Friday, April 19, 2013

Setuju atau Menolak Pemekaran Kabupaten Simalungun?

  • Amerlan Purba
    Menurut pendapat saya masyarakat simalungun atas yang menolak pemekaran kabupaten simalungun adalah suatu pendapat yang keliru, terlalu kaku, terlalu takut tidak mampu memenuhi kebutuhan daerahnya sendiri bahkan terlalu cemburu kepada daerah baru yakni simalungun hataran yang makmur. Kalau menurut saya tidak perlu kwatir tetapi kita harus cari jalan keluar agar simalungun atas pembangunan daerahnya maju yakni mengusulkan agar simalungun atas ibukotanya saribudolok..........andaikan simalungun atas beribukota di Saribudolok maka daerah itu akan cepat maju seperti pendapat teman saya dari universitas Denpasar Bali yakni Bapak Jhon Hardi Purba, beliau itu adalah salah satu putra terbaik simalungun. 
    Jadi menurut saya gak perlu takut simalungun mekar tapi kita juga harus punnya perjuangan tersendiri menuju kemakmuran rakyat. coba kita lihat penduduk saribudolok dan sekitarnya mereka ini adalah manusia yang sangat gigih dalam bisnis pertanian, atau holtikultura mereka ini sanggup memproduksi hasil pertanian yang berkualitas dan dalam volume yang bannyak, saat ini mereka mendambakan sebuah gudang penyimpanan/pendingin hasil pertanian seperti sayuran dan buah buahan yang mampu menampung skala yang besar,mereka sangat mendambakan sarana transportasi yang bisa cepat menuju medan ,belawan, jakarta dan salah satu cara yang tepat adalah dengan membuka/memperbaiki jalan lintas propinsi antara saribudolok dan lubuk pakam via bangun purba, coba kita bayangkan jika jarak saribudolok medan bisa ditempumpuh lewat saranpadang otomatis penduduk saranpadang dan gunung meriah cepat maju, kalau soal PAD jangan terlalu kita kwatirkan sebab kabupaten yang lain juga awalnya kewalahan untuk menyiapakan APBD seperti kabupaten lain misalnya kabupaten Dairi,Pakpak bharat, humbang, tobasa tapi lama lama tahun ketahun keluhan itu akan hilang dan mereka bisa mandiri dan sukses. .....maka solusi yang tepat wujudkan saribudolok jadi ibukota simas......!
    • Ali Hendra Sumbayak Raya Makmur.
      Hmmmm..
    • Raja Mulia G Jika pemekaran terjadi alangkah baiknya pusat pemerintahan tetap di pertahakan di raya. Pusat pemerintahan lebih efektif jika berada di tengah2. Selain itu bisa menghemat biaya untuk pembangunan gedung pemerintahan yang baru. Pemindahan pusat pemerintahan ke saribudolok dapat mengakibatkan dempak negative kepada warga saribudolok.
    • Ali Hendra Sumbayak Raya Diangkat kantor bupati yg raya ke atas dolog singgalang.
      Aya2 wae.
      Wkwk
    • Darma R Saragih Amerlan: Saya Kenal Dengan Jhon Hardy Purba , Tapi Pertanyaannya Adalah , Apakah Paparan Diatas Jawaban Kongkritnya Pemekaran? Apakah Hal Semua Diatas Harus Berujung Pemekaran Simalungun? Jr Saragih Juga Mampu Kok Merealisasikan Point Diatas , Masalahnya Kan Kontrol Dewan Pada Kinerja Bupati Kurang , Bupati Sibuk Menjadi Businessman Tanpa Melihat Apa Sebenarnya Yang Menjadi Kebutuhan Mendasar Masy Simalungun. Secara Teori Psikologis... Jika Orang Mau Memisahkan Diri Berarti Sudah Pasti Dia Kurang Merasa Puas , Lalu Diambillah Keputusan Atau Wacana Pemisahan Diri Dengan Dalih Macem Macem., Jika Masy Simalungun Satu Suara (Tanpa Motif Politis Dll) , Dan Bersatu Coba Tanya Rame Rame Pada Pimpinannya Kenapa Kita Tak Maju? Apa Jawabannya? Baru Ditelaah...Itu Prosesnya.
    • Ardyansyah Daud ah jangan di sardolok lah saya maunya ibukotanya di kampung saya di pamatang sidamanik. Yg lain jg pasti mau di kampungnya. Iya kan?? Kacaulah...dimekarkan boleh boleh aja asal itu aspirasi dari bawah dan demi kpentingan masyarakat. Kita sbg warsim tdk takut dimekarkan menjadi 1001 kabupaten. Yg jadi mslahnya masyarakat mengalami krisis kepercayaan kepada pemerintah. Kenapa?! Tanya saja pada rumput yg brgoyang.
    • Ali Hendra Sumbayak Raya Yg sy liat yg berkoar2 dan kekeh itu bkn masyarakat tpi golongan dan politisi.
    • Ardyansyah Daud bener tu lae sumbayak. Kita warsim tdk pernah tkt perubahan,tp jgn dipolitisir.
    • Ali Hendra Sumbayak Raya Kok lae?
      Ak yg manggl tulang sma tulang.
      Hehe
    • Ardyansyah Daud lae ajalah biar muda dikit. He he2
    • Ali Hendra Sumbayak Raya Tulang aja lah.
      Hehe
    • Joel Tondang Tanya rumput yg bergoyang
      Pakon alogo namamollus
      Oo ale begu gajjang
      Sittakkon ma i bulus

      gkgkgkgk
    • Ardyansyah Daud ???! Beguganjang udah diruang ac.
    • Amerlan Purba kaya sebenarnya simalungun atas apalagi areal persawahan di desa bandar purba kecamatan purba terealisasi,itu bisa mencukupi swasembada beras nasional,atau bahkan pertanian nenas dikembangkan di saribudolok wah....rakyat akan makmur.
    • Ardyansyah Daud pertanyaannya apa kalau tdk dimekarkan itu tdk bisa dibangun? Apa kalau dimekarkan hal itu langsung jadi tampa dibangun? Ayo kita rimang2i,jgn egois dan emosi.
    • Joel Tondang Mittor jdi homa ibangun jln tol keliling D.Toba menuju daerah wisata internasional,iyaakh sodapma tongon!
      Marangan2..
    • Ali Hendra Sumbayak Raya Kt ny d postingan hataran makmur.
      Tpi kok minta mekar ya?
      Aneh.
    • Amerlan Purba AD@ya kita liat aja kalau tidak dimekarkan, suatu kabupaten yang sangat memalukan sudah enampuluh tahun lebih indonesia merdeka,ternyata disimalungun masih bannyak desa yang tak menikmati kemerdekaan, ....saya gak tinggal disimalungun dan tidak ada kepentingan politik dan saya bukan orang politik, saya kasian meliat sukuku suku simalungun kala aku pulang kesimalungun yang selalu menyampaikkan penderitaan terutama penduduk desa, apa kita gak tergerak jeritan hati melihat penderitaan parbagas bagas bahkan masih ada dijuma modom?
    • Nosa Turnip Amerlan Purba....saya gak tinggal d isimalungun dan tidak ada kepentingan politik dan saya bukan orang politik, saya kasian meliat sukuku suku simalungun kala aku pulang kesimalungun yang selalu menyampaikkan penderitaan terutama penduduk desa, apa kita gak tergerak jeritan hati melihat penderitaan parbagas bagas bahkan masih ada dijuma modom?
      36 menit yang lalu · Batal Suka · 1

      ----->> Inilah yang menjadi keprihatinan saya juga..... untuk itu perlu 'pemekaran' jiwa dan raga.

      Sedih kita...... kita sedih
    • Darma R Saragih Loh Yak Opo Sampeyan Sampeyan Iki., Kalok Case nya Seperti Diatas Salahkan Pemerintahannya Dong....., Tanyakan Pemimpinnya Dong., Kok Iso Kayak Ngene Iku Piye? Rakyat Simalungun Past Menderita Kalok
    • Darma R Saragih Pemimpinnya Tak Memahami Persoalan , Ya Kalok Jawaban Enteng Ya Mekar Aja...
    • Joel Tondang Aima da,apalagi anggo nididah mewahni nasiam na i Jakarta i ibagas Tv,berontak bathin diri anggo nibaddikkon nai huta..
    • Raja Mulia G membangun simalungun bukan saja melalui pemekaran. ttp peningkatan kwalitas pendiddikan merupakan faktor utama dalam mencapai pembangunan itu. baik pendidikan secara formal dan non formal.
    • Nosa Turnip Raja Mulia G membangun simalungun bukan saja melalui pemekaran. ttp peningkatan kwalitas pendiddikan merupakan faktor utama dalam mencapai pembangunan itu. baik pendidikan secara formal dan non formal.
      4 menit yang lalu · Suka

      ----->> Betul..... bukan saja hanya melalui pemekaran, banyak cara asalkan punya anggaran. Yang namanya membangun sudah pasti butuh anggaran [baik fisik maupun SDM]. Kita tahu saat ini, berapa sisa APBD yang dialokasikan untuk pembangunan ? Infonya sisa hanya sekitar 25%, inilah persoalannya.

      Jadi satu2nya srtategi legal adalah menambah jumlah besaran anggaran. Bagaimana caranya ?
    • Riaja Saragih Mantaaaap......
      Goyang trus. Simas
    • Norman P Tondang AP : kalau simas merasa kaya dengan sumber daya alam. kenapa simas nunggu dana segar dari pemerintah ? . kalau kaya harusnya simas bisa membiayai dirinya sendiri. Bukan menuntut pemekaran biar dapat dana segar. yang harus di soroti itu adalah kurangnya kontrol terhadap anggaran yang ada. kurang efisiennya penggunakan anggaran yang ada. kurang tepatnya penggunaaan anggaran yang ada. itu yang harus di soroti. berapa jumlah anggaran yang ada. dan berapa yang bisa di alokasikan buat simalungun atas, jadi berapaun uang yang kita punya kalau gak pandai mengunakannya akan jadi belati bermata dua. bagaimana membuat rakyat simalungun jadi mandiri ? itu jauh lebih penting daripada buat jalan buat mereka. buat jalan yang mulus 2 tahun juga hancur lagi. tapi kalau rakyarnya mandiri, akan turun termurun ke generasi berikutnya .
    • Saragih Sahala Tuah Rencana pembagian wilayah pemekaran yang sudah ada sepertinya perlu ditinjau kembali.

