yang terpilih punya tanggungjawab untuk membenahi semua kebutuhan Rakyat. pemerintah seharusnya berusaha untuk memakmurkan masyarakatnya.. Mereka kan di bayar gaji oleh Negara untuk membenahi infrastruktur yang memakmurkan rakyatnya.... Dimana Hak dan kewajiban ni hita sebagai Rakyat ,demikian juga kewajiban pejabat. Rakyat kan berhak menuntut penjelasan/pencerahan humbani pemerintahan,mengenai hasil kerjanya??? Atau kah hal ini salah??
  • Sarmen Saragih Asan Damanik : Gagasan memang bagus.. Tapi gimana kelanjutannya.... Apa kah rakyat mau berkorban untuk membenahi kekurangan yang semestinya adalah tugas pemerintahan? Rakyat Wajib bayar Pajak do kan...... dan lainnya.. Apalagi seperti banyak dugaan bahwa biaya seharusnya banyak di korupsikan oleh pejabat. Apakah ini benar??? Kalau benar.. ,kenapa tidak diadakan penelitian ang sewajarnya??? Rakyat berhakdo kan??? Apalagi melalui beberapa Lembaga masyarakat....
  • Sarmen Saragih Sanina Sortaman Saragih: Sorry kelupaan ,dan trimakasih atas perhatiannya atas kesehatan saya. Puji Tuhan,proses pemulihan kesehatan berjalan dengan baik. Kiranya ,nasiampe sehat tene...
  • Dori Alam Girsang Eak naha pe dear do ai ...
    Terkadang terbersit di pikiran,agar kita pun bisa sedikit membantu pembangunan simalungun maksudnya dengan kegiatan sosial contoh mungkin bagi2 buku gratis atw apa pun itu,tapi kembali lagi saya berpikir setalah ada masukan dri komentar2 yg cerdas hun nasiam lebih baik kita saling diskusi2 saja ke arah yg lebih baik..

    Sekedar remainder kembali..bhwa KJS dan Forhidos pun lahir dri media ini,dan kedua organisasi ini benar2 bekerja tanpa pamrih ada baiknya kalo punya sedikit rejeki kita bisa berbagi dengan kedua organisasi ini agar bisa bekerja lebih baik tuk simalungun...
  • Djaja Surapati Saragih Nai ma nian Panggi SS. Bani tataran ide/gagasan (perencanaan), kita berbicara/berdiskusi/berargumentasi. Bani tataran pelaksanaan,dong 2 napenting. (1) marhorja pkn (2) marhorja.Bani tataran pengawasan, awasi janah evaluasi. Ai do, gagasan/ide selalu bergerak lebih cepat ketimbang pelaksanaan.
  • Dori Alam Girsang Itulah kecepatan otak melebihi kecepatan cahaya...tapi kecepatan action menyamai lambatnya roda pedati...hehehehehe
  • Rajin S Saragih Saya pikir kondisi spt itu harus disyukuri utk berkembang kearah yg lebih baik.alam akan menyesuaikan diri kearah perubahan cara berpikir yg tidak buntu.
  • Sita Damanik TONGONDO HAM ai .
  • Asan Damanik Joko Widodo bisa berbuat karena dia dipilih rakyat, apakah dia bawa-bawa uang ke rakyat? Apakah dia bawa buku/sumbangan sembako atau apa yg sering kita katakan berbuat di Media ini? Seperti Joko Widodo itulah pemimpin yang bagus, bukan seperti yg kita anggap selama ini, karena itu kita cari dan pilih orang seperti Joko Widodo. Ini, belum dipilih sdh disuruh berbuat, lewat apa berbuat? Lewat sembako? Sinterklas? Itu model pemimpin dan konsep pemimpin calon koruptor. Memaksimalkan daya, anggaran, dan pemikiran yang ada SUDAH LEBIH DARI CUKUP UNTUK MEMBANGUN SEBUAH DAERAH ATAU BANGSA jika dipimpin seorang yg bertabiat kerja keras dan tdk tergiur korupsi/uang dengan alasan apapun kecuali mengabdi dan melayani rakyat. Masihkah kita TDK PERCAYA ada orang yg JUJUR dan TULUS mau mengabdi jika diberi kesempatan memimpin????
