Wednesday, March 20, 2013

Penganugerahan Gelar Marga

Parlindungan Damanik
Harap kami ....,Selalu tetap Menjaga , Menjunjung dan Membela nama baik Marga DAMANIK di semua tempat dan situasi. Amin.
http://faktaonline.net/?p=7151

Medan,faktaonline.net
Saat menghadiri halal bi halal Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) di Aula Wisma Pariwisata Kampus USU Medan, Sabtu (15/9), Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST dianugerahi gelar marga Damanik. Dengan pendekatan budaya ini, Gatot diharapkan juga ikut berperan memajukan kebudayaan Simalungun.
Ketua IKEIS Provinsi Sumatera Utara Julisman Damanik menjelaskan, penganugerahan marga Damanik dan silaturahmi IKEIS ini dapat semakin memperat hubungan Gatot Pujo Nugroho dengan masyarakat Simalungun. “ Kiranya anugerah dan silaturahmi ini makin menghangatkan semua yang hadir di tempat ini. Semoga silaturahmi seperti ini bisa berdampak positif bagi kemajuan Simalungun serta meningkatkan partisipasi kita dalam pembangunan,” kata Julisman.
Usai mendapat anugerah tersebut Plt Gubernur mengharapkan IKEIS Provinsi Sumatera Utara dapat bersama-sama  dengan komponen masyarakat berbagai etnis di Sumatera Utara meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta  bersama-sama memikirkan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara .
“Kita harap IKEIS menjadi wadah untuk membanguan kebersamaan dengan masyarakat lainya mampu mengajak menjadi media untuk berkontribusi terhadap program pembangunan .Hari ini akan lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, “ tegas Gatot.
Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Halal Bi Halal IKEIS Dr Hasim Purba Mhum menjelaskan, Potensi masyarakat Simalungun sangat beragam dan masih banyak yang harus dilestarikan.
Penasehat IKEIS Provsu H Aman Damanik dalam waktu dekat mereka akan mendirikan restoran IKEIS sebagai upaya melestarikan beragam makanan khas Simalungun. Dan juga menggelar pengajian akbar IKEIS satu kali dalam empat bulan untuk mempererat tali silaturahmi.
Hadir pada kesempatan itu antara lain Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Nuriati Damanik SH, Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan  dan Kesehatan Setdaprovsu Drs H  Mhd Fitriyus SH  MSP, Kaban Kesbang Politik dan Perlindungan Masyarakat Drs H Eddy Sofian MAP, Kadis Pendidikan Provsu Drs Syaiful Syafri MM, Kabid Pengadaan Badan Kepegawaian Provsu Kaiman Turnip, Ketua/ Pengurus IKEIS,  Alim Ulama, cerdik pandai dan tokoh masyarakat IKEIS Kabupaten/ Kota, dan undangan lainnya.(r/amir))

  • Rusdin Sumbajak kalau tak salah Pak Gatot sudah diangkat dan diulosi juga sebagai PURBA di Dairi? bagaimana prosedur /izin memberikan marga Damanik lagi ? apa pihak
    marga Purba tak keberatan.,atau pemberian itu marga itu hanya ,"main-main" saja? bagi hasoman yang bisa memberikan pencerahan ,diatei tupa.
    On 01.03.2013 17:48, Parlindungan Damanik wrote:
  • Parlindungan Damanik copas sebagian .......... HT Erry Nuradi diberi marga Purba Dasuha, sedangkan H Soekirman bermarga Damanik................
    ===============
    ............"Menurut Ketua FKMS Taufan Purba BSc, acara Marsombuh Sihol ini bermaksud melepas kerinduan serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan di kalangan warga Simalungun yang berasal dari Kecamatan Dolok Masihul, Dolok Merawan, Sipispis, Tebing Tinggi dan Tebing Syahbandar yang dulunya disebut Padang Bedagai.

    “Forum ini didirikan tahun 2004 yang bertujuan untuk menyatukan persepsi serta berjalan bersama menuju satu tujuan yang dicita-citakan,” ujar Taufan. Dalam kesempatan itu, HT Erry Nuradi diberi marga Purba Dasuha, sedangkan H Soekirman bermarga Damanik. Dalam kesempatan itu, FKMS menyatakan sikap akan mendukung kembali HT Erry Nuradi dan H Soekirman maju menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sergai periode 2010-2015." ..............
    http://www.hariansumutpos.com/arsip/?p=38877