      Andai dimekarkan, Syarat utama yang HARUS dipenuhi tetap menggunakan nama SIMALUNGUN. Misalnya Simalungun Barat, Simaungun Utara, Timur, Selatan, dll, bukan harangan... eh hataran

      [saran dotcom]
    • Norman P Tondang Saya lebih setuju kita meningkatkan Mutu Pendidikan, Kesehatan, juga Dalam Hal Pertanian, daripada meingkatkan mutu jalan raya.
    • Saragih Sahala Tuah Norman P Tondang Saya lebih setuju kita meningkatkan Mutu Pendidikan, Kesehatan, juga Dalam Hal Pertanian, daripada meingkatkan mutu jalan raya.
      sekitar satu menit yang lalu · Suka

      ----->> semua orang setuju itu lae, apa tidak pake anggaran untuk itu ?
    • Norman P Tondang Semua pake anggaran boss.. maksudnya prioritaskan yang 3 itu. itu lebih penting daripada jalan jalan kampung yang hanya di gunakan sekali seminggu ke pekan.
    • Raja Mulia G yang menyusun angaran perbelanjaan daerah itu kan DPRD. jadi jika kurang ya salah kita... kenapa kita pilih anggota DPRD yang kurang pintar berhitung.
    • Norman P Tondang Kadang kita itu berlebihan . jalan yang cuma butuh sekali seminggu di lewati mau ke pekan minta yang aspal beton. padahal yang lewat cuma truk truk mengangkut hasil pertanian.
    • Norman P Tondang Betul itu RMG... udah kita kasih wakil di sana. tapi sekarang kita maki maki pula ... hahaha
    • Saragih Sahala Tuah Norman P Tondang Semua pake anggaran boss.. maksudnya prioritaskan yang 3 itu. itu lebih penting daripada jalan jalan kampung yang hanya di gunakan sekali seminggu ke pekan.
      beberapa detik yang lalu · Suka

      ----->> justru itu.... dari mana anggarannya ? lihat di wab pemkabsim, berapa anggaran untuk pembangunan.

      Jangankan jalan kampung, jalan kabupaten/provinsi masih banyak yang belum memadai [siantar - tigaras] coba lewat nasa dulu, Lalu PERHATIKAN apa yang terjadi ?
    • Ardyansyah Daud bkn tdk pintar tp kelewat pintar.
    • Norman P Tondang Simalungun kan punya Anggaran.. kita kan bayar pajak. sama seperti kabupaten lain di RI ini
    • Riaja Saragih @Nosa T Simalungun Atas ma ge lah bahen Goranni anggo boi ibukota Haranggaol atau kec yg ada Danaou Toba nya.biar cepat akses dan mudah berkembang.
    • Ardyansyah Daud ah ulang,i pamatang ma ibukotani.
    • Saragih Sahala Tuah Norman P Tondang Kadang kita itu berlebihan . jalan yang cuma butuh sekali seminggu di lewati mau ke pekan minta yang aspal beton. padahal yang lewat cuma truk truk mengangkut hasil pertanian.
      3 menit yang lalu · Suka

      ----->> Saya pikir tidak berlebihan. Apa hasil2 pertanian tidak perlu transportasi yang lancar, agar orang gampang menjual hasil pertaniannya [1 hari langsung jadi duit, jangan jadi busuk] ?

      --->> Bila penting jalan ke kuburan juga harus mulus, itulah tanda yang sejahtera
    • Saragih Sahala Tuah Norman P Tondang Simalungun kan punya Anggaran.. kita kan bayar pajak. sama seperti kabupaten lain di RI ini
      4 menit yang lalu · Suka

      ----->> untuk itu lae, tolong dilihat sisa anggaran di website pemkabsim [alokasi pembangunan hanya sisa 25%, 75% untuk belanja pegawai/gaji/dinas.

      Pajak kabsim tidak ada apa2nya dibanding daerah kab yang saya tinggal sekarang, contoh BPHTBnya di kabsim 1 tahun 12 M, di kab tempat tinggal saya BPHTB 1 bulan 5-6 M
    • Norman P Tondang Bukan ukuran itu bos.... saya udah pernah bilang. jalan bukan ukuran sejahtra buat rakyat. jalan itu hanya fasilitas umum yang di sediakan buat rakyat, yang dibangun oleh pemerintah. Bukan indikator kesejahtraan rakyat. Pemerintah bisa saja kaya, tapi belum tentu rakyatnya . atau sebaliknya . saudi Arabia itu kaya raya pemerintahnya , jalan jalan mulus, lampu jalan nyala 24 jam. bahkan banyak jalan yang tidak pernah di lalui mobil. banyak komplek kompek perumahan yang jalannya bagus tapi rumahnya belum ada. tapi jalannya udah mulus. tapi coba liat rakyatnya . masih jualan sayuran di pinggir jalan ngarepin 100 riyal perhari. banyak pengemis di lampu merah. banyak yang hanya tinggal di gubuk dipinggir kota. Pemerintahnya kaya raya padahal.
    • Saragih Sahala Tuah Bukan ukuran itu bos.... saya udah pernah bilang. jalan bukan ukuran sejahtra buat rakyat. jalan itu hanya fasilitas umum yang di sediakan buat rakyat, yang dibangun oleh pemerintah. Bukan indikator kesejahtraan rakyat. Pemerintah bisa saja kaya, tapi belum tentu rakyatnya . atau sebaliknya . saudi Arabia itu kaya raya pemerintahnya , jalan jalan mulus, lampu jalan nyala 24 jam. bahkan banyak jalan yang tidak pernah di lalui mobil. banyak komplek kompek perumahan yang jalannya bagus tapi rumahnya belum ada. tapi jalannya udah mulus. tapi coba liat rakyatnya . masih jualan sayuran di pinggir jalan ngarepin 100 riyal perhari. banyak pengemis di lampu merah. banyak yang hanya tinggal di gubuk dipinggir kota. Pemerintahnya kaya raya padahal.
      sekitar satu menit yang lalu · Suka

      ---->> Maksud saya adalah bahwa JALAN YANG MEMADAI itu PENTING [itulah urat nadi perekonomian, dimana-manapun]
    • Riaja Saragih @Norm P T
      Betul itu sa Arb jgn bandingkan kita beda sist pemerintahan.
    • Norman P Tondang 25 % persen juga kalau di gunakan dengan tepat bisa bermanfaat bagi rakyat banyak. mau 100 T juga kalau itu tidak di gunakan untuk meningkat kan taraf hidup orang banyak buat apa . Buat apa jalan jalan yang mulus tanpa cela , kalau bayar ongkos aja mereka gak mampu. artinya mereka tidak akan bisa menikmatin itu karena gak mampu bayar ongkos .
    • Saragih Sahala Tuah 25 % persen juga kalau di gunakan dengan tepat bisa bermanfaat bagi rakyat banyak. mau 100 T juga kalau itu tidak di gunakan untuk meningkat kan taraf hidup orang banyak buat apa . Buat apa jalan jalan yang mulus tanpa cela , kalau bayar ongkos aja mereka gak mampu. artinya mereka tidak akan bisa menikmatin itu karena gak mampu bayar ongkos .
      sekitar satu menit yang lalu · Suka

      --->> Pengalokasian yang 25 % itu sudah disebutkan di website, Bisa bikin apa mengingat wiayah kabsim yang cukup luas.

      Siapa bilang gak mampu ? contoh barang saja, di kecamatan saya di kabsim banyak yang punya R4, jalannya ada yang kurang mantap.
    • Ardyansyah Daud ukuran ksejahteraan rakyat adalah daya beli trhdadap kebutuhan hidupnya. Kalaupun harga2 bahan pokok dan barang lainnya misalnya brg2 mewah ckp mahal tp kalau masyarakat bisa beli,tdk akan ada pengaruhnya trhadap politik. Coba lihat kalau bbm naik demo dimana2. Kenapa?? Daya beli rakyat rendah. Jadi bkn masalah mekar atau tdk.
    • Norman P Tondang Kalau alasannya Dana tidak ada, Kita usulkan saja Pemkab Simalungun membuat suatu badan usaha seperti Bank, nah kita rame rame nemabung disana. biar Pemkab bisa mengunakan dana itu untuk pembangunan. Ngapain kita nabung di BCA atau BNI atau Bank Mandiri, memperkaya china china yang udah kaya itu. Mending kita nabung di Bank Simalungun, misalnya .....sedikit sedikit kan jadi bukit juga dana yang terkumpul.
    • Saragih Sahala Tuah Norman P Tondang Kalau asalnnya Dana tidak ada, Kita usulkan saja Pemkab Simalungun membuat suatu badan usaha seperti Bank, nah kita rame rame nemabung disana. biar Pemkab bisa mengunakan dana itu untuk pembangunan. Ngapain kita nabung di BCA atau BNI atau Bank Mandiri, memperkaya china china yang udah kaya itu. Mending kita nabung di Bank Simalungun, misalnya .....sedikit sedikit kan jadi bukit juga dana yang terkumpul.
      beberapa detik yang lalu · Suka

