Tuesday, November 20, 2012

Raja Manualang VS Si Manullang

Coba analisa Raja Manualang dengan Si Manullang link dibawah :
1. Raja Namartuah gelar Puanglima Parmata Tunggal, alias Raja Manualang, alias Datu Parmata Mamunjung, alias Datu Parmata Manunggal, alias Datu Partiga-tiga Sihapunjung. dan
2. Pada tahun 1510, pemerintahan Sorimangaraja XC dikudeta oleh orang-orang marga Si Manullang
==========================
Damanik adalah marga atau morga dari suku Simalungun yang aslinya berasal dari daerah yang bernama Simalungun di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Damanik berarti Simada Manik (pemilik manik), yang mana dalam bahasa Simalungun Manik berarti Tonduy, Sumangat, Tunggung, Halanigan (bersemangat, berkharisma, agung/terhormat, paling cerdas). TM. Muhar Omtatok menguraikan bahwa Damanik merupakan marga tertua dari suku Simalungun dan Batak. TM Muhar Omtatok juga mengungkapkan bahwa Damanik telah ada sejak kepercayaan lokal ada di Sumatera.

DAMANIK :
1. Damanik Bariba anak keturunan Raja Namartuah Raja Siattar Pertama
2. Damanik Nagur (Bah Bolag) anak keturunan Raja Jumorlang yang menjadi anak tiri dari Raja Namartuah Damanik Bariba.
3. Damanik Nagur anak keturunan dari rangka keluarga Raja-raja Nagur terdahulu.

Damanik Bariba:
1. 1. Anak keturunan Raja Uluan, Pamatang Sipolha di negeri Sijambur – Ajibata dan sebagainya.
1. 2. Anak keturunan Raja Namaringis Raja Siattar di Pematang Siantar, Marihat,
2. Anak keturunan Partuanon Pamatang Bandar
3. Anak keturunan Partuanon Pamatang Sidamanik
4. Anak keturunan Parbapaan di Batubara (Damanik- Batubara) Dolog Malele, Bangun, Naga Huta, dan seterusnya.
5. Anak keturunan Parbapaan di Pulau Raja Damanik – Simargolong).

Damanik Bah Bolag:
1. Anak keturunan Raja Jumorlang diberi nama Ariurung Oppu Barita jabatan Bah Bolag (penguasa lautan) menjadi marga Damanik (Bah Bolag) berada di sekitar Pamatang Siantar.

Damanik Nagur :
1. Anak keturunan Damanik Nagur, Damanik Usang, Damanik Sola, Damanik Rappogos, Damanik Melayu, Damanik Bayu, Damanik Sarasa, Damanik Rih d.l.l.
Jenis Marga Damanik Nagur tersebut di atas pada umumnya berada di Pamatang Raya/Raya Kahean dan sekitarnya.
Demikianlah sebagai dasar pertalian hubungan Marga Damanik dari sejak semula sampai sekarang tetap hidup dalam peradapan Kebudayaan Simalungun pada umumnya, sebagai legenda marga Damanik pada khususnya.
Mengenai kedudukan dalam tingkatan kelahiran masih dapat jelas ialah kerangka keluarga Damanik Bariba, sedangkan bagi Damanik Nagur dan Damanik Bah Bolag masih memerlukan waktu untuk mengumpulkan bahan sebagai fakta peradapan yang sangat berguna bagi generasi penerus.

Sang Puanglima berhasil menyelamatkan diri melintasi hutan Asahan tembus ke Negeri Uluan Sionggung.
Beliau menyamar dengan nama Raja Manualang dikenal sebagai manusia sakti. Dari Uluan meneruskan pengembaraannya tiba di Negeri Sipolha. Akhirnya berhasil menjadi pimpinan Negeri dengan nama Kerajaan Sipolha, dikenal dengan nama Datu Parmata Mamunjung. Kemudian pergi mengembara dan berhasil menduduki Kerajaan Siattar dalam legenda “Partodas ni Raja Jumorlang” dengan nama Raja Namartuah gelar Puanglima Parmata Tunggal, alias Raja Manualang, alias Datu Parmata Mamunjung, alias Datu Parmata Manunggal, alias Datu Partiga-tiga Sihapunjung.
http://id.wikipedia.org/wiki/Damanik
=========================
Para Raja-raja Batak
January 9, 2007 — Ngeditor

Dalam peradaban Batak yang telah eksis dan terstruktur sejak ribuan tahun sebelum kelahiran Yesus Alaihissalam, terdapat beberapa dinasti yang turut serta dalam memperkaya khazanah sejarah bangsa Batak

Berikut adalah dinasti-dinasti tersebut yang membangun peradaban Batak.