    www.hariansumutpos.com
    Pemilihan kepala daerah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) baru akan digelar 12 Mei 2010. Namun dukungan terhadap Pasangan HT Erry Nuradi dan H Soekirman (PATEN) terus mengalir. Dukungan itu datang dari berbagai elemen dan profesi masyarakat, dengan harapan PATEN bisa terpilih satu putaran menjad...
  • Julandri Prip Djatama Siringoringo Sungguh tragis,mohon maaf,mereka simpati waktu da mau pilgub saja,selama ini ada kah mereka simpati sama kita orang batak?
    Lebih baik kita memilih yg dari awalnya memang sudah mengalir darah batak,,bukan mau mengajak,hanya saja jgn karena calon A masuk marga ini mereka bisa ambil simpati kita,,
    ingat !! pilihan kita menentukan nasib kita selama 5 tahun kedepan,,jadi jgn salah memilih,,
    terima kasih,,
  • Yosua Salang Say Effendy disimalungun diberi marga damanik ,....
    ditanah karo bermarga bangun ,.........
    hmm ,....
  • Oberlin Malau Jelas......tujuannya hanya ingin meraup suara,......
    Membaca info diatas bhw Gatot sdh diberi marga Purba di Dairi,sekarang Damanik,....besok Saragih.....Lusa Sinaga....º°°ºƗƗɑƗƗɑƗƗɑº°°º≈
  • Karel Girsang Uda Pilih aja NO; 1......Pasti ada Perubahan.
  • Hendry Damanik klo mrganya buanyak brarti dia cnta banyak maraga dri pda hnya satu mrga aja,, he he heee
  • Oberlin Malau Nai ma tongon,untung ma ia halak jawa,boi bahat margana......tapi lang dong na protes kan?
  • Norman P Tondang Lucu juga kadang kita ini... ngasih marga sembarangan aja..hahaha. mentang mentang pejabat.. coba kalau tukang parkir dikasih marga gak ??
  • Bona Purba hahaha,ga malu pun kita..setuju kata lae siringoringo...harusnya kita jangan bangga lah..untung ga marga purba pakpak...
  • Yosua Salang Say Effendy nyambung eah ,........
    purba = bangun = damanik ?
    hmm ,........................
    atau yg memberi marga
    punya hal hal tertentu ?

    hidup pak GATOT ,.......
    hidup pak GATOT ,.......
    hidup pak GATOT ,.......

    lets sing "maragam - ragam"
  • Sita Damanik Kita SENANG ini
  • Oberlin Malau Horas bapanggi Sita Damanik,....naha kabarni nassiam?.....aha do maksudni ham na senang ai?....pasal si gatot naibere marga Damanik ai do?
  • Joni H Sumbayak Hidup Gatot Damanik...................
    dan tetap Efendi Simbolon.
  • Sita Damanik KITA SENANG MELIHAT SEMUA PROGRAM2 in TENE .
  • Parlindungan Damanik ha.... ha.... posting diatas tidak dihubungkan dengan Pilgub SU ,tapi bila dihubungkan dengan Marga Damanik yach ...... memang ada.
    copas...... berita :
    ........ Bapa Parlindungan Purba Anggota DPD RI dari SUMUT , selaku Ketua Panitia Pengusulan Sang Naualuh Damanik Menjadi Pahlawan Nasional , bersama Gubernur Sumatera Utara Bapa Gatot Pujo Nugroho dalam " Acara Seminar Nasional Ketokohan Sang Naualuh Damanik Dalam Menentang Kolonialisme Belanda Di Sumatera Utara ", Grand Antares Medan " pada hari Saptu tgl 24 November 2012.
    Seminar ini menghadirkan narasumber yakni Prof. Usman Pelly (Antropolog Unimed), Dr. Asvi Warman Adam (LIPI Jakarta), Dr. Suprayitno (USU Medan), Edy Sumarno (USU Medan), Muhammad TWH (LVRI Sumatera Utara) dan Menteri Sosial RI diwakili Direktur Kepahlawanan dan Perintisan Kesetiakawanan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia Bapak Teguh Haryono.
    ..........."Dalam sambutannya, Gubernur menegaskan Sang Naualuh Damanik adalah milik bangsa dan bukan hanya milik orang Simalungun. Dari perjuangan yang dilakukannya, tampak bahwa sifat patriotisme dan nasionalisme yang di
    miliki oleh tokoh ini sangat kental dan nyata hingga ia dibenci oleh Belanda. Kebencian tersebut berujung pada ditangkap, diturunkan sebagai raja yang sah dan diasingkan serta meninggal dipengasingan dalam tahanan Belanda."...............
    ..........."Menurut Teguh Haryono, Sang Naualuh Damanik layak mendapatkan apresiasi negara setingkat Pahlawan Nasional. Sementara itu, ketua panitia yakni Parlindungan Purba mengemukakan bahwa kegiatan seminar nasional tersebut dilakukan sebagai respon terhadap peringatan 100 tahun wafatnya Sang Naualuh Damanik yang berasal dari Pamatang Siantar.

    Anggota DPD dari Sumatera Utara itu menegaskan bahwa, melihat perjuangan yang dilakukan oleh Sang Naualuh Damanik, maka seharusnya kepadanya diberikan gelar pahlawan. Ia mengatakan bahwa, raja Siantar ini menolak intervensi Belanda di Siantar sehingga ia dipaksa turun dari jabatanya dan akhirnya dibuang ke Bengkalis."............

    http://beritasore.com/2012/11/26/pemprovsu-dukung-sang-naualuh-damanik-jadi-pahlawan-nasional/
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=497287080293790&set=o.190786814299962&type=1&ref=nf
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=497287080293790&set=o.190786814299962&type=1&relevant_count=1


