Wednesday, March 27, 2013

Konsep AHAP dan PERILAKU sebagai parameter Simalungun atau Bukan...???

Asan Damanik
Saatnya kita mengatakan dan mengakui bahwa orang Simalungun adalah orang yang memiliki AHAP dan PERILAKU sesuai ahap dan budya/adat istiadat Simalungun, bukan berdasarkan MARGA. Konsep AHAP dan PERILAKU sebagai parameter menentukan seseorang Simalungun atau tidak Simalungun sebenarnya sudah lama diwacanakan namun sampai kini penentuan Simalungun atau tidak lebih condong ke identitas marga. Kalau kita mengetahui ada seseorang yg tdk bermarga Simalungun tetapi memiliki ahap dan jiwa/perilaku serta perhatian ke Simalungun bolehlah kita berikan penghargaan bagi dia sebagai WARGA KEHORMATAN SIMALUNGUN tanpa harus dimargakan.
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Setuju kali Pak Asan.. Pak asam sbg cendikiawan buat dong semacam TOR-nya agar ttg konsep itu dpat real tersosialisasi secara real pd akar rumput.. TOR itu bisa saja berupa buku saku..
    Kalau itu ada dan berhasil mk ttg konsep mar-ahapkon Simalungun itu akan mempercepat kesatuan sosial budaya dlm rumpun sub2 Batak..
    Horas..
  • Saragih Sahala Tuah Selamat Datang di Grup 'EHAMSI' https://www.facebook.com/groups/ehamsimalungunjaya/

    Salam "HABONARON DO BONA"..... Hasil Seminar Kebudayaan Simalungun tahun 1964 disimpulkan bahwa HALAK SIMALUNGUN aima na MAR-AHAP Simalungun, "orang Simalungun ialah siapa saja yang punya AHAP Simalungun".
  • Joe Frizer Sipayung Setuju 99 % ---Copas...{Kalau kita mengetahui ada seseorang yg tdk bermarga Simalungun tetapi memiliki ahap dan jiwa/perilaku serta perhatian ke Simalungun bolehlah kita berikan penghargaan bagi dia sebagai WARGA KEHORMATAN SIMALUNGUN tanpa harus dimargakan}.
  • Ade Farnan Saragih Masih adakah AHAP Simalungun?.....omong kosong bos.....
  • Alie Saragih Aima tongon.
  • Philipus Sipayung saya kurang sepaham dengan hal ini,,,alasannya ''ahap dohot perilaku''landasanni tartuju ma ai bani moral atau kepribadian,.seng pala i pungkiri hita,,kebanyakan hita sitogu jolma najongjong do,,jarang do sitogu jolma na gompang/doruh bani hagoluhon,.
    Contoh kasarni,.dearan do hita patuduh dalan humbani jolma na martamatan tinggi,martitel,anjanah na bayak,.
    Humbani jolma i huta, i sari sdari on bois borngin on,.anjanah sering mendapat perlakuan ketidak adilan dari urusan2 adminstrati birokrasi pemerintahan ta on,.
    aittupa atikna adong do tutur sanina,tondong,boru,dohot nalegan legan,na merasahan si songon on,.
    Jdi berbicara ahap dan perilaku,,yg terutama adalah moral.
    Hanya orang2 yg bermoral tinggi,,menjadi pemilik''mahkota kehormatan''.
  • Oberlin Malau Lawei AFS,....pesimis nian...?
  • Asan Damanik Philipus Sipayung, memang bani na memenuhi etika dan moral yg terwujud dalam perilakulah warga kehormatan itu diberikan tentu disertai ahap simalungun dengan arti banyak memberikan perhatian atau pelayanan utk kemajuan dan perjuangan simalungun.
