Wednesday, March 20, 2013

Mengangkat Marga : H Gatot Pujo Nugroho ST Dianugerahi Marga Damanik


Gatot tiba-tiba pakai Damanik?.
Sejauh mana manfaat marga Damaniknya buat Simalungun? Apakah Gatot sudah "marahap" Simalungun atau orang Simalungun yang merasa bahwa Gatot sudah "marahap" Simalungun?. Atau ini hanya komoditi politik. Kalau ini komoditi politik, sebaiknya kedamanikannya tidak perlu terlalu dipublikasikan sebab ini justru merendahkan kualitas sdm kita. Orang lain akan bertanya berapa sumbangan Gatot untuk marga Damanik. Dan itulah harga beli marga ini. Kalau karena ada nilai plus marga / suku simalungun sehingga Gatot terpikat jadi Damanik atau kalau karena ada jasa Gatot buat marga Damanik / simalungun, seharusnya dari dulu Gatot didamanikkan bukan detik detik menjelang pilkada. Jangan sampai orang non Simalungun menilai bahwa marga-marga Simalungun dapat dijualbelikan. Apa tanggapan Prof Asan Damanik atau Sesepuh Damanik yang lain?
  • Jsm Damanik Ya memang Damanik itu OK punya lawei...
    Powered by Telkomsel BlackBerry®
  • Brayan Munthe Sanina SS@Polemik pemberian Damanik kepada gatot oleh Ikeas, telah diposting dan telah ditanggapi dengan panjang banget sanina . . . . umumnya Damanik menolak tegas pemeberian itu, demikian juga Asan Damanik di Media Simalungun . . . cobalah sanina searching dan simak dengan seksama.
  • Sortaman Saragih Jadi jual beli lah ya. Mari kita lebih bijaksana di hari mendatang.
  • Brayan Munthe Ulang ma ham sonai . . . sanina . . . jaga perasaan Damanik, umumnya mereka merasa terluka atas kejadian itu.
  • Sortaman Saragih Lang melukai perasaan tujuanku da tapi ase lebih bijak bani ari na laho roh. Ulang urah tu manghorjahon horja na mengatasnamakan marga. Ahu pe mardaroh Damanik do sanina. Tk
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang @ Sortaman Saragih:
    Kita sudahi saja tentang polemik ttg pemberian marga Damanik itu..toh sudah terjadi. Ke depan bgm hal itu tdk terjadi lagi..kalaupun terjadi haruslah sesuai tatanan yg telah dibakukan para leluhur, khususnya Simalungun.. Itulah keluhuran yp hrs dijaga agar MARWAH/AHAP SIMALUNGUN BENAR2 me-WEJANTAH.. Horas!
  • Hendry Damanik jual beli ??? siapa penjual dan siapa pembeli dan berapa harganya ???
  • James Alrian Purba Nahubotoh gatot seng damanik tp melayu kalah ni ESJA halani pecah ni suara halak batak,boi use halak melayu na mimpin itanoh batak jadi pesuruh use tuan tanah.
  • Ade Farnan Saragih GATOT itu suku jawa dan cukup dengan suara jawa beliau sudah menang ..jadi pengaruh marga damanik itu sangat kecil. Ulang be ipersoalhon hita , na porlu ulang sampe gagal bana mamimpin halani pengaruh bisikan partai atau agama.....
  • Asan Damanik Lawei Sortaman Saragih, sejak tahu saya ada kelompok orang tertentu memberikan marga Damanik ke Gatot mereka itu, saya sdh coba posting di MS ini dan berbagai tanggapan muncul. Biasama ada pro dan ada kontra. Segi ilmiah..tdk ada argumen yg membenarkan itu, segi adat boleh tetapi juga ada aturannya (nikah, diangkat jadi anak angkat seseorang kelauarga Damanik lalu dipanggil saudara dan orang Kampung serta tetua adat). Gatot mereka itu jadi Damanik dalam konteks apa??? Konteks adat TDK memenuhi, konteks ILMIAH semakin tdk memenuhi....Apakah ada konteks politik??? Rusaklah marga kalau sampai dimasuki unsur politik..Saya risih dengar ada Gatot Damanik.
  • Riahdo Purba Pak Pak tp adongdo homa nilai plus na tene ipilih bana margana DAMANIK, mase lang marga nalain ipilih ia? mase lang ipilihnalah salah 1 margani maaf parna ase baht nian sanina & boruni. berarti naadongma ai inilai bana hanbani mr damanik khusuna, simalungun umumna pertimbangan plus. jd hita simalungun dohot nassiam tondong hu DAMANIK & boru, panogolan, patutdo bangga hita pasal ai homa tene.
  • Asan Damanik masalah kebanggaan beda do pakon adat atau ilmiah. tetaanggatta pe jadi juara IDOL banggado hita age lang samarga pakon ia. sahutatta jadi pangulu bangga do homa hita age lang homa samarga. jadi lang masalah marga bani kebanggaan on.
  • Sita Damanik Nassiamma Namambotoh tene ganup Marga DAMANIK in .
  • Deardo Jams Saragih Haduan....halak Portugis pe ibahen ma margani...ha..ha...halani adong kepentinganni.....bois ioto-otoi....aih...tene...ai ija do Nasiam Partuha Maujana?...
  • Jarinsen Sumbayak Au yakin seyakin-yakinni bahasa lang adong ahap Simalungunni si Gatot, apalagima ahap Damanikni. Mungkin tidak enak menolak pemberian orang songon nini peribahasa tene: borit mulak mangindo, boritan mulak mambere (iarusi si Gatot do ai, aima ase ijaloni). I Parluasan Siantar sapari dong photo studio Indah gianni halak Cina. Margani ibaen Sitorus. Lang hubotoh sonaha ahap Toba ni si Cina on, tapi sehari-harini si Cina on marsahap Toba do. Masih bisa diterima tene.
  • Jarinsen Sumbayak Sori, hatadingan. Ternyata bahatdo hape halak Simalungun pelawak, tapi lang lucu.
  • Sortaman Saragih Lang masalah pilihan marga atap ase bahat sanina atap boru ni ge lawei Riahdo Purba Pakpak. Masalah ni aima Damanik domma manghajongjonghon si Gatot gabe saninani, apakah si Gatot juga manghajongjongkon Damanik itu menjadi saninani? Ulang da hita domma mamberehon margatta marhitei sada upacara, hape bani ai pitah sebagai cendera mata (kenang-kenangan), malah bisa jadi gabe mambual ia use bahwa ia domma iangkat gabe partongah ni marga Damanik. Tapi dob ai " siapa lu siapa gua". Mari kita tunggu arti dan makna penganugerahan marga ini dari si Gatot. Anggo seng dong "ahap" ni, hiri ma na manganugrahkon marga ai.
  • Jarinsen Sumbayak Ulang salah, lang haganup Sumatera Utara tanoh Batak da. Anggo bangsa Melayu memang penguasa do sapari i Tanah Deli. Jadi anggo jadi Penguasa halak Melayu sonar,i lang pala heran hita. Masalahni Gatot halak Melayu hunja ? Anggo wakilni jelas masih termasuk turunan Sultan Deli.
  • Hendry Damanik lalab,,domma piga hali na atahon Sedo damanik dahkam namarupaccara mambere marga ai
  • Saut Damanik Secara pribadi aku ßΐ§Ά lapang “☺/`
    /▲
    ][ (*)♧dada♧(*)...mungkin dari nilai budaya ...mas gatot sangat kagum dengan suku simalungun dan beliau mungkin paham bahwa Damanik itu merupakan bagian dari suku simalungun asli.
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang @Jarinsen Sumbayak:
    Saya kurang sependapat Lawei.. Menurut saya bukan Melayu..tetapi Bataklah dulu 'pemilik' ulayat itu.. Lha kalau memang Melayu pemiliknya berarti Nagur TIDAK PERNAH ada dong! Ini bahaya Lawei..
    Ingat: Nagur menurut berbagai sumber sudah ada minimal sejak abad ke-8.. Melayu kala itu jelas belum ada di Sumut.. Demikian dan horas!
  • Jarinsen Sumbayak Anggo domma das hu urusan Nagur, lang sampur be au Lawei halani lang huarusi. dr. Sortaman ma hujai, halai ia mangarusi. Na jelas, lang adong peninggalanni Batak i Medan, na ibotoh halak Istana Maimun pakon Mesjid ni Kesultanan sapari, janah dong dope Sultanni das hubani panorang on.
  • Saragih Sahala Tuah Untuk lebih jelasnya bisa ditanya ke IKEIS

    H Gatot Pujo Nugroho ST Dianugerahi Marga Damanik

    Medan,faktaonline.net
    Saat menghadiri halal bi halal Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) di Aula Wisma Pariwisata Kampus USU Medan, Sabtu (15/9), Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST dianugerahi gelar marga Damanik. Dengan pendekatan budaya ini, Gatot diharapkan juga ikut berperan memajukan kebudayaan Simalungun.
    Ketua IKEIS Provinsi Sumatera Utara Julisman Damanik menjelaskan, penganugerahan marga Damanik dan silaturahmi IKEIS ini dapat semakin memperat hubungan Gatot Pujo Nugroho dengan masyarakat Simalungun. “ Kiranya anugerah dan silaturahmi ini makin menghangatkan semua yang hadir di tempat ini. Semoga silaturahmi seperti ini bisa berdampak positif bagi kemajuan Simalungun serta meningkatkan partisipasi kita dalam pembangunan,” kata Julisman.
    Usai mendapat anugerah tersebut Plt Gubernur mengharapkan IKEIS Provinsi Sumatera Utara dapat bersama-sama dengan komponen masyarakat berbagai etnis di Sumatera Utara meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta bersama-sama memikirkan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara .
    “Kita harap IKEIS menjadi wadah untuk membanguan kebersamaan dengan masyarakat lainya mampu mengajak menjadi media untuk berkontribusi terhadap program pembangunan .Hari ini akan lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, “ tegas Gatot.
    Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Halal Bi Halal IKEIS Dr Hasim Purba Mhum menjelaskan, Potensi masyarakat Simalungun sangat beragam dan masih banyak yang harus dilestarikan.
    Penasehat IKEIS Provsu H Aman Damanik dalam waktu dekat mereka akan mendirikan restoran IKEIS sebagai upaya melestarikan beragam makanan khas Simalungun. Dan juga menggelar pengajian akbar IKEIS satu kali dalam empat bulan untuk mempererat tali silaturahmi.
    Hadir pada kesempatan itu antara lain Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Nuriati Damanik SH, Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan Kesehatan Setdaprovsu Drs H Mhd Fitriyus SH MSP, Kaban Kesbang Politik dan Perlindungan Masyarakat Drs H Eddy Sofian MAP, Kadis Pendidikan Provsu Drs Syaiful Syafri MM, Kabid Pengadaan Badan Kepegawaian Provsu Kaiman Turnip, Ketua/ Pengurus IKEIS, Alim Ulama, cerdik pandai dan tokoh masyarakat IKEIS Kabupaten/ Kota, dan undangan lainnya.(r/amir))
  • Asan Damanik Berarti IKEIS ai milikni marga Damanik do hape...senang saya.
  • Torbangun Erde Isukun hita lobei pengurus Ikeis ai, aha latar belakang ni mambere marga damanik on, ase torang
  • Jarinsen Sumbayak Dulu sekali pernah juga Probosutejo mau dianugerahi salah satu marga dari Simalungun, tapi yang bersangkutan menolak dengan alasan jelas kok bangsanya, saya orang jawa katanya. Padahal agak masuk akal juga kalau dia menerima mingingat beliau cukup lama tinggal di Simalungun dan bergaul dengan halak Simalungun dan dia tau membedakan mana Simalungun mana yang bukan Simalungun. Waktu itu kalau ngga salah dia mau membantu petani Simalungun tanpa dianugerahi marga.
  • Asan Damanik Torbangun Erde, IKEIS itu kan lembaga Simalungun yg juga saya hormati, apakah bisa lembaga semacam IKEIS memberikan marga Damanik ke seseorang? Kalau bisa berarti IKEIS itu Kumpulan Damanik saja bukan?. Apakah tdk ada anggota IKEIS marga Purba, Saragih, Sinaga dll?
  • Saragih Sahala Tuah DUNIA INI PANGGUNG SANDIWARA, BERARTI HIDUP ADALAH 'PERMAINAN/GAME' [mungkin bagi sebagian orang, sementara dipihak lain ada ciyus tentang hidup dan kehidupan].

    Sekarang tinggal bagaimana kita memainkan peran demi mengujudkan kepentingan2.

    Horas...........
  • Sarmen Saragih Santabi banta ...

    Copas dari Postingan Oberlin Malau: "....pandapothu......jika ada anak angkat berarti ada bapak angkat,dong do bapak angkat ni Gatot on? (Perlu kita pahami bahwa marga adalah grs keturunan,jd hrs ada personalnya).....
    Penganugerahan atas nama organisasipun hrs ada pribadi yg ditunjuk sbg bapak angkatnya biar Gatot tau siapa tulangnya,siapa amborunya dll.......diateitupa"
    vor 8 Stunden via Handy · Gefällt mir nicht mehr · 2..

    Saya sangat sependpat dengan kontext Copas ,dari postingan tondong Oberlin Malau...