    beritasore.com
    MEDAN (Berita): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan tetap mendukung setiap upaya penggalian nilai-nilai sejarah dan budaya yang berguna untuk pembangunan karakater bangsa.
  • Tohap P. Simamora Tosim Berarti di Pilgub 2013 ini ada Cagub (gatot) dan Cawagub (soekirman) marga Damanik. Semogalah sukses.
  • Joni H Sumbayak Hidup Damanik Gatot
  • Tohap P. Simamora Tosim Hidup juga Damanik Soekirman.
  • Saif Saragih Damanik Jgn Gatot.
  • Parlindungan Damanik ha.... ha..... kedua Bapa Bapa Damanik calon Gubsu dan Wagubsu ....... ha...... ha.....
    Gus Irawan Pasaribu – Soekirman Damanik (1)
    Gatot Pujo Nugroho Damanik – T Erry Nuradi Purba Dasuha (5)
    ===============
    Silahkan pilih sesuai hati nurani ......
    Salam Habonaron Do Bona .GBU
  • Yosua Salang Say Effendy
    Parlindungan Damanik :
    salut lah pesan terkandungnya
    hehehehehehehehehehe
  • Bang Surya Galir dassa ganup..
  • Norman P Tondang 5 tahun lagi istrinya mencalonkan diri juga jadi Bupati , terus dikasih boru damanik , mardawan begu jadinya ..hahaha.
  • Asan Damanik saya tdk pernah setuju yg bukan keturunan DAMANIK secara GENETIK menggunakan marga Damanik. Marga itu bukan hanya sekedar embel-embel, tetapi mengandung unsur paling fundamental yaitu GENETIK/KROMOSOM. Jangan main-main dgn MARGA.
  • Sarmen Saragih Asan Damanik. Anggo dear do dalanna.. huahaplang pala salah . Halani sebagai penghargaan da penghormatan do ai ge . Tar songon Hcau8sa do ra ai..

    Pertanyaan ge... Asan Damanik ,dalam hubungan apa pemberian Gelar marga Damanik ai hubana ??? Aha alasan ni marga Damanik mambere marga ai hubani ??

    Sonainikku ge Asan Damanik.. Inang ni niombahku,ibahen hanami do sada horja Adat ,mam "Boru Purba Pak Pak" hon .,halani inang na manubuhkon au Br Purba Pak Pak.
  • Asan Damanik Panggi Sarmen Saragih, lang nabotoh aha alasan ni sidea mambahen marga ai...mungkin halani tokoh manurut sidea. Soal perempuan dimargakan melalui upacara adat menurut ahu lang pala berdampak bani marga penerus jadi boido ai lang jadi persoalan serius, tapi anggo bani seorang laki-laki diberikan marga berarti keturunannya berhak menggunakan marga tsb. Kelak mereka yg dimargakan ini bisa mengacaukan asal-usul nenek moyang marga tsb karena kelak di kemudian hari terjadi banyak versi (mungkin inilah yg terjadi di Simalungun dulu banyak orang Simalungun bermarga (dimargakan) Simalungun asli, namun mengaku dan punya bukti nenek moyangnya tdk sama asal usulnya dgn nenek moyang yang lain yg masih satu marga). Yg lain (khususnya kalau yg dimargakan laki-laki) soal genetik/kromosom (ilmiah).
  • Sarmen Saragih Akurr Mas Asan Damanik. Uwes Ngerti saya......
  • Sarmedi Purba Kalau di Raya dulu waktu SR, guru menanya teman saya Yusuf: apa margamu?" katanya waktu mendaftar. "Aku Jawa pak"
  • Amri Saragih mari kita dukung gotot damanik. Gatot gatot yes...
  • Alie Saragih Klo ngasi marga ke org yg tdk punya marga msi sedikit agak wajar. Tpi klo ngasi marga sma org yg udah punya marga udh mengherankan sekali.
    Sprt cagubsu chairuman harahap d jd kn marag perangin2 harahap dan istrinya d jd kan sembiring pulungan d karo.
    Besar pula itu baliho ny di pampangkan d jalan.
    Ini jelas2 hany sekedar menarik simpatik warga sj.
  • Sita Damanik ANGGO BOIDO DEARDO TONGON MARGA DAMANIK JADI GUBSU tene .
  • Bona Purba andohar ma tene,
  • Rimbun Sumbayak gampang dassa tene!
  • Leo Lombroso Saragih Boi do jawa salih gabe simalungun tene!
  • Joni H Sumbayak boi do, asal jelas bayaranni, ganupan marga ai i pakei pe boi do.....
  • Alie Saragih Marbotou ma gonai pak gatot ai pkn ibu wakil bupati ta tene.
    Hehe
  • Bona Purba nai ma tongon tene,
  • Parlindungan Damanik Selamat Jalan Opung MR. Djariaman Damanik SH tercinta, kami akan melanjutkan perjuangan Opung. GBU all Amin.
    Kenangan yang tak dapat kulupakan bersama Sesepuh Simalungun Opung MR. Djariaman Damanik SH dan teman teman aktivis Komunitasjejak Simaloengoen, dalam Acara Seminar Nasional Ketokohan Sang Naualuh Damanik Dalam Menentang Kolonialisme Belanda Di Sumatera Utara ", Grand Antares Medan " pada hari Saptu tgl 24 November 2012.
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=470764892962700&set=a.448059485233241.100708.100000875801555&type=1&ref=nf
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=470764899629366&set=a.448059485233241.100708.100000875801555&type=1&ref=nf