      ------>>> oaaaaalahaaaaahhhhh, mustahil bin mustahal lae.
    • Raja Mulia G lape bisa i simpulkon hasil diskusi ta on???
    • Norman P Tondang Mustahil kenapa ?? tak ada yang mustahil bos... dulu founder Aqua di tertawain orang lain waktu bikin perusahaan pengemasan air , orang bilang. ngapain kamu jualan air di negara yang airnya melimpah, lu kira ini negara arab. pake jualan air segala. sekarang apa yang terjadi, semua orang beli air kemasan. Ide kadang kelihatan GILA. tapi keberhasilannya juga bisa menggila.
    • Ardyansyah Daud domma,ksimpulanni hepengdo mangatur negaraon.
    • Saragih Sahala Tuah Norman P Tondang Mustahil kenapa ?? tak ada yang mustahil bos... dulu founder Aqua di tertawain orang lain waktu bikin perusahaan pengemasan air , orang bilang. ngapain kamu jualan air di negara yang airnya melimpah, lu kira ini negara arab. pake jualan air segala. sekarang apa yang terjadi, semua orang beli air kemasan. Ide kadang kelihatan GILA. tapi keberhasilannya juga bisa menggila.
      beberapa detik yang lalu · Suka

      ----->> Konteks/gagasan yang berbeda, ini menggalang massa berkaitan dengan uang lagi, tau sendiri lah lae kalo masalah uang. Koperasi kecil2an aja bisa ribut ? Apalagi .....?
    • Norman P Tondang Itu kan badan usaha, sama seperti Bank lain, gak ada bedanya kan kita nabung di BCA atau di bank lain.
    • Ardyansyah Daud ah,anggo masalah kali2 ganupan do hita pistar,tp anggo bagi2 ?? Mokkot2 ma ganupan.
    • Saragih Sahala Tuah Norman P Tondang Itu kan badan usaha, sama seperti Bank lain, gak ada bedanya kan kita nabung di BCA atau di bank lain.
      beberapa detik yang lalu · Suka

      ----->> Yang pasti itu bukan persoalan/perkara mudah lae, apa secara umum masyarakat langsung oke ?
    • Stev Bron's Poerba Lawei NS or SST@ mase ngotot ham masalah pemekaran, padahal menurut komen ni ham lang na pro pakon na kontra ham (netral) tapi anggo hu jaha status pakon komen ni ham lebih cendrung pro pemekaran. sementara saya sendiri adalah netral juga masalah pemekaran ini, yg saya tolak adalah elite politik dan pejabat utk melakukan pemekaran ini. sdh pernah saya jabarkan alasan penolakan elite dan pejabat dalam pemekaran. (COPY DARI BAWAH BAH....)
    • Saragih Sahala Tuah Stev Bron's Poerba Lawei NS or SST@ mase ngotot ham masalah pemekaran, padahal menurut komen ni ham lang na pro pakon na kontra ham (netral) tapi anggo hu jaha status pakon komen ni ham lebih cendrung pro pemekaran. sementara saya sendiri adalah netral juga masalah pemekaran ini, yg saya tolak adalah elite politik dan pejabat utk melakukan pemekaran ini. sdh pernah saya jabarkan alasan penolakan elite dan pejabat dalam pemekaran. (COPY DARI BAWAH BAH....)
      sekitar satu menit yang lalu

      ---->> TIDAK ADA YANG NGOTOT. Buat saya mau mekar ataupun tidak TIDAK ADA UNTUNGNYA [saya tidak tinggal di kabsim].

      Saya hanya berpendapat, kalo kabsim mau lebih maju lagi [ada pembangunan] menurut saya pemekaran jawabannya [anggaran dari pusat bisa bertambah].

      Mau tidak mekar sampai selama bumi ini masih ada [selama kabsim ada], saya gak ada urusan/kepentingan. Hanya saja kita prihatin banyak daerah/huta yang belum tersentuh pembangunan sampai orangnya meninggal dunia dengan alasan klasik gak ada anggaran.

      ---->> Kita lihat 10 tahun ke depan, siapa yang akan menyesal, karena tertinggal [no pembangunan yang signifikan] dibandingkan dengan kab/kota lain yang telah mekar. Mekar itu butuh proses.

      Horas............
    • Stev Bron's Poerba saya juga tdk tinggal di kasib, justru saya mengiginkan agar simalungun cepat maju tapi belum saatnya dimekarkan tunggu 5 samapai 10 thn lagi, krn bla..bla... masalah masih belum tersentuh pembangunan bukanlah kurang anggran tapi yg jelas anggrannya tidak sampai kepada daerah yg tidak tersentuh tadi, coba tanya dulu bupati kenapa kantor dibangun kembali...? kenapa jalan di raya sebesar itu dibangun...? dan kenapa....dan kenapa...? apakah anggran pembanguan gedung baru itu tdk bisa dialihkan kepada daerah yg belum tersentuh tadi..? dan perbaikan jalan yg besar itu tdk bisa dialihkan ke daerah yg tdk tersentuh tadi...? klu cerita anggran jangan di dramatislah....yg jelas modal utk menjadi bupati belum kembali klu ini saya setuju.
    • Stev Bron's Poerba sampai sekarang saja saya dengar biaya sewa heli belum lunas.....hehehehehe....
    • Norman P Tondang SST : Kalau jalannya cuma berlobang, kurang mulus, atau mungkin beberapa ruas jalan rusak. maklum sajalah. misalnya ruas jalan ada 100 KM ada 10 KM yang rusak ya ,saling maklum sajalah. banyak daerah lain yang tidak punya jalan sama sekali. banyak yang tidak bisa makan, banyak yang tidak bisa sekolah. kalau cuma jalannya jadi terganggu sedikit bergelombang atau sedikit terhambat. aku rasa itu bukan alasan buat Pemekaran. kadang dibangun pun jalan , kita yang gak pandai merawatnya. udah jelas jalan kampung maksimal kapasitas 3T. bawa truk yang kapasitas 6T, ya hancurlah.
    • Ali Hendra Sumbayak Raya Mulai nokan pagi lau manderes au, dma homa nokan mulak manderes, sonari dma use mulak marcoklat lalap do lang siap nasiam na meeting in.
      Gkgkgkgkgkgk..
      Loja ni do.
    • Stev Bron's Poerba NPT@yg lebih parah lagi anggran utk perbaikan jalan lebih banyak disunatnya.....makanya belum 3 bulan hancur lagi. hehehehe....
    • Riaja Saragih @N P T dana anggaran utk perbaikan jalan pe lang tarcover alani anggaran padahal dah masuk ke RKA coba baca di status Ramlan Sidauruk di Ehamsi wall ibi yg di line wall JR saragih. Nah gmana itu.....belum lg utk anggaran yg priority peningkatan lain nya....
    • Topu SiantarMan Pemekaran tinggal tunggu wktu ªјª...
    • Richardo Saragih Dalam Politik, apa jualan yg laku di pasaran itulah yg dijual para politikus. Masyarakat beropini, jalan ke kampung kami sejak masa penjajahan sampai hari ini blm pernah tersentuh pembangunan. Nah, muncullah ide memekarkan daerah dgn dalih pemerataan pembangunan, yang jika salah tata kelolanya berubah menjadi pemerataan pembagian kue2 kekuasaan. Alhasil, politikus yg mengusung janji pemekaran yg diharapkan masyarakatlah (bisa jd juga hasil dari propaganda politikus yg haus kekuasaan) yang berpotensi jd kuda hitam.

      # Pada dasarnya kalau kt mw maju, masyarakatnya harus dicerdaskan sembari juga membenahi infrastruktur.
      Knp jln2 di perkebunan walaupun tdk aspal tpi bisa dilalui truk pengakut hasil perkebunan. Alasannya krn jalan tsb selalu dipelihara drainasenya.
      Kenapa msyrkt tdk diajak oleh gamot s.d bupati marharoan memelihara jalan di dpn rmhnya atau ladangnya. Sense off belonging lah yg penting. Jgn lebih anggar "sy kan sdh byr pjak, ya tgs pemerintah lah itu". Tapi sebaliknya "anggo marhubang ma dalan hujumaku, haru ma manlangsir boniagaku. Ase huramothon ma dalan on".
    • Ardyansyah Daud iya sudah kita tunggu aja.
    • Berdikarim Sinaga Mardia do homa Ulah ni on?
    • Ardyansyah Daud ganupan hasoman na muslim eta hamma hu masjid laho subbayang maghrib ma.
    • Ali Hendra Sumbayak Raya Aima tongon selamat menunaikan sholat magrib ma banta bgi na muslim.
    • Norman P Tondang Dalam menyusun anggaran, Pemerintah punya skala prioritas, begitu juga dalam merawat jalan tersebut, ada skala prioritas mana yang harus duluan mana yang belakangan. kalau sudah di tetapkan cuma 3 Ton kapasitasnya , ya udah 3T, jangan bawa truk yang 8T. biar jalannya awet. masalahnya kita sebagai pengguna jalan juga gak bisa merawatnya. Pemekaran Itu sama dengan menulanya. Kita bagi, terus kita jual sebagian , kita dapat duit. habis nama Balik Nama jadi Simalungun Atas atau Simalungun Hataran. Kalau udah balik nama jadi milik orang lain lah. bukan milik kita lagi. syukur syukur namanya masih Simalungun Atas atau Simalungin yang lain. kalau namanya berubah jadi Kabupaten Hataran. ... gigit jari lah kita.
    • Topu SiantarMan Goran ni kabupaten pemekaran domma positif "Simalungun Hataran" ibukotani Perdagangan.
    • Norman P Tondang Aha do artini hataran on ???
    • Topu SiantarMan ,¸¸,•°˚°ºƗƚ♏♏♏♏♏,¸¸,•°˚°º
    • Stev Bron's Poerba TS@mana buktinya. Sy saja yg memantau di depdagri masih nihil.
    • Topu SiantarMan SBP@
      Bukti aha on tulang...
    • M J Purba Tamsar Anggo boi diskusi on adong data yg lengkap, atau dalam bentuk makalah, studi kelayakan na,,
      Agar mengedukasi hita haganupan,,
    • Beni Sumbayak SAKIT KUPING KU DAN SAKIT MATA KU MENDENGAR DAN MEMBACA POSTINGAN TENTANG PEMEKARAN SIMALUNGUN
      SEBENARNYA APALAH MAUNYA MEREKA-MEREKA ITU
      YANG GILA JABATANNYA SEMUA ATAU SUDAH TERPROFOKASI SAMA OKNUM-OKNUM YANG INGIN MEMECAH, MENJUAL, DAN MENDUDUKI JABATAN-JABATAN PEMERINTAHAN DI KABUPATEN SIMALUNGUN AGAR IA BISA MAKAN UANG RAKYAT
      aneh...
    • Darma R Saragih TONGON PAKON DEAR TUMANG DO HATORANGANMIN BENI SUMBAYAK
    • Freddy P. Sidagambir Opung ta nahinan domma loja pasadahon Simalungun,,,,Tapi roh ma nasiam (pihak pendukung) na berusaha memecahnya lagi,,,Apa kata dunia............? Mari kita hargai warisan pendahulu kita.
    • Darma R Saragih HOLONG ATEI MEMANG,,,,,
    • Beni Sumbayak maaf la kpda pihak pndukung pemekaran Kab.Simalungun
      tpi itu lah tanggapan Q pda x'an smua pndukung pemekaran Kab.Simalungun
      atau jngan2 x'an smua (para pendukung) adalah antek-antek nya org2 yg ingin berkuasa d simalungun tpi tdak terpilih
      lalu mereka menggandeng x'an dngan iming2 yg mungkin sngat menggiurkan dngan cra pemekaran lalu x'an akan mendapat imbalan atas krja x'an yg mungkin nanti akan sukses memecah simalungun dan x'an bza punya kesempatan untk menghabiskan uang kami (rakyat biasa)
      skali lagi maaf
    • Kelemensius Purba Amerlan Purba kaya sebenarnya simalungun atas apalagi areal persawahan di desa bandar purba kecamatan purba terealisasi,itu bisa mencukupi swasembada beras nasional,atau bahkan pertanian nenas dikembangkan di saribudolok wah....rakyat akan makmur.