    Karena saya sendiri,(Dah ada pernah saya postingkan ,bahwa saya telah menjalani/melakukan hal pemberian Marga kepada seseorang,yakni memargakan Istri ke Boru Purba Pak2. )

    Si 3 sahundulan dan 5 saodoran harus ada dalam pelaksanaan pemberian Marga kepada orang yang tidak punya Marga ,maupun kepada yang punya Marga lain

    Semoga kami tidak salah sewaktu melaksanakan hal itu di pertengahan Tahun 1981.
  • Asan Damanik Panggi Sarmen Saragih, hahaha..IKEIS Bapa angkatni.
  • Jarinsen Sumbayak Ha... ha... ha... pas kalilah lawei AD ini, IKEIS bapa angkaatnya.
  • Ade Farnan Saragih Jadi domma gonai bahat marga ni GATOT on tene halani halak mandailing pe domma porlobei mambaensi MARGA LUBIS...on ibaen do acara adat resmi mamotong horbou do sidea . Sanggah Ikeis i baen sidea do acara adat atap mamotong horbou do hinan?. Au curiga na i manfaatkan beberapa oknum do organisasi on demi sebuah jabatan.....Anggo Tengku Ery memang resmi doon i angkat par sipispis jadi purba Dasuha , Pengetua adat disipispis mambaen acara adat do hinan, janah ongga do audiensi hanami hinan hu kantor bupati sergai mangaku do bana au PURBA Dasuha janah marcerita do bana proses pengangkatan ai. GATOT Bukan melayu tapi Jawa
  • Saragih Sahala Tuah Agar lebih komplit.......... http://faktaonline.net/?p=7857 Plt Gubsu Peroleh Darjah Gemilang Gelar Datuk Seri dari Negeri Melaka

    faktaonline.net
    Medan,faktaonline.net Besarnya komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemp...See More
  • Torbangun Erde Yang pasti di dalam Ikeis itu semua marga Simalungun itu ada dan tidak hanya Damanik. Menurut saya pemberian marga kpd seseorang itu tidak sesederhana spt yg kita baca di koran, tapi ada prosedur adat yg harus dilakukan. Ke depan kita mesti lebih berhati-hati dalam hal seperti ini.
  • Asan Damanik Torbangun Erde...tolong pasukkun ham sanina bani IKEIS ase ulang simpang siur. Kalau langkah yg dibuat IKEIS sdh benar secara Organisasi dan ADAT saya mendukung IKEIS.
  • Jarinsen Sumbayak Sudah ku bilang kalau Gatot paham benar pepatah "borit mulak mangindo, boritan mulak mambere". Makanya dia terima anugerah marga apa aja yang diberi ke dia, ngga enak nolak, ntar tersinggung katanya.
  • Torbangun Erde Usukkun pe sanina
  • Sarmen Saragih Asan Damanik. Ise tondong na..mangkelana... dsl..... ???
    Apakah bisa sesukahati tanpa sanina anakboru dan tondong melaksanakannya??

    Banyak ingin mempertahankan Kebudayaan Nenek Moyang...
    What`s next?..
    Apakah generasi kemudian kita biarkan meneruskan hal yang beginian???

    Kiranya kita mulai belajar mengatakan : "Ja kalau memang benar... ;Tidak kalau memang tidak benar, tanpa pandang bulu dan tanpa pikiran yang "Marpakkait!!", ase boi hita maju. santabi.
  • Sarmen Saragih Semoga sanina saya Saragih Sahala Tuah juga bisa membaca postingaan saya ini.... Horas sanina.
  • Asan Damanik Panggi Sarmen Saragih...ulang be ipaganjang ham panggi...pelajaran ma on banta hupudian ni ari on.
  • Ade Farnan Saragih Beberapa diantara yg tidak setuju boleh saja membuat perlawan dengan memuat berita menolak GATOT sebagai marga Damanik agar supaya gatot paham bahwa menerima marga itu bukan hal yang gampang.....ulang mittor i pasip ....gas torus,,,,,,
  • Sarmen Saragih Santabi Asan Damanik.
    Anggo hita bicara soal Adat... ase ulang nian sembarangan.
    Ai termasuk nalang mar Adat do hasoman nalang namandalankon Adat nasasintongna.

    Ai pe ,anggo memang lang marlaku songon sapari be Adatta sonarion... ,yah terserah bani nasiamma generasi sonarion ma..
    Ai generasi sonarion do namanontuhon bagaimana masa depan Peradatan maupun bentuk Negara kita...
    Maaf... semoga pendapat saya tidak salah.... .
  • Sarmen Saragih Horas panogolan JSM Damanik..." Hehe..."
    Ma diplomatis tu do huahap partawa nia ham ai...
  • Sortaman Saragih Ahu sedo na lang satuju, porini dong halak sinleban na imargahon hita, tapi ningon adong alasan na jelas, adong syaratni na terpenuhi, adong tujuan na takkas pakon adong ceremonini na resmi. Ulang rassah (sepele) manganugrahkon marga on. Lang pantas pitah sebagai ucapan rasa terimakasihta (cendera mata) halani sesuatu, langsung imargahon sasahalak, ase marwibawa margatta Simalungun janah lang isepelehon halak hita.
  • Ade Farnan Saragih Sanina Sortaman Saragih, menurut ahu ulang pitah i jon hita marbuali.....kapsitas pakon kemampuan ni ham domma sosok (maaf anggo terlalu maju , tapi anggo mambogei kabar domma sosok) menggerakkan penolakan marga damanik bani GATOT......mulai nassiam ma hun jakarta in ase maluah humbani segala kepentingan.....anggo das ijon do i terge pe lang on. Au pe domma songon hurang setuju dop hossi hubassa berita na i postinghon hasomanta, hape holan sonai dassa par jadi ni marga ai....
  • Tumpal Paulus Yosef Simanjorang @ Ade Farnan Saragih:
    Apakah Lawei tidak tahu 'tolu sahundulan lima saodoran?'..
  • Hendry Damanik Ade Farnan Saragih, anggo pandapothu on pelajaran ma huatas, janah ulang terjadi be., songon saran ni ham ai mambaen perlawanan han jakarta naibaen simalungun na dob mampu, kira2 aha ma utungni bani Simalungun .anggo rugini domma jelas
  • Jarinsen Sumbayak Anggo menyangkut Simalungun, ninuhurhu PMS wajib ambil bagian.
  • Sarmen Saragih Sanina Ade Farnan Saragih. Huahap,mula ni parsahapanta on aima na adong Statusni Asan Damanik,na mamparsoalhon pemberiaan nama marga Damanik kepada seseorang( Gatot).

    Menurut pemahaman saya...,bukanlah soal" setuju atau tidak setuju" mas Gatot menjadi marga Damanik.

    Tetapi..... dalam rangka apa dan apa hubungan mas Gatot dengan keluarga besar Damanik. dan bagaimana proses terjadinya... ...

    On do ra na jadi kontext ni parbualanta...
    Semoga penglihatan saya tidak salah...
  • Ade Farnan Saragih Saya juga setuju saja jika gatot marga damanik, tapi yg merasa menolak jika prosesnya salah kalau memang serius, harus berani mengeluarkan uneg uneg keluar dari FB ini . Nyatakan Penolakan secara tegas dan jelas agar GATOT tidak sembarangan asal menerima Marga
  • Hendry Damanik kita jangan cepat menyalahkan gatot krna bisa saja dia pun tidak meminta tapi ada yg memberi
  • Jarinsen Sumbayak Bukan Gatot yang sembarangan, tapi IKEIS yang sembarangan. Jadi jangan salahkan Gatot, kecuali dia yang minta.
  • Sarmen Saragih Tondong lae Hendry Damanik.Pas do ai.. Ai lang adong na mansalahkon si mas Gatot.

    Hal Politik. Biarlah yang terbaik terpilih dan mari kita hormati dan terima dengan lapang dan jujur dan penuh respekt.

    Sanina Ade Farnan Saragih. Soal penolakan si Gatot marga Damanik,adalah urusan intern Keluarga besar Damanik.
    Tetapi dalam hal ini,mereka juga harus menjaga dan memelihara Kriteria semestinya,untuk melakukan.
  • Saragih Sahala Tuah DuniaPustaka.com Tempat Download Buku Gratis [copas]

    Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang kamu tak mengerti alasannya, tapi dia selalu memberimu sebuah pelajaran
  • Parlindungan Damanik Terima Kasih kepada semua pemberi Komen , Saya barusan bertelepon kepada Ketua IKEIS Seluruh Indonesia / Dunia Bapa Haji Lio Djamariah Damanik MM , bahwa menurut Beliau kalau semua persyaratan adat utama pemberian Marga Damanik sudah terpenuhi , maka Beliau Bapa Gatot Pujo dianggap syah menyandang marga Damanik , kalaupun saat itu acara itu tidak membawa makanan , sapi atau Kambing atau ayam diatur , tetapi hanya membawa DEMBAN , itu sudah syah. terima kasih . Horas . GBU.
  • Ade Farnan Saragih penerima dan pemberi sama rusaknya karena memberi dan menerima tdk sesuai prosedur
  • Sultan Saragih II panjang baaaah, tampaknya PMS harus ambil alih kemudi polemik kebudayaan, melakukan survei dan membuat rumusan kesepahaman tentang adat marga nee..........bagaimana kalau kita membentuk tim bersama atau terus mewariskan ketidaksepahaman ini kepada anak cucu ? kembali harus "TAKE ACTION" di lapangan atau kita akan terus menerus menjalani paradigma berganti topik ke topik lain tanpa ujung pangkal....atau kita bentuk LEMBAGA PEMBERIAN MARGA ? siapa mau jadi ketua dan pengurus nya....diatei tupa....
  • Sarmen Saragih Copas :
    "..Ade Farnan Saragih :".... penerima dan pemberi sama rusaknya karena memberi dan menerima tdk sesuai prosedur"
    vor 27 Minuten via Handy · Bearbeitet · Gefällt mir nicht mehr · 1..