  • Pardi Purba Mari kita casri Jokowi yang lain atau Lahirkan banyak Jokowi utk menyelamatkan Repoblik tercinta
  • Parulian Damanik Nimbrung..: Horas bani nasiam ganupan...Dari ulasan di atas mohon izin menyampaikan pendapat terhadap komentar dan lainnya...Bahwa fakta tersebut membuktikan memang kita SIMALUNGUN memiliki rasa egois dan hanya memikirkan diri sendiri serta belum mencintai tanah Simalungun....namun kita harus optimis ulasan dan pendapat pada dunia maya (Media Simalungun) Setidaknya komentar-komentar memberikan gambaran nyata terhadap kepedulian kita semua untuk memajukan Simalungun....Masalah Iuran dari Putra-Putri Simalungun saya kira smerupakan ide yang baik, asalkan adanya suatu kejelasan program yang memasyarakat dan dampaknya jelas dirasakan oleh masyarakat..semisal pengadaan buku di Sekolah Wilayah Simalungun...Bea Siswa kepada Putra-Putri Simalungun yang tidak mampu...namun dari komentar-komentar yang kita dapatkan dari dunia maya ini menurut saya masih jauh dari harapan kita bersama untuk memajukan Simalungun...Banyak Putra-Putri Simalungun sama bahkan lebih dari Jakowi...tapi bila mayoritas simalungun masih terbungkus dengan rasa keegoisan, kesombongan,dll walau seratus Jakowi hadir di Simalungun akan sia-sia..nah menurut saya tugas kita dalam media ini adalah menciptakan rasa kecintaan yang tulus terhadap tanah Simalungun bukan suatu kepalsuan....................
  • Pardi Purba Mantab,selaku namaruta baatan i Simalungunhubere bani nasiam pandapot utk berpartisipasi membangun Simalungun. Setiap alumni pendidikan Simalungun silakan membentuk Kumpulan Alumni dan membantu peningkatan mutu pendidikan melalui Sekola masing2. Setiap yg berkemampuan rajin pulang kampung dan banyak membelanjakan uang di Simalungun agar uang bertamba dlm peredaran. agar setiap keluaga sukses di rantau bangun 1 unit rumah di Simalungun. Terutama bagi para sarjana yg kuliah dibiayai org tua dari Simalungun kalau sdh berhasil kembalikanlah dana pendidikan dgn membangun sesuatu di Simalungun/kampung halaman.mhn maaf bagi yg berbeda pendapat dtp
  • Sarmen Saragih @ Tondong/Lae Dori Alam Girsang.: Memang banyak kegiatan /persatuan yang timbul melalui idee yang timbul melalui Dunia Maya ini.. . Tapi sangat disayangkan,kurang /tidak adanya kerjasama yang kongkret. Saya sangat sayangkan misalnya dengan ke tidak acuhan PMS terhadap kehadiran beberapa Persatuan ,Perkumpulan dan Lembaga2 Simalungun ahir2 ini. Dan yang lebih parah lagi,ba hkan kerjasama antara Pimpinan Pusat PMS demgan Pimpinan Daerah PMS juga di pertanyakan... .... )Selaku Lembaga Peradatan Simalungun yang tertingi...konon...).@ Djaja Surapati Saragih:Ninuhurhu... , Gagasan harus disesuaikan dengan kemungkinan yang ada. Aima ase porlu do ge dipikirkan...: Apa dan Bagaimana supaya bisa sasaran cepat tercapai... Aima na mardiskusi on ge kan ? ( NATO nini deba hasoman.):)) @ Sanina Rajin S Saragih: Pola pikir on ma sada na porlu si kembanghonon/ perlu perobahan,ase boi hita homa lebih cepat maju tene.. Misalni... Ulang nian ogois..,keras kepala,ingin benar sendiri. Anggo adong hasoman na legan pandapotni..mintor manggila,martinggil..dan lain sebagainya.. @ Asan Damanik: benar pendapatnya.... Tapi untuk