  • Brayan Munthe Kalo Gatot menang, inilah pertama kalinya Trah Damanik menjadi Gubernur . . .
  • Sultan Saragih II positip thinking....seep...
  • Brayan Munthe Sanina AS@ haha pastinya marga sembiring dan perangin2 dapat uang tip, celakanya tip itu tdk dibagi merata ke saudara2nya . . . bisa heboh ya
  • Tuan Defri Ch Damanik karena saya ikut kebagian pagu2 DAManiknya Gatot,,,saya tdk ada komentar ya....
  • Sita Damanik Kami tidak ada KOMENTAR .
  • Karles Hasiholan Sinaga Lawei Brayan Munthe sekedar sedikit pelurusan di luar unsur politik, kalau Hararap yang memang Perangin-angin di Karo diambil dari Lontung ke Teteabulan begitulah kami menyesuakan diri di Tanah Karo Si Malem,
  • Brayan Munthe Saya Tahu hrp itu adalah perangin2 . . . tdk perlu ditabalkan . . . itu masalahnya . . . spt Sinaga . . . sdh pasti perangin2 . . . kalau ada pesta adat karo yang terkait dengan marga harahap . . . umum sdh tahu kalau sukut/suhut mereka adalah perangin2, jadi tak perlu melalui pengangkatan marga.
  • Karles Hasiholan Sinaga maaf lawei artinya aku yang nggak update: wah kalau sampai begitu "kurang ajar" jugalah mereka, jangan jangan si Harahap calon kita ini juga nggak tahu tutur atau malah nggak merasa batak, dan konyol kalau perangin-angin nggak nggak tahu masalah ini, hemmm memang lah politik ini. bikin kacau...
  • Brayan Munthe Perangin2 pasti tahu, itu jelas politik . . . KHS, yang saya takutkan suatu saat nanti ada ada politikus marga munthe dari dolog sanggul . . . ditabalkan menjadi ginting munthe . . . uhhh. atau seorang sinaga ditabalkan di kacinambun menjadi perangin2, jadi aneh, kenapa? Perangin2 Kacinambun itu adalah Simanjorang Kodon2 ya pasti sinaga . . perpolitikan ini tampaknya mulai mengusik tata kekerabatan sistem marga tanpa disadari
  • Julandri Prip Djatama Siringoringo sudahlah pilih No 2 aja. jelas marganya beliau bawaan lahir.tidak ada modus nyari simpati dengan masuk marga A atau B atau lainnya,dia tetap pada simbolon nya, dan wakilnya jg tidak ada masuk marga A atau lainnya demi mencari simpati, ini yang harus dipilih. TIDAK MENJUAL HARGA DIRINYA DEMI MENCARI SIMPATI !!
  • Brayan Munthe apa alasan anda mengajak pilih No. 2, beri argumen . . . JPDS
  • Julandri Prip Djatama Siringoringo ini alsan saya,,, No 2 jelas marganya beliau bawaan lahir.tidak ada modus nyari simpati dengan masuk marga A atau B atau lainnya,dia tetap pada simbolon nya, dan wakilnya jg tidak ada masuk marga A atau lainnya demi mencari simpati, ini yang harus dipilih. TIDAK MENJUAL HARGA DIRINYA DEMI MENCARI SIMPATI !!
  • Brayan Munthe hha bukan keriteria itu yang dibutuhkan menjadi Gubsu JPDS . . . . hal-hal apa yang menarik dari Gagasan Effendi Simbolon sehingga layak dipilih menjadi Gubsu itu yang terpenting . . . kalo saya . . . Chinesse layak dipilih menjadi Gubsu asal programnya bagus punya personal integrity is ok.
  • Hendry Damanik krna marga memilih no 2, ha ha ha
  • Joni H Sumbayak Lae Hendry Damanik, mudah mudahan Damanik(HC) Gatot menanglah ya, kalau nggak bisa malu itu Damanik....hahahahaha(just kidding)....
  • Leo Lombroso Saragih Sintong bingei di kasi Marga Purba Siboro Karena Partisipasinya membanun Universitas Simalungun
    Samsul Arifin dikasi marga Silaban Karena Usahanya Membangun Sekolah Unggulan di Humbang
    kalau
    Gatot apa yang telah di buatnya untuk masarakat Simalungun sehingga di kasi Marga Damanik? Pantaskah?
  • Joni H Sumbayak Melantik JR. Saragih jadi bupati sanina dan berjanji akan memperjuangkan Sang Naualuh jadi Pahlawan Nasional. (kalau terpilih, kalau nggak....?)
  • Joni H Sumbayak Satu lagi, karena Ganteng sanina....hahahahaha
  • Leo Lombroso Saragih iyalah jadi Damanik HC tene.........