      Siapa bilang simas alamnya ga kaya/subur? siapa bilang petani ga rajin??? yang jadi persoalan selama ini: harga-harga hasil pertanian murah !!! karena dikendalikan oleh pengusaha besar yang sering main golf dengan pejabat .....pernah kau dengar harga kol 200 rupiah/kg,harga beras yang murah??? harga tomat Rp 400/kg??? pernah kau dengar berita seorang suami sampai membunuh istrinya gara-gara stress karena harga kol yang dia tanam 5 ha harganya Rp.200/kg??? ..........Swasembada Beras nasional ???? hahahahahahahahahaha ada kepentingan importir saudaraku !!!
    • Pardi Purba Suatu hal yg tidak mungkin, memindahkan ibukota Simalungun dari Raya ke Seribu dolog, walaui Simalungun dimekarkan menjadi 3 daerah otonom mis, Simalungun ibu kota Raya, Simalunguin Tongah ibu kota Balimbingan dan Simaluingun Ujung Ibukota Parlanaan dan Kodya Pardagangan menuju Sumatera Timur
    • Amerlan Purba Kp@knapa harga pertanian murah??tdk lain karena sarana dan prasarana tdk memadai ,contoh misalnya kol ...itukarena jalan rusak sehingga biaya angkut mahal,kemudian karena belum disediakan pemerintah gudang penyimpan kol yang blsa membuat kol awet dan segar berbulan bulan....,
    • Amerlan Purba PP@ulang mabiartu hita ai aha nalang mungkin,eyang subur aja mungkin masuk penjara walaupun punnya ilmu magic tingkat tinggi...
    • M J Purba Tamsar Anggo boi diskusi on adong data yang lengkap, atau dalam bentuk makalah, studi kelayakan na
      Agar mendidik kita dalam berdiskusi,,,

      Sekedar opini bisa bisa aja
      Tapi opini on ma dokah
      Sudah bisa lah lebih mendalam kajian na,
    • Amerlan Purba Huatas dolog simarjarunjung pe boido pindah ibukota kabupaten anggo domma nai nini penguasa dan pengusaha...
    • Jensi Purba Memekarkan Simalungun merupakan suatu yang menguntungkan bagi beberapa pihak. jika berbicara dari sudut budaya, akan hilangnya budaya Simalungun dari Simalungun Bawah. kita lihat, skrg z Simalungun Bawah siapa yang mendominasi.
      kalau kita lihat dari segi ekonomi, mengapa haga hasil pertanian murah? ternyata ada dari pihak tertentu yang hanya mementingkn kantongnya sendiri sehingga mengorbankan kalangan petani di Simalungun. buktinya apa? ketika lagi masanya untuk panen selalu yang menjadi keluhan "kenapa ada barang kotak yang masuk". lagi masanya panen cabe, ada cabe kotak yang menggilas hasil cabe lokal. demikian jg dengan jenis yang lain. Apa kurang hasil pertanian kita untuk mencukupi kebutuhan di Simalungun? saya pikir tidak.

      Untuk apa repot dan ribut ngurusin pemekaran Simalungun. Perbaiki dulu permasalahan ekonomi dan yang lainnya. persiapkan segalanya dengan baik. jangan bertindak buru2.
    • Topu SiantarMan Jgn negative thinking kita dgn kata pemekaran.
      Apa kita Ъќ malu dgn kabupaten tetangga kita,Ɣğ cpt dimekarkan biarpun daerah pemekarannya hny 7 kecamatan sdngkan kita ∂ȋ kabupaten Simalungun dgn 32 kecamatan Ъќ lambat pembangunannya...?
      Klw mslh Ĺãђ hilang ήЧά budaya Simalungun,itu tergantung pd diri kita sendiri sebagai bangsa Simalungun.Kita tinggal ∂ȋ daerah Simalungunpun bs Ъќ ƫαђц adat istiadat maupun bahasa Simalungun klw kita Ъќ pelihara n lestarikannya apalagi Ъќ Ъќ tinggal ∂ȋ daerah Simalungun.
    • Topu SiantarMan Pemekaran bkn untk memecahbelah kita Simalungun atau menkotak kotak Simalungun tp untk mempercepat pembangunan ∂ȋ daearah kita,daerah Simalungun Ɣğ kita cintai ini.Jd kita jgn berpikiran sempit dgn kata2 PEMEKARAN.
      Diatei tupa
    • Jensi Purba Bukan negative thinking. tp tdk bisa dipungkiri knapa budaya tidak terpelihara, berpengaruh jg dengan besar masuknya suku yang lain ke Simalungun. coba anda baca di buku WARISAN LELUHUR tulisan Uli Kozok.
    • Ardyansyah Daud anggo domma manggila oppung nahinan ondo ihatahon: toisku ma tambulmu. Ha ha2.
    • Kelemensius Purba Anggo na lang jelas eni Sumbayak maaf la kpda pihak pndukung pemekaran Kab.Simalungun
      tpi itu lah tanggapan Q pda x'an smua pndukung pemekaran Kab.Simalungun
      atau jngan2 x'an smua (para pendukung) adalah antek-antek nya org2 yg ingin berkuasa d simalungun tpi tdak terpilih
      lalu mereka menggandeng x'an dngan iming2 yg mungkin sngat menggiurkan dngan cra pemekaran lalu x'an akan mendapat imbalan atas krja x'an yg mungkin nanti akan sukses memecah simalungun dan x'an bza punya kesempatan untk menghabiskan uang kami (rakyat biasa)
      skali lagi maaf

      Lang pala minta maaf ham Lawei, haganupan uraian niham in, benar sekali. Ada udang di balik batu..........
    • Amerlan Purba Mohon kepada admin agar dihapus coment dari ardiansyah daud diatas saya rasa gak layak dia tampil di forum ini.
    • M J Purba Tamsar Jadi martinggili kan
      Jadi kusir kan
      ????????????
      Sudah ketebak kok

      Marosuh ma halakan anggo martinggili hita,,,
    • Norman P Tondang Kalau masalah tempat tinggal di kab sim atau bukan, saya malah bukan tinggal di Indonesia. jangankan di kabsim. Tapi bagaimanapun juga. Keberadaan Kabupaten Simalungun itu harus tetap dipertahankan, lepas bagaimana caranya. Mengharapkan dana hibah dari pusat itu bukan jalan satu satunya memajukan simalungun. banyak cara lainnya. cuma belum di maksimalkan saja. Jangan mencari jalan pintas. yang paling utama adalah bagaimana memberdayakan masyarakat agar bisa mandiri. membantu mereka bisa mendiri. memberikan modal usaha. memberikan pengetahuan system pertanian modern, home industri. dll. Berapa persen masyarakat simalungun yang tinggal di kota ??. sepertinya lebih banyak yang tinggal di desa. kalau jalan di kota bagus. artinya hanya sebagian kecil masyarakat simalungun yang menikmati jalan itu. Lagian kenapa sih kita selalu mengartikan kemajuan itu identik dengan jalan yang mulus. nanti kalau saya bendingkan dengan negara lain, kesannya sombong. padahal itu sebagai gambaran.
    • Nosa Turnip Amerlan Purba Mohon kepada admin agar dihapus coment dari ardiansyah daud diatas saya rasa gak layak dia tampil di forum ini.
      31 menit yang lalu melalui seluler · Suka

      ------>> Tidak zamannya lagi 'main hapus' sekarang ini. BIAR PUBLIK/MEMBER yang menilai apa yang kita katakan/tuliskan Lae.