DINASTI SAGALA (SORIMANGARAJA)

1. Sorimangaraja I-XC (1000 SM-1510M)
2. Sorimangaraja XC (1510). Dikudeta oleh orang-orang marga Simanullang
3. Raja Soambaton Sagala menjadi Sorimangaraja XCI
4. Sorimangaraja CI (ke-101) 1816 M dengan nama Syarif Sagala. Sudah Masuk Islam

Dinasti ini berdiri di pusat tanah Batak, Sianjur Sagala Limbong Mulana (SSLM) sejak berabad-abad sebelum masehi dan kemudian berkembang di tanah Batak selatan atau Mandailing, Angkola dan Natal.

Pada fase 1000 SM – 1510 M, dari ibukotanya di SSLM, dinasti Sorimangaraja memerintah selama 90 generasi dalam sebuah bentuk kerajaan teokrasi. Rajanya bergelar Datu Nabolon atau Supreme Witch Doctor.

Dinasti ini pernah mengalami guncangan politik dalam negeri yang hebat saat pihak komunitas Batak di Simalungun memisahkan diri pada tahun antara 600-1200 M dan mendirikan Kerajaan Nagur yang menjadi fondasi terhadap kesultanan Islam di tanah Batak perbatasan Aceh dan di Aceh sendiri.

Melihat luasnya cakupan kerajaan ini, kalangan komunitas Batak di tanah karo dusun, juga akhirnya memilih untuk memisahkan diri dan mendirikan kerajaan Haru Wampu. Pemisahan diri tersebut juga berakibat kepada pemisahan sistem sosial dan identitas.

Pada tahun 1510, pemerintahan Sorimangaraja XC dikudeta oleh orang-orang marga Si Manullang. Informasi ini didapat dengan menganalisa legenda dan cerita rakyat di Kerajaan Dolok Silo di Simalungun yang menyebutkan bahwa Dinasti Sorimangaraja dikudeta oleh orang-orang marga Simanullang hanya dua tahun paska kemenangan Sultan Aceh yang pertama dalam mengalahkan Raja Haru Wampu yang keempatbelas.

Dalam peristiwa tersebut, atas perintah Sultan Ali Mughayat Syah, Panglima Manang Sukka (Seorang Batak Karo) merebut daerah Haru Wampu pada tahun 914 H atau 1508 M. Banyak kisah dan sejarah Batak yang sangat kaya tersebut tidak dilengkapi dengan tarikh dan penanggalan yang jelas. Namun karena kejadian-kejadian tersebut selalu berhubungan dengan kesultan dan kerajaan-kerajaan Aceh, yang sudah banyak tenaga ahlinya menuliskan sejarah yang bertanggal, maka sangat mudah untuk memastikan tahun-tahun kejadian di kerajaan Batak tersebut.