  • Hendry Damanik Lawei Joni H Sumbayak uhur pe mamilih na marmarga do lawei, tapi halani marsigulut sadea 5 halak na mar marga, sedangkan sada pe susah, nalewat sada do namar marga nomor terahir do, apalagi sonari 5 ?? homa namambere marga ai bani gatot IKEIS do, lang Ihutan Bolon Damanik, jadi IKEIS do maila anggo lang gatot monang, tapi nihurhu monang do ai halani sahalaksi dasa Jawa ( penddk terbanyak sumut) + Melayu ( prediksi pribadi) he he he
  • Amri Saragih udah pilih aja no 5. Yg lain gak dkat sama simalungun.
  • Brayan Munthe haha kampanye nich ya sanina haha
  • Tohap P. Simamora Tosim Lae Amri Saragih, aha indikator ni "gak dekat" sama simalungun? Halani marga Damanik do si Gatot,si Soekirman pe marga Damanik do homa lang dekat bana hu Simalungun?
  • Leo Lombroso Saragih H O R A S........................................!
  • Joni H Sumbayak Ra gelah halak mengakui dirini Simalungun domma jenges, daripada Simalungun do ia, tapi lang iakui dirini Simalungun....Hidup Damanik (HC) Gatot. anggo masalah mamilih no 2 ma ai Lawei Hendry Damanik, hahahahaha
  • Hendry Damanik Lawei Joni H Sumbayak cocok juga. Senang Kita Ini ( by op sita)
  • Amri Saragih lihat wakt acara pesta danau toba. Gatot memakai atribut simalungun. Tpi Si JR Saragih yg ktanya Presidium PMS sama sekali tidak memakai gotong. Hal ini memang kecil. Justru kta berikan apresiasi ke pada Gatot, dngan yg kecil aja masi peduli. Apalagi ini berkaitan dengan adat budaya Simalungun. Sementara si JR... Bupati Simalungun yg tidak Propesional padahal bapaknya orang simalungun.
  • Brayan Munthe Sanina Amri perlu diberitahu kepada tuan bupati itu apa lg aktif di PMS, apa musti saya yang beri tahu kan enggak enak ha ha. .
  • Rimbun Sumbayak simbolon ma lah pkn pak de jumiran.marsidukung marga ni lah lebih bgs.atp ija ma holi na unggul ari kamis on.
  • Bang Surya Hidup si "GANTENG"
  • Brayan Munthe Tdk hanya ganteng Bang Surya, dia juga pintar adalah salah satu anggota parlemen kita yang berkualitas, dari antara 5 calon Gubsu menurut saya yang punya konsep berfikir yang paling logis, dan yang paling mampu menjalin bargaining dengan Rejim Pusat. tentang pilihan itu tergantung masing2 pribadi.
  • Alie Saragih akhirnya Bkn org batak yg menang.,.
  • Rudi Damanik Damanik jangan terlalu bangga di depan dahkam.hape holi martukolosang.
  • Alie Saragih heheheheheheh.,.,
  • Brayan Munthe Yang menang Indonesia Sanina AS . . . skrg kita semua hrs dukung pemenang, lupakan dinamika pemilukada . . .
  • Alie Saragih betul sanina.,.
    yg kalah hrs terima dgn lapang dada dan ikut bergandengan tangan membangun sumut.
  • Rudi Damanik Damanik hubani marga damanik mudah2han jangan jadi batu sandungan untuk di kemudian hari.
  • Brayan Munthe Beda sangat persepsi antara perantau sumut dgn yang berdiam di sumut, kami dirantau umumnya berbasis kepd kinerja
  • Oberlin Malau Lawei BM,....saya terima alasan basis kinerja,..tapi bagaimana kita mengukur kinerja Gatot?.....di postingan lain sdh sy komentari,kab/kota adalah daerah otonomi,pembangunan kab/kota adalah wewenang bup/wakot krn DAU dan DAK langsung ke rekening kab/kota,...yg nampak kasat mata yg menjadi tanggungjawab prop di kab/kota adalah jalan propinsi,dimana kondisi rusak parah hampir 40 % dan tiga tahun terakhir hampir tdk pernah diperbaiki di simalungun...
  • Nagurata Sebagai pembelajaran yang sangat penting dimana para pejabat daerah Sumut bangga memakai pakaian Simalungun dalam acara pesta danau toba, yang empunya Simalungun ............ ha..... ha..... mudah mudahan tahun 2018 marga Asli Simalungun berani tampil kedepan. semoga .....
    http://parapat-news.blogspot.com/2012/12/acara-pesta-danau-toba-2012-secara.html