      Horas............
    • Nosa Turnip Norman P Tondang Kalau masalah tempat tinggal di kab sim atau bukan, saya malah bukan tinggal di Indonesia. jangankan di kabsim. Tapi bagaimanapun juga. Keberadaan Kabupaten Simalungun itu harus tetap dipertahankan, lepas bagaimana caranya. Mengharapkan dana hibah dari pusat itu bukan jalan satu satunya memajukan simalungun. banyak cara lainnya. cuma belum di maksimalkan saja. Jangan mencari jalan pintas. yang paling utama adalah bagaimana memberdayakan masyarakat agar bisa mandiri. membantu mereka bisa mendiri. memberikan modal usaha. memberikan pengetahuan system pertanian modern, home industri. dll. Berapa persen masyarakat simalungun yang tinggal di kota ??. sepertinya lebih banyak yang tinggal di desa. kalau jalan di kota bagus. artinya hanya sebagian kecil masyarakat simalungun yang menikmati jalan itu. Lagian kenapa sih kita selalu mengartikan kemajuan itu identik dengan jalan yang mulus. nanti kalau saya bendingkan dengan negara lain, kesannya sombong. padahal itu sebagai gambaran.
      18 menit yang lalu · Suka

      ----->> Mengapa kita sampai bicara tempat tinggal pada koment di atas ? Tidak lain tidak bukan hanya mau MENEGASKAN bahwa kita tidak ada kepentingan/urusan mau mekar atau tidak [karena seolah-olah ada anggapan kalo mekar khususnya saya akan diuntungkan; Untung apa ?, orang kita bukan pengusaha, kontraktor, apalagi pejabat].

      ----->> Mempertahankan eksistensi simalungun adalah dengan cara MELESTARIKAN ADAT ISTIADAT/BUDAYA [dimana pun dan kapan pun itu bisa dilakukan {kecuali di NAGORI ATAS}, yang dibagi hanya wilayah secara administratif]

      ---->> "Memberdayakan masyarakat dan modal usaha".................. Lalap ! Pake apa ? Ai laku bulungi kopi ateng ai ?

      Mainkan terus Lae........ Horas.
    • Parniaty Girsang menurutku lebih baik di raya aja lah' krn memang dekat dengan kantor bupati''dari pada dukung kota masing,,
    • Ardyansyah Daud ha ha2 kok jadi trsinggung kamu purba. Saya cuma mengatakan kalau oppung marah dia brkata begitu. Kok kamu jadi repot. Saya aja gak repot....
    • Kurniati Purba holan na marbadai do i room on,,,,bapak2 daripada qt buang energi untuk berdebat gak ada gunanya,,,, baiklah melakukan hal hal yg bermanfaat,,,,,,,,,,,,,,,,peace...........
    • Sutrisno Sumbayak alangkah baiknya sebelum menuju ke arah kesana kita berbenah saja terlebih dahulu. simalungun punya potensi pertanian,perkebunan dan pariwisata . seharusnya kita sama-sama memikirkan bagaimana cara meningkatkan kedua hal itu untuk bisa meningkatkan PAD simalungun. dengan pemerintah simalungun kita sama-sama membangun simalungun, sudah banyak ahli2 orang simalungun knpa kita tdk datangkan saja mereka untuk bisa memberikan solusi atas kemiskinan yg selama ini masih mengantui kab simalungun.. Salam buat kita semua.
    • Joel Tondang Ise do deba ahli2 simalungun ai lawei? Siapa tau ra tongon nasida ro memberikan solusi laho mambangun simalungun on?
    • Sutrisno Sumbayak ada bang prof ferdinan d saragih, guru besar UI dan ada bungaran bisa memberikan pengalaman2nya dalama bidang pertanian , ya mungkin kita bisa data lebih lanjut mungkin. untuk mengkaji permasalahan itu. hehheheehhe
    • Joel Tondang Berharap do hanami ase miskol nasiam nasida ate,lebih cpt lbh baik..hehehe..Dttp bni nasiam..
    • Amerlan Purba Ardiansyah daud@diporum ini bannyak juga orang beradap,santun bicaranya jadi ulang pala gorani hita sisonai ai ge kawan lang sodap halani hita ganupankan pitah diskusi do boido karas marbual tapi jenges tong tangaran,
    • Edysman Purba Menyimak
    • Taufik Sumbayak Sattabi atene tulang amerlan, hurang huarusi dope aha faedahni pemekaran bani rakyat di kbpten simalungun. Belajar dari taputlah yg sudah terbelah, ada signifikansi pertumbuhan ekonomi dan sosial kah disana? Layanan Pemda itu tergantung pada "jangkauannya" bukan "outlet / officenya"..... Anggo laho pabuei-bueihon PNS do hassa benaha? Tong na rakyat in do tong manggaji sidea ai........ Asset/ liabilities ni kantor2 bank I siantar simalungun berapa sih? Ase ibotoh hita surplus and defisitni financial intermediary....... Anggo porlu goranon jagiah jadi bupati, ya baen hita goranni niombahta "Bupati Sumbayak"..... Ulang isedai tatanan ekonomi yg sudah lamban itu dgn extra cost yg sia2......... Ise ma na martarimakasih halani adong Bupati, kadis, camat, lurah? Ise na ongga massapatai birokrat2 ai halani palakni? so? Buat apa dibanyakin?
    • Norman P Tondang Jadi maksud NT semua kemajuan negara ini di nilai dari Uang ?????. Daerah nya maju tapi gak punya Budaya... ???. uang bukan segalanya dalam kehidupan ini. banyak elemen lain yang lebih penting dari uang . Pembangunan infrastruktur itu penting. tapi pembangunan Sosial Budaya juga penting. kalau mau cepat maju. jadiin saja Sinalungun ini lokalisasi prostitusi atau judi. pasti maju seperti Singapura dan Hongkong. Age sadiha bahatni duit, anggo lang pandei manggunahon duit. sia sia do ganup. Lapat Dana hibah i haraphon....berhentilah jadi manusia pengemis.....mengemis itu hanya menyelesaikan persoalan sementara waktu.
    • Rudy H Sinaga Pendapatan perkapita Simas jauh lebih baik dari simalungun hataran,jangan bicara saat harga turun,lihat juga dong saat harga naik..darimana sic pendapatan mereka,perkebunan yah??apakah itu milik mereka atau penduduk itu hanya sebagai buruh..,berapa sic sumbangan perkebunan itu tuk kab.simalungun??bukannya laporan keuangan selalu merugi..menurut saya pemekaran itu tak beralasan,hanya menjual tuk mendulang suara 2014,dan berharap proyek jabatan,tender dll,itu kalau menang tender kalau tidak manosal,naif sekali jika kita juga mendukung pemekaran yang di ajukan orang2 itu,awalnya simalungun hataran selanjutnya diperdakan jadi kab***** htaran,jadilah nompang di rumah sendiri.identitas itu bukan hanya baju adat,horja adat,wilayah juga, stop jualan basi..
    • Topu SiantarMan RHS@
      Jd knp pemekaran sllu ∂ȋ tolak Ș∂♍∂ penduduk simas...?
      Pemekaran bkn untk ∂ȋ jual hny ambil suara.Pemekaran seharusnya ∂aђ terwujud,tp karna Sumatra utara Ъќ pny Gubernur defenitif,maka ήЧά pemekaran gagal terwujud.Ni skrg gubernur defenitif ∂aђ ªϑª,tinggal menunggu wktu ήЧά ªјª.
      Bupati Simalungun ªјª,ntar kantor ήЧά 2,1 ∂ȋ Raya n 1 Ĺά̲̣ƍϊ ∂ȋ Perdagangan untk menyiapkan apa2 ªјª Ɣğ perlu untk kabupaten pemekaran.
    • Norman P Tondang Mau dapat Dana berapapun juga dari pusat sana, selagi mental aparatnya masih bobrok, uang itu gak akan berguna bagi rakyat, uang itu hanya berguna bagi para elite politik.
    • Nosa Turnip Norman P Tondang Jadi maksud NT semua kemajuan negara ini di nilai dari Uang ?????. Daerah nya maju tapi gak punya Budaya... ???. uang bukan segalanya dalam kehidupan ini. banyak elemen lain yang lebih penting dari uang . Pembangunan infrastruktur itu penting. tapi pembangunan Sosial Budaya juga penting. kalau mau cepat maju. jadiin saja Sinalungun ini lokalisasi prostitusi atau judi. pasti maju seperti Singapura dan Hongkong. Age sadiha bahatni duit, anggo lang pandei manggunahon duit. sia sia do ganup. Lapat Dana hibah i haraphon....berhentilah jadi manusia pengemis.....mengemis itu hanya menyelesaikan persoalan sementara waktu.
      29 menit yang lalu · Suka

      ----->> Hampir semua orang/manusia di muka bumi ini tahu bahwa uang adalah bukan segala-galanya, namun uang itu PENTING.

      Tatanan kehidupan sosial budaya tidak berubah andai dimekarkan. Coba dipahami dulu lagi ini baik2 [saya copas lagi] :
      ----->> Mempertahankan eksistensi simalungun adalah dengan cara MELESTARIKAN ADAT ISTIADAT/BUDAYA [dimana pun dan kapan pun itu bisa dilakukan {kecuali di NAGORI ATAS}, yang dibagi hanya wilayah secara administratif].

      .....Ini berarti jika TIDAK mekar pun, kalo manusia/subjeknya tidak melestarikan budayanya ya.... TETAP aja bisa PUNAH.