mencapai sampai kesana... ,perlu kerja Sosialisasi ,ase pola berpikir bisa positiv thinking :)) Saya yakin.. ,satu saat masyarakat akan paham , akan Hak dan Kewajiban masing2. Deshalb....," Bleibst am Ball. Nicht locker lassen.Bis dahin..., noch genugend Zeit.:)) @ Tondong Parulian Damanik : Horas ma homa bamu. Santabi... Anggo soal "Egois".. ..,lang pulin Simalungun mempunyai sifat on. :)) .Maksud hu... ,ganupan do jolma punya Ego.... Tapi ,nian tene ... , Ada saatnya ,memikirkan diri sendiri... dan ada saat memikirkan kebersamaan.... Jadi na paduahon on ma ge na polrlu banta sonari."Kebersamaan". aima ase ningku..., Ulang manian hita( Persatuan/Perkumpulan/Lembaga) berjuang sendiri2. Ase boi tercapai apa yang kita inginkan. Anggo berhasil kerjasama ai..ai maju ma pamarentahta holi.. bahat ma tading biaya untuk mamboli buku barang kebutuhan Masyarakat. Kan halani na lang parduli do hita bani namasa ?? ( Parduli do nian...tapi ipudi2...hehe).Ipudi2 = Hanya kita bicarakan ..tapi tidak di tuangkan dalam satu usaha (Objek). Dearma ai himbauan ni @ Tondong/Lae Pardi Purba ai... Ase anggo boi tongon,i setiap Sekolah,Perguruan2tinggi,perlu ada kegiatan bersama antara pelajar.. Mahasisawa2 dan Sarjana2 ex mahasiswa, untuk berkomunikasi.Berkomunikasi berarti Sosialisasi untuk mengurangi sifat ke egoisan... Sipata...,niagan do egois jolmain... Hape halani nahurang komunikasi do.....
  • Samson Sitopu horas ma bani nasiam ganup na i grup on,,,,,huahap anggo masalah pembangunan i Simalungun tergantung dari APBD na i setujui,,,,, cuma bahat atau adong hita on na lang dapot Tender ,,,,,langsung bikin sensasi seolah-olah tidak ada perubahan,,,,,,,menurut au ganupan in ikon dong do proses jangka pendek & jangka panjang,,,,na penting sahali,,,,mari kita bangun Pola Pikir yg positip..........
  • Billiargo Sipayung Porsaya hita hagupan HORJA janah PEMIKIRAN na madear ai akan mendapatkan hasil na dear,, lang hape sonari holi hape MAGIRA.
    postingan pakon comment on sonari pakon naroh on bahat do namangikuti.
    pasti marlajar hanjon do holi Generasi Simalungun untuk membangun Simalungun
  • Djaja Surapati Saragih Pas ma ai Billiargo Sipayung. Buei do halak sip-sip mambuat informasi/data/gagasan/issu naporlu bani hun dunia maya on. Ase berehon hita ma bani dunia maya on data/informasi/gagasan/issu naiahap hita porlu,paturut hita homa hasoman mambere "talk/talk only" pakon "comment" ni ase lebih sahih. Memang aima domain ni dunia maya. Tapi anggo bani dunia aplikasi/nyata, marhorja/horjahon, ulang be "talk only" ge ase ulang mulak hubona lalab. Bagei do talenta banta dong perencana, peneliti, pembicara, eksekutor, pengawas pnl. Janah tiap jolma marbeda bei do talenta ni.
  • Billiargo Sipayung songon au sendiri domma dong otik pengangan janah rencana untuk SIMALUNGUN magira halani nahu ikuti bani Media on.
    baik ma ai humbani Sejarah,Pembangunan,Budaya,pakon ni karakter halani buei do hudapot ijon.
    tapia i ma harus pandei ma diri manaring ganupan ai
  • Sita Damanik Naima tongon .
  • Sita Damanik Dearma TONGON USUL2 NASSIAM ai .
  • Darma R Saragih USULHON HAM HOMA HAN JERMAN TENE PUNG
  • Sita Damanik LANG BOI AHU MAMBAHEN USUL2 HALANI DAOHDO AHU HAN SIMALUNGUN .