    Sependapat sanina Ade Farnan Saragih......
  • Sahman Purba Tamsar jelas skeptis anggo manjalo marga bani panorang pilkada. On sedo horja adat, tapi horja politik do on . Muatan ni pe tontu politis huma do .Naipe porlu do huma mawas hita. Halani persoalaan hasimalungun sasintong ni lobih bahat muatan sosiologis daripada muatan genealogis. Maksud ni, agepe goran ni gatot anggo ra do ia mandalahon horja paradaton simalungun bani ganup panorang malas janah pusok ni uhur i tongah tongah ni keluarga. Dear do ai. Na bajan justru secara genealogis simalungun, bapa ni purba tondang inang ni saragih sumbayak misal ni , tapi seng ongga mandalankon adat simalungun . Tepung tawar janah organ tunggal dangdut ria do na i pakkei. Marsahap pe "loe gue end" do torus.... tapi memang na ideal ai ma simalungun genealogis-sosiologis.
  • Nagurata Kelihatan sekali beberapa yang komen aji mumpung untuk menumpang mengejek pada masalah ini, semoga tidak....
  • Asan Damanik Malas uhur bahat dope hape generasi muda Simalungun napeduli janah ra mengkomentari (mungkin tertarik, terbawa emosi, boleh jadi mengejek, dll) bani masalah adat pakon budaya. On modal besardo on bani eksistensi Simalungun masa depan, Pemda, PMS, KJS anggo boi malasma uhur nasiam buei dope hita napeduli bani adat pakon budayatta Simalungun.
  • Brayan Munthe Lawei AS@ malas uhur . . . semoga demikian juga hendaknya bila Pemuda Simalungun belajar dibangku kuliah . . radikal searching materi perkulihan di internet, ha ha
  • Sarmen Saragih Asan Damanik. Au Merasa ikut bertamggungjawab akan HAL yang semestinya, Karena saya telah menjalankanna dan saya termasuk Senior di lapak ini.
    Saya mengataka. Yang saya ketahui, tapi kalau yang saya ketahui Ada salah. Saya juga rela dan bersedia mengikuti yang sebenarnya/ yang berlaku.
  • Asan Damanik Lawei Brayan Munthe anggo ra nasiam bahen nasiam MEDIA/FB masalah perkuliahan age ahu sada MEDIATOR. Bahas hita sampai ke akar-akarnya...
  • Brayan Munthe Lawei Asan Damanik mantap juga idenya, tapi akan lebih berwibawa dan lebih terpercaya hrs yang terdepan adalah Prof. Damanik . . .
  • Asan Damanik Panggi Sarmen Saragih, lang dong nalepak Panggi logisdo komentarni ham bani masalah naidiskusihon hita sadokah on. Homa adongdo alasanni sidea menurut sidea nakuat sementara manurut hita lemah...nairapahon hita namin bani panorang nalaho roh sonaha padomuhon/mambahen sada ranggini horja (secara umum unsur-unsur utama terpenuhi) dob ai unsur-unsur nalegan tambahan lang masalah sesuai bani ADATNI HUTANI sidea.
  • Sarmen Saragih Ai tanggungjawab ni generasi do permasalahan on nian tene AD....
  • Asan Damanik Panggi Sarmen Saragih, sanina ni ham Sortaman Saragih on par Tigarunggu do ambia on..boido jadi sada tokoh Simalungun ia, malas uhur mangidah Sortaman Saragih on.
  • Sarmen Saragih Oh.... Ai do tene.... Hahaha.
    Asan Damanik. Tarimakasih ma Info on. Tapi , aipe.... Ma ongga hanami mendalam marsipatorangan. Par Purbatongah ma jelasna nasida
  • Sarmen Saragih Aupe malas do uhurhu mangidah , marsahapi pakon Sortaman Saragih on.
  • Chandra P Poerba Anggo simalungun huta habonaron, tentu Marga pe ningonhu habonarondo, senga bani kepentingan. dong ma Marginalisasi marga holi...
  • Asan Damanik Ahu paimahon do namin sonaha pandapotni Petinggi PMS bani diskusi on, tapi sampai sonari lang dong dope sidea komentar nahubotoh da...Chandra P Poerba...sarupa ma pandapotta pasal ai..hape hasomanta sinhutta nalegan...???
  • Chandra P Poerba Nai do tongon makkela Asan Damanik, PMS tentu punya wewenang do mengakomodasi aspirasi ni rakyat simalungun. apalagi konteks budaya do ia. sada uhur do hita ase kearifan ni budaya simalungun ulang terpinggirhon halani kepentingan sesaat dan ai pe sifatni Claim, songon judul ni ai.
  • Brayan Munthe Lawei Asan Damanik; Media Simalungun (MS) ini adalah media yang paling efektif saat ini sebagai sarana komunikasi, saya blm pernah tahu memberi opini , posting dsb dari PMS, jangan malah sibuk persiapan untuk bertanding 2014, jadi beliau (petinggi PMS) tdk tahu ramai dibicarakan tentang pemberian marga, yang secara umum dianggap mkontroversial, siapa ketua PMS sekarang?
  • Asan Damanik Katanya Ketua sdr JR Saragih, sekjen Pardi Purba...
  • Brayan Munthe ya sdh lah kalo begitu . . . beliau kan pasti lebih sibuk sekali dlm job utamanya.
  • Chandra P Poerba Ditahun politik (seperti kata mereka), smua serba politisasi. Tahun dimana pembangunan dan budaya perlu dijaga, ternyata kelihtannya masih Abai.
  • Brayan Munthe Sebaiknya PMS ditangani oleh kaum intelektual . . . biar nyambunglah . . . tentang pengkajian peradaban Habonaran Do Bona
  • Asan Damanik sebenarnya Sekjen PMS rado muncul i Grup MS on, lang nabotoh atap nahujado Tulang ai panorang on..mudah-mudahan sehat ase boi ibotoh bana aha nai sahapi hita i MS on.
  • Oberlin Malau @bapanggi Asan Damanik,....,dong do pengurus atap pe anggota Ikeis I grup MS on? Porih ni dong ra boi do ia jd Jubir I MS on pasal pemberian marga ai.....
  • Asan Damanik Manurut ahu adong do, tapi anggota simpatisan atau anggo inti lang nabotoh. Damanik bahatdo muslim (separoh Damanik muslim) jadi lang masalah ai terbukado sidea pasti pasal ai sepanjang nahubotoh sadokah on. Hanami Damanik lang ongga mamparsoalhon keyakinan atappe agama nami bei..marsoal hanami paling bani masalah adat/horja adat..tapi aipe jarang do terjadi namin.
  • Sita Damanik Lang be Hape URAH Manggoluh i I N D on tene .
  • Sita Damanik Pokoknya ada BAPAK ANGKATNYA ,GUBSU ITU .
  • Sita Damanik OOngga gelah Margani SIMALUNGUN jadi GUBSU ,saimalasma Ganup uhurta si malungun ontene ,gendo ulang hupokkalan ,margula horjani marga 2 SIMALUNGUN .
  • Sita Damanik Bahatni MARGA2 i SUMUT MASE marga Damanik ijaloni.berarti bahatdo POSITIPNI MARGA DAMANIK ON ,Malasmalah uhurta SIMALUNGUNON GANUP TENE .CERITAMA HOLI AHU BANI HALAK JERMAN GUBSU ,SUMUT ADALAH HERR GATOT DAMANIK .
  • Nagurata Jalannya hukum adat Simalungun:
    gorga tapak Raja Suleman, habonaran do bona
    Sampul Depan
    Jahutar Damanik
    0 Resensi
    Damanik bekerjasama dengan P.D. Aslan, 1974 - 279 halaman
    Customs of the Simelungun people, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1970634879948&set=t.100003988992715&type=3&src=https%3A%2F%2Ffbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net%2Fhphotos-ak-ash4%2F269446_1970634879948_3561173_n.jpg&size=333%2C486
    http://books.google.co.id/books/about/Jalannya_hukum_adat_Simalungun.html?id=WDAfAQAAMAAJ&redir_esc=y

  • Asan Damanik Ahu bangga anggo marga Damanik yg asli namenjadi Gubsu melalui cara yg demokratis. Anggo Damanik jadi-jadian do ailang ibotoh halak do ai?...Obama pe boido ibahen marga Damanik, mase pala Cagubsu rendah tu do ai, sekalian ma Presiden USA ibahen marga Damanik atau Paus Vatikan nalaho tarpilih on holi.
  • Putra J Purba boleh pesan 1 bang?
  • Masrul Purba Dasuha Pulanya orang Simalungun banyak yg bermental tempe mencalon sebagai pejabat politik banyak yg gentar sebelum bertanding, akibatnya dihampiri orang duluanlah. Pasca meninggalnya tokoh-tokoh turunan raja dan partuanon Simalungun, sejak saat itu tdk banyak warga Simalungun yg berani muncul ke permukaan utk bersaing di ranah politik. Walikota Medan pernah dijabat oleh orang Simalung selama 2 generasi kepemimpinan mulai dari Mr. Jaidin Purba awal kemerdekaan dan terakhir Tuan Madja Purba tahun 60-an.
  • Masrul Purba Dasuha Madja Purba sempat juga menjabat sebagai Gubernur Muda Sumut, saya lupa tahun berapa. Drs. H Raja Syahnan Damanik juga pernah jadi Ketua DPRD Sumut dan sempat ikut bersaing dengan Raja Inal Siregar saat pemilihan Gubsu, sehingga pada masa itu ada guyonan di masyarakat Sumut, 2 Raja bertanding. Drs. H Syahdan Syahputra Damanik (biasanya tak bermarga) periode 1999-2004 kemarin jadi Ketua DPRD Medan. Begitu juga walikota Tanjung Balai sempat dijabat H Bahrum Damanik.
  • Masrul Purba Dasuha Tuan Rafii Damanik tokoh yang cukup terkenal di Sumut masa itu putera Pemangku Siantar Tuan Sawadim Damanik juga sangat berpengaruh pada eranya, puteranya Prof. Dr. Harun Alrasyid Damanik salah seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran USU bersama dengan Prof. Dr. Hj Siti Morin Sinaga dan Prof. dr. Alm Usul Majadi Sinaga sama-sama Guru Besar Fakultas Kedokteran USU, keduanya keluarga ningrat Tanah Jawa. Abangnya Tuan Rafi'i yaitu Tuan Dista Bulan Damanik, Raja Muda Bandar juga sempat jadi pejabat di Ambon.
  • Sarmen Saragih Lae Masrul Purba Dasuha. Tn. Maja Purba pernah juga di Siantar disekitar tahun 54-55 an menjabat .... Bupatikah atau walikota sebelum menjabat di Medan.
  • Masrul Purba Dasuha Oya saya tahu itu kela, kalau untuk lokal Simalungun tak perlu terlalu saya ketengahkan karena Siantar-Simalungun sifatnya sudah lebih khusus lagi, karena memang sudah menjadi keharusan. Kalau di tanah kita sendiri saja kita sudah kalah, apalagi di tanah orang dan faktanya itu terjadi dan tidak bisa kita elakkan. Beberapa generasi kepempinan bupati di Simalungun dipegang orang luar, apalagi Kota Pem. Siantar tak bisa saya sebutkan lagi. Tuan Madja Purba juga pernah jadi Bupati Simalungun dan Tapanuli Utara.
  • Masrul Purba Dasuha Begitu juga Drs. Ahmad Purba cukup berpengaruh di kegubernuran pada eranya. Setelah fase mereka berakhir, mental dan keberanian orang Simalungun mengalami penurunan. Daya juangnya sangat lemah, orientasi utama lebih dominan mengarah pada dunia profesi, bisnis, dan ketenagakerjaan. bahkan tokoh penggerak seni dan budaya sama sekali tak ada yg muncul seperti halnya Sang Maestro Tuan Taralamsyah Saragih, Tuan Jan Kaduk Saragih, Tuan Bandar Alam Purba, Tuan Jahutar Damanik, dan Tuan Mailan Damti Purba Dasuha.
  • Dearman Damanik Mungkin lape tikki na poro Halak Simalungun asli memimpin Sumut on, bukan berarti bermental tempe lawei. Kesimpulan na hu tarik secara pribadi i diskusi ta on ai ma, piga2 Gubernur i Sumut lang ongga mambere perhatian na serius hu tano Simalungun. Secara tidak langsung maningon hita akui do on, Marga on homa mambaen blok2 di pemerintahan, contoh: i zaman gubernur RIS hampir ganup Siregar, janah homa program ni RIS onde "marsipature huta na be" alani bana gubernur on di, daerah Mandailing maju, hita Simalungun on lang pala piga, adong do nian piga2 tapi "gakni" lang ra mambere perhatian ni. Masa Bupati RP i Simalungun taon 60an, i buka do dalan hun haranggaol-tigaras (17 km), das sonari on lape i padear. Anggo boi namin Bupati Simalungun periode berikut na aima na botul2 lao mabangun Simalungun. Diatei tupa-maaf bani na lebih senior ijon.
  • Dori Alam Girsang gpp lah kalo dia mau pake damanik santai aja.... harga sebuah marga kan sudah tidak ada lagi,semua kita ini bermarga simalungun,hanya tinggal marga ini saja yg menunujukan kalo kita ini simalungun,selebihnya tidak ada lagi...anggo si gatot salih jadi damanik mantap ma ai...daripada hita halak simalungun na marmorga sama sekali lang adong be hasimalungunon na...on do jadi bahan perhatian ta lang si gatot ... na jadi damanik...
  • Berlian Saragih Dori Alam Girsang, setuju tumang lae, na ikhawatirhon hita sondahanon, na sabalikni do use, halak Simalungun domma dong na lang ra mambahen marga ni niombahni bani Akte Kelahiran.... ha ha ha ..... tak ada untung jadi Simalungun, nini.
  • Sortaman Saragih Panggi SS na hun Jorman, ai aha do maksudni postinganmu "B" on. Ai na sensor itongah dalan do on?
  • Amerlan Purba Mau kali marga damanik di oppan-oppani sonarion panokko margape domma dong da.
  • Sarmen Saragih Dori Dori Alam Girsang pakon Berlian Saragih.
    Dipostingan saya Ada saya katakan, kalau memang Kita tidak mau perduli lagi akan peradatan Simalungun .... Terserah banta sandiri do ai.
    Generasi sekarang adalah Faktor penentu bagaimana corak peradatan dimasa depan.
    Kalau generasi sekarang tidak perduli lagi akan Peradatan yang telah disepakati Oleg Nenekmoyang kita, HAL ini adalah sangat menyedihkan.
    Mau dikemanakan System peradatan : 3 Sahundulan. 5 Saodoran ?

    Atau..... Apakah System ini tidak aktuel lagi?
    Atau,,, apa Kita memang tidak ambil pusing lagi akan HAL tersebut?
    Atau... Apakah sudah Ada System Peradatan yang Baru buat Simalungun?
    Santabi tene.
  • Sita Damanik Anak2 MUDA SILAHKAN biar BISa jadi GUBSU .
  • Sarmen Saragih Sortaman Saragih.
    Haha.... Makan dari "B" di Postingan saya adalah singkatan dari perkataan "Brummm..."haha.....