Orang-orang marga Simanullang sempat berkuasa di tanah Batak pada tahun 1510-1550 M, Namun akhirnya kekuasaan mereka redup dan digantikan oleh Dinasti Sisingamangaraja. Kekuasaan orang-orang marga Simanullang direbut oleh seorang Datu marga Sinambela.
http://enrow.wordpress.com/
===================
SILAU RAJA
Silau Raja adalah putra kelima dari Guru Tatea Bulan yang mempunyai empat orang putra, yaitu:
Malau
Manik
Ambarita
Gurning
http://id.wikipedia.org/wiki/Marga_Manik
  • Agoes Boediman Saragih Soembajak Santabi Tuan... Ijon hutorih guratan nasiam na mangatahon, memisahkan diri ma komunitas batak na i simalungun i taon 600M tor mambangun harajaon ma i simalungun harajaon nagur, anggo sonai ma hape tongon do hita simalungun bagian han batak/toba., sonai ma lobei, diateitupa ma bamu...
  • Norman P Tondang Memisahkan diri maksudnya , mungkin kerajaannya masih satu, tapi kan sukunya beda. cobtohnya bisa saja wilayah simalungun itu masih satu kerajaan dengan yang di toba, memisahkan diri artinya sudah ada komunitas simalungun itu sendiri. bisa saja rajanya orang toba tapi rakyatnya juga bukan orang toba saja, atau sebaliknya. kalau di bilang bagian saya kurang dapat makna dari bagian tersebut, kalau menurut saya semua suku yang ada di indonesia ini sudah ada berdiri sendiri sejak mereka menamakan suku itu sendiri. jadi sulit di buktikan kapan suku itu lahir dan dia bagian darimana. Tak ada suku di indonesia ini menurut say yang ada hub nya dengan suku lain. mereka ada jauh sebelum raja raja itu memerintah
  • Dori Alam Girsang Tidak ada dasar ilmiahnya itu jgn gampang percaya..dan wajar lah pihak2 tertentu inginn membuat suatu sejarah yg asal2 an,kalo begini detailnya mengapa tidak di jadikan buku saja,nah kalo jadi buku kan tentu banyak sumber2 refrensinya dan klo hanya artikel kelas kacang begini tentu lemah refrensi hanya karangan besar,dan ini sudah sangat lama sekali beredar di dunia maya dan yg pertama kali yg memposting adalah id "simalungunpost" hampir semua isi web yg berbasis geocities kala itu isinya begini semua...dan sekarang tergantikan oleh wordpress dan blogspot...
  • Dori Alam Girsang Tidak ada dasar ilmiahnya itu jgn gampang percaya..dan wajar lah pihak2 tertentu inginn membuat suatu sejarah yg asal2 an,kalo begini detailnya mengapa tidak di jadikan buku saja,nah kalo jadi buku kan tentu banyak sumber2 refrensinya dan klo hanya artikel kelas kacang begini tentu lemah refrensi hanya karangan besar,dan ini sudah sangat lama sekali beredar di dunia maya dan yg pertama kali yg memposting adalah id "simalungunpost" hampir semua isi web yg berbasis geocities kala itu isinya begini semua...dan sekarang tergantikan oleh wordpress dan blogspot...
  • Juandaha Raya Purba 600 memisahkan diri .... dst..nya!-- ini kutipan dari buku MO Parlindungan "Tuanku Rao" (Tandjung Pengharapan, 1964). Sumber MO Parlindungan ini tidak ada bukti; ini sudah dikoreksi Prof Kozok. Tidak ada bukti di Toba pernah ada masyarakat yang berpola feodal (kerajaan) bahkan sampai kini pun tidak. Sementara di Simalungun penulis-penulis asing menyaksikan bahwa di Simalungun sudah berdiri kerajaan dan diperintah oleh penguasa yang disebut raja!
  • Dori Alam Girsang Yah sebentar lagi kerjaan dolog silou pun yg buat siregar silo...cape deh...
  • Erond L Damanik lebih baik itu...daripada tak ada yang nulis...makin golap........
  • Juandaha Raya Purba Memang orang Simalungun lebih condong percaya kepada cerita orang lain tentang dirinya, daripada ceritanya sendiri! Heran tene.....
  • Agoes Boediman Saragih Soembajak JRP@ Tabi tulang, hu ahap lang condong bai carita halak tulang, tp alani lang ibotoh huahap carita dari halak na tepat/halak hita ra... Mnrt hemat au tulang, on do na mambahen gabe bahat carita sejarah nta tulang...
  • Pardi Purba Hita Sonari ma merdeka paling tdk merdeka menentukan pilihan, Anggo Hanami Purba Sidadolog seng susur hantoba , bahkan meragukan hubungan keterkaitan dgn Purba dari Toba yg selalu mengaku Sikahanan di Karo ada Purba tdk ada kaitan dgn Purba Simalungun. Tarigan di Karo berkaitan dgn Purba Simalungun . Hasusuran ni Halak Simbalog han Pusuk Buhit adalah Mitos saya.
  • Pardi Purba Penulis Sejarah pabahat nasiamma melenulis buku soal Kerajaan Siantar , suatu saat di Seminarkan lagi pasadahon ase boi terwujud Sangnaualuh jadi Pahlawan Nasional..... selamat berkarya untuk ..... kemajuan hasadaon
  • Juandaha Raya Purba Horas Pak Sekjen PMS. Ai lape dong ihubungi Panitia Pengusulan Pahlawan Nasional Raja Sangnaualuh Damanik ham? Halani bulan Nopember on irencanahon seminar nasional iadongkon i Medan. Anjaha bukuni domma salosei iedit hanami (ahu pakon Erond Damanik) anjaha icetak ma bulan on i Sinarta.
  • Pardi Purba Diatei Tupama JRP sampai sadari on Hari Raya Haji lape dong baritani bani DPP PMS.
  • Juandaha Raya Purba Hupatangkas ma tongon holi bani Panitia i Medan; ai sanggah sidang MG GKPS homa hanami i Hotel Bumi Asih Jaya. Anjaha pajumpah do hanami ijon pakon anggota MG GKPS bapa St. Djasarman Purba anggota DPD RI pakon St. Junimart Girsang.
  • Pardi Purba Malas uhur pajumpah para Petinggi yang Peduli Simalungun via GKPS, mudah mudahan mamparkohon hajengeson bani ganupan lini pargaulan Simalungun.
  • Juandaha Raya Purba Naima tongon.

No comments:

Post a Comment