  • Brayan Munthe Lae OM@: tentang jl2 propinsi banyak yang rusak alias tdk terpelihara itu saya sendiri merasakannya, dibanding sumbar, aceh, dan riau, jl propinsi sumut adalah yang terparah kondisinya, namun apa dikata . . . Gatot telah menjadi pilihan rakyat sumut, selain itu, fungsi gubernur utama adalah bagaimana dia dapat mengkoordinasikan/mensinergikan DAU antar kabupaten, dan melobi jakarta, serta menarik investor ke sumut, hal itu belum terlihat dari kinerja Gatot. Dari lima calon gubsu, tadinya saya hanya menaruh harapan kpd Effendi dan Chairuman, namun pilihan rakyat sumut hrs dihargai, karena merekalah yang merasa dampak hasil pemilukada itu. Kalau dari sektor pendidikan, baik pemdasu dan kab/kota di sumut dapat dikatakan tdk pernah berbuat apa2, kalaupun indeks pendidikan teratas di RI itu adalah hasil budaya masyarakat sumut yang telah berakar dlm pendidikan,
  • Asan Damanik Karles Hasiholan Sinaga...jangan lupa lawei Jakarta penduduknya didominasi suku Jawa ditambah etnis China. Jangan dibilang pemilih Jakarta sdh rasional, saya menilai juga masih primordialisme.
  • Oberlin Malau lawei Brayan Munthe,ternyata pandangan kita sama,artinya kita tidak memungkiri bahwa Efendi dan chairuman lobby politiknya ke pusat lebih bagus.....coba bayangkan lawei APBD propsu hanya 8 T,dibanding jabar 28 T sangat jauh perbandingannnya,dimana perhatian pemerintah pusat??? Oke,sy sepaham bahwa kita harus mengahrgai pilihan warga sumut makanya sy mengucapkan proficiat walaupun hanya di MS ini.
    Kedepan harapan kita Gatot akan lebih piawai berinteraksi dgn Pusat agar APBD propsu bisa ditambah......salam
  • Amri Saragih Oberlin Malau @ APBD apa tuh bang.... Beda SUMUT sama Jabar. JABAR DPT aja sudah 30 Juta jiwa, mana mungin APBDnya seperti sumut.... UMP saja sudah berbeda,,, Pendapatan Perkapita juga Berbeda.... kita sering mendengar dana dari pusat.... tergantung Pimpinan di daerah untuk melobi.... andakan tau lobi ke pusat tidak ada yang gratis.... lihat RIAU gubernurnya Gelap.... JRS juga dulu di bilang pintar lobi...ternyata apa. pepesan kosong....
  • Brayan Munthe Haha Lae OM@ kepiawaian gatot ke pusat . . . wah .. . kalo menurut saya gatot itu baru ban coklat . . . nanti mitr tndingnya dan 3 dari sulsel . . . limpo hayo . . . anggaran 8T itu, itukn pemberian . . . bisa enggak dia cari jl tambahan . . . Jabar itu diberi 28T, tapi realisasi dapat mencapai 50 T lebih diproleh, blm lagi investor yang masuk . . . . jangan bandingkan dengan jabar (di jabar ada istilahnya kadedeh, kalau disumut apa padanannya?), bandingkan pengelolaan pemerintahan sumut dengan sulsel . . . bak kes. PSMS dengan Kes. batangkuwis . . . ha ha . . Kebanggaan Sumut itu adalah hanya perantaunya, dan itu tak ada kaitannya dengan pemda sama sekali, kalau di bidang pendidikan putra sumut itu hebat banget, itu hanya didorong oleh sosial budaya masyarakatnya (Batak), lain itu sumut itu hanya bahan perasan pem. pusat sejak jaman belanda . . .
  • Oberlin Malau Lawei Amri Saragih,betul dan Benar,.....terus bgmn dgn bagi hasil perkebunan dari sumut?....kita hrs akui gub kita kurang pintar lobby....
    Lawei Brayan Munthe,.....hahahaha dan 3 pula iya lawei....koit dong,.......berarti harus belajar kungfu lah lae,biar menarik investor cina.....
    Saya akui,org kita bisa di kasih jempol jika berada di negri orang(merantau) karena hanya di rantaulah orang kita tdk terkotak kotak,biasanya orang kita kalo di rantau akan gigih dan tekun sehingga dia diperhitungkan.......bravo buat perantau.....buat saya mantan perantau bagaimana iya lawei?...bravo jugalah iya.....º°°ºƗƗɑƗƗɑƗƗɑº°°º≈ karena orang disiantar menganggap saya orang bodoh karena rajin appel pagi dan appel sore di kantor .....º°°ºƗƗɑƗƗɑƗƗɑº°°º≈ sekali lagi
  • Brayan Munthe haha Lae OM; secara defacto di sumut office is lapo, and lapo is office too.
  • Julandri Prip Djatama Siringoringo gatot mengakui pembangunan bandara kuala namu adalah hasil kinerja dia,,,
    hahaha,,,dari 10 taun yg lalu itu proyek bandara sudah jalan pak gatot,,anda diwaktu itu masih dmana? hahaha
    KPK oh KPK,,tolong segera periksa dia,,,,ingat skandal pak gatot saya jadi tertawa,kok orang pnya skandal dipilih jg ya? kata masyrakat sumut pengen berubah,gmana mau berubah pemimpinnya itu2 juga,,,
    haahaha
  • Brayan Munthe Siringo2 rakyat bisa baca . . . awal reformasi telah fiks bandara kuala namo sdh pasti di bangun, kenapa smp skrg blm sls, disitu salah satu tolok penilaian kita ths gubsu, walaupun sebenarnya itu peoyek rezim jkt, namun dlam kelancaran pembangunannya banyak faktor peran gubsu, jadi menurut saya peran gatot tdk ada, tanpa gatot pembangunan bandara tetap jalan sangat bergantung kpd jkt.