    Brmmmmmm adalah ucapan kekagetan spontan saya Pagi ini, sehariusnya baca Postingan dari tondong Dori Alam Girsang dan Postingan dari sanina Kita Berlian Saragih, yang buat saya Mereka seolah Apatis akan HAL peradatan.
    Karena di Lain pihak, saya mengenal sikap Mereka dari sisi Lain terhadap Kebudayaan Kita.
    Slamat Pagi tene.
  • Sita Damanik OH SONAIDO tene .
  • Sarmen Saragih Tondong Amerlan Purba.
    Anggo ma adong terjadi nasonai... Berarti pembukuan... Pendataan di Negara Kita masih disangsikan do tene.
    Pantas do adong penggunaan Pemilihan Gubsu tene. Hahaha...
  • Oberlin Malau Tulang SS,......sy jg sering bingung membaca koment di MS ini,sering ambivalent......kalo kita memang teguh dgn sistem peradatan simalungun,kita harus teguh pula dengan sistem 3 sahundulan 5 saodoran,artinya supaya bisa masuk ke sistem tsb,otomatis marganya harus 1 dong,.....kemanapun kita pergi tulang pamupus kita tdk bisa berganti kan tulang SS???......
  • Sarmen Saragih Panogolan Oberlin Malau. Memang demikian lah sehariusnya.
    Sehingga Kita bisa Langsung dengan otomatis , bila seseorang diberikan Marga tertentu, melalui kriteria 3 Sahundulan dan 5 Saodoran. Jadinya tidak Ada yang repot kan?
    Yang buat repot adalah Karena Ada oknum / sekelompok dari Masyarakat Simalungun anggap remeh.../ tidak perduli akan peraturan cara mainnya.
  • Deardo Jams Saragih Gatok =Damanik...T.eriadi= Purba....tokkin nari atap ise ma use mandaptar....semua demi kepentingan....biasama..alias solbi=soal biasa.Palar bani na otik....
  • Amerlan Purba Mereka itu kalau dituntut bisa dipidana.....
  • Jarinsen Sumbayak Agepe beteng jabatanni simabalok na ibere marga A misalni, seng halani ai tor dihut homa beteng marga A atap sebalikni ibere marga bani hasoman simbalok tukang beca marga B, seng tor otomatis homa toruh marga B. Malah marga A pakon marga B kemungkinan boi lang marwibawa. Aima anggo mambere marga maningon do tiba dalanni. Horas.
  • Masrul Purba Dasuha Sudahlah tak usah dibahas kalilah ini, semuanya sudah terjadi. Setelah Gatot terpilih jadi Gubsu baru kita heboh, bulan 9 kemarin saat marganya itu ditabalkan tidak ada tindakan dan respon dari kita, setelah lama berlalu baru kita ribut. Nasi sudah jadi bubur, apa yg ada dinikmati sajalah. Kita belum tahu bagaimana kepemimpinannya, kita juga tidak tahu apakah dgn dimargakannya beliau jadi Damanik akan memberi efek positif kepada kemajuan Simalungun, mari sama-sama kita lihat dan kawal kepemimpinan beliau.
  • Julandri Prip Djatama Siringoringo gabung ya,, www.keajaibanfacebook.com/klik/andr1/

    www.keajaibanfacebook.com
    Bisnis online Paling Ekstrem, Keajaibanfacebook.com, buruan bergabung sekarang m...See More
  • Masrul Purba Dasuha Marga Damanik yg kini ia sandang tentunya bisa jadi alat kontrol kita untuk menilai kinerjanya. Semoga beliau bisa membantu kita untuk meluluskan Sang Na Waluh dan Rondahaim menjadi Pahlawan Nasional. Untuk hal ini jangan pernah menyalahkan beliau, karena sudah pasti itu bukan keinginannya. IKEISlah yg murni bermain disitu, kalau mau mengkritik, maka kritiklah IKEIS. Beliau diundang hadir oleh IKEIS lalu dihadiahkan marga. Sebagai seorang pengayom masyarakat, beliau pun menerimanya dgn senang hati.
  • Masrul Purba Dasuha Untuk mengklarifikasi hal ini silakan kita tanyakan pada IKEIS apa tujuan mereka memargakan beliau menjadi Damanik, apakah untuk kepentingan Simalungun atau untuk kepentingan politik yg menguntungkan kelompok/individu. Kalau hal ini terus kita perpanjang yang ada hanya pro kontra. Gatot itu adalah pemimpin Sumut saat ini dan sang pengambil kebijakan, kalau kita banyak protes tak ada keuntungan yg kita dapat yg ada hanya kerugian, kerugian utk orang banyak terutama warga Simalungun yg bermukim di Sumut ini.
  • Masrul Purba Dasuha Bicara adat, bicara prosedur, bicara marwah. Sudah bagaimana kali rupanya kita menjaga marwah dan melestarikan budaya Simalungun selama ini. Apa rupanya yg sudah kita buat untuk menjaga marwah dan melestarikan budaya Simalungun selama kita mengaku berdarah Simalungun. Kondisi budaya dan bahasa Simalungun saat ini sedang kritis, kearifan lokal banyak yang tergerus dan beralih mengikuti kearifan asing. Situs-situs sejarah Simalungun banyak yg hilang dan hancur oleh keteledoran kita selama ini.
  • Masrul Purba Dasuha Mari kita bantu pihak-pihak yg peduli terhadap Simalungun seperti KJS dan lainnya. Mari kita dorong semua kalangan penggiat seni dan budaya Simalungun untuk terus maju, bantu mereka dengan moril dan materil. Jutaan jumlah orang Simalungun di seluruh dunia ini, hanya segelintir saja yg benar-benar peduli pada Simalungun. Selebihnya hanya pandai berteori dan memberi kritik, padahal apapun tak pernah dibuatnya. Buat apa mengaku Simalungun kalau selama hidupnya tak memberi manfaat apapun utk Simalungun.
  • Masrul Purba Dasuha Identitas kesimalungunan semakin hari semakin terkikis dengan banyaknya orang yg malu ber-Simalungun. Mari buka mata dan hati kita, lihat di Dolog Silou, Silimakuta, Bangun Purba, Gunung Mariah, Talun Kenas, dan Sinembah sana Simalungun sudah banyak yg salih jadi Karo. Di Parapat, Dolog Pardamean, Haranggaol Horisan, Dolog Panribuan, Tanah Jawa, dan Jorlang Hataran banyak orang Simalungun yg salih jadi Toba. Lihat di Simalungun bawah dan hilir sana banyak orang Simalungun yg salih jadi Jawa dan Melayu.
  • Masrul Purba Dasuha Hal itulah saya rasa yg sangat urgen untuk kita sikapi dan perhatikan. Bukan hal-hal yang tidak memberikan hasil apa-apa. Data sensus penduduk tahun 2010, populasi warga Simalungun di Sumut hanya 1.04 %, kalah jauh dari suku Karo yg berjumlah 5.09 % yg di dalamnya banyak orang Simalungun yg mengaku Karo. Jumlah warga Melayu 5.86 % yg juga didalamnya banyak orang Simalungun dan warga Batak 25.62 % yang didalamnya juga banyak Simalungun yg beralih jadi Toba. Jumlah kita bahkan kalah dengan org Cina 2.71 %.
  • Jsm Damanik @lawei Masrul Purba Dasuha ; Saya menanggapi semua komentar ini ;
    1. Semua komentar tidak sesuai dgn situasi dan kondisi yg sebenarnya (obyektifitas) dari pemberian marga damanik oleh ikeis kpd sdr gatot p.
    2. Semua komentar timbul sbg respons dari pertanyaan atau pernyataan seseorang yg dilemparkan di post ini tanpa mencari sedikitpun tentang keterangan, sehingga memancing adanya pendapat yg bermacam macam yg semakin jauh dari makna sebenarnya, bahkan menjadi seperti seseorang yg meludah keatas akhirnya kena muka sendiri.
    3. Seseorang yg memberikan suatu penilaian atau memberi arti terhadap sesuatu obyek tanpa reff, metoda, tehnik melalui cek/konfirmasi /klarifikasi, rekonsiliasi, observasi, verifikasi dan hanya dilakukan secara terka / duga / anggapan atau penilaian berdasarkan kacamata / cara pandang masing2 sdh barang tentu pendapat itu adalah bisa dikatakan prematur, tdk mendasar dan jauh dari kenyataan.
    4. Pemberian marga tersebut atas pertimbangan para tokoh Ikeis dgn tujuan bersifat strategis bagi kepentingan Simalungun dan pak gatot selaku pejabat gubsu. (Tujuan strategis ini bersifat rahasia, namun bagi yg ingin mengetahui dapat menghubungi pengurus Ikeis di Medan)
    4. Himbauan saya kepada kita semua, hendaklah kita membangun jiwa yang lebih besar dengan wawasan yg lebih luas.
    Diateitupa, horas
  • Jsm Damanik @lawei Masrul Purba Dasuha ; Saya menanggapi semua komentar ini ;
    1. Semua komentar tidak sesuai dgn situasi dan kondisi yg sebenarnya (obyektifitas) dari pemberian marga damanik oleh ikeis kpd sdr gatot p.
    2. Semua komentar timbul sbg respons dari pertanyaan atau pernyataan seseorang yg dilemparkan di post ini tanpa mencari sedikitpun tentang keterangan, sehingga memancing adanya pendapat yg bermacam macam yg semakin jauh dari makna sebenarnya, bahkan menjadi seperti seseorang yg meludah keatas akhirnya kena muka sendiri.
    3. Seseorang yg memberikan suatu penilaian atau memberi arti terhadap sesuatu obyek tanpa reff, metoda, tehnik melalui cek/konfirmasi /klarifikasi, rekonsiliasi, observasi, verifikasi dan hanya dilakukan secara terka / duga / anggapan atau penilaian berdasarkan kacamata / cara pandang masing2 sdh barang tentu pendapat itu adalah bisa dikatakan prematur, tdk mendasar dan jauh dari kenyataan.
    4. Pemberian marga tersebut atas pertimbangan para tokoh Ikeis dgn tujuan bersifat strategis bagi kepentingan Simalungun dan pak gatot selaku pejabat gubsu. (Tujuan strategis ini bersifat rahasia, namun bagi yg ingin mengetahui dapat menghubungi pengurus Ikeis di Medan)
    4. Himbauan saya kepada kita semua, hendaklah kita membangun jiwa yang lebih besar dengan wawasan yg lebih luas.
    Diateitupa, horas
  • Brayan Munthe Lawei Jsm D@ wajar bila informasi pemberian marga ini direspon pendapat yang bermacam-macam, harus maklumlah yang naggapi kan halayak, namun halayak dlm tanda kutip adalah dalam lingkar ahap hasimalungunan/tolu sahundulan. Jangankan halayak, wartawan saja dlm suatu peristiwa bisa menggapinya tdk sesuai dengan kejadian sebenarnya apabila informasi yang diterimanya kurang jelas. Kalau demikian, dlm polemik informasi yang menurut Lawei Jsm D, disini siapa yang salah? khalayakkah, atau IKEIS? Apakah halayak yang harus bertanya ke IKEIS,atau IKEIS yang harus menjelaskan polemik ini kepada publik? Kalau menurut saya setiap organisasi punya tanggung jawab moral kepada publik, itu dalam civil society, entah kalau dalam konsep menara gading, . . . dimana kaula harus mengucap tabik tuanko ampun beribu ampun hamba . . .
  • Sarmen Saragih Terlepas dari Mas Gatot yang di Damanikkan.

    Brayan Munthe.
    Memang demikianlah adanya,kalau masih mau paham akan falsafah hidup Simalungun.
    3. Sahundulan ...5 Saodoran.
    Yang artinya Klartext : Setiap kelompok Saling menghormati kelompok lainnya Sidamanik kelompok Besar yang 3Sahundulan dan 5. Saodoran.
    Bila 1kelompok mau berbuat / mengadakan satu aksi yang berhubungan dengan peradatan. mempunyai kewajiban memberitahukan niatnya /aksinya kepada pihak yang pantas mengetahuinya.
    Ulangma nian adong na sembarangan mangkorjahon horja Adat. Anggo hurang tangkasdo pambotoh. Marpanukkun ma nian hubani pihak na baik boru tene. Ase boru on mandalankon horja sebagai Manager.
  • Amerlan Purba Duit duit halani duit....marhorja pe diri halani duit. Marjualanpe halani duit (sosok laguni jhon e.s).
  • Nurdin Damanik Sarmen Saragih;saya merasa terlalu dlm mengertikan adat pemberian Marga itu.Yg Sarmen utarakan disini menurut saya adalah menjalankan Adat pernikahan yg selalu tertulis dlm undangan seperti,setelah selesai pemberkatan kita ber sama2 ke gedung pasahathon adat na gok na hombar tu ulaon i.Pemberian Marga ini kalau saya mengertikannya sama seperti kalau orang tua kita mang upa2i hita dengan dayok na binatur.oder ?wie meinst du..........
  • Asan Damanik Simalungun sdh lama "sakit" akibat materialisme dan pragmatisme. Simalungun kini hanya memerlukan TOKEH bukan TOKOH. Habonaron do Bona hanya diomongkan (dikotbahkan) dengan harapan orang lain yg mendengar (umat) yg melakukan kemudian yg mendengar tadi berkotbah lahi ke yg belum mendengar itu dengan harapan pendengar baru itu mau melakukannya, namun yg sdh mendengar itu juga berkotbah lagi ke orang lain dengan kalimat Habonaron do Bona..begitulah seterusnya kotbah itu sering bergema dan terdengar tanpa pernah ada yg mau mengerjakannya atau mencobanya. Sialnya lagi yg mengkotbahkan Habonaron do Bona itu ketahuan dan selalu melakukan PARRIAH-RIAHON DO BONA, POLITIKDO BONA, DUITDO NAMARKUASA.
  • Asan Damanik Kalau Damanik dan turunannya cukup jeli dan mendengar pesan nenek moyangnya DAMANIK-lah yg hrs selalu di garis depan mengerjakan HABONARON DO BONA itu. Karena apa??? Lihat sejarah dan baca sejarah Raja dan Kerajaan yang ada di Simalungun kalau mau mulai dari Kerajaan Nagur. Coba diteliti sebenarnya dari siapa/mana filosofi Habonaron do Bona itu berasal dan raja marga apa di Simalungun yg selalu konsisten paling tdk berusaha mempraktekkan itu.
  • Asan Damanik Adakah Raja dan Turunannya misal dari Siantar (Damanik) yg pernah mengorbankan rakyat dan perasaan rakyatnya??? Adakah cerita Raja-Raja Siantar yg jelek di mata rakyatnya?? Pernahkah Raja Siantar buat trikl-trik yg mencelakakan Raja-Raja marga lain di Simalungun? Mari kita Damanik refleksi diri...Raja-raja Damanik itu tdk satupun yg menjalankan pemerintahannya yg melukai hati rakyatnya.
  • Asan Damanik Sekali lagi, tahukah Damanik bahwa marga lain dan penulis sejarah Simalungun sampai mengartikan DAMANIK itu sebagai SIMADA MANIK?? Simada kebijaksanaan?? Yg memiliki Pengetahuan luas dan mendalam?
  • Riahman Saragih Turnip Berarti jdi Gatot lubis damanik..
  • Berlian Saragih Sanina Sarmen Saragih, na humaksud, anggo adong ope halak na legan na ra mamakei marga SISADAPUR ai,malas do uhurhu, halani nuan on buei ma na sabalikni tarjadi. Sapari margani Saragih do, tapi nuan domma gabe Simarmata, Napitu, Siallagan, Sidabutar, Sitanggang. Sapari margani Damanik do tapi nuan domma gabe Manik, Malau, Gurning ampa Ambarita. Sapari margani Sinaga do tapi nuan domma gabe Haloho, Sinurat, Silalahi. Sapari margani Purba do tapi nuan gabe Manalu, Simamora, Sihombing , pnl. Sapari ompungni marga Saragih, Damanik, Sinaga atap Purba do, tapi nuan seng dong be margani. Tapi dong do homa na sapari ompungni halak Sina do tapi sidea saompung totap do mamakei marga Sinaga, pnl. Nuan dong Gatot gabe marga Damanik buei na mungut-ungut (marsahap dompak seng dong). Au sandiri, anggo adong Bonggali, Sina, Bulanda, Nippon atap Papua na ra mamakei marga Saragih maaaaaaaalasss tumang do uhurhu. Nai ma ahu. Naha ham sanina, antigan do ham dihut gabe Simarmata ?
  • Jsm Damanik Au pe songon ham ai do tulang, maaallllaaaasS tumang uhurhu, martambah hasoman, bahat masukan....
  • Masrul Purba Dasuha Anggo au na husedihkon bahat halak Simalungun na jadi Karo i Dolog Silou, Silimakuta, Bangun Purba, Gunung Mariah, Silindak, Huta Rih, Talun Kenas, dll. Nai homa i pesisir Danau Toba das hu Tanoh Jawa kon Bosar Maligas. Ihutanami Simalungun bawah buei na jadi Melayu pakon Jawa janah deba nari jadi halak Indonesia. On do na jadi bahan pikkiranhu, mase halak Simalungun buei na maila marsimalungun. Padahal au na hapit do kondisinami i Simalungun bawah antar Toba pakon Jawa tapi tong do hujaga hasimalungunanhu.
  • Asan Damanik Lalap lang itangkap inti persoalan, anggo boi naminsab tanoh on mamakei marga Simalungun malas tumang uhur, TAPI PROSESNYA HARUS BENAR KALAU ITU YG DIMARGAKAN, KALAU ALAMIAH (GENETIK) YA LAHIR DARI KELUARGA YG BERMARGA ITU SENDIRI. Banyak yg mencoba mengacaukan inti persoalan dan yg dipersoalkan dalam diskusi ini dan postingan saya sebelum status Sortaman Saragih ini. PROSES do naiparsoalhon ijon (secara genetik atau adat/diadatkan?) Kalau diadatkan SIAPA BAPAKNYA (TENTU MARGA DAMANIK). Bukankah ANEH ketua sebuah organisasi yg menberikan marga???
  • Randi Saragih Salah satu hal yang perlu dipertanyakan adalah, Mengapa pemberian marga dilakukan di saat akan diadakan nya PILGUBSU ?
    Mase ma lang mulai hinan tene ,,,
    Jadi menurut au porlu i rimang-rimangi hita, ase untuk hu lobeian ari lang ma urah tu hita melakukan hal2 yang sebenarnya mambaen hita Sesama HALAK SIMALUNGUN "lutu" halani halak na legan ,,,
    Yah mudah2 ma homa tene, lang gabe "goru-goru" Marga Simalungun i lobei halak na legan