      ----->> Mengupayakan anggaran yang lebih besar dari pusat itu BUKAN PENGEMIS, itu adalah strategi LEGAL sesuai dengan aturan yang belaku di tanah air [UU otonomi daerah]. Jika anggaran tersebut misalnya dikorup menjadi persoalan lain.
    • Norman P Tondang NT ----->> Mempertahankan eksistensi simalungun adalah dengan cara MELESTARIKAN ADAT ISTIADAT/BUDAYA [dimana pun dan kapan pun itu bisa dilakukan {kecuali di NAGORI ATAS}, yang dibagi hanya wilayah secara administratif].
    • Norman P Tondang Macam mana mau mempertahankan kalau daerahnya saja udah di jual sama non simalungun. siapa yang mempertahankanya ????
    • Norman P Tondang Kita sendiri aja gak mampu mempertahankannya, apalagi orang lain... sayop ma....
    • Norman P Tondang Sekarang ini, yang tinggal di Simalungun itu masih ada orang simalungun mungkin 40 %. nah kalau di mekarkan mungkin di daerah pemekaran hanya 5% orang simalungun. lantas apa yang bisa di harapkan dari yang 5 % itu kalau terjadi voting. Misalnya Daerah pemekaran mau dijual atau mau di gadaikan, siapa yang penduli, toh mereka pendatang. mereka cuma nompang hidup disana. Sekarang aja contoh kita mau pemekaran ngarepin dana dari pusat. itu usul siapa ?? pendatang kan???. nantinya juga akan seperti itu di daerah pemekaran. Jangan jangan setelah pemekaran mau di jual tuh sama orang china singapura. hahahaha.
    • Joel Tondang Lbh baik tanah terjual tpi hidup makmur drpd tanah luas tpi halong dan terancam mkn sanina NPT..
      *Pndpt pribadi.#
    • Joel Tondang Lbh baik tanah terjual tpi hidup makmur drpd tanah luas tpi halong dan terancam mkn sanina NPT..
      *Pndpt pribadi.#
    • Nosa Turnip Norman P Tondang Macam mana mau mempertahankan kalau daerahnya saja udah di jual sama non simalungun. siapa yang mempertahankanya ????
      sekitar satu menit yang lalu · Suka

      Norman P Tondang Kita sendiri aja gak mampu mempertahankannya, apalagi orang lain... sayop ma....
      beberapa detik yang lalu · Suka

      --->> BUKAN DIJUAL..... saya pikir ini pendapat yang keliru terhadap konsep pemekaran.

      Karena itu Lae, jadi bukan pemekarannya jika mau melestarikan budaya, melainkan pelaku2/subjeknya.

      --------------

      Saya mau mengatakan bahwa konsep/theory pemekaran itu sangat bagus untuk mempercepat kemajuan suatu daerah. Yang perlu dan utama adalah : JIKA MEMANG MAU DIMEKARKAN TOKOH2 SIMALUNGUN dan komponen masyarakat lainnya HARUS 'MENGAWALNYA' agar dalam prakteknya TIDAK MENYIMPANG. Antara lain yang harus diperhatikan, pembagian wilayahnya, namanya dan syarat2 lain yang ditentukan UU. Hal terakhir namun penting SIAPA YANG MENGAJUKAN ?
    • Rudy H Sinaga Solusi pemerataan pembangunan bukan dengan Pemekaran,tapi tata kelola pemerintahan yang baik.Pemekaran itu hanya menciptakan proyek bagi2 jabatan,dan malah akan menyengsarakan masyarakat,masih adakah elit2 politik yang baik yang bisa kita percayai,kita telah dipertontonkan hampir setiap hari kelakuan2 pengelola pemerintah dan wakil2 rakyat yang terhormat itu dengan kerakusannya dan arogansinya.
      Pro Pemekaran menunggu gubernur defenitif ,Yang menolak Pemekaran itu juga tidak hanya menonton..
    • Norman P Tondang Jual Diri aja kalau gitu JT.... atau jual Anak gadis kita.. sama om om... pasti kita bisa hidup mewah .
    • Norman P Tondang Saya tidak bilang teory pemekaran itu jelek. tapi itu tergantung daerah masing masing. harus dilihat dari sosial budaya nya. Penduduk Simalungun itu heterogen. meda dengan penduduk lain. yang mayoritas. Penduduk Simalungun itu di bagi 3 kelompok, Di Tanah jawa banyak orang jawa, toba, melayu, di atas banyak orang Toba, karo. dan non simalungun lainnya. Cuma di Raya dan sekitarnya yang mayoritas Simalungun. Kalau ditanah jawa punya kabupaten sendiri yang mayoritas Musliim. pasti akan bergesekan dengan yang di daerah yang mayoritas kristen. Sebentar lagi mendirikan gereja di tanah jawa harus mengumpulkan tanda tangan 1000 warga. kalaua mayoritas muslim gimana mau mendirikan gereja. begitu juga dengan di raya.. gak boleh bangun mesjid kalau gak seijin warga. lama lama perang saudara. jangan bandingkan dengan pemekaran di samosir sana yang 99 % kristen, atau pemekaran di daerah lain yang mayoritas muslim.
    • Sutrisno Sumbayak perlu kajian yg mendalam untuk memekarkan suatu daerah kabupaten baik itu dari sisi sosial budaya, ekonomi , sosial politik dan keamanan dlll. dan itu menjadi syarat teknis..tapi sejauh ini saya belum pernah tahu apakah kajian itu sudah dilaksanakan. supaya kita tidak berasumsi kembali. maaf kalau ada salah kata.
    • Nosa Turnip Norman P Tondang Jual Diri aja kalau gitu JT.... atau jual Anak gadis kita.. sama om om... pasti kita bisa hidup mewah .
      7 menit yang lalu · Suka

      ----->> Tidak usah 'ngaur' santai aja lae, yang punya simalungun aja gak mikirin. wkwkwkwk.....wkwkwkwk

      [canda dotcom]
    • Norman P Tondang Teory belanda gak cuma berlalu waktu jaman perang, juga ada jaman sekarang dengan datangnya issu pemekaran. sama persis waktu orang orang non simalungun mau menghabisi raja raja simalungun, mereka memanfaatkan orang simalungun itu sendiri. dengan dalih macam macam. hasilnya ... simalungun kehilangan raja rajanya... rakyat bercerai berai ibarat lapung na hona logou marombus......begitu juga sekarang.
    • Pardi Purba diskusinya tidak sehat jujurlah kalu mau maju dimekarkan, tapi halak simalungun mabahatan i jawa jadi yg menikmati masyarakat yang ada, kalau pingin ikut nikmati pulang kampung ramai ramai
    • Taufik Sumbayak Jgn ambil putusan tanpa data yg cukup, simalungun gak butuh bupati dan kantornya yg banyak, tapi 'hinorhonni' buat pargoluhonni sidea. Dari data yg aku tau yg pro pemekaran dalam setiap diskusi datanya awang2 doang..... Sumber orangnya buat jadi bupati emang hebat? Suruh aja maju pemilu besok lawan JR, jgn mencincang simalungun yg 'tarpulou' di tengah kemajuan. Mau ditambah hancurkah sama opportunis kekuasaan? Data statistik mana yg bilang simalungun akan maju kalo bupatinya 3? Ulang kampanye patunggunghon, alihni padorunhon........
    • Norman P Tondang NT : hehehehe. itu perumpaaan boss....dulu juga kita kasih tanah simalungun di jadikan perkebunan. dengan alasan menyerap tenaga kerja dan jalan jalan kan bagus. lama lama perkebunan nyebelin.... gak ada konstribusi sama simalungun. nantinya juga pemekaran seperti itu. janji mau bangun ini itu... tau tau NOL ....
    • Stev Bron's Poerba diskusi ini sehat, tidak ada yg sakit...yg merasa sakit adalah yg pro pemekaran, kami sudah nikmati simalungun sejak kami lahir sampai SMA....kami senang simlaungun maju bukan dengan pemekaran tapi dengan hati dan jiwa yg dibangun.
    • Nosa Turnip Stev Bron's Poerba diskusi ini sehat, tidak ada yg sakit...yg merasa sakit adalah yg pro pemekaran, kami sudah nikmati simalungun sejak kami lahir sampai SMA....kami senang simlaungun maju bukan dengan pemekaran tapi dengan hati dan jiwa yg dibangun.
      6 menit yang lalu · Batal Suka · 1

      ---->> Semua sehat wafiat...... yang sakit yang RS termasuk RSJ [kecuali para dokter dan susternya].

      wkwkwkw....kwkwkk
    • Stev Bron's Poerba susterna pe dohot dokter na domma marsahit alani ona hudan lalap....hahahahaha....
    • Nosa Turnip Stev Bron's Poerba susterna pe dohot dokter na domma marsahit alani ona hudan lalap....hahahahaha....
      sekitar satu menit yang lalu · Batal Suka · 1

      wkwkwk....wkwkwk........ Humor : "Jangan pernah mau menikah dengan dokter gigi, karena goyang kiri..... dicabut, goyang kanan.....dicabut....goyang dikit...... dicabut"