  • Dany Saragih Berarti yang selama ini suka memargakan pejabat menjadi simalungun itu tak begitu mendalami ahap dalam hasimalungunan, akhirnya dengan mudah memberikan marga buat orang lain. Padahal biasanya yang memberikan marga itu kan orang yang ditinggikan dalam suatu institusi kemargaan, bisa disimpulkan orang2 dalam institusi kemargaan tsb pun sebenarnya tidak paham ahap simalungun yang dimaksud.
  • Sortaman Saragih Sanina Ade Farnan Saragih, kok negatif sekali? Kalau kita bilang tidak ada berarti dalam diri kita sendiripun tidak ada terasa lagi.
  • Philipus Sipayung asan damanik,sudahkah pemberian pelayanan untuk kemajuan simalungun itu terwujud,??klo sya mengatakan hampir,.
    Jdi blum saatnya kita mengakui ahap dan perilaku. Keadaan pembangunan infrastruktur daerah2/huta2 kita nggk jelas,. Gmna lagi dengan cerita perjuangan yg telah kita nikmati,.di simalungun???
  • Asan Damanik Perilaku misalnya sesuai falsafah Simalungun: Habonaron do Bona, dan banyak perhatian atau bahkan pengorbanan material dan non-material utk kemajuan masyarakat simalungun 9dalam segala aspek kehidupan). Saya lebih setuju kalau penghargaan sebagai WARGA KEHORMATAN SIMALUNGUN diberikan ke seseorang daripada MARGA. Pemberian warga kehormatan itu misalnya boleh lembaga pemerintah atau lembaga simalungun yang sah secara hukum dapat mewakili simalungun.
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Hm..terasa bak bumi dan langit antara pemikiran Pak Asan dgn bbr org yg memberi postingan..
    Yg saya tangkap adh Pak Asan mengajak back to basic dgn nilai2 dasar ke-Simalungunan..sementara tanggaran dari bbr gelintir sudah pd tatanan implementasi.. Bgm bisa ketemu?
    Sejatinya ide Pak Asan adh menawarkan 'bgm kita bisa memaknai nilai2 Simalungun itu dlm bertindak & bersikap'.. Kalau itu bisa kita wejawantahkan..niscaya kepentingan bersama akan lebih diutamakan..
    Sayangnya ada segelintir yg tdk memahami ide Pak Asan.. Kalau bgn bgm ke depan?
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Lanjua Pak Asan.. Dan buatlah TOR itu.. Atau bila perlu menggagas semacam seminar kebudayaan Simalungun th64 itu..
  • Asan Damanik Trims Lawei Tumpal Paulus Yosef Simanjorang, atas tambahan penjelasannya...lawei Saragih Sahala Tuah juga sdh memposting penjelasan apa dan siapa yg disebut Simalungun. Semoga pemuka-pemuka kita menyadari apa yg sdh disepakati pendahulu kita itu sdh sangat bagus dan bisa diaplikasikan dan semangat simalungun itu lebih ke semangat kebersamaan dalam keragaman utk membangun segala aspek kesimalungunan.
  • Asan Damanik Ya Lawei Tumpal Paulus Yosef Simanjorang, perlu direfleksikan kembali apa yg sdh ditetapkan secara jitu oleh pendahulu kita.
  • Yosua Salang Say Effendy .