    Anggo hita, ise use ,,,
    Horas ...
  • Sita Damanik Tongondo HAM ai .
  • Sita Damanik Tongondo Ham ai SANINA NURDIN DAMANIK .
  • Sita Damanik TONGON tumangdo HATORANGAN ni PANDITA BERLIAN SARAGIH ai .
  • Sarmen Saragih Horas Gutenorgen Nurdin Damanik.
    Nahubotoh, soal mambere Marga,( Age Marga Aha ) , termasuk hu mandalankon Adat Nagok do. Lang horja sada keluarga tumang . Maningun dohot do tutur / keluarga nalegan. Adong do bereanni ai ganupan. sekali gus, ase marsitandaan ganupan pakon keluarga ni namambere Marga ai . Jadi ibotoh ma ise saninana,botouna, namboruna, tondongna, boruna dst.

    Anggo na mangupaupai, lang pala sonai Report na. Janah ,anggo resmi do mardalan paradaton pamberean Marga Hube seseorang, berhak penuh ma bana ikut aktiv dalam jjalannya peradatan .

    Jadi berbeda do pemberian Marga dohot Mangupaupai.

    On do peradatan na ongga. nahubotoh .
    Lain kalau peradatan sudah Ada perobahan.

    So Nurdin . Kontext yang Kita bicarakan adalah peradatan. Jadi terlepasdo humbani Privatdozent ni Mas Gatot.
    Hanya , Karena permasalahan yang Kita bicarakan Ada hubungannya dengan Mas Gatot,dan terjadi/ Info HAL banyak diketahui menjjelang Pemilihan GubSu.
    Dalam permasalahan yang Kita bicarakan , istilah "Penderita do anggo Mas Gatot.
    Objekt permasalahan adalah Adat./Per Adatan horasma.
  • Sarmen Saragih Mär Pagi Sanina Pdt. Berlian Saragih.
    Balosni hatorangan mu ai , huanjurhon, basa saninakkuma Postingan ni Asan Damanik.
    Copas:

    Lalap lang itangkap inti persoalan, anggo boi naminsab tanoh on mamakei marga Simalungun malas tumang uhur, TAPI PROSESNYA HARUS BENAR KALAU ITU YG DIMARGAKAN, KALAU ALAMIAH (GENETIK) YA LAHIR DARI KELUARGA YG BERMARGA ITU SENDIRI. Banyak yg mencoba n inti persoalan dan yg dipersoalkan dalam diskusi ini dan postingan saya sebelum status Sortaman Saragih ini. PROSES do naiparsoalhon ijon (secara genetik atau adat/diadatkan?) Kalau diadatkan SIAPA BAPAKNYA (TENTU MARGA DAMANIK). Bukankah ANEH ketua sebuah organisasi yg menberikan marga???"

    Tambahni ai sanina Pdt.Berlian Saragih. Basa ma Postingan hu naiats, na mambalosi Postingan ni Nurdin Damanik.
    Horasma.
  • Sita Damanik BAHAT DO hutandai JEMAAT2JERMAN PATNER NI G K P S TA ON NAMARMARGA SIMALUNGUN, DONG PURBA ,GIRSANG .DAMANIK ,SARAGIH PAKON NALEGAN tene SENGDONG PALAGAN iCAMPURI SIBOTOH ADAT CUMA SADA2 KELUARGADO MAMBAHEN MARGA AI MANANG WANITA2 G K P S SENGDONG PALA MARADAT2 CUMA KEMAUAN PRIBADI2 DO .NAIMA .
  • Sarmen Saragih Tambahan mambalosi sungku2 ni.
    Sanina Pdt. Berlian Saragih.
    Humbani Don adong au, margangku das bani sadarion: Saragih Simarmata Pardosi.
    Antigan au Polin Mamake Marga Simarmata..... barang Mamake Pardosi tumang?,, ai lang binotoh dope. Hehe . Halani perobahan , Prosesdo.

    Homani.
    Sapari, lang ibotoh hita Aha marganta tene. Halani Manurut dugaan Sejarah , Han India Belakang do gan adala tene.
    Jadi... Ida hitama. Tapi marpikkir do diri, halani Marga ku sisonarion Saragih Simarmata Pardosi, marosu do diri Torus. Hehe...
  • Sita Damanik TAPI itekanhon HAM KAN MARGA SARAGIHNI AI do KAN lang IHATAHON HAM PITAH SIMARMATA PARDOSI .
  • Sarmen Saragih Lae Sita Damanik.
    Au berüendapat. Naulang ma ai anggo asal2 ibaen Marga ni jolma . Tarlobih na lang Mahakuasa Mamake Marga/ Goran ai. Janah... Ulang ma nian hita on songon si Moleole. Hehe....
  • Sita Damanik NAIMA tongon .
  • Berlian Saragih Lae @Asan Damanik , sapari pe huahap lang pala dong acara mambere marga i Simalungun on. Na mangihuti Toba do hita sondahan on dong mambahen acara adat mambere marga. Sapari tinggal pilih do hansa ai.
  • Berlian Saragih Sapari, dong hasoman roh hun Samosir. Isungkun Tuan ma ia atap ahadomargani. Balosni gan: Silalahi do tuannami. Roh ni tuan ai ihatahon ma ibagas gila:Ai ho hansa dalahi gatni? Dob ai lang Silalahi be gan margani hasoman ai, gabe Sinaga maia use. .... Dong homa na roh, margani nini : Simarmata. Ai pitah ho do na marmata? nini tuan. Dob ai gabe Saragih ma ihatahon margani. Sonai do hansa halak na roh marsitukar margani bei. Lang pala manurduk demban ampa manghioui.
  • Amerlan Purba Tokkinai lang pitah marga ijual dihutma hudon haha...
  • Nagurata ha..ha... Ramai juga bahasan ttg pemberian marga. Kebetulan ada beberapa pendeta disini , tanya kalau disamakan dalam agama pemberian marga kira kira sama dengan di baptis atau sidi atau apa kira kira. ha.. ha...
  • Nagurata Ha...ha...kebetulan ada dokter juga, bagaimana menurut dunia kedokteran persamaan pemberiaan marga, ada corpus allienum yach, benda asing di dalam tubuh ,bisa juga kosmetik kali.ha..ha...
  • Saragih Sahala Tuah Dengan kemajuan zaman, lama-kelamaan pemberian marga ini mungkin seperti pemberian gelar 'Doktor Honoraris Causa [HC]', karena yang diberi puunya kontribusi ?
  • Sarmen Saragih Antiganddo hita Simalungun boi Maju???????
    Ai mulakma hita bani Prinzip zaman Kuno?
    Apakah warga Simalungun telah mengadakan kesepakatan?????
    Masema misalni Saragih Sumbayak Garingging , Damanik pakon na legan ope Mulak use hu Marga ni Hals k Imdias??? Marga Sing misalni. Khan dst. Hehe ...

    Kembali ke Laptop.
    Anggo lang salah Tahun 60an (65??). Ma adong kesepakatan melalui Seminar soal peradatan Simalungun tene.
    Anggo salah, padearhon nasiam .
  • Sarmen Saragih Bicara soal Politik.... Bicarakan soal Politik.
    Bicara soal Adat.... Bicarakanlah soal Adat.
    Karena setiap bidang punya kriteria dan makna , tujuannyan tersendiri.
  • Saragih Sahala Tuah Dinasty Nagur Ha...ha.... Kalau dari pandangan sains bagaimana, ada rumus baru didapat, dari pandangan politik lagi , dari pandangan ekonomi ha... Ha...
    3 menit yang lalu melalui seluler · Suka

    ---->> Horas........ Saya bukan politikus maupun ekonom, namun saya akan coba untuk menjawabnya. Kalo dari sudut pandangan politik tujuannya mungkin untuk menambah jumlah calon pemilih atau dukungan, sementrara dari sudut pandang ekonomi bertujuan untuk menambah jumlah pemberi 'tuppak' [untuk rugi selalu diperhitungkan] minimal BEP.
  • Masrul Purba Dasuha Dong hasomanku hinan tikki kuliah morgani Purba Tambak par Silou Dunia, anggo parjai ai seng pala hita raguhon be naha hasimalungunonni mulai budaya pakon sahapni. Bapanggini dong na jadi dosen Sastra Batak i USU. Dokah ma hanami marsaor, bani sada panorang rombang ma hanami lahou hu Berastagi marrohi Mubes HIMAPSI, jadi sanggah santei-santei marbuali ma ia pakon sada halak Sina na baru itabalhon marga Simalungun. Ipatorang halak Sina on ma hubani bahasa na baru masuk Simalungun do ia.
  • Sarmen Saragih Haha... Sependapat dengan sanina Saragih Sahala Tuah...
  • Masrul Purba Dasuha Hutangar do parbualanni sidea ai halani au hundul seng pala daoh humbai sidea. Jadi marbalos ma saninakku na par Silou Dunia on, nina ma: "Oppungku pun dulu orang Cinanya, pada zaman kemerdekaan ia terancam dan diburu orang, terus sampai dia di kampung kami, dia menceritakan masalahnya dan masyarakat setempat pun menolongnya dan memberikannya marga dan jadi bagian keluarga Simalungun. Ia kemudian menikah dengan boru Saragih, ayahkulah anaknya". Dob manangar ai tarsonggot tumang do au, otik pe lang husangka.
  • Masrul Purba Dasuha Anggo ia Simalungun blasteran, halani marsahap Simalungun pe ia fasih tumang, ibotoh nassiam naha parsahapni par Silou Kahean sekitarni. Dob hubotoh ia keturunan Sina hupasip do rossi sondahan on, halani seng sodap huahap anggo mambukkar-bukkar masa lalu. Ia nuan jadi anggota KPU Kabupaten Batubara, anggo dong nassiam na manandai. Jadi sonai ma sipata hita Simalungun on, halak na i Simalungunhon do sipata na lobih cinta dan merasa memiliki Simalungun daripada org Simalungun asli yg banyak teori.
  • Dedi P S Poerba Memang tidak salah pepatah yg mengatakan "Jadilah dirimu sendiri walaupun itu sulit.'' Sangat sulit menyatakan bahwa manusia memberi karena tidak ada maunya. Kata siapa? Sangat sulit menyatakan bahwa manusia menerima karena memang tidak ada maunya. Tapi memang semua karena ada maunya, dan jangan berdusta. Utk apa kita menyatakan aku cinta padamu utk seseorang kalau kita tidak menginginkannya. Sama sajalah dengan pemberian marga ini. Di postingan sebelumnya saya sudah berkata "Terkadang, terlalu angkuh yg punya marga ini. Sehingga sekonyong2 memberikannya utk orang lain. Apa yg mau hendak dikata jika tadi Org Jawa dalam hal Mas Gatot punya marga. Masih kah kita memberikan marga utk dia. Jika tetap memberikan marga, sama saja kita dan beliau tak menghormati perbedaan di antara kita. Tak menghormati keluhuran warisan adat nenek moyang masing2. Biarlah Gatot jadi dirinya, jadi orang Jawa yg sukses memimpin Sumut. Mungkin beliau juga bila punya hati yg luhur terhadap nenek moyangnya sangat tersiksa dengan pemberian ini. Tapi apa yg mau dikata, dia mau Jadi Gubernur yg kenyataan di tanah leluhur yg bukan leluhurnya. Jokowi saja hanya diberi gelar abang sama orang Betawi begitu juga dengan Sutiyoso. Tidak gelar Pangeran seperti yg dimiliki Pangeran Jayakarta sang pendiri kota Jakarta ini. Begitu dengan Inggris hanya memberi gelar Sir kepada orang2 berjasa, tidak dengan Duke atau Duchess. Gelar kehormatan di Simalungun ada yaitu Panglima Goraha, Pangulu Balang, dll. Gelar Raja, Tuan dan apalagi Marga adalah sesuatu Sakral dan luhur dari warisab leluhur Simalungun. Dengan Hal itu beri saja Mas Gatot gelar Panglima Goraha Gatot Pujo Nugroho, karena dia akan memimpin Sumut yg Simalungun merupakan bagian dari hal itu. Diatei Tupa.
  • Saragih Sahala Tuah copas.......... Gelar kehormatan di Simalungun ada yaitu Panglima Goraha, Pangulu Balang, dll. Gelar Raja, Tuan dan apalagi Marga adalah sesuatu Sakral dan luhur dari warisab leluhur Simalungun. Dengan Hal itu beri saja Mas Gatot gelar Panglima Goraha Gatot Pujo Nugroho, karena dia akan memimpin Sumut yg Simalungun merupakan bagian dari hal itu. Diatei Tupa.
    9 menit yang lalu · Suka