      [canda dotcom]
    • Stev Bron's Poerba wkwkwkwkwk......CILACAP= cium peluk tancap...wkwkwkwk...
    • Joel Tondang NPT.
      Ai nasoddia do ambia,mase das jual diri?
      Anggo ro halak boladda manang singapur marinvestasi/mbbangun hu simalungun,ai lang uttung ta gakni ai?
      I Perawang on anggo lang ipalopas halak melayu on ro halak Taiwan mbbangun pabrik,iaahh,,ribuan/puluhan ribu ma jolma pulangkampung.
      hira2 sonai do mksudhu.
      Unang negatif thinking ham nian,anggo soal harga diri do,nassogot ma lao hu palu manager ni Klien nami ijon kbetulan kulit putih,alani lang ihargai bana diri,asal suru2 menuntut profesional tanpa etika bicara..
      Sampe minta maaf nasida ulakkon..Diri pe halani ingat anak istri mando ase marpikkir 2hali.. Jadi unang sensitif tu ham nian ate???
    • Pardi Purba Pro dan kontra selalu pasti ada yg sakit adalah bila menggunakan bahasa yg salah tempat, seaandainya halak simalungun se dunia tdk ada yg setuju Simalungun di mekaarkan , apakah simalungun sdh pasti tidak dimekarkan...... inilah pertanyaan besar bani halak simalungu se dunia, kalau jawabnya ya maka kita kumpulkan tanda tanganpenolakan, kalu cuma di dunia maya ini tdk ada manfaat krn promotor pemekaran tdk masuk di dunia maya main dfi dunia nyata melalui dfiaog dll
    • Taufik Sumbayak Jgn ambil putusan tanpa data yg cukup, simalungun gak butuh bupati dan kantornya yg banyak, tapi 'hinorhonni' buat pargoluhonni sidea. Dari data yg aku tau yg pro pemekaran dalam setiap diskusi datanya awang2 doang..... Sumber orangnya buat jadi bupati emang hebat? Suruh aja maju pemilu besok lawan JR, jgn mencincang simalungun yg 'tarpulou' di tengah kemajuan. Mau ditambah hancurkah sama opportunis kekuasaan? Data statistik mana yg bilang simalungun akan maju kalo bupatinya 3? Ulang kampanye patunggunghon, alihni padorunhon........
    • Sutrisno Sumbayak tujuan kita sama yakni memajukan kabupaten simalungun dari segala aspek, baik itu perekonomian dan lebih pentingnya lagi pendidikan mungkin cara nya saja yg berbeda-beda ada yg katakan lewat pemekaran akan lebih maju dan ada juga yg kontra akan pemekaran. saya setuju2 saja pemekaran tp jika dimekarkan pun alangkah baiknya 2 daerah itu bisa berkembang menjadi daerah yg bisa bersaing bukan menjadi derah yg jauh lebih miskin dari sebelumnya yg hanya menghandalkan asupan dana dari pemerintah pusat jika itu terjadi maka sama saja kita melakukan hal yg mubajir. salam dari kota apel kota malang . maaf jika salah kata.
    • Berdikarim Sinaga Hati hati dengan ada Udang di Balik mie kwitiau
    • Darma R Saragih ANCENE NGONO MAS SUTRISNO , IKI LEK DIMEKARNO WAH , GAK KARU KARUAN , ISINE WONG NDABRUS TOK
    • Stev Bron's Poerba promotor pemekaran sedang baca2 FB dan tertawa........ada beberapa pejabat dan anggota dewan yg suka baca2 FB EHAMSI tapi tdk berani komen...karena tdk menguntungkan bagi mereka dan tdk menghasilkan fullus buat mereka.
    • Mulia Poerba Oo iyaa ya bang??? Promotor tene,,hape sada promotor pemekaran,,,hahaha,, dah maen juga ilmunya??? Wakwakwak
    • Kelemensius Purba Sutrisno Sumbayak ada bang prof ferdinan d saragih, guru besar UI dan ada bungaran bisa memberikan pengalaman2nya dalama bidang pertanian , ya mungkin kita bisa data lebih lanjut mungkin. untuk mengkaji permasalahan itu. hehheheehhe

      Prof Ferdinan D Saragih adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi UI, beliau juga mengajar di FISIP UI buat Mahasiswa Pasca Sarjana untuk mata pelajaran Ekonomi Manajerial dan Statistik, beliau juga sangat prihatin atas ketidak bersatuan anak-anak rantau yang sudah maju dibidang pendidikan maupun Ekonomi baik di Indonesia maupun di Luar Negeri,Sudah banyak S1,S2 dan S3 lulusan Amerika,Eropa maupun Australia, tapi ai ma ambia ,marsiurus diri nabe.malupa hu Simmalungun, haganup salah ni pamahanna(Orang tua).On ma keluhan ni Tulang Prof Ferdinan D Saragih hubakku selaku mantan muridna. Anggo Tulang Bungaran Saraagih dungma matua janah boritan (Sakit) do 5 tahun terkhir on. Buat Ehamsi undanglah Prof DR.Ferdinan Saragih dalam acara-acara tertentu untuk memberikan kuliah umum.Dan jadikan beliau jadi Ketua Ehamsi ,karena beliau punya akses kepada Masyarakat Simalungun yang ada di Luar Negeri maupun dalam Negeri. Karena sifat orang Simalungun tidak mau menonjolkan diri akhirnya tidak kita kenal........
    • Ardyansyah Daud udahlah kalau cuma omong doang,ayo kita ke kedai aja minum kopi sambil markato.
    • Kurniati Purba lang marna adong titik temu ni parsahapan on ate,,,,,,,, ma piga episode on ????......NATO jadi ni....
    • Taufik Sumbayak Jelas do da ba dong 'gula' ni pemekaran on untuk orang tertentu, jadi wajar do anggo na merasa akan 'manjottik tolonan' H2C. Gorannima 'opor' tene.... "Opportunis" wakakakakakakakak.....
    • Kelemensius Purba AKARTA, KOMPAS.com — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menilai, pemekaran wilayah yang sudah dilakukan hingga kini belum memberikan hasil yang memuaskan bagi kesejahteraan rakyat. Gamawan bahkan mengatakan dari hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah 70 persen dari 205 daerah otonom baru (DOB) gagal.

      "Pemerintah telah evaluasi 205 DOB yang terdiri atas 7 provinsi, 146 kabupaten, dan sisanya kabupaten kota. Hasil sementara tata kelola daerah dan pelayanan publik belumlah memuaskan. Jadi kalau evaluasi yang kita lakukan rata-rata 70 persen itu tidak baik," ujar Gamawan, Jumat (14/12/2012) di Gedung Kompleks Parlemen Senayan.

      Gamawan mengatakan bahwa pemekaran wilayah sebenarnya bukanlah tujuan, melainkan merupakan sarana bagi kesejahteraan rakyat dan meningkatkan pelayanan publik. "Jangan pemekaran untuk menampung elite-elite politik supaya dapat jabatan di DPRD dan pemerintahan. Tidak itu. Tujuannya harus menyejahterakan rakyat. Selama ini, perilaku pemimpin di daerah belumlah berorientasi pada masyarakat," kata Gamawan.
    • Norman P Tondang Bah.....macam mana nya ...... baca tuh yang pro pemekaran.
    • Sutrisno Sumbayak kela Kelemensius Purba betul sekali itu kela.gmna kalau Ehamsi mengadakan seminar dengan topik Pemekaran kabupaten simalungun , dengan mengundang prof ferdinand dan oppung bungaran dan pemerintah kabupaten simalungun, dll. supaya kita samakan persepsi mengenai pemekaran ini,supaya ketika pemekaran tidak jadi sekalipun atau pemekaran menjadi kenyataan kita yang mengaku cinta sama kabupaten simalungun harus sama-sama saling menopang, saling mendukung untuk Simalungun yang lebih maju dan bermartabat. output dari seminar ini akan memberikan solusi berdasarkan fakta dan data yang rilll tanpa lg kita berasumsi. salam kami dari malang. maaf kalau ada salah kata.
    • Parjuma Na Daoh sarpit2 i toruh batangi
      ................................
    • Sortaman Saragih Buei do anggo teori mensejahterakan Simalungun, tapi sayangnya teori itu ada dikepala orang yang tidak berwewenang untuk menerapkan teori itu. Untuk mengekdekusi (mewujudkan) itu, kita harus masuk ranah politik. Tapi anggo idarat politik dope hita, bueinan sisoya-soya do holi ideta ai. Loja hita, margubohi pakon pamangan hape soya-soya. Age adong na bujur, nabayak, napistar sikolahni, lape sungkkup ai, lang margogoh ai laho patureihon Simalungun. Anggo na serius ma hita masuki hita ma ranah politik, na merasa tahu dan mampu betpolitik masukma gabe anggota dewan. Anggo sonai boi ma manriah naija nalaho sibahenon.
    • Norman P Tondang JT : jangankan cuma di perawang, di Freeport juga ada tambang emas yang konon katanya terbesar di dunia. lihat manfaatnya buat rakyat papua. Kalaupun ada nilai positifnya.. tapi lebih banyak efek negatifnya .
    • Sitalasari Do lang sibaenon irput bai tolonan ni halak . bai rukkah ni halak . bai limbas ni halak . pareongkon hasimalungunon do dobni anggo halak ma manggeori sibere bere ni naibata bai oppung diri . lang paturuton nulat nulat ni hutteian / persatuan ni simalungun i nulati na so mangattusi nulat nulat na dob naipaturei na ilobeita nahinan . ulang halani rimah rimah , i ambukkon indahan sa sapah bai pinahan . . . .
    • Kelemensius Purba Sutrisno Sumbayak, saya setuju Lae,tinggal kita tunggu inisiatif dari pengurus DPP EHAMSI...Apa topiknya,lokasinya dimana dll, Mengundang Tulang Prof DR,Ferdinan Saragih ...saya siap Lae,dan saya yakin beliau pasti senang menghadirinya,agar para Intelektual yang berada diluar Neger maupun dalam Negeri beliau bangunkan dari tidurnya Selama ini terhadap wilayah leluhur dan kebudayaannya.
    • Rabenson Purba Oppot nasiam marbuali..sampai marguboh pamangan....ai ro do homa sanina Amerlan Purba on mambahen gojog parbualan...hahaha....
    • Taufik Sumbayak Tulang Rabenson, mattadi do parbualan in ago iparade na marguboh ai pakon napinadar............
    • Amerlan Purba Robenson@kirim salam situahdin damanik bam abbia domma dapot au alamatni imedan@anggo parbualan bai group on maningon gojog do ase mardai,age suba ge parbualan nalegan sadaripe lang boi martahan iatas hayu wah...d.hahahuhu.a
    • Norman P Tondang Uttung do manulis dassa diri, jadi lang pala marguboh pamangan.... Hehehe, jari jari dassa hapalon.....eheh.... Nisahapan nasolang sisahapon tene.....
    • Amerlan Purba All@biasama beda pendapat masalah pemekaran,anggo nini mendagri lang berhasil...aijama berhasil anggo mentri pakon DPR pe mangoto otoido korupsi do sidea ganupan. Tapi coba anggo itorih hitahomani pendapatni pakar otonomi daerah Rias Rasid ,nini berhasildol pemekaran i indonesia cuma perjalanan harus melalui fase fase tertentu janah di indonesia sedang berlangsung.hingga suatu saat dampak positip dari pemekaran itu taridah janah menguntungkan rakyat golongan bawah.
    • Amerlan Purba Norman@anggo manulis togel namin dapotan duitma tene anggo ijon ahapelang syukur syukur ibasa halak lah tulisan diri domma mantap hehehe..