    hmm ,......
    namun kita tidak bisa pungkiri juga
    bahwa
    PRILAKU & AHAP juga berkaitan dgn
    marga`nya juga , pak Asan Damanik .

    [maaf menyela]

    _/\_

    tabik ,....

  • Oberlin Malau Tentunya Definisi AHAP secara luas dan menyeluruh yg dimaksudkan bpanggi AD di postingan ini meliputi : budaya/adat,bahasa,peran serta(ide,kontribusi),jasa dan yg paling utama rasa cinta dan sense of belonging.......
    Kita harus jujur bahwa kab.simalungun berkembang berkat dukungan beragam etnis(namunpun perkembangannya lambat).
    Contoh:Terlepas dari systemnya, kita juga hrs jujur mengakui bahwa wajah Raya skrng sdh berobah,......itu semua berkat kerjasama warga simalungun
  • Ade Farnan Saragih Sortaman Saragih, kalau diri kita hanya kita yang tahu bagaimana AHAP itu dan Aplikasinya......belajar dari yang aku lihat sesama simalungun saling "bunuh" dan ini terjadi di segala lini. Kalau saya ditanya AHAP itu tidak bisa diteorikan harus dipraktekkan , jadi kalau sebatas FB aku akan tetap bilang : MASIH ADAKAH AHAP?
  • Pardi Purba Menyatakan simalingun berdasarkan ahap sangat abstrak, namun g paling akurat dan nyata adalah adat simalungun
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Hm..susahnya ya mereka2 itu menangkap esensinya Pak Asan ya...
  • Oberlin Malau @lawei PP,.....anggonai sonaha do hasil seminar kebudayaan simalungun thn 1964 ai?, masih relevankah? Atau memang sdh tdk berlaku lagi?
  • Oberlin Malau Lae TPYS,....."̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ anggap aja dinamika lae.....setidaknya masih ada yg bisa memahaminya bukan?.....
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Bagaimanapun inilah kegagalan pembangunan pendidikan Indonesia..diperparah pula dgn sistim sosial liberal! Kearifan lokal hnya sbg OBYEK BAHASAN bukan menjadi SUBYEK SIPEMBAHAS itu sendiri.. Wajarlah terjadi alianesi thd budayanya..pdhal budaya itulah yg membuat dirinya eksis sbg satu suku bangsa di jagad bumi..
    Wajarlah semuanya berpikiran materialistik..segala sesuatu dianggap penting manakala berwujud..
    Jelas ini berbahaya.. Soe Hok Gie pada akhir 60 mengatakan spt ini:
    - lebih baik mati muda tp terhormat
    - dari pada hidup lama tapi ber-Tuhan kpd uang..
    Masa itu adh masa semakin merosotnya nilai2 moral pd akhir kekuasaan Soekarno..sebagai tidak diindahkannya lagi nilai2 kearifan lokal..
    Apakah kondisi ini telah juga menghinggapi org2 Sidalungun, khususnya generasi mudanya?
    Adanya postingan dari Pak Asan setidaknya mengidikasikan hal tsb!
  • Philipus Sipayung hahahah....mantap dai ni kopi i kodei simarjarungjung on,.
    Sssttt,,,,,berbicara satu objek''ahap dan perilaku simalungun,,ini komunitas bukan pribadi,,baik itu lembaga pemerintahan,dll,.kita tdk bisa mengatakan segelintir orang,,ahap dan perilaku simalungun,,tujuanni untuk kemajuan/pembangunan simalungun
    Yg karakter2 perilakunya nya sudah marahap simalungun,,faktanya gimana??
    Sekarang jgn kebanyakan teori,.praktek/implementasinya yg terutama.
    Sudah bisakah kita akui,?berbicara di topik ini antara kita katakan pandangan antara langit dan bumi,,,,hahahah
    Jgn kita nnti dibilang orang pintar2 an,,yg bagusnya pintar lah,.biar terjadi pembangunan simalungun maju dan merata serta bermartabat,.
  • Asan Damanik Ternyata ada juga yg menafsirkan ahap itu terlalu abstrak (PP) ada yang menganggap ahap itu tdk penting yg penting praktek (PS) ada yg dapat menangkap esensi dan kehebatan ahap sebagai alat pemersatu dan membangkitakan motivasi serta dapat menjadi modal penting dalam pembangunan simalungun seutuhnya (OM),sedangkan AFS menafsirkan ahap lebih bersifat internal/pribadi, YSSE mengingatkan ada relasi ahap dan marga, SS, AS, dan JFS kelihatannya setuju secara grs besar dgn postingan saya, DS masih terkesan dgn marga memargakan yg sdh dibahas tuntas di MS ini. Yang jelas, saya hanya mengingatkan kita ada parameter yg dapat dijadikan untuk menilai seseorang Simalungun atau tidak-Simalungun berdasarkan nilai yg paling dalam dan hakiki yaitu ahap. Kalau prakteknya terserah kita masing-masing selama ahap itu digunakan utk motivasi berbuat dan berkarya.
  • Djaja Surapati Saragih Anggo ahap on ipataridahkon marhitei holong pakon horja/abak nasintong/namadear,tontu lang pitah Simalungun namandalankon. Ijon do ra masalah ni. Sonai do homa age perilaku. Biasani perilaku iukur marhitei namadear/namasambor, nahormat/porman/lang pnl,ase anggo hunjon do manobut sasahal Simalungun atap lang, mahol do homa. Tapi anggo isobut hita ia marsahap Simalungun, mamakei partuturan Simalungun atap mamakei budaya Simalungun bani pargoluhon ni mintor pag ma hita mangkatahon ia Simalungun. Age sonai boi tarjadi, ia mamakei budaya Simalungun ganup ari, tapi ia marga Panggabean, janah lang mangaku ia Simalungun, tontu lang sipaksaon homa. Anak hu lang ibotoh/iarusi ha Simalungun on, malah anggo isukkun ia pasal Simalungun lang tarbolosi si, tapi ia mangaku Simlungun. Tontu ia Simalungun. (Catatan: Hurang lobih maksud nipostingan mu on, domma ongga ibahas i MS on, naisi ni "ise do naigoran halak Simalungun") Pasal mambere warga kehormatan Simalungun bani sasahalak, tontu lang homa silang-lang. Misal berkunjung Dubes Inggris hu Kab.Simalungun, anggo berkenaan do ybs, apalagi sihol uhurni, tontu mase lang. Hanya saja, ise do namenobathon ? Bupati do ? Ketum PMS do? Ninuhuru haduasi. Horas.

No comments:

Post a Comment