    ---->>> Siapa pemberi dan siapa2 saja yang sudah pernah menerima gelar tersebut ?

    diatei tupa...........
  • Ade Farnan Saragih Hidup Damanik.....hidup GATOT
  • Saragih Sahala Tuah Dinasty Nagur Pak Dokter, belum membahas dari segi kedokterannya
    beberapa detik yang lalu melalui seluler · Suka

    Saya bukan dokter........ namun kalo dari segi medis pemberian marga tersebut akan mengurangi 'jatah' calon pacar. Karena lama2 gen penerima marga tersebut akan mendarah daging, sehingga yang satu marga dengannya tidak bisa lagi berpacaran/menikah.

    [canda dotcom]

    Bagaimana menurut pendapat dokter benaran ?

    wkwkwk...wkkwk
  • Dedi P S Poerba Anggo sonari lang hubotoh ise na i bere gelar ai, karena Simalungun tidak mengenal pemberian gelar marga. Songon nani hatahon Tulang berlian ai do sapari. Anggo roh toba iboan margani, siluk igattih nai tumang dassa. Tapi anggo namarjasa janah pangurupi ni Raja, dong do gelar kehormatan ni. Songon Pdt. J. Wismar sapari sebelum jadi Sikolah Pandita ia, Pangulu Balei do ia i Pamatang Raya. Ase mandilo atap manggoran si pe, seng si Jaulung be, tapi Pangulu Balei do.
  • Sarmen Saragih Tondong Dedi P S Poerba.
    Huahap permasalahan na ibicarahon hita lang Masalah sapari.
    Nai permasalahkon Sima sesuai peradatan sonari do.
    Aipe. Anggo ihatahon nasiam: lang iakui nasiam be peradatan na Dung isepakati orangtuanta/ompung ra... Ai legan soal ma kan?

    Anggo sonaido pendapat nasiam,, teruskan Saja.
    Jadi bisa ditera akal, seperti Kontext ni Status maupun Üostingan ni lae/ tondong Masrul Purba Dasuha, napajojor hon bahwa. Bahat halak lang parduli Marga sendiri be. Anggo ra do nasiam, dilakukan.
  • Dedi P S Poerba Lang ma da masalah sapari tulangku, tapi berpotret kepada masa lalu. Adakah hal demikian diberlakukan oleh nenek moyang kita pada masa lalu. Itu yg aku maksud Tulangku. Kalau ada hal demikian (pemberian marga) sekarang ini, berarti kita membuat sesuatu yg baru ( manombei anggo nini hita Simalungun). Kan jelas do huhatahon ijin, na pasal mambere gelar dong do i Simalungun aima gelar Pangulu Balei, Panglima Goraha pakon nalegan tapi perihal memberi marga (mangampeihon istilah Simalungun) adalah suatu perihal sakral. Cth. Anggo mamboli niombah sada2 keluarga halani lang dapotan tuah, iadathon ma pangampeian marga ai. Mulai sadari ai das ronsi matei siampei (sijalo) marga pakon ganup ginomparni (anggo dalahi) maningon mamboban marga ai. Legan use anggo mangalop boru sin leban diri (dalahi) na lang adong manandai istilah marga, iadathon ma boru aha nanialopan ai. Ise ma homa nagabei orangtua pangampeian ni, ipaunjuk ma bani panorang ai. Jadi jelas ma menurut au, ai ma prinsip hu mengenai marga on. Ada perihal2 tertentu yg mengharuskan itu diberlakukan. Ulang asal i pambere i naminei. Nanidah rumei pakon dalanni ase ulang kahou, nini ompungta sapari.
  • Sarmen Saragih Santabima tondong Dedi P S Poerba. Anggo sonai do,sepaham do hita ai go naido tene. Au haru do pangahap,anggo adong sijolomon na i sepakati keluarga besar Simalungun,hape lang ipardiateihon bahat jolma sonarion. Dungma adong sijolomon ,hape lang i praktekhon...malah anggap remeh dalam palaksanaani... :((
    Lain hal nian anggo adong kesepakatan na baru i putushon keluarga besar Simalungun... , ai lain soal ma use .
    Ai anggo boi do uhur uhur mambere sada Marga bani halak /hasoman... ,tanpa memperhatikan cara main... kan mambaen geor do ai?
    Adong dohoma kalimat namangkatahon kira2 sosnon. Dear/bujur marsanina... Hormat mar tondong ,.... Elek marboru nini... ( Anggo hurang dear/salah... tolong padear nasiam tene).

    Jadi... tutur Boru pe,age seksi repot sidea...,kan porlu do elekon./hormatan... Ai anggo lang i hargai hita Borunta misalni... ija ra nasida mandalankon/mngkorjahon horjanta?
    Maningun mar si hormatan do na martondong maranakboru tene..
  • Asan Damanik Tulang Berlian Saragih anggo sonai boi itambahi sada nari Tulang proses pemargaan (sonai homa manurut ceritani Masrul Purba Dasuha ai) selain: (1) marga secara genetik/otomatis, (2) imargahahon resmi secara adat halani jadi anak angkat atau halani pernikahan, boi hape (fakta) na patoluhon (3) terpaksa karena terancam jiwa dan nyawanya yg prosesnya tanpa ada acara prasyarat khusus/tdk ada acara adat. Kalau yg dikerjakan IKEIS itu masuk kelompok mana??
  • Nurdin Damanik Amang Asan Damanik;saya kira yg di laksanakan IKEIS ini adalah seperti reklame utk mendapatkan sesuatu.Kalau saya tidak salah pemberian Marga ini sudah terjadi bln September 2012,dan inilah hasilnya Pak Gatot menang dlm pilkada Gubsu.Yg memberikan marga itu saya kira bukan Damanik,tetapi IKEIS yg kebetulan mungkin marga Damanik yg berkenan bagi Pak Gatot.Andaikata diskusi atau pembicaraan seperti ini terjadi sebelum pemberian Marga itu,saya yakin beliau tidak akan menerima,dan IKEIS pun tidak akan memberikan Marga itu.Marilah kita sama2 melihat hasilnya selama kepimpinannya di SUMUT apakah jadi kebanggaan bagi IKEIS yg memberikan Marga itu,atau jadi bahan diskusi lagi seperti saat ini.bersama hormat dan diatei tupa.....
  • Sarmen Saragih Guten Tag Herr Nurdin Damanik. Haha..
    Persoalanna antong lang soal si Gatot.Dan permasalahan pemberian Marga Damanikitu baru muncul di FB ini 2..3 hari sebelum PilGubSu.
    Dan masalahnya yang saya lihat,secara resmi dari pihak Keluarga besar Damanik tidak ada yang menyangkal.
    Walaupun banyak yang berpendapat bahwa hal itu adalah urusan IKEIS.. Menurut saya tindakan itu adalah tidak menghargai Keluarga Besar Damanik dan tondong dan boru dari Damanik... Malah banyak dari marga Damanik (di FBini,malah merasa bangga akan kejadian tersebut. Atau katakan lah ... seolah olah masa bodoh...,seandainya marga Saragih yang diberikan dengan cara murahan... pasti saya juga tidak merasa nyaman,karena tidak menghargai/mengabaikan Boru ,Tondong dan lainnya... Dimana sebenarnya,sebelum terjadi pemberian Marga.lebih dahulu di informasi Keluarga besar yang bersangkutan dengan Marga yang mau diberikan . Di sebut kesepakatan / Adat.
    Soal apa maksud dari pemberian marga tersebut.... kita bisa lukiskan bermacam gambar diatas kertas. Ap itu benar atau tidak ...terserah yang melukiskannya do kan??? Hanya pihak yang memberikan Marga itulah yang serba tahu akan tujuannya.
    Sebenarnya ,soal Prinsip do yang kita bicarakan...
  • Asan Damanik soal siapa yg menang dan siapa yg dapat keuntungan dari itu tdk menjadi persoalan/masalah bagi saya. kalaupun seseorang menang pilkada atau legislatif paling lama 5 tahun duduk di kursinya kalau tdk jatuh...maju mundurnya sebuah daerah dan juga peradabannya ditentukan oleh masyarakat itu sendiri bukan ditentukan pejabatnya yg hanya 5 tahun jadi pejabat. Kita berharap di kemudian hari MARGA janganlah dipermainkan (dibuat mainan murahan). Kalau orang tertarik pada seseorang itu HAK ASASI tetapi kalau MARGA ada orang lain juga sebagai pemiliknya (tdk sendiri). Misal seseorang (sebut saja si G) merasa dibantu/tertolong oleh si X, maka boleh berikan apa saja kecuali Marga dan kalau hrs marga ya ikutilah prosedur adat yg umum dikerjakan orang sekampung kita. MIsalnya, berikan saja putri/anak gadis utk dinikahi si X tsb. Kalau si X tdk bermarga ya cari Mangklelanya boru/gadis yg bakal jadi isterinya si X itu ya itulah yg diberikan ke si X sebagai marganya. Bukankah sekarang boleh beristeri banyak??? Nanti kalau ada marga Y juga tertarik sama si X itu berikan lagi anak gadis/boru bermarga Z dan cari mangklelanya si marga Z tsb dan berikan itu marga Z ke si X tsb....semakin banyak isterinya si X (yg sebelumnya tdk bermarga)i semakin memungkinkan banyak marganya si X tersebut dan sah secara adat.
  • Nurdin Damanik Oleh karna prinsip itulah yg saya maksud,andaikata pemberian Marga itu di bicarakan sebelum di berikan,mungkin tidak terjadi pemberian Marga itu.Banyak kali hal2 yg tidak sesuai dng prinsip terjadi sekarang ini,misalnya mangulosi calon,menuci kaki calon seperti yg dilakukan Jesus pada murid2Nya,dan lain dan lain.
  • Girsang Mhle Hmm . . . . . . . . . .Nai Homa Do Tene . . . . . .
  • Asan Damanik Bapatua Nurdin Damanik, kita berharap hal semacam itu tdk terjadi lagi dan kalau terjadi harusnya dikenakan sanksi adat.
  • Girsang Mhle Porlu Tene Jadi Bahan Pertimbangan Bani Hita Haganup SIMALUNGUN, Parlajaron Na Ponting Ma On Bani Hita Generasi Muda Tene.
  • Nagurata Marga Damanik adalah marga yang mumpuni
  • Asan Damanik Benturan itu kadang perlu untuk mencari yg mana yg asli. Misal ada orang mengaku punya batu padahal yg dia punya tanah liat maka perlu dilakukan uji benturan agar sipemilik yg mengaku punya batu tsb yakin bahwa miliknya itu hanyalah tanah liat. Dalam Fisika, benturan dan hamburan dipakai untuk memperoleh informasi apa yg sebenarnya terjadi dan esensi apa yang mengendalikan sesuatu sehingga dapat diketahui dan digunakan untuk tujuan tertentu (bermanfaat).
  • Sarmen Saragih Haha... memang aido Nurdin Damanik. Dasar saya begitu intensiv mengikuti hal ini adalah berdasarkan Prinsip. Kita ada aturan Adat... mari kita jalan kan Adat itu...