      • Saragih Sahala Tuah Amerlan Purba All@biasama beda pendapat masalah pemekaran,anggo nini mendagri lang berhasil...aijama berhasil anggo mentri pakon DPR pe mangoto otoido korupsi do sidea ganupan. Tapi coba anggo itorih hitahomani pendapatni pakar otonomi daerah Rias Rasid ,nini berhasildol pemekaran i indonesia cuma perjalanan harus melalui fase fase tertentu janah di indonesia sedang berlangsung.hingga suatu saat dampak positip dari pemekaran itu taridah janah menguntungkan rakyat golongan bawah.
        4 menit yang lalu melalui seluler · Batal Suka · 1

        ---->> Jangan ditelan bulat2 apa yang dikatakan mereka, termasuk 'moratorium' [secara umum ada unsur/bersifat politis]. Silahkan dulu google penelitian ilmiah/skripsi dari IPB, bahwa DOB berhasil mencapai tujuannya sekitar 41 % [setelah 5 tahun dimekarkan, walau ada kekurangan yang mutatis mutandis]. Yang gagal secara umum karena dipaksakan/tidak memenuhi syarat2 yang ditentukan.
      • Norman P Tondang Cepat atau lambat itu pasti akan terjadi, karena memang arah politik kesana. rakyat gak bisa apa apa, karena toh semua keputusan ada di tangan politik, sebagai salah satu masyarakat saya merasa saat ini simalungun belum siap. karena terlihat issu pemekaran itu bukan karena kebutuhan ekonomi tapi kebutuhan politik. Tak ada yang menyangkal pemekaran itu jelek asal dengan alasan ekonomi, masalahnya kan semua orang tau itu bukan alasan ekonomi tapi alasan politik. Tapi bagaimana pun juga semua yang ada di RI ini semua masuk ke ranah politik. Sampai warna pagar pun masuk ranah politik. Penelitian menunjukkan berhasil 41 % setelah 5 tahun. gak sampai separuh dari target. Kalau dalam dunia kerja pencapaian dibawah 50 % itu GATOT dan tidak layak, dan harus mencari alternatif lain. Pemekaran bukanlah satu satunya jalan menuju pembangunan. Banyak daerah lain tanpa pemekaran maju.
      • Saragih Sahala Tuah Norman P Tondang Cepat atau lambat itu pasti akan terjadi, karena memang arah politik kesana. rakyat gak bisa apa apa, karena toh semua keputusan ada di tangan politik, sebagai salah satu masyarakat saya merasa saat ini simalungun belum siap. karena terlihat issu pemekaran itu bukan karena kebutuhan ekonomi tapi kebutuhan politik. Tak ada yang menyangkal pemekaran itu jelek asal dengan alasan ekonomi, masalahnya kan semua orang tau itu bukan alasan ekonomi tapi alasan politik. Tapi bagaimana pun juga semua yang ada di RI ini semua masuk ke ranah politik. Sampai warna pagar pun masuk ranah politik. Penelitian menunjukkan berhasil 41 % setelah 5 tahun. gak sampai separuh dari target. Kalau dalam dunia kerja pencapaian dibawah 50 % itu GATOT dan tidak layak, dan harus mencari alternatif lain. Pemekaran bukanlah satu satunya jalan menuju pembangunan. Banyak daerah lain tanpa pemekaran maju.
        2 menit yang lalu · Telah disunting · Suka

        ---->> Justru itu gagasan pemekaran perlu dikawal agar tidak lebih banyak unsur politisnya/menyimpang dari tujuan yang sesungguhnya [bukan ditolak mentah2]. Betul seperti itu kalo di dunia kerja, TAPI ini kan... dunia lain [another world]............... wkwkwkw....kkwkwk......... Yang gagal itu secara umum karena tidak memenuhi syarat2/dipaksakan. Kalo sudah ada juga yang berhasil kenapa tidak dicontoh yang telah berhasil [menjadi study banding/pembelajaran] ?

        Mainkan terus Lae....... !
      • Norman P Tondang Di Daerah mana Pemekaran yang bisa jadi Contoh... relevankan Daerah itu dengan simalungun baik secara geografis dan sosial budayanya. kalau Relevan dan ada bukti penelitiannya. sampaikan disini. sama sama kita dukung dengan semangat jiwa muda. Merdeka....!!!! hehehehe.
      • Norman P Tondang 163 komentar = 163.000 ....
      • Je Sipayung .
        Saragih Sahala Tuah,"Justru itu gagasan pemekaran perlu dikawal agar tidak lebih banyak unsur politisnya/menyimpang dari tujuan yang sesungguhnya [bukan ditolak mentah2]. Betul seperti itu kalo di dunia kerja, TAPI ini kan... dunia lain [another worl
        d]....."

        Dikawal seperti apa caranya Lawei SST? Gagasan selalu baik, kok. Semua atas nama kesejahteraan rakyat. Tapi dalam pelaksanaan??? Jalan berlobang didepan mata, tiap hari dilewati, sering makan korban, sudah rusak puluhan tahun, itu aja tdk terkawal? Bangun lagi rusak lagi, karena tdk sesuai spec. Apalagi ranah politik, kebijakan, persekongkolan, seperti apa bentuk pengawasan yg bisa dilakukan oleh masyarakat (bca Simalungun)? Lembaga yg dikhususkan utk itupun tdk bisa berbuat banyak.

        Perbuatan jahat tdk selalu karena niat, tapi karena ada kesempatan. Nah, menurut sya (paling tdk saat ini) pemekaran hanya sebuah kesempatan berbuat *__hat . Baca data dan fakta yg ada. Siapa bisa jamin di Simalungun tdk akan terjadi hal seperti itu? Menurut sya, saat ini paling prioritas adalah membangun SDM-nya. Tingkatkan pendidikan, galang beasiswa utk yg tdk mampu, atau gerakkan pola orang tua asuh. Kita akan mampu bersaing dgn etnis lain di Simalungun (jd tuan di rumah sendiri).
      • Saragih Sahala Tuah copas..... Dikawal seperti apa caranya Lawei SST? Gagasan selalu baik, kok. Semua atas nama kesejahteraan rakyat. Tapi dalam pelaksanaan??? Jalan berlobang didepan mata, tiap hari dilewati, sering makan korban, sudah rusak puluhan tahun, itu aja tdk terkawal? Bangun lagi rusak lagi, karena tdk sesuai spec. Apalagi ranah politik, kebijakan, persekongkolan, seperti apa bentuk pengawasan yg bisa dilakukan oleh masyarakat (bca Simalungun)? Lembaga yg dikhususkan utk itupun tdk bisa berbuat banyak.

        ---->> 'Dikawal' dalam arti agar rencana pemekaran sesuai dengan esensi pemekaran. Yang 'mengawal' adalah mereka yang berpengaruh dan berkepentingan terhadap eksistensi simalungun [pembangunan]. Jika tidak ada yang bisa 'mengawal' ya......'say good bye' saja.

        -->> Prioritas membangun hal tersebut.... BETUL. Selama ini persoalannya kan... 'anggaran' terbukti tidak berjalan. Orang tua asuh, beasiswa, dll itu sangat bangus. Namun berapa orang yang bersedia ? Bukan tidak mungkin tapi sulit untuk merealisasikan.
      • Stev Bron's Poerba ELITE POLITIK DAN PEJABAT POLITIK SEKARANG INI TIDAK ADA JAMINAN UTK PEMEKARAN, SIAPA YANG BERANI MENGATAKAN DENGAN PEMEKARAN SIMALUNGUN AKAN MAJU..? DARI SEGI TIORI PEMEKARAN ITU SEMUA BENAR DAN SEMPURNA TAPI DALAM PELAKSANAANYA ABURADUL, CONTOH PEMEKARAN YANG ABURADUL: TOBASA....YANG PALING DEKAT DENGAN SIMALUNGUN, DIMANA KULTUR,BUDAYA,TOPOGRAFI, DLL TDK JAUH BEDA, YANG TERJADI SEKARANG DI TOBASA PARA MALING KECIL SUDAH MASUK TAHANAN, DAN BUPATIPUN SDH TERSANGKUT KORUP. TIULAH YG DIKATAKAN ORANG2 SEKARANG RAJA2 KECIL SDH MERAJA LELA. INILAH YG PERLU KITA CERMATI UTK PEMEKARAN DI SIMALUNGUN. DTTP.
      • Je Sipayung .
        Harus kita akui, perasaan senasib sepenanggungan di antara kita masih sangat rendah. Lihat saja persoalan yg dihadapi saudara2 kita yg di Dolok Pardamean, berapa persen partisipan yg tergerak memberi dukungan dana utk rencana Ehamsi? Mungkin bantuan
        doa sih banyak (anggap aja begitu karna tdk kasatmata), tapi apakah cukup modal doa? Kan katanya ora et labora? LABORA-nya mana?

        Nah, kalau kita sepaham bahwa jalur pendidikan merupakan rute terbaik utk memajukan Simalungun, mari kita urun rembuk di sini. Sya yakin, banyak di antara kita yg berpikiran sama ttg hal ini. Ada ide saudara2ku???
      • Sonny Bonata Poerba Pembuat Status > Kalau memang begitu masyarakat Saribudolog, kenapa tunggu pemekaran? Menunggu APBD?? Kalau PADnya rendah, apa yg mau diberi? Sodap ma dah Utek
      • Sutrisno Sumbayak berikan beasiswa bagi putra-putri simalungun yg berprestasi dan yg tidak mampu... Kongkrit.

No comments:

Post a Comment