  • Julandri Prip Djatama Siringoringo tp lae si gatot mengakui bandara itu selesai dibangun karena peran dia,,lae g liat iklan pak gatot di TV ? kami semua tertawa melihat itu lae,,,
  • Oberlin Malau Sebenarnya banyak yg menyadari bhw Gatot belum berbuat untuk sumut,....tetapi inilah realita politik,gatot menjadi pemenang walaupun dgn partisipasi pemilih 50% lebih.........
    Dari persentase pemilih tersebut banyak yg prihatin termasuk mendagri......kenapa bisa partisipasi rendah? Menurut saya karena rakyat sdh tau bahwa gubernur tidak berperan penting dlm membangun kab/kota di daerah masing2........coba kita bandingkan dgn pilkada bup/wakot........itu realita,....jd menurut sy gak usah lagi kita persoalkan mslh gubernur ini,karena siapapun gub nya,...hanya kecil daya ungkitnya untuk membangun kab/kota.....maaf kalo sy keliru.......
  • Julandri Prip Djatama Siringoringo 1 lagi,pak gatot jangan mengatakan lebih 50% orang golput ya? yg sebenarnya adalah nama mereka tidak ada di TPS dan mereka tidak menerima undangan..sebenarnya dalam negara demokrasi kemenangan ini TIDAK DAPAT DISAHKAN karena LEBIH dari 50% masyarakat sumut TIDAK MEMILIH !!! dan saya juga mengusulkan putaran ke 2 lah penentu kemenangan yang pantas !!! terima kasih...
  • Amri Saragih gitu aja kok repot...Jgan berasumsi. Realistis aja. Secara konstitusi GATOT lah pemenang. Jadi mari kita bergandengan tangan untk kemajuan SUMUT
  • Franz Saragih Garingging KEMENDAGRI Tdk menandatangani Surat Pencalonan GAToT sbg GUBSU (klw tdk salah), , dia dtg terlambat, jd dia tDK Sah, Lakukan Putaran II, KPK apa Anda lupa klw GAToT ada Skandal nya, knP bisa mencalonkan jd GUBSU, mw dbw kmn ntar SUMUT iNI.....
  • Brayan Munthe yang benar masya tdk syah?
  • Amri Saragih dari mana jalannya. Aku baru tahu kalo Pencalonan perlu ijin Mendagri. Sejak kapan ya..
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang Kalau bukan kita pemilik dari marga itu yg menjunjungnya..lalu siapa lagi? Hidup turunan
    Damanik yg menjunjung warwah marganya..
  • Hendry Damanik masa calon gubsu harus ttd mendagri ?? he he he
  • Amri Saragih hendri@ ia gak nyambung.
  • Hendry Damanik se kali lagi, Damanik tdk prnah memberikan penganugrahan apa pn ke pak gatot, lgian kemenangan nya bkn krna penganugrahan marga oleh ikeis. tpi itulah pilihan sumut
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang @ Hendry Damanik:
    Menuru saya gak perlu lg Lawei dibahas..toh sdh terjadi. Kalau pun tetap dibahas..pasti yg terjadi adh memperpanjang pro-kontra. Lebih baik & lebih bijak bgm kedepan hal2 spt itu tdk terjadi.. Marga adh jati diri..marwahnya agar dijaga menurut tata-cara yg ada.. Maaf kalau terkesan menggurui.
  • Sita Damanik ORANG BATAK HANYA SELALU IRI SATU SAMA LAIN MANA BISA MENANG .
  • Billiargo Sipayung mari kita awasi pergerakan dia dalam menjalankan janji" kampanyenya dulu..
  • Ade Farnan Saragih di kota mdn undangan kartu pemilih menumpuk di kantor lurah. Salah siapakah ini?
  • Yosua Salang Say Effendy atau mgkn kartu undangan tidak disampaikan kpd
    pemilih Ade Farnan Saragih ?
  • Oberlin Malau Selamat pagi,selamat berlibur........bapak Parlindungan Damanik...domma dao margeser postingan ni ham on bani diskusittaon,jd ase mulak bani topik hubere saotik pandapothu......jika ada anak angkat berarti ada bapak angkat,dong do bapak angkat ni Gatot on? (Perlu kita pahami bahwa marga adalah grs keturunan,jd hrs ada personalnya).....
    Penganugerahan atas nama organisasipun hrs ada pribadi yg ditunjuk sbg bapak angkatnya biar Gatot tau siapa tulangnya,siapa amborunya dll.......diateitupa
  • Ade Farnan Saragih Na Pasti lawei Oberlin Malau, Saragih ma Tondong ni....ha ha ha jadi dapotan ULU do saragih bani periode ni GATOT on. he he he
  • Ade Farnan Saragih Na Pasti lawei Oberlin Malau, Saragih ma Tondong ni....ha ha ha jadi dapotan ULU do saragih bani periode ni GATOT on. he he he
  • Oberlin Malau º°°ºƗƗɑƗƗɑƗƗɑº°°º≈ ,.......ulu ni aha do lawei?
  • Sita Damanik ULUNO HAMBING ,Oberlin Malau .
  • Sarmen Saragih Copas dari Postingan Oberlin Malau: "....pandapothu......jika ada anak angkat berarti ada bapak angkat,dong do bapak angkat ni Gatot on? (Perlu kita pahami bahwa marga adalah grs keturunan,jd hrs ada personalnya).....
    Penganugerahan atas nama organisasipun hrs ada pribadi yg ditunjuk sbg bapak angkatnya biar Gatot tau siapa tulangnya,siapa amborunya dll.......diateitupa"
    vor 8 Stunden via Handy · Gefällt mir nicht mehr · 2..