    Sama halnya dengan Pemerintahan..
    Negara kita Republik Indonesia punya UUD/UUP/PP dan banyak lagi.... Mari kita patuhi semuanya peraturan ,supaya kita bisa ikut membangun Negara kita... menuju Negara Makmur seperti Negara lainnya..

    Yang penting lagi... Kita harus belajar konsekwen... jangan lah seperti istilah Simalungun: Ulang ma ho songon si Moleole.

    Si Moleole adalah sejenis tumbuhan lalang...yang selalu merunduk bila angin berembus... Moleole merunduk selalu ke arah kemana angin berembus..... selalu menyelamatkan diri sendiri,tanpa punya prinsip yang mapan...
    Saya juga mengharapkan agar tidak terulang kembali perbuatan yang demikian.Karena perbuatan yang demikian adalah perbuatan yang tidak perduli akan kerabat masyarakatnya dalam pergaulan seharihari...

    Bahkan saya pribadi...mengharapkan satu pernyataan dari kumpulan IKEIS kepada Keluarga Besar Damanik/Ihutan Bolon Damanik harus ada...(karena marga menyangkut Damanik) Dalam pergaulan Masyarakat kita butuh "Fair Play"... Horas.
  • Asan Damanik belajar dari kasus ini, saya lebih mengharapkan adanya semacam kesepakatan (baik tertulis maupun tdk tertulis) dalam diri Simalungun bahwa marga itu sesuatu warisan unik dan bernilai genetik, adat, dan budaya yang sangat tinggi sehingga tdk lagi dijadikan sebagai alat tawar-menawar di kemudian hari. Kalau ada yg bebal nekat melakukannya, otoritas adat menjatuhkan sanksi adat. Komentar dan postingan selama ini sudah cukup banyak dan lebih dari cukup bagi saya (juga bagi yg lain yg turut berkontribusi dalam debat/diskusi ini) untuk menilai dan mengambil sebuah kesimpulan. Benturan dan Hamburan (Collision and Scattering) sudah terjadi di debat/diskusi kita selama ini, ini pertanda kita punya kepedulian akan apa yg terjadi di sekitar kita dan bagaimana respon kita masing-masing (unik) sesuai dengan keunikan kita masing-masing. Sekali lagi, saya menilai dan memberikan apresiasi pada kita semua. Kebenaran itu memang tidak tunggal, dan Jesus sendiri TDK MENJAWAB pertanyaan PILATUS KETIKA PILATUS MENGAJUKAN PERTANYAAN TERAKHIR SEBELUM YESUS DISALIB dengan pertanyaan: APA YG KAMU MAKSUD DENGAN KEBENARAN ITU??? Yesus tdk menjawab bukan berarti Dia tdk bisa melainkan dia tahu kebenaran itu tdk tunggal (padahal kalau menjawab ya jawaaban pasti satu/tunggal dan hanya menjawab satu kebenaran sebab tdk bisa secara simultan menjawab banyak), maka Dia pun diserahkan ke orang banyak itu untuk dihakimi mereka. Sekali lagi KEBENARAN ITU TDK TUNGGAl melainkan BANYAK. Kebenaran dalam adat bisa dibuat tunggal jika kita sepakat ada Lembaga/Otoritas yang kita buat dan dihormati utk penjaga gawang adat itu.
  • Asan Damanik Yang lain (Bapa, Inang, Tulang, Nanturang, hasoman, sanina, lawei, namboru, mangkela, Bapanggi, Bapatua, Oppung, pakon nalegan) bahen nasiam REFLEKSI nasiam pasal aha naisahapi hita on. Kalau itu kita lakukan secara jujur dalam diri kita maka kita akan REFRESH/segar kembali dengan sejuta pengetahuan untuk memulai DISKUSI TOPIK BARU lagi. The show must go on!!!
  • Nurdin Damanik Saya sangat setuju dng Amang Asan Damanik,dimana kita mungkin bisa lebih bersatu,walaupun berbeda Iman kepercayaan.Saya dpt merasakan kebersamaan itu walaupun di keluarga ada perbedaan kepercayaan itu.Kami di Jerman pun punya organisasi Himaboni(Himpunan Masyarakat Bona Pasogit Indonesia)yg ketuanya Bpk Dr Rangkuty yg beragama Islam.Walaupun sampai saat ini belum bisa di banggakan,tetapi kami berusaha agar kelak bisa jadi panutan di NKRI yg sama2 kita cintai ini.
  • Ade Farnan Saragih I dah nassiam na mambere ai...PEMAIN....do anggo "PEMAIN" do lang palah sibuk be hita sebagai penonton ,pengamat pakon komentator, aima resiko ni penonton.Makani ubah hita diritta ase boi jadi "PEMAIN " langsung membuat GOOOOL ( Milan Vs Barca , 0-4)....he he he
  • Ade Farnan Saragih Songon sanina ku Sortaman Saragih, on, anggo manurut au tanggung dope" PEMAIN " ni on........maningon pemanasan do lobei sanina.....jadi mgkn ham lape panas tene. Mengalir dope songon bah mardalan pakon songon bahatni komentar bani postingan ni ham on na mambaen lutu .....holi i agan halakon ma ham PROFOKATOR...he he he
  • Amerlan Purba Ribut lalap nassiam sonari marsibuat banabe naman,marsibuat uttungni bei termasuk si Gatot.marga damanik ioppani haha.....
  • Jsm Damanik ini tidak pantas dan tidak layak dibahas... sama saja meludahi muka kita sendiri.........................Saat menghadiri halal bi halal Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) di Aula Wisma Pariwisata Kampus USU Medan, Sabtu (15/9), Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST dianugerahi gelar marga Damanik. Dengan pendekatan budaya ini, Gatot diharapkan juga ikut berperan memajukan kebudayaan Simalungun.
    Ketua IKEIS Provinsi Sumatera Utara Julisman Damanik menjelaskan, penganugerahan marga Damanik dan silaturahmi IKEIS ini dapat semakin memperat hubungan Gatot Pujo Nugroho dengan masyarakat Simalungun. “ Kiranya anugerah dan silaturahmi ini makin menghangatkan semua yang hadir di tempat ini. Semoga silaturahmi seperti ini bisa berdampak positif bagi kemajuan Simalungun serta meningkatkan partisipasi kita dalam pembangunan,” kata Julisman.
    Usai mendapat anugerah tersebut Plt Gubernur mengharapkan IKEIS Provinsi Sumatera Utara dapat bersama-sama dengan komponen masyarakat berbagai etnis di Sumatera Utara meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta bersama-sama memikirkan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara .
    “Kita harap IKEIS menjadi wadah untuk membanguan kebersamaan dengan masyarakat lainya mampu mengajak menjadi media untuk berkontribusi terhadap program pembangunan .Hari ini akan lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, “ tegas Gatot.
    Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Halal Bi Halal IKEIS Dr Hasim Purba Mhum menjelaskan, Potensi masyarakat Simalungun sangat beragam dan masih banyak yang harus dilestarikan.
    Penasehat IKEIS Provsu H Aman Damanik dalam waktu dekat mereka akan mendirikan restoran IKEIS sebagai upaya melestarikan beragam makanan khas Simalungun. Dan juga menggelar pengajian akbar IKEIS satu kali dalam empat bulan untuk mempererat tali silaturahmi.
    Hadir pada kesempatan itu antara lain Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Nuriati Damanik SH, Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan Kesehatan Setdaprovsu Drs H Mhd Fitriyus SH MSP, Kaban Kesbang Politik dan Perlindungan Masyarakat Drs H Eddy Sofian MAP, Kadis Pendidikan Provsu Drs Syaiful Syafri MM, Kabid Pengadaan Badan Kepegawaian Provsu Kaiman Turnip, Ketua/ Pengurus IKEIS, Alim Ulama, cerdik pandai dan tokoh masyarakat IKEIS Kabupaten/ Kota, dan undangan lainnya.
  • Lidiana Purba Jsm Damanik@ naha kbr ni ham DAMRI ( DAMANIK RINTIK ) KWKWKKWKKKW
  • Amerlan Purba Jsm@ini layak dibahas saya rasa pak gatot sudah pernah dan akan dianugrahi marga yang lain juga jadi benar benar gila satu orang bisa jadi multi marga....aneh bin sala-bim..
  • Sita Damanik Orang tua pe cerita bakku ganup soal2 marga ai naroh hunSAMOSIR PASDO HATORANGANNI LAWEI PANDITA BERLIAN SARAGIH AI .
  • Jsm Damanik Kita paham makna, maksud tujuan pemberian gelar marga itu sangat positif, buat apa kita keruhkan dgn pendapat2 yg tak mendasar, harusnya inisiatif ikeis kita dukung penuh, rekan ikeis jgn ditambah jarak dgn orang simalungun lainnya, apalagi yg mempersoalkan itu nasrani, kita harus paham tentang keadaan,, makanya kalau belum menguasai masalah lebih baik diam saja, begitu loh sdra2...
  • Sita Damanik Naima tongon J S M DAMANIK .
  • Sita Damanik Soal2 Marga i SIMALUNGUN THN 60 han i putushon P M S do NAISOBUT SISADAPUR ,SATUJUDO GANUP HITA SIMALUNGUN on TIKKI MANDIANG BUPATI RAJAMIN PURBA ,ANGGOLANGBE SATUJU NASSIAM TERSERAH NASSIAMMA .
  • Marzan Bonafasiusdamanik masalah Mas Gatot sendiri Minta Marga Damanik. biar banyak gituloh simpatisannya dari Simalungun............!! lagian kalau uda Pejabat yang minta, kasih aja.... ;>(
  • Sita Damanik Nassiamma ANGGO PASAL NASONINtene .
  • Sortaman Saragih Hita ganupan, lang nalaho marmusuhan hita bani diskusitta on apalagi songon na patinggil-tinggilhon da. Dearan do istop hita pardiskusianta on anggo na laho mambahen parbolah-bolahon banta. Tapi sihol ni uhurta do on laho manramothon margatta Simalungun, ase porman janah segan halak banta. Sedo halani Damanik ai sidiskusihononta, gabe songon na memojokkan marga Damanik on. Sabotulni lang dong be margatta na tulen (pure), lang dong saragih tulen, purba tulen, damanik tulen, sinaga tulen sipayung tulen, sitopu tulen pln. Domma milik bersama marga on hassipe tong ipakei hita garis marga ni bapa. Ai lang dong sarupa margani bapa pakon inang diri. Au saragih dong do daroh ni damanik bakku, dong daroh ni girsang bani bapakku, dong daroh ni Sinaga bani inangku. Jadi ningon sihol do uhurta manramothon ganup marga ni Simalungun. Buei tumamng do hape respon hita mengenai mammargahon on, berarti ningon asok do hita bani mambere margatta bani halak terutama tujuan-tujuan pragmatis. Jadi ramothon hita margatta on hubani ari na laho roh. Tk
  • Jsm Damanik Anggo mengenai aturan, adat, horjani simalungun, soal gen (kromoson xy) pakon nalegan, halak aipe sibotohsi do, lang hita tumang tulang
  • James Alrian Purba Mase pala martinggili hita pasal Gatot marga damanik?seng salah ni ai ibaen ia marga damanik ,songon halak sina ibaen muse marga sinaga tak hanja roh ni darah ni sina manjadi sinaga?gara2 donk sina nai tumngan.Naipe seng salah gatot jadi damanik tp ulang singgan waktu tertentu songon lao pilkada baru dmnk.songon comment iatas iatahon gatot multi marga ai lang namambere marga damanik ai do na salah ai mase lang ijelaskon makna marga bani batak,
  • Sarmen Saragih Pas tumang do na i Kontext Postingan ni Sortaman Saragih ai. Maningun hita do parlojo manghargai marganta, Ase ihargai nalegan marganta.
    Jadi panutan ma hita sonarion bani generasi na Laho roh,Ase ihargai nasida tongtong Adatta.
    @JSM Damanik.
    Santabi tondong.( humbani Paradaton hasusuran i Simalungun, tondong nami do tong nasiam Damanik. Lang boi lang. Adongpe misalna humbani nasiam Damanik martulang barang mar amanganggi , hubangku,termasukma ai,legan Partuturanta halani parhundul.
  • Alie Saragih Lalab do on i bahas.
    Anggo au songon si gatot ma hu gejekkon damanik ai.
    Benaha ai.
  • Alie Saragih Mase iatahon hita halak simalungun lang dong mardua marga?
    Bahat.
    Ulang antara gatot halak jawa.
    Hita nari bahat.
    Dan sah i adat hon pamberean ni marga ai.
    Jelas2 doma dong marga ni ibaen pe use marga ni bni etnis na legan.
  • Sarmen Saragih Sambungan.
    Jadi, tar masuk ma namanlanggar paradaton songon hita namambotobahwa adongdo Peraturan na dear i Republik Indonesia,.,,,,,, tapi bahat na lang patuh bani Sturm. Ahirna ??? Kita tetap tidak Maju / lamban. Santabi tondong.
  • Alie Saragih Lumayan gelah pot ia manjalo marga ai. Artini ia msh menghargai halak simalungun.
    Dari pada lang pot ia lang tarsinggung ma na mambere?
    Tong jd perdebatan.
  • James Alrian Purba Alie saragih@legan do nimu ai botou,,,mungkin na iatahon hm ai ,,songon purba ma ibaen jadi manalu ai bisa saja halani donk do persatuan borbor,,
  • Alie Saragih Ise na kaboratan ibere marga damanik ai bni gatot, ai bagian nasiam tumang gatni damanik ai?
    Nasiam dassa mar hak bni marga ai?
    Nasiam tumang do simadasi ai?
    Oppung nasiam do parlobei simada ai?
    Halak pe berhak do. Bahkan mambere marga ai bni halak.
  • Frans Purba Kita seharusnya faham....bahwa kosa kata marga itu mempunyai beberapa makna ,klassifikasi,bahkan sudah menyentuh masa sejarah, budaya dan adat istiadat, filosofis....dstnya.dimulai dari arti yg sangat sederhana,seperti identitas,nick name....dll.bahkan orang Simalungun yg tidak memakai lagi marganyapun ,tak bisa dikatakan bukan Simalungun..........
  • Sarmen Saragih Sanina Alie Saragih.
    Santabi sanina.
    Kontex Permasalahan bukan si Gatot. Kurasa HAL ini suda Sering disebutkan.
    Permasalahan yang Kita bicarakan adalah cara pemberian Marga tersebut tidak pantas dan tidak sekalian dengan peraturan peradatan.
    On ma intina.
  • Alie Saragih Sedo halani persatuan.