  • Djaja Surapati Saragih Lang pala mahua ham Sita Damanik, mambaheen usul age daoh hun Simalungun,halani boi do ai sebagai hal nabaru ijon,atap mempertajam/bandingan bani na adong ibagas pikkiran nami malah mengayakan pemahaman nami.
  • Pardi Purba haganupan hita berhakdo mangusul asalma laho mambangun hasadaon diatas perbedaan
  • Sarmen Saragih Samson Sitopu: Horas. Memang tongon,pembangunan tergantung bani pembiayaan.Dan pembangunan butuh waktu/ proses. Mungkin berhubung karena pemerintahan / Daerah bekerja dengan tertutup/tidak terbuka...,dan rakyat melihat hasil pekerjaan yang tidak memuaskan( menurut tanggapan banyak masyarakat),dimana mungkin beberapa orang dari masyarakat mendapat issu tentang besar kecilnya APBD dari pusat. setelah issue meluas... ,menimbulkan banyak pertanyaan dan dugaan...: Dengan sekian X, APBD (issue yang meluas yang diterima dari pusat:)) )...,kenapa infrastruktur....,kenapa Jalan tidak diperbaiki.... ,kenapa gaji Guru2..... dst. sanina Sitopu...., Selama pemerintahan beoperasi tertutup/tidak terbuka.....,kecurigaan selalu ada di kalangan masyarakat.Apalagi belakangan ini.. (sejak lama...haha...) ... permasalahn "Korupsi...KKN...dan lainnya tetap merajalela.... Dan,karena masyarakat tidak dapat "Info "mengenai Programkerja dan pembiayaan... ( tidak ada laporan kepada masyarakat ,sebagai pembayar Pajak=income Pemerintah...) ,tentu ssudah pantas masyarakat mulai gelisah. Gelisah..karena bany diantara masyarakat ,mungkin bersikap masa bodoh...dan kemungkinan juga ,karena kurang memahami ,apa hak dan tugas/kewajibannya.. Demikian juga halnya di kalangan pejabat. Jadi memang..saya sangat setuju dengan pendapatnya sanina Sitopu. copas : " ,,,,,,,mari kita bangun Pola Pikir yg positip.......... " Djaja Surapati Saragih: Pas ma pandapotmu ai... mari kita mepergunakan,menyumbangkan sesuatu demi pembangunan di Kabupate Simalungun,sesuai dengan yang ada dan dapat kita sumbangkan.Mari kita perduli akan hal kekurangan2 yang masih kita miliki.... @Lae Sita Damanik: Pas do na ihatahon ni saninakku Darma R Saragih....sonai homa tondong/lae Pardi Purba pe...
  • Sipayung Henry satuju anggo lao padearhon do, age marsibaen gumena......
  • Sita Damanik ANGGO NAING MADEAR HITA SIMALUNGUN ,Parlobei ma pribadi2 nita naparbaiki ,umpamani maningonhita do boipadearhon dirinta ,isegala bidang ,janah semua terbuka jaman sekarang bisa kemana saja cari hidup layak dantidak terbatas seperti jamannya Penjajahan BELANDA ,kenapa kita selalu menunggu PEMERINTAH ? saya tidak lupa nasehat2 BAPAKKU dulu sesudah kita MERDEKA lebih 20 THNdianja kepala desa di SINAMAN .justru itu kami menderita waktu sekolah tapi kami tetap TABAH ,ukuran SIMALUNGUN KAMI BISA DIKATAKAN bisa HIDUP LAYAK semua keturunan BAPAK dulu .HORASMA .
  • Rusdin Sumbajak ada baiknya semangat dibarengi dengan perbuatan . lang sonai do., tabik ma.
    On 21.10.2012 21:11, Sarmen Saragih wrote:
  • Sarmen Saragih Hallo Mr Rusdin Sumbajak........Horas... Rupanya sudah landing lagi di Eropah.... haha... Tapi... Ada baiknya ,bila Kontex Status yang sbenarnya di pahami dulu.... ,baru kasi pendapat yang sejalan..... Karena dengan " semangat " saja,memang tidak berkenan...
  • Sita Damanik NAIDO TONGON .

No comments:

Post a Comment