    Saya sangat sependpat dengan kontext Copas ,dari postingan tondong Oberlin Malau...

    Karena saya sendiri,(Dah ada pernah saya postingkan ,bahwa saya telah menjalani/melakukan hal pemberian Marga kepada seseorang,yakni memargakan Istri ke Boru Purba Pak2. )

    Si 3 sahundulan dan 5 saodoran harus ada dalam pelaksanaan pemberian Marga kepada orang yang tidak punya Marga ,maupun kepada yang punya Marga lain.
  • Nagurata Susunan Pengurus IKEIS ...........
    http://ikeis.com/susunan.html


    ikeis.com
    Dewan Penasehat ( merangkap koordinator dewan penasehat ) :               H. Robinson Saragih, SH              H. Drs. Usman Damanik              H. Tuahman Damanik              H. Amin Girsang Msc              H. Adnan Sinaga              H. Abd. Manaf Damanik              H. Kamarudin Sinaga      ...
  • Sarmen Saragih Dinasty Nagur. dan pemosting... Santabi. Apakah Penguurus IKEIS ini memenuhi syarat untuk melakukan pemberian nama marga kepada seseorang,sesuai dengan ketentuan ,kategori Peradatan???
    Anggo ihatahon nasiam ya... ,berarti lang marlaku be ketentuan Peradatan sebelumni be.
    Anggo setiap Kumpulan maupun Lembaga boleh /bebas malaksanakan pemberian Marga kepada orang tanpa memperhatikan ketentuan yang telah disepakati... berarti.........(?).
  • Parlindungan Damanik Terima Kasih kepada semua pemberi Komen , Saya barusan bertelepon kepada Ketua IKEIS Seluruh Indonesia / Dunia Bapa Drs. Haji Lio Djamariah Damanik MM , bahwa menurut Beliau kalau semua persyaratan adat utama pemberian Marga Damanik sudah terpenuhi , maka Beliau Bapa Gatot Pujo dianggap syah menyandang marga Damanik , kalaupun saat itu acara itu tidak membawa makanan , sapi atau Kambing atau ayam diatur , tetapi hanya membawa DEMBAN , itu sudah syah. terima kasih . Horas . GBU.
  • Sarmedi Purba Bagi saya feeling IKEIS dalam pemberian marga ini patut diacungi jempol. Pada foto-foto selama ini di koran, sering pak Gatot ini berpakaian Simalungun di samping Bupati Simalungun yang berpakaian ala Barat, he he he
  • Brayan Munthe Sarmedi Purba@ Wah ini menjadi sarat muatan politiknya . . . permasalahan menyandang marga Damanik bagi Gatot . . . anda gelindingkan ke Bupati Simalungun ya . . . ha ha . .
  • Sarmen Saragih Santabi tondong Parlindungan Damank dan lae Sarmedi Purba.....
    Mau di kemanakan " 3 sahundulan dan 5 saodoran ?????".
  • Saragih Sahala Tuah Sarmedi Purba Bagi saya feeling IKEIS dalam pemberian marga ini patut diacungi jempol. Pada foto-foto selama ini di koran, sering pak Gatot ini berpakaian Simalungun di samping Bupati Simalungun yang berpakaian ala Barat, he he he
    2 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

    ===>> Asal jangan kayak BOB SADINO aja, pakai celana pendek terusssssssssssss.

    wkwkwk....wkwkwk
  • Sarmen Saragih Haha.... Menurut beliau.... santabi .
    Bagaimana menurut Keluarga besar Damanik?
    Seandainya Keluarga besar Damanik mmemang setuju, apakah marga lain /Masyarakat lain bisa memengetahui prosedur perjalanan penobatan tersbut?
    Karena hal tersebut (sejauh pengetahuan saya dalam peradatan )adalah bersangkutan dengan marga lainnya.. ( Ingat 3 Sahundulan ...5 saodoran... ).
  • Brayan Munthe Sanina SS sudahlah kita hargai apapun tindakan Kel Damanik dalam dinamik dalam marganya.
  • Sarmen Saragih Sanina Brayan Munthe. Kita tetap menghargai tindakan Kel.Damanik selaku Tondong. Tetapi ada cara mainnya kan? Saling menghargai... Peradatan adalah cara main ,saling menghormati.
    Nanti kita ketemu sama Mas Polan Damanik.....,kita juga harus menghormatinya dan menghargainya sebagaimana dengan Damanik lainnya. Tetapi.... sebelumnya,kita harus tahu dulu,bahwa Mas Polan itu Resmi diangkat /telah diberikan marga Damanik sepenuhnya melalui Kriteria peradatan yang resmi. Jangan nanti kita di tegor orang,dan di beri julukan Manusia yang tidak ta8u Adat.
  • Rimbun Sumbayak kan marga damanik na top i simalungun on,napenting asal ma mambaen nadear.
  • Asan Damanik secara naluriah memang lang dong nara isalahkon agepe domma salah, tapi jaman domma marubah harusnya lang be sonai namin.
  • Sita Damanik SAYA sependapat dengan Pendapat DR SARMEDI PURBA ITU .
  • Nagurata Jalannya hukum adat Simalungun:
    gorga tapak Raja Suleman, habonaran do bona
    Sampul Depan
    Jahutar Damanik
    0 Resensi
    Damanik bekerjasama dengan P.D. Aslan, 1974 - 279 halaman
    Customs of the Simelungun people, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1970634879948&set=t.100003988992715&type=3&src=https%3A%2F%2Ffbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net%2Fhphotos-ak-ash4%2F269446_1970634879948_3561173_n.jpg&size=333%2C486
    http://books.google.co.id/books/about/Jalannya_hukum_adat_Simalungun.html?id=WDAfAQAAMAAJ&redir_esc=y

  • Sarmen Saragih Horas dan Santabi tondong Karel Girsang.
    Ulang ipabanggal pengkotakan .
    Sejauh penglihatan saya, belum Ada pihak Parna memberikan pendapat mengenai HAL tersebut.
    Yang saya lihat adalah Individuum yang kasi Postingan disini..
    Santabi, basa ham ge Sahala nari ganupan Postingan namasuk ijon Hehe ...
    Sahalinari, Santabi tondong.
  • Karel Girsang ha ha ha...jangan serius kali Lae.......Apa pun Katanya ini Hanya wacana di FB aja.
  • Julandri Prip Djatama Siringoringo yuk,,mari berbagi,,www.keajaibanfacebook.com/klik/andr1/

    www.keajaibanfacebook.com
    Bisnis online Paling Ekstrem, Keajaibanfacebook.com, buruan bergabung sekarang mumpung gratis dan dapatkan profit per visitor facebook hingga ratusan ribu rupiah perhari, potensi penghasilan pasti hingga Rp 8.000.000 perbulan
  • Brayan Munthe jualan apa ini Lae Ringo

No comments:

Post a Comment