    Bni simalungun ia marga damanik, i karo ia marga bangun.
    Adat pe i pake adat karo.
    Ai lang doma 2 marga ni ai?
    Gatot halak jawa do msh ada pengecualian bni age bahat marga ni.
    Halani sebetul ni seng dong marga ni.
    Jd anggo sonai beda ni aha?
  • Alie Saragih Aha tdk pantas ni?
    Jd anggo padua marga bni halak na dob marmarga pantas do?
  • Juniardi Saragih jgn melebar dulu,,,,
  • James Alrian Purba Alie@beda dai botou,,,ganup halak mengakui anggo purba,manalu,simamora dan tarigan ai dos donk persatuan ni bahkan cibro halak pak2 ianggap purba tonk,,,
    nai roh ma holi obama jadi marga purba tak hanja roh nai,.marga ai senk songon merek ni sabun,,,orlakkon lux tukar hulit ni harmony
  • Sarmen Saragih Yang tidak pantas yang saya maksud adalah cara dan proses pemberian Marga.
    Aido sanina @Alie Saragih.
    Bukan Gatotnya . Hehe ... Siapa Saja Boleh Kita Berikan Marga.... Tapi hendaknya proses pemberian Marga tersebut sesuai dengan peradatan yang berlaku.
  • Alie Saragih James@ Ai mase ham marbotou hubakku?
    Ai daboru gatni ham?
    Anggo lang, ralat ham ma ai.

    Age pe obama roh ibaen marga ni. Mahua gatni?
    Lang pala mahua ai.
  • James Alrian Purba Alie@sorry lae,,,hu sangkka ham naboru ai alie ai...mklm pake hp do au on.sahali nai maaf tondong
  • Alie Saragih Bp Sarmen@ Anggo doma i gotongi janah i hioui doma adat ai menurut au.
    Ai do adat tingginan.
    Ase ai do sihamalasokkon sedo pitah prosesi ni ase iatahon adat.
  • Alie Saragih James@ Xixixixixi...
    Au pe pake hp don Lae tpi hubotoh do mambedahon humbani goran.
    Hehehe..
  • James Alrian Purba Hahahhahaha
  • Sarmen Saragih Sanina Alie Saragih.
    Soal Gotong pas ma ai . Tandani Parabon .
    Sahalinari ambia AlieSaragih.
    Ai lang pulin hita Saragih tumang i Duniaon. Jadi lang boi uhuruhurta/sukahatita tumang. Maningun hormatanta do homa hasomanta. Bani paradaton on, anggo hita Marga Saragih Laho mambaen sada horja, porlu do banta hasoman. Ai lang mungkin roh hasoman hu pestanta anggo hita pe lang ra roh hupesta ni hasoman. Sima ase porlu do Mär sihormatan hita Sama hita.
    Anggo lang adong hasomanku.... Ra.. Lang Pak au mbaen sada pesta.
    Coba bayangkan. Kita verpeste..Suasana gembira... Tetapi gak Ada Orang datang ke pesta. Ahirnya kita Jatuh ke Suasana keruh/ sedih bukan??
  • Sarmen Saragih Talar:
    Parabon= Parbapaon!!
  • Alie Saragih Bp Sarmen@ Ai ija gatni na lang hormat hai pa?
  • Sarmen Saragih Alie Saragih.
    Lang pribadi na hu maksud .
    Keseluruhan/ Umum Masyarakat Simalungun. Hita Saling menghormati.
  • James Alrian Purba Mangan lobe lo tulang
  • Alie Saragih Bp Sarmen@ Pasti ma ge pa.

    James@ Parlobei ma ham lawei.
    Lape martimus tataring.
    Hehehe..
  • James Alrian Purba Comment2 on do gatni attup ta borngin on tene....
  • Alie Saragih Hehehe..
  • Riahdo Purba Pak Pak Tulang naposo : Alie saragih, nabasa comenmu hambani awal, aslina ham pelawak do gatni tene ??
  • Masrul Purba Dasuha Saya marga Purba Sidasuha hasusuran Guru Raya dan Raja Panei asli Simalungun lho. Kalau ada di Simalungun Gurning, Sagala, Ambarita, dan Malau itu pendatang dari Pusuk Buhit puteranya Guru Tatea Bulan cucu kandung si Raja Batak lho.
  • Alie Saragih R P3@ Mase nai nimu?
    Simbei gatni humbani sirpang ni dalan?
  • Brayan Munthe haha saninaku AS mau diakui pelawak tene .. . ha ha
  • Dori Alam Girsang Gatot = Gagal Total atw Gatot Damanik Penerus Kewibawaan Simalungun Timoer Landen???
  • Brayan Munthe Makkela DAG@ stek tanaman batangnya terong kemudian ditempelkan ranting tomat, maka dia tetap berbuah tomat, tdk akan pernah berbuah terong, jadi disinilah terong kecewa haha . . .
  • Dori Alam Girsang dohhh ini nama nya balada buah terong Tulang....hehehehe
  • Brayan Munthe sdh bisa dibuat lagu dengan lirik terong itu makkela
  • Alie Saragih Gatot Damanik penerus kewibawaan Timor Landen ma namin ninuhur.
  • Alie Saragih BM@ Hahaha..
    Tartawa dasa ham.
    Xixixi.
  • Dori Alam Girsang yah spt nya Tetua2 Damanik udah bisa memberi sperangkat pakaian adat kepada Tulang Gatot Damanik ini,Gotong lengkap dengan Dormani Tingkat 5 saja jgn tingkat 7 nanti bisa2 melangkahi kemarwahan Damanik,Kasih juga sambolah pagar,kasih juga saing ni begu di gotongnya tapi jangan pake payung,kasih hiou hadang2 annya simangkat angkat dan sabingnya ragi pane,dan lalu boras tenger i nasiam ia..dan beri gelar Raja Goraha Nagure Gatot Sang Ni Aji Pamutung Damanik Parbapa/Bariba/Malayu/dlsb,dan lalu di rituali di kramat kubah dengan bija dan sumpah setia apabila melangar dan berlaku korupsi maka begu dan sengenap kramat yang ada di kramat kubah ini akan ..... sampai 7 generasi... ai ma tabas nami ijon,nah kalo bisa yg bawakan acara ritual ini adalah keturunan Guru Raya alahh pasti mantap kali nanti acara ini
  • Brayan Munthe Wajar bila informasi pemberian marga ini direspon pendapat yang bermacam-macam, harus maklumlah yang naggapi kan halayak, namun halayak dlm tanda kutip adalah dalam lingkar ahap hasimalungunan/tolu sahundulan. Jangankan halayak, wartawan saja dlm suatu peristiwa bisa menggapinya tdk sesuai dengan kejadian sebenarnya apabila informasi yang diterimanya kurang jelas. Kalau demikian, dlm polemik informasi disini siapa yang salah? khalayakkah, atau IKEIS? Apakah halayak yang harus bertanya ke IKEIS,atau IKEIS yang harus menjelaskan polemik ini kepada publik? Kalau menurut saya setiap organisasi punya tanggung jawab moral kepada publik, itu dalam civil society, entah kalau dalam konsep menara gading, . . . dimana kaula harus mengucap tabik tuanko ampun beribu ampun hamba . . .
  • Yosua Salang Say Effendy Brayan Munthe :
    tp teringatnya kemaren ada yg bercerita
    beliau bertemu dgn pak Gatot dan duduk
    disamping pak gatot ,berbisik sembari bertanya
    "bapak marga damanik ea ?
    yg dijawab oleh Pak Gatot :
    "menurut anda ?

    [hmm,...]

    frediksi yg bgmn yg bisa kita ambil dr percakapan
    diatas eah ?
  • Asan Damanik tambah ramai juga diskusi ini padahal sdh kita sarankan ganti topik. kalau makanan digoreng terus akan hangus dan tdk bisa dimakan lagi..hehehe. saya hanya berharap ada LEMBAGA ADAT DAN BUDAYA SIMALUNGUN (LABS) sebagai WASIT dalam hal ADAT dan BUDAYA SIMALUNGUN. Seperti yg dianalogikan Panggi Sarmen Saragih Bapatua Nurdin Damanik adanya Negara dan Pmimpin diangkat untuk menjalankan fungsi pengawasan, perencanaan, dan pembangunan, maka di Simalungun ada LABS sebagai wasit dan perencana. Kalau masih dapat diharapkan sebenarnya PMS (Partuha Maujana Simalungun) cocok utk tugas itu tanpa hrs membentuk lembaga baru. Satu lagi yg mendesak menurut saya dipikirkan Simalungun yakni SEMINAR KEBUDAYAAN DAN ADAT SIMALUNGUN sebab sejak Seminar Kebudayaan Simalungun tahun 1963 sdh banyak perubahan.
  • Sarmen Saragih Diharapkan PMS Ada Interesse akan HAL ini.
    Bila dalam waktu dekat PMS tidak menunjukkan ke eksisannya........ Diharapkan Agar warga / intelektuelle Simalungun tidak berdiam diri.
    Kita menginginkan agar warga Simalungun dan yang Merasa Orang Simalungun tetap bisa sepakat untuk menjalankan peradatan untuk kepentingan bersama.
  • Nurdin Damanik Saya mohon maaf atas sgala urayanku disini,terlebih bagi orang2 yg tidak berkenan.Saya sama skali tidak ada maksud menyalahkan atau menjatuhkan orang atau organisasi,hanya mengutarakan pendapat pribadi menanggapi pendapat orang2 disini.Sudah hampir 3 tahun saya membaca baca komentar2 di fb ini terutama mengenai Simalungun,yg semuanya menginginkan kemajuan Simalungun.Saya memang tidak punya modal utk itu,dan juga tidak punya keahlian,karna saya tidak berperguruan tinggi seperti orang2 disini.Hanya keinginan dan harapan,apa ada kemungkinan orang Simalungun ini yg berbeda agama kepercayaan dapat bersatu utk mencapai tujuan kejayaan Simalungun yg selalu di kumandungkan.Soal kebenaran dlm Iman hanya Tuhan yg tau karna Dia mengenali setiap insan.Trima kasih utk setiap orang yg dapat mengerti pemikiran saya.Horas diatei tuap......
  • Sultan Saragih II tragis memang bangsa simalungun ne......semacam gen yang diwariskan dan belum bisa hilang, kaya perdebatan minus aksi....http://www.facebook.com/photo.php?fbid=574613115889744&set=o.283064384650&type=1&relevant_count=1&ref=nf
  • Sultan Saragih II mengajak teman teman untuk memiliki sikap dan berjiwa pionir, membentuk kantung kantung budaya di wilayah sendiri untuk memperkaya kemajuan budaya simalungun sehingga tidak menghabiskan waktu melakukan loncatan perdebatan serta melulu menyalahkan Partuha Maujana Simalungun.......pernyataan apa pun harus di ikuti kristalisasi kerja dan keringat....
  • Sita Damanik Dearma ai tongon .
  • Asan Damanik Mari kita DIAM...dan janagan salahkan siapa-siapa..kalau orang Merampok harta kita mari kita DIAM, kalau orang/lembaga yg diakui resmi diam dan buat sesuka hatinya mari kita DIAM, kalau buat rencana tdk usah dibicarakan cukup DIAM.. diprotes orang kita DIAM terus...yg penting kerja masing-masing dan DIAM. Sebaiknya mereka yg tdk tertarik debat/diskusi TDK USAH IKUT-IKUTAN membahas apalagi menyuruh orang DIAM...Itu namanya egois.
  • Hendry Damanik Sultan Saragih II di fesbuk kita hanya bisa berdebat, mana bisa mencangkol,, tapi semua yg komen ini pasti sudah berbuat untuk tanoh Simalungun , termasuk Oppungku Sita Damanik wlau pn komen gk banyak tpi sudah banyak berbuat untuk Simalungun di Jorman sana
  • Amerlan Purba Diam lah kau kata kawan kita marga damanik ai....haha..
  • Sahman Purba Tamsar try this small action ....but speak louder than thousand words
  • Sultan Saragih II nah....ini dia baru mantaaab...purba simalungun batu aji lestarikan budaya....salute..
  • Juandi Haloho Adong na boi i urupi ijon?

No comments:

